Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Contoh Keluarga Yang Berhak Menerima Zakat

CONTOH KELUARGA YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT

Assalaamu'alaykum. Maaf pak ustadz, saya Yono di Lampung, kami masih bingung dan takut jika ZAKAT MAL yg kami salurkan tidak tepat sasaran. Maka kami mau tanya apakah kondisi keluarga berikut ini termasuk yg berhak menerima zakat ? :

1. Rumah sudah tembok. Sebagian besar dinding sudah di aci dan di cat. Luas rumah : +- 90 m2 (sedang, utk ukuran di kampung). Pekarangan masih luas (+- 200 m2). Punya sawah +- 0,3 hektare. punya motor bebek harga 4 jutaan. Makan dan pakaian terpenuhi tapi sederhana. Tapi terkadang masih mencari hutang untuk kebutuhan lain sperti anak sekolah, bayar listrik.

2. Rumah sudah tembok. Sebagian besar dinding sudah di aci dan di cat. Luas rumah : +- 90 m2 (sedang, utk ukuran di kampung). Pekarangan masih luas (+- 200 m2). Tidak punya sawah ataupun kebun. pekerjaan: serabutan. Punya 3 ekor kambing. punya motor bebek harga 4 jutaan. Makan dan pakaian terpenuhi tapi sederhana. Tapi terkadang masih mencari hutang untuk kebutuhan lain sperti anak sekolah, bayar listrik.

3. Rumah sudah tembok. Sebagian besar dinding sudah di aci dan di cat. Luas rumah : +- 90 m2 (sedang, utk ukuran di kampung). Pekarangan masih luas (+- 200 m2). pekerjaan: serabutan. punya motor bebek harga 4 jutaan. Makan dan pakaian terpenuhi tapi sederhana. Tapi terkadang masih mencari hutang untuk kebutuhan lain sperti anak sekolah, bayar listrik.

4. Rumah sudah tembok tapi bata merah. Luas rumah : +- 90 m2 (sedang, utk ukuran di kampung). Pekarangan masih luas (+- 200 m2). pekerjaan: serabutan. punya motor bebek harga 4 jutaan. Makan dan pakaian terpenuhi tapi sederhana. Tapi terkadang masih mencari hutang untuk kebutuhan lain sperti anak sekolah, bayar listrik.

5. Rumah GERIBIK. Luas rumah : +- 50 m2 (KECIL, utk ukuran di kampung). Pekarangan masih luas (+- 200 m2). pekerjaan: serabutan. punya motor bebek harga 4 jutaan. Makan dan pakaian terpenuhi tapi sederhana. Tapi terkadang masih mencari hutang untuk kebutuhan lain sperti anak sekolah, bayar listrik.

6. Rumah GERIBIK. Luas rumah : +- 50 m2 (KECIL, utk ukuran di kampung). Pekarangan sempit (+- 100 m2). pekerjaan: serabutan. punya motor bebek harga 4 jutaan. Makan dan pakaian terpenuhi tapi sederhana. Tapi terkadang masih mencari hutang untuk kebutuhan lain sperti anak sekolah, bayar listrik.

Catatan : Semua rumah dan pekarangan milik pribadi masing-masing keluarga.

Kami sangat mengharapkan jawaban Bapak, karena kami sangat membutuhkan. Atas perhatian nya kami ucapkan terimakasih. Wassalaamu'alaykum.

JAWABAN

Semua kelompok di atas termasuk kategori fakir miskin dan berhak mendapatkan zakat. Karena mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka. Terbukti mereka masih berhutang.

Al-Syarbini, seorang ulama madzhab Syafi'i, menyatakan dalam kitab Mughnil Muhtaj, hlm. 3/106 menyebutkan definisi miskin dan fakir yang berhak mendapatkan zakat:

الفقير هنا ( من لا مال له ولا كسب ) يقع جميعهما أو مجموعهما ( موقعا من حاجته ) والمراد بحاجته ما يكفيه مطعما وملبسا ومسكنا وغيرها مما لا بد له منه على ما يليق بحاله وحال من في نفقته من غير إسراف ولا تقتير.

( والمسكين من قدر على مال أو كسب ) لائق به حلال ( يقع موقعا من كفايته ) لمطعمه ومشربه وملبسه وغيرها مما يحتاج إليه لنفسه ولمن تلزمه نفقته كما مر في الفقير ( ولا يكفيه ) ذلك المال أو الكسب كمن يحتاج إلى عشرة ولا يجد إلا سبعة أو ثمانية وسواء أكان ما يملكه نصابا أم لا
Artinya: Fakir adalah orang yang tidak punya harta dan pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhannya. Yang dimaksud dengan kebutuhan adalah yang dapat mencukupinya berupa makanan, pakaian, tempat dan lainnya yang merupakan kebutuhan dasar dan pokok dirinya dan orang yang wajib dinafkahinya tanpa boros.

Miskin adalah orang yang mampu mencari harta atau punya pekerjaan yang pantas dan halal untuk memenuhi kebutuhan makan, minum, pakaian dan lainnya untuk dirinya sendiri dan orang yang wajib dia nafkahi sebagaimana fakir. Namun, harta atau pekerjaan itu tidak mencukupi seluruh kebutuhan. Seperti orang yang perlu menafkahi sepuluh orang tapi hanya memiliki harta untuk kebutuhan tujuh atau delapan orang. Sama saja harta yang dimiliki mencapai nishob (yakni 85 gram emas) atau tidak. Baca detail: Panduan Zakat


عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam