Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Selalu cemas ada bisikan kata talak

Selalu cemas ada bisikan kata talak

Selalu cemas ada bisikan kata talak

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabatokatuh,
Udah hampir satu bulan lebih saya merasa was was perceraian pak ustadz, slalu ada bisikan kata kata menuju perceraian, sampai suatu ketika saat saya sedang duduk at tahiyat akhir saya menguap ngantuk ketika itu saya merasa bingung antara mengucapkan kata lapadz sharih di lisan atau hanya dalam hati, saya slalu merasa cemas takut terlontar kan lapaz sharih..

Saya tidak ada pernah ada niat untuk melontarkan lapadz sharih karena saya sangat mencintai istri saya.
Sampai suatu ketika saya liat di web dari al khoirot ada artikel yang membahas tentas was was percerian, bahwasannya orang yg mengidap was was kalaupun sampai terlontar kalimat sharih saking tidak kuat menahan dorongan was wasnya itu talaknya tidak sah,

Sampai pada akhirnya saya dan istri pun bercerita ke orang tua saya dan memberikan artikel itu kepada orang tua saya, dan ayah saya pun membaca artikel tersbut, dan menjelaskan dan meyakinkan kepada saya bahwa talak nya orang was was itu tidak sah seperti apa yg telah di kutip dari web artikel al khoirot..

Dan di saat itu orang tua saya menjelaskan atas apa yg telah dia simak setalah membaca artikel tersebut, dan orang tua saya berkata seperti ini, Kalau kmu sedang was was terus sampai terlontar lapadz sharih *kamu saya C* tapi saat ayah saya melapadazkan kata kata itu mencotahkan kepada istrinya yg sedang berada di samping nya..

Pertanyaan :

1. Apakah saat ayah saya mencontohkan kalimat lapadz sharih tersebut bisa jatuh talak kepada istrinya, sedangakan ayah saya hanya menjelaskan atas apa yg dia baca artikel tentang was was pak ustadz tanpa ada niat apapun ..
Saya takut pak ustadz ketika ayah mencotohkan kalimat sharih itu jatuh talak kepada istrinya, tidak ada maksud apa2 hanya bermaksud menjelaskan ..
Mohon tanggapan nya ustadz
Terimakasih ..

JAWABAN

Ucapan ayah anda tidak berakibat talak pada istrinya. Karena dia dalam konteks bercerita. Cerita yang mengandung kata talak itu tidak ada dampak talak. Karena salahsatu syarat talak adalah adanya kesengajaan untuk bercerai. Baca detail:  Cerita Talak

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam