Sunday, November 03, 2013

Ingin Bayar Hutang Status DPO


Ingin Bayar Hutang Status DPO
Saya bangkrut tidak kuat membayar hutang dan sekarang dalam status DPO (daftar pencarian orang) tapi saya ingin melunasi hutang tersebut dan sekarang sedang berdagang mengembangkan usaha. Haruskah menyerah atau terus sembunyi agar bisa melunasi hutang saya?

DAFTAR ISI
  1. Ingin Bayar Hutang Status DPO
  2. Hukum Tidak Membayar Aqiqah
  3. Cara Agar Pacar Katolik Masuk Islam

INGIN BAYAR HUTANG STATUS DPO

PERTANYAAN

Ass. Ustad saya punya abang dalam masalah, dia bangkrut usaha dan hutang banyak dia sengaja keluar dari usahanya krn dia sadar usahanya dulu banyak mengandung riba dan unsur menipu, tapi itu dilaKukanya krn terpaksa untuk menyelesaikan masalah, akhirnya gali lubang tutup danau. Sekarang dia pergi untuk usaha yg baik guna bayar hutang, tapi status dia DPO baik hukum dan org2 yg dirugikan, tp dia udah insaf katanya.

Bagaimana yg harus dia lakukan? Kalo penjara hutang nya gak selesai2 dan ancaman org2 banyak, dia usaha tapi gak bebas.

Mhn petunjuk .wss
lena

JAWABAN

Akan lebih baik kalau dia menyelesaikan permasalahan hukumnya terlebih dahulu agar dia bisa lebih tenang dalam membuat usaha baru. Kalau masalah hukum yang menimpanya, maka idealnya dia menghubungi seorang pengacara untuk menyelesaikannya. Karena kuasa hukumnya jelas lebih tahu masalah di lapangan dan apa yang harus dilakukan.

Namun, kalau status DPO-nya mengandung konsekuensi pdana dan ancaman kurungan bertahun-tahun sementara dia yakin dapat segera mengembalikan hutang-hutangnya kalau dia berusaha, maka apa yang dilakukan sekarang, yakni berniaga, mungkin lebih baik bagi dia dan bagi pihak yang menghutangi.

Dalam Islam membayar hutang itu wajib menurut ijmak (kesepakatan) ulama. Dan kewajiban itu terus melekat kendatipun yang punya hutang meninggal dunia dan hutang tersebut akan menjadi tanggung jawab ahli warisnya.

Dalam sebuah hadits sahih di kitab Bukhari Nabi bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رجلا أتى النبي صلى الله عليه وسلم يتقاضاه فأغلظ فهم به أصحابه فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم دعوه فإن لصاحب الحق مقالا ثم قال أعطوه سنا مثل سنه قالوا يا رسول الله إلا أمثل من سنه فقال أعطوه فإن من خيركم أحسنكم قضاء
Arti kesimpulan: Bayarlah hutang. Muslim yang terbaik adalah yang terbaik dalam melunasi hutangnya.

_____________________________________________


HUKUM TIDAK MEMBAYAR AQIQAH

Bagaimana hukum seorang ayah yang meninggal dunia tapi belum memberi aqiqah untuk anaknya dan baru aqiqah setelah dewasa. Dan apakah ada fidyah orang yang tidak shalat karena sakit kemudian meninggal.

PERTANYAAN
Assalamu'alaikum..ustad,ana mau bertanya..
1. apakah ada fidyah bagi orang yang meninggalkan shalat karena sakit namun sudah meninggal dunia, itu bagaimana ustad?
2. lalu bagaimana dengan kondisi seorang ayah yang sudah meninggal namun belum mengaqiqahkan anaknya,tetapi setelah dewasa anak-anaknya sudah dibayarkan qurban oleh ayahnya, apakan dikatakan gugur kewajibannya?

jazakumullah ustad
Dwi saptya Rini

JAWABAN

1. Harus membayar fidyah menurut madzhab Hanafi. Namun menurut yang lain, tidak wajib fidyah bagi orang yang tidak shalat kemudian meninggal. Berbeda dengan tidak puasa. Lihat detailnya di sini.

