Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA) Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Ucapan talak menggerakkan lidah tanpa suara tidak sah

Ucapan talak menggerakkan lidah tanpa suara tidak sah
Ucapan talak menggerakkan lidah tanpa suara tidak sah

assalamualaikum saya penderita was was,dan awam terutama dlm masalah talak makanya akhir2 ini saya sering baca artikel bahasan tentang talak di alkhoirot net. hanya kebiasaan saya n'tah kenapa, kalau setiap membaca, seperti ada dorongan kuat ingin menuturkan atau mencontohkn sesuai bahasan yang saya lagi di baca tujuanya agar lebih memahami dan meyakinkan.,mungkin akibat hati was was hingga saya sering mengulang ulang bacaan.

01.seperti kejadian setengah bln yang lalu.saat itu sya lgi baca bahasan di net. tentang(."hukum mengucapkan kata talak sharih hanya dg menggerakan lidah saja tanpa suara dn mulut tertutup adalah tidak sah" ).kebetulan waktu itu ada kaka ipar dan istri saya lagi ngobrol,posisi duduk saya beda kursi berhadapan, sebelah kanan tapi agak jauhan,lalu, secara sepontan, saya mempragakn dan menuturkn bahasan yang saya baca di atas tadi, meng ucapkn sambil mata memandang keistri saya,maaf sehari2 saya panggil mamah ke istri.. ("mamah talak).. dg hanya menggerakan lidah tanpa suara,hanya itu yang saya lakukan,posisi duduk saya tetep di tempat semula,setelah kejadian itu sya jadi was2 selalu ngedumel dlm hati, kadang2 sesekali, mereka ulang di TKP, tujuanya menyakinkan hati bahwa apa yg telah saya lakukan itu tidk berakibat apa2.

02.saya sering melamun sambil duduk dibangku luar dekat jendela kamar. terkadang berbicara sendiri mengulang kata kata ( mamah talak) seperti sedang mereka ulang, waktu saya ngedumel ngomong, bersuara dg nada pelan, (mamah talak).. lalu saya kaget ternyata ada istri sya membuka jendela kamar dr dlm, posisi duduk sya memblakangi jendela.jdi ga tau istri ada didlm kamar. walau dg suara pelan, takut istri mendengar apa yang saya ucapkn, jadi kepikiran akhiry saat itu jg saya tanya sama istri saya, *mah,. mamah tadi ngedenger gak saya ngomong apa?.istri. tidak denger, emng apa sih.. .saya cuman jawb gak akhir2 ini aa suka ngelantur ngomong ngecaprak sendiri.

pertanyaan saya pa kiayi

01.saya khowatir, apakah yang telah sya lakukan itu berakibat jatohya talak?

02,apakah kejadian yang saya ceritakan itu berakibat jatohya talak tidak?

jujur saya takut sekali dan tak ingin pisah sama istri saya pak.mohon penjelasan dn saranya pak,atas semua yang saya ceritakan diatas, supaya hati ini tidk was2 lg, karna apa yang semua saya ceritakan, tak ada maksud mentalak istri..dan seinget saya, blm pernah mengucapkan kata talak ke istri secara jelas dan eksplist,. selama ini saya sama istri rukun2 saja seharusya saya ini bahagia karna istri saya baru saja melahirkan anak ketiga dg selamat. wassalamualaikum.

JAWABAN

1. Tidak berakibat talak. Karena yang anda katakan tidak bertujuan untuk mentalak istri. Bisa dikatakan ucapan anda itu sama dengan ucapan orang yang keceplosan. Baca detail: Ucapan Talak yang Keceplosan

2. Lihat poin 1. Baca detail: Tidak semua talak sharih berakibat cerai

Juga, orang was-was atau penderita OCD ucapan talaknya tidak dihukumi jatuh talak. Baca detail: Talak Orang Was-was tidak sah

TALAK

as.wr.wb ustd mau bertanya ustd ana semalem kan ganggu istri ana tidur trus dia ngambek dia bilang . istri : kamu ndk sayang ? trus ana bilang "gak, malah lewat itu, itu gak kan ustd ?

kan dia brtanya bukan tujuannya untuk itu jdi gk kan ustd ya ? tujuannya istri disni cuman bilang km saya apa ndk bgitu ustd ndk ada tujuannya untuk ke arah sana misalnya bgitu ustd , itu gak kan ustd ?

kalimatnya bukan kinayahkan ustd ? yg ana jawab dan prtanyan istri ?

JAWABAN

Ucapan anda sama sekali bukan kata atau kalimat kinayah. Sehingga sekali tidak berdampak hukum apapun secara mutlak. Baik ada niat atau tanpa niat. Baca detail: Hukum Kata Non Kinayah dg Niat Talak

TALAK

ustd ana mau nanya tadi lewat dlm lintasan ana kalau ada ngomong C maka nnti bgini lintasan itu ustd tapi ndk ada ana denger suara ana seingat ana. waktu lewat ucapan syarat itu ana gak ada denger suara ana ustad.

trus ada dia ngomong apa yg ana lewat dalam lintasan ana itu ustd, itu gak kan ustd ?

JAWABAN

Tidak ada dampak hukum apapun. Baca detail: Talak Orang Was-was tidak sah

عن الكاتب

KSI Al-Khoirot

التعليقات


جميع الحقوق محفوظة

Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)