Cara Menghadapi Kesulitan Hidup dan Banyak Hutang

Cara Menghadapi Kesulitan Hidup dan Banyak Hutang
Bagaimana Cara Mengahadapi Kesulitan Hidup terutama terkait dengan masalah ekonomi dan menghilangkan perasaan takut mati.

CARA MENGHADAPI KESULITAN HIDUP DAN BANYAK HUTANG
Asalm'alaikum wr.wb.

Saya ingin bertanya bagaimana caranya menghadapi permasalahan2 hidup yg tdak ada habisnya, terutama dari segi ekonomi, karena hutang2 dll. sangat membebani. saya telah berusaha maksimal tapi karna keterbatasan hidup dan kemiskinan,,hidup saya tidak tentram dan damai., trilakasih
aslmu'alaikum wr.wb
HO

DAFTAR TOPIK KONSULTASI
  1. Cara Menghadapi Kesulitan Hidup Dan Banyak Hutang
  2. Suami Janji Tidak Akan Poligami Ternyata Dilanggar
  3. Mengatasi Perasaan Takut Mati
  4. Cara Menghadapi Kafir Di Forum Anti Islam
  5. Keutumaan Batu Mulia Dalam Islam
  6. Wanita Mimpi Sering Ditunggu Mantan Pacar


JAWABAN CARA MENGHADAPI KESULITAN HIDUP DAN BANYAK HUTANG

Penjelasan Anda terlalu singkat sehingga saya tidak dapat memberi nasihat secara konphrensif dan memuaskan. Sehingga jawaban berikut hanya bersifat umum tidak spesifik. Namun demikian semoga ada poin-poin yang dapat memberi Anda sekelumit cahaya inspirasi dan ide untuk keluar permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Permasalahan Anda intinya adalah masalah ekonomi. Suatu masalah klasik karena ekonomi adalah masalah paling mendasar yang dibutuhkan umat manusia tanpa memandang agama, suku dan kebangsaannya. Orang yang kekurangan di bidang ini akan menghadapi masalah cukup besar dan itu tentu akan mengganggu ketenteraman hatinya. Walaupun orang yang terpenuhi kebutuhan ekonominya belum tentu bahagia juga.

Sebenarnya dengan kemampuan Anda mengakses internet dan mengirim pertanyaan pada kami itu menunjukkan Anda termasuk orang yang terpelajar, dan memiliki level pendidikan lumayan baik. Kalau itu benar, maka ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan terlebih dulu yaitu (a) kenapa dengan pendidikan yang baik Anda tidak dapat keluar dari problema kemiskinan? (b) Apakah Anda dulunya kaya kemudian bangkrut? (c) Apakah Anda hidup boros sehingga banyak hutang? (d) Apakah banyak hutang itu timbul dari musibah kecelakaan atau sakit?

Jawaban dari sejumlah pertanyaan saya tersebut akan sangat berpengaruh pada jawaban yang akan saya berikan pada Anda. Namun kalau Anda berkeberatan menjawabnya, berikut respons umum dari saya sebagai solusi dari permasalahan Anda:

Pertama, carilah pekerjaan yang sesuai dengan bidang kemampuan Anda atau dengan bidang yang Anda sukai. Kalau tidak ada, dapatkan pekerjaan apapun yang tersedia. Intinya, jangan membiarkan diri menganggur. Selain itu, cari tambahan penghasilan

Kedua, hiduplah dengan sederhana. Jangan konsumtif. Hidup konsumtif adalah awal dari kehancuran.

Ketiga, selalu rajin berkomunikasi dengan siapapun untuk mendapatkan peluang kerja atau bisnis yang lebih baik. Bergabunglah dengan perkumpulan atau organiasi apapun yang dapat membuat Anda bertemu dengan lebih banyak orang.

Keempat, rajin beribadah shalat wajib 5 waktu, plus shalat dhuha dan shalat tahajud. Mintalah pada Allah dengan penuh harap insyaAllah doa Anda akan terkabul. Sebagai muslim, rasa putus asa harus dijauhkan dari pikiran Anda. Penuh pengharapan adalah salah satu kunci keimanan. Jaga asa dan terus berusaha.

