Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Cerita Talak apakah berdampak cerai?


Cerita Talak apakah berdampak cerai?

CERITA TALAK

Assalamualaikum pk  
ustadz maaf numpang tanya ,begini pk ustadz apakah bercerita talak termasuk kinayah talak ,hatur nuhun tolong cantumkan berikut keterangan kitab assalamualaikum

JAWABAN

Cerita talak tidak termasuk kinayah. Jadi, tidak ada dampak hukum apapun.

Zakariya Al-Anshari dalam kitab Al-Ghurar Al-Bahiyyah fi Al-Bahjah Al-Wardiyyah 4/246 menyatakan:

قوله: وقصد. أي قصد لفظه لمعناه أي قصد لفظه ومعناه؛ إذ المعتبر قصدهما ليخرج حكاية طلاق الغير، وتصوير الفقيه، والنداء بطالق لمن اسمها طالق

Artinya: … yang dianggap (dalam talak) adalah kesengajaan dalam kata dan makna. Tidak termasuk dari talak adalah bercerita tentang talak orang lain, dan penjelasan talak seorang ahli fiqih, dan panggilan dengan kata “Taliq” (orang yang dicerai) bagi wanita yang kebetulan bernama Taliq.

Baca detail: Cerita talak

KECEPLOSAN UCAPAN TALAK

Yth Pimpinan Alkhoirot,

Saya mau ijin bertanya :

Kemarin saya lagi membahas masalah keluarga yang mana ada keputusan yang membuat saya jengkel hingga membuat pikiran saya berkata kalau gitu saya cerxain saja istri saja dan tidak usah menikah dari dulu dulu dan di hati sambil ada pikiran ingin berkata saya cerxai kamu dalam pikiran saya tapi saya tahan di pikiran. Dan saya terdorong untuk berkeinginan mengucapkan kata itu seperti niat ingin menceraikan istri saya. Dan pikiran saya pun kacau seperti terdorong ingin mengucapkannya. Sambil bibir saya saya reflek tutup rapat dan kembali ke normal dan  bibir saya bergerak seperti mengunyah makanan. Dan saya berusaha mengabaikannya dan saya tidak tau apakah keceplosan atau tidak.

1. Apakah Berdampak talak kalau keceplosan dari cerita saya diatas.

2. Mau bertanya apabila saya menyengaja dalam hati bilang yang Tertalak dan kadang juga ada keinginan  mengatakan saya cinta dan sayang istriku dengan sengaja di lisan seperti ngedumel lalu terlintas kata saya cerai istriku dengan dengan sengaja dan senang mengucapkannya dan keceplosan apakah berdampak  Pak Kyai.

3. Kalau saya tidur atau posisi sadar  terlintas kata saya talak kamu dan saya berusaha mengabaikannya untuk tidak melawan dan bibir atas dan bawah saya bergerak seperti mengunyah tetapi ternyata keceplosan dengan sengaja apakah berdampak Pak Kyai.


Terima Kasih.

JAWABAN

1. Tidak berdampak.
2. Tidak berdampak.
3. Ini juga tidak berdampak.
Ketiga kasus tidah berdampak karena konteksnya keceplosan dan tanpa adanya kesengajaan yang normal.  
Baca detail: Ucapan Talak yang Keceplosan 

Ditambah lagi, anda sedang menderita OCD/was-was talak. Baca detail: Talak Orang Was-was tidak sah

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam