Tuesday, September 14, 2021

Hukum menerima beasiswa dobel

MENERIMA BEASISWA DOBEL

Assalamualaikum pak ustad mau tanya apa hukumnya bila ingin mengurus 2 beasiswa untuk beasiswa yang pertama pengumumannya masih tahun depan sedangkan beasiswa yang ke dua meminta surat keterangan tidak sedang mendapatkan beasiswa dari mana pun

JAWABAN

Kalau saat ini memang belum menerima beasiswa dari manapun, maka katakan terus terang kalau belum menerima beasiswa dari manapun. Namun kalau anda sudah menerima beasiswa dari salah satu pemberi beasiswa, maka sebaiknya mengundurkan diri dari salah satunya. Ambil satu beasiswa saja untuk memberi kesempatan pada siswa lain yang menginginkannya. Karena itu hak mereka. Jangan belajar tamak sejak di bangku sekolah/kuliah. Baca detail: Dosa Besar dalam Islam

KEWAJIBAN BERBAKTI PEREMPUAN SETELAH MENIKAH: PADA SUAMI ATAU ORANG TUA?

Assalamualaikum wr. wb.

Ust. Sy wanita berumur 22 th. Saya baru akan wisuda di sebuah universitas insyaa allah Bulan Mei 2017 ini. Ada pria usia 28th sudah memiliki pekerjaan di perusahaan swasta ttp masih blm memiliki rumah dan mobil masih menyicil.. dia bilang akan melamar saya stlh saya wisuda kalau memang berjodoh mungkin inginnya menikah pd September th 2017 ini.. tp karna org tua sy bercerai dan sy skrg tgl dgn ibu saya yang telah menikah sirri dengan suaminya, ayah saya telah menikah lagi juga.. ada beberapa hal yg membuat saya bingung.

1. Pria ini ank pertama dan pria satu2 nya dari 2 bersaudara, adik nya wanita sdh menikah dn memiliki 3 anak. Dia adalah pria yg penuh tanggung jwb, ttp saya cemas dia tdk bisa membagi waktu harta tenaga dan kasih sayang yg dia miliki kepada kelurganya dan keluarga kecil yg akan dibina nanti. Bgmn pendapat ust?

2. Sy adlh ank kedua, kaka sy pria dn sudah menikah. Tetapi sy mau tanya, apakah anak wanita setelah menikah tidak wajib berbakti kpd kedua org tuanya?

3. Sy diminta oleh ibu sy utk membahagiakan org tua, dan tdk boleh menikah dulu. Alasannya selain itu adalah "supaya tidak di remehkan oleh mertua dan bisa membantu org tua" selain itu juga alasan sprti jgn terburu buru dan perlu persiapan ilmu yg cukup utk berumah tangga diutarakannya. Sy jadi ragu utk menikah ust. Bgmn tanggapan nya?

4. Menanggapi pria yg berniat menikahi saya tahun ini karena usianya yg sudah matang, sy insya allah merasa yakin walaupun tidak 100%, krn msh bnyk pertimbangan. Apa sy hrs cari kerja dulu baru menikah atau menikah dulu sambil mencari kerjaan. Jujur saya ingin mengikuti org tua dan ingin juga menuruti permintaan pria ini utk menikah krn sy tdk mau trlalu lama. Rencana nya beberapa minggu kedepan dia akan melamar ke rumah ayh saya. Bgmn pndapat ust?
Mohon jawabannya ust, sebelumnya terima kasih.. waalaikumsalam wr. wb.