Kalau Anda pernah berbuat dosa pada Allah di masa lalu, bertaubatlah nasuha. Kalau punya hak orang lain yang Anda ambil, mintalah maaf padanya. Mulailah hidup baru dengan hati yang sama sekali baru.

Kebangkitan hidup di bidang ekonomi dapat dimulai dengan ketenangan hati dan optimisme dalam memandang masa depan. Semoga Anda menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat. Amin

BACA JUGA:

>> http://www.alkhoirot.net/2012/06/ditipu-kolega-banyak-hutang-dan-cara.html
>> http://www.alkhoirot.net/2012/08/bayar-hutang-dulu-tapi-buron-atau.html
>> http://www.alkhoirot.net/2012/06/ingin-bunuh-diri-karena-musibah.html
>> http://www.alkhoirot.net/2012/08/kenapa-saya-selalu-sial.html

________________________



SUAMI JANJI TIDAK AKAN POLIGAMI TERNYATA DILANGGAR

Assalamualaikum,

Saya seorang istri berusia 30tahun dan suami 31tahun.kami menikah sekitar 4tahun yg lalu.kami telah dikaruniai dua orang putri sekarang.kehidupan rumah tangga cukup harmonis,tidak pernah ada pertengkaran hebat yang terjadi.suami orang yang cukup mengerti agama sehingga memperlakukan saya dengan sangat baik. Tiga bulan yg lalu saya sempat bercerai.alasannya suami saya berniat poligami.saya tidak menentang syariat yg satu ini dan saya tidak mengharamkan poligami karna itu sunah Rasul.tapi,saya takut akan berbuat dholim jika saya dipoligami, antara lain jadi sering marah atau tidak mau melayani suami dengan baik karena kesal.bukannya surga yang didapat, malah neraka karna durhaka sama suami.suami akan menikah lagi suatu hari nanti jika dia menemukan wanita baru yang bisa membuatnya jatuh cinta dan peluang untuk jatuh cinta lagi sangat besar mengingat pergaulan sekarang yang tidak syar'I.jika saya menolak dipoligami,saya yang akan diceraikan katanya.dia juga bilang tidak butuh izin dari istri pertama untuk menikah lagi.saya tidak bisa menerima pernyataan dia dan memilih bercerai.tapi sekarang kami sudah rujuk lagi dan saya berusaha melakukan yang terbaik untuk suami dan anak2.

Perlu diketahui,sebelum menikah dulu,saya mengajukan syarat tidak mau dipoligami melalui SMS.saya hanya membolehkan dia poligami jika saya tidak bisa memenuhi kewajiban sebagai seorang istri seperti sakit2an sehingga tidak bisa melayaninya dengan baik atau tidak bisa memberinya keturunan.selama saya masih mampu melaksanakan semua kewajiban dengan baik,saya tidak mau dimadu.waktu itu suami tidak membalas SMS malah ngajak menikah.saya pikir,dengan ajakan menikah,berarti dia setuju dengan persyaratan yang saya ajukan walaupun tanpa balasan SMS.

Pertanyaan saya:
1.apakah syarat yang saya ajukan itu berlaku untuk suami walaupun dia tidak menjawabnya? karena dia tahu saya tidak mau dinikahi jika syaratnya tidak terpenuhi.

2.Apakah dengan ajakan menikah bisa diartikan dia sudah setuju dengan persyaratan yang saya ajukan?hanya saja dia tidak menyatakan persetujuannya secara tertulis.

3.Jika nanti suami saya menikah lagi dengan wanita lain,apakah dia telah melanggar janjiya dan saya berhak membatalkan pernikahan mereka?

Atas bantuan dan jawabannya,saya ucapkan terima kasih.

Saya juga mohon agar balasannya juga dikirim via email ke ID saya.semoga Allah membalas semua kebaikan ustadz.terima kasih.

Wassalamualaikum.

JAWABAN

1. Tidak berlaku. Dalam perkawinan Islam, yang terpenting sudah terpenuhi syarat pernikahan maka nikah seseorang itu sah. Syarat nikah, lihat di sini.

2. Setuju atau tidak setuju dengan syarat anda, itu tidak penting dan tidak ada pengaruhnya dengan keabsahan pernikahan dia selanjutnya.

