Wednesday, August 28, 2019

Anak Yang Mati Belum Baligh Apakah Akan Dihisab?



ANAK YANG MATI BELUM BALIGH APAKAH AKAN DIHISAB?

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Ustadz / Ustadzah, saya seorang ibu yang baru ditinggalkan putra kecil saya berusia 17 bulan, tepat 7 hari yang lalu. Saya sudah ikhlas akan tetapi saat ingatan dan kenangan bersamanya datang saya masih sering menangis. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah anak kecil yang meninggal sebelum baligh juga akan menghadapi pertanyaan malaikat munkar dan nakir? apakah mereka juga akan di hisab?

2. Dimana ruh mereka ditempatkan? Apakah di alam kubur atau mereka akan diasuh oleh Nabi Ibrahim AS seperti yang pernah saya baca dalam salah satu hadist?

3. Benarkah kepercayaan yang menyebutkan bahwa arwah orang yang sudah meninggal masih ada di sekitar rumah dalam waktu 40 hari?

4. Saat masih di IGD, putra saya kesakitan dan menggapai-gapaikan tangannya ke arah saya, akan tetapi saya tidak bisa menolongnya, karena tidak diijinkan oleh perawat, ini sangat saya sesali, saya takut putra saya marah karena saya tidak bisa menolongnya

5. Saat hujan tiba saya sering kalut membayangkan keadaan putra saya yang telah dimakamkan Amalan / doa apa yang dapat saya lakukan untuknya?

Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

JAWABAN

1. Kondisi anak kecil yang wafat sebelum baligh tidak ditanya oleh munkar nakir. Mereka akan langsung dipindah ke surga bersama Nabi Ibrahim berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari:


وَأَمَّا الرَّجُلُ الطَّويلُ الذي فِي الرَّوضَةِ فَإِنَّه إبراهيمُ ، وَأَمَّا الوِلدَانُ الذِينَ حَولَه فَكُلُّ مَولُودٍ مَاتَ عَلَى الفِطْرَةِ ، فَقَالَ بَعضُ المُسلِمِين : يَا رَسُولَ اللهِ ! وَأَوْلَادُ المُشْرِكِين ؟ فَقَالَ : وَأَوْلَادُ المُشرِكِين ) رواه البخاري (7047)
Artinya: ... adapun lelaki yang tinggi yang berada di Raudah itu dia adalah Nabi Ibrahim. Sedangkan anak-anak yang ada di sekitarnya adalah setiap anak yang meninggal secara fitrah (wafat sebelum baligh)...

Tidak akan dihisab karena belum disebut mukalaf. Mereka akan langsung masuk surga. Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim, hlm. 16/207, menyatakan

أجمع من يعتد به من علماء المسلمين على أن من مات من أطفال المسلمين فهو من أهل الجنة ؛ لأنه ليس مكلفا . أ.هـ " شرح مسلم
Artinya: Ulama sepakat bahwa anak kecil muslim yang mati termasuk ahli surga karena ia bukan orang mukalaf.

Ibnu Katsir dalam Tafsir Ibnu Katsir, hlm. 3/33, menyatakan:

لا يختلف فيهم أنهم من أهل الجنة
Tidak ada perbedaan bahwa mereka (anak kecil yang meninggal sebelum baligh) termasuk ahli surga.


2. Ya betul. Mereka akan tinggal bersama Nabi Ibrahim sebagaimana disebut dalam hadits di poin 1.

3. Tidak benar. Itu berlawanan dengan hadits yang dikutip di poin 1.

4. Tidak perlu merasa bersalah. Sikap anda sudah benar karena mengikuti anjuran dokter. Dan dokter sudah benar karena dia tahu apa yang terbaik. Yakinlah, Anak anda tidak akan marah. Justru mungkin sekarang dia sedang tersenyum pada anda karena dia berada di tempat yang baik.

5. Baca doa penenang hati berikut setiap selesai shalat:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِي مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَ تَرْضَى بِقَضَائِكَ،اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فَهْمَ النَّبِيِّيْ وَ حِفْظَ الْمُرْسَلِيْن وَ إِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْن،اَللَّهُمَّ عمر لِسَانِي بِذِكْرِكَ وَ قَلْبِي بِخَشْيَتِكَ وَ سري بِطَاعَتِكَ
Artinya: Ya Allah jadikan diriku jiwa yang tenang yang percaya akan bertemu dengan-Mu dan ridho dengan takdir-Mu. Berilah aku anugerah pemahaman para Nabi dan daya ingat para Rasul dan ilham para Malaikat. Jadikan lidahku selalu berdzikir padaMu dan hatiku takut pada-Mu dan hatiku selalu taat pada-Mu.

Baca juga:
- Agar dapat restu
- Cara sabar ditinggal mati anak

JUAL BELI VALUTA ASING

Assalamu alaikum wr.wb.
Numpang tanya para asatid bagaimana hukumnya trading forex menurut panda gan islam mohon beserta ibaratnya dari Madzahibul arba'ah. Syu'ron. Wassalamu alaikum wr.br.

JAWABAN

Boleh, tidak masalah. Baca: di sini.

x

Dapatkan buku-buku Islam karya A. Fatih Syuhud di sini.. Konsultasi agama, kirim via email: alkhoirot@gmail.com

1. Kirim konsultasi Agama ke alkhoirot@gmail.com atau info@alhoirot.com Cara Konsultasi lihat di sini!
2. Konsultasi hukum waris Islam, lihat caranya di sini
3. Konsultasi melalui kotak komentar tidak akan dilayani.

EmoticonEmoticon