2. Aqiqah hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan). Jadi tidak wajib menurut pendapat mayoritas ulama (jumhur). Dalil sunnahnya aqiqah adalah sbb:

a. من ولد له ولد فأحب أن ينسك عن ولده فليفعل
b. كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى
c. أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أمرهم أن يعق عن الغلام شاتان، وعن الجارية شاة

Karena hukumnya sunnah, maka tidak apa-apa ditinggalkan kalau memang tidak mampu.

Adapun pelaksanaan qurban itu hukumnya sah, tapi merupakan ibadah tersendiri dan tidak ada kaitannya dengan aqiqah. Jadi status qurban bukan sebagai gantinya aqiqah.


CARA AGAR PACAR KATOLIK BISA MASUK ISLAM

Assalamualaikum wr wb
Selamat siang ustad dan ustadzah
Perkenalkan nama saya C saya dari keluarga islam saya anak tunggal
Saya brumur 18 thun saya sekarang sedang menjalin hubungan dengan seorg laki2 tman smk saya,, saya udah jalanin hubungan 1 thun stengah laki2 itu bernama F. Dia keturunan china, dia beragama katholik, keluarga dia sangat kental dengan adat china dan agamanya. Keluarga saya juga ketat dengan agama islam hmpir smua keluarga saya sudah berangkat haji.

Dia kemarin di tanya sama keluarga saya apa dia mau masuk agama islam terus dia menjawab mau dan mintak di beri kesempatan untuk mempelajari agama islam tpi setelah sehari kemudia dia berubah pikiran dia takut pindah agama dia takut kalau di keluarkan dri marganya dan keluarga besar
Saya sekarang tertantang ingin memasukkan dia ke agama islam karena saya cari tau di buku nabi dan al-qur'an dan browsing kalau agama dia itu banyak keganjalan
Saya mintak tolong kepada pak ustad dan bu ustadzah untuk membimbing saya dalam masalah ini krn saya mau dia kejalan yang benar
mohon balazan.ny
Wassalamualaikum wr wb

JAWABAN

Pertama-tama perlu anda ingat saat menjalin hubungan dengan seorang pria non-muslim atau dengan pria manapun, yakni agar anda tetap menjaga keperawanan. Jangan sampai melakukan zina apapun rayuan dari pria. Kedua, usahakan tidak melakukan khalwat atau berduaan dalam ruang tertutup karena kedua hal itu dilarang dalam Islam. Adapun zina, selain dilarang dan dosa besar dalam Islam juga apabila sampai itu terjadi, maka kemungkinan anda dapat memasukkan dia ke dalam Islam akan sangat kecil. Karena laki-laki akan sangat menghormati wanita yang tidak mudah melakukan zina dengan siapapun. Selain itu dengan perzinahan, maka nilai tawar anda di depan dia akan sangat rendah.

Kalau anda sudah melakukan kedua hal di atas, maka fase selanjutnya adalah bagaimana mengajak dia masuk Islam.

Memasukkan Islam seorang nonmuslim tidak mudah kecuali kalau dia mencintai anda melebihi dirinya dan keluarganya. Sehingga dia rela mengorbankan apapun termasuk masa depannya. Ada dua hal yang membuat orang melakukan itu yaitu (a) dia sangat mencintai anda; dan (b) dia sangat yakin bahwa Islam itu agama terbaik yang patut menjadi "rumah" terakhir baginya. Bukan hanya karena perempuan yang dia cintai.

Untuk membuatnya mencapai tahap itu, maka yang perlu anda lakukan adalah (a) besikaplah baik dan caring padanya secara emosional; tapai jangan sampai "baik" secara fisikal kecuali setelah menikah kelak; (b) beri dia bacaan-bacaan tentang Islam yang mudah dan cepat membuat dia paham. Salah satu topik yang paling ringan adalah kisah-kisah mualaf (orang yang baru masuk Islam / convert). Teruma kisah mualaf Barat (kulit putih). Karena kita umumnya mengidola orang Barat, dan umumnya mereka menjadi muslim karena alasan yang rasional, maka hal itu akan mudah mempengaruhi pembacanya termasuk pacar Anda.

Selain hal-hal di atas, tak kalah penting lain adalah tampakkan wajah islam dalam diri anda. Sesuaikan perilaku anda sebagai seorang muslimah yang baik, ramah dan peduli tapi pada waktu yang sama taat beribadah, menjaga moral yang tinggi dan bersikap toleran pada penganut agama lain.

Semua hidayah Allah selalu menyertai anda dan dia. Amin.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..