3. Secara hubungan horizontal suami melanggar janjinya pada anda. Kalau dalam perkawinan resmi yang diakui negara, suami baru boleh poligami setelah mendapat ijin dari istri pertama. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/03/pernikahan.html

________________________



MENGATASI PERASAAN TAKUT MATI

Assalamualaikum
Saya nindy umur saya 15 tahun
Begini saya merasa takut kematian luarbiasa sudah hampir setahun. Di tambah membaca tanda tanda kematian saya semakin takut. Dari otot otot berdenyut, kuku pucat dll. Di tambah ini sudah mau setahun.
1, Apakah ini tanda setahun sebelum saya meninggal ?
2, Jujur dengan umur saya yang masih belia sama merasa saya belum cukup. Bagaimana menurut anda ? Sebelumnya saya terimakasih dan mohon di balas :)

JAWABAN

1. Tidak benar. Tidak ada yang tahu kapan anda meninggal termasuk penulis artikel tanda kematian itu sendiri. Lebih detail lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/01/tanda-kematian-dalam-islam.html

2. Perasaan takut mati dapat diambil hikmahnya dengan cara memperbanyak amal ibadah dan perbaiki perilaku antara sesama manusia serta meningkatkan kerja keras untuk belajar dan bekerja.

Baca artikel berikut:
- http://www.fatihsyuhud.net/2012/08/kerja-keras/
- http://www.fatihsyuhud.net/2013/11/kerja-keras-dan-hidup-sederhana-kunci-hidup-bahagia

________________________



CARA MENGHADAPI KAFIR DI FORUM ANTI ISLAM

Assalamualaikum
Mohon bantuannya tentang orang-orang kafir di forum ini [link dihapus - red]

Dan banyak lagi di latest topics di [link dihapus - red]
yang sudah saya mencoba untuk menjelaskan namun tetap saja mereka tidak mengerti, dan bagaimana cara menghadapinya?

Terimakasih

JAWABAN

- Kalau anda termasuk orang yang suka emosi, maka yang terbaik adalah hindari situs-situs anti Islam. Membaca tulisan mereka tidak banya percuma dan membuang-buang energi, tapi juga akan membuat anda tidak menambah keimanan. Biarkan mereka mengatakan apapun yang mereka suka tentang Islam. Kemuliaan Islam tidak akan turun karena itu. Percayalah, kelompok anti-Islam seperti itu sudah ada sejak zaman Nabi, dan faktanya umat Islam terus berkembang sampai sekarang.

- Anda jangan berfikir dengan mengkonter mereka maka mereka akan tercerahkan. Itu kesalahan besar. Hati mereka sudah dipenuhi dengan rasa benci yang mendalam dengan berbagai macam alasan sehingga Allah memateri hati mereka untuk tidak mudah menerima pencerahan dari siapapun. Lebih baik anda gunakan waktu anda yang berharga untuk membaca ilmu-ilmu agama yang bermanfaat dan sesekali tengoklah kisah-kisah orang kafir yang masuk Islam terutama di Barat. Itu akan menambah wawasan keislaman anda.

________________________



KEUTUMAAN BATU MULIA DALAM ISLAM

Assalamualaikum mohon penjelasan tentang kebenaran dari artikel yg saya baca tentang batu mulia. Keutamaan Batu Mulia Menurut Maksumin link: http://goo.gl/wdolHK

JAWABAN

Batu tetaplah batu. Bahkan Umar bin Khatab menyatakan saat mencium Hajar Aswad ketika tawaf "Engkau hanyalah batu. Seandainya tidak aku lihat Rasulullah menciummu, maka aku tidak akan menciummu." Dalam riwayat lain Umar berkata: "Engkau hanyalah batu yang tidak bermanfaat juga tidak merugikan."
Teks Arab dalam hadits sahih Muslim dan komentar Imam Nawawi dalam Syarah Muslim sbb:
قوله : ( قبل عمر بن الخطاب الحجر ثم قال : أم والله لقد علمت أنك حجر ولولا أني رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقبلك ما قبلتك ) . وفي الرواية الأخرى : وإني لأعلم أنك حجر وأنك لا تضر ولا تنفع .