JAWABAN

1. Itu kekuatiran yang wajar yang timbul dari harapan yang tinggi. Namun kita tidak perlu terlalu memikirkan yang negatif karena itu akan menghilangkan sikap positif kita terhadap masa depan. Saat ini, yang perlu difikirkan adalah bagaimana anda dapat menjadi istri yang baik kelak dan bagaimana agar suami juga demikian. Yaitu dengan memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai suami istri. Baca detail: Hak dan Kewajiban Suami Istri

2. Tetap wajib berbakti. Tetapi Cara berbakti kepada orang tua setelah menikah tentu saja berbeda dengan sebelumnya. Karena, anda harus berbakti pada setidaknya dua figur sekaligus yakni suami dan orang tua. Anda harus berbakti pada keduanya dengan cara yang berbeda. Sebagaimana suami anda tetap harus berbakti pada orang tua, anak dan istri dengan cara yang berbeda pula. Semuanya harus disesuaikan berdasarkan prioritas dan aturan syariah. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua

3. Tempat berbakti yang utama dalah kepada Allah, pada syariah Islam. Bukan pada orang tua. Kalau ada perbedaan antara aturan syariah dan ketaatan pada orang tua, maka taat pada syariah harus didahulukan. Kalau anda saat ini sudah memiliki calon dan juga takut terjerumus pada perbuatan zina apabila tidak menikah, maka menikah itu hukumnya wajib. Dan anjuran orang tua untuk menunda nikah harus mengalah. Baca detail: Pernikahan Islam

4. Sebaiknya menikah dulu setelah itu bisa menyusul mencari kerja.

MIMPI MENDENGAR LANTUNAN AL QUR'AN

Assalamualaikum...

Saya mengetahui alamat e-mail ini dari alkhoirot.com. Alhamdulillaah..

Saya ingin bertanya mengenai mimpi yang istri dan saya alami.

Namun saya ingin bertanya mengenai mimpi saya semalam terlebih dahulu.

Saya bermimpi melihat seseorang mmebaca Al-Qur'an dengan suara yang merdu, sedang saya melihat Al'Qur'an dengan bentuk seperti kitab tua yang isinya hanya artinya tanpa tulisan arab.
Dalam mimpi saya, saat seseorang itu melantunkan ayat2 Allah saya membaca terjemahnya.
Saat saya membaca terjemah nya itu berbarengan dengan apa yang di ucapkan orang tersebut.
Isi terjemahan itu mengenai kekuasaan Allah di alam semesta ini, dan saya menangis sejadi jadinya membaca kitab itu sambil hati saya mengulang2 mengakui dengan kalimat "

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ "

Dan semakin saya menjadi jadi menangis. Ada rasa rindu, takut dan lain sebagainya bercampur aduk. Apakah makna mimpi saya? Terima kasih atas jawabnya.

Wassalamualaikum Warahmatullaah Wabarakatuh

JAWABAN

Nabulsi dalam Tafsir Ahlam menyatakan:
تفسير حلم سماع صوت قراءة او صوت شيخ يقرأ القرآن الكريم :

قال النابلسي بأن سماع صوت القرآن في المنام و الخشوع فيه يدل على الطمأنينة و السكينة أو أنه يدل على أنه يقوى ملكه , أما إن سمع القرآن وهو لا يطيق سماعه فإنها عقوبة ستقع عليه من الله أو من حاكمه , ورؤية الشخص الأمي الذي لا يجيد القراءة ولا الكتابة يقرأ القرآن فإنه قرب الأجل أو أنه الموت .

Artinya: Barangsiapa mendengar suara bacaan Al Quran dalam mimpi dan khusyuk dalam mendengarnya maka itu menunjukkan dia akan mendapatkan ketenangan hati.

Namun makna di atas apabila mimpi itu berasal dari bisikan malaikat. Apabila ia berasal dari diri sendiri atau bisikan jin,maka tidak ada makna apapun.
Baca detail: Mimpi dalam Islam

Baca tafsir mimpi yang lain:
- Tafsir Mimpi Nabulsi
- Tafsir Mimpi Ibnu Sirin

Dapatkan buku-buku Islam karya A. Fatih Syuhud di sini.. Konsultasi agama, kirim via email: alkhoirot@gmail.com

1. Kirim konsultasi Agama ke alkhoirot@gmail.com atau info@alhoirot.com Cara Konsultasi lihat di sini!
2. Cara tanya hukum waris Islam, lihat di sini
3. Situs pesantren Al-Khoirot, lihat: alkhoirot.com
4. Situs resmi tanya jawab agama KSIA: alkhoirot.net dan islamiy.com

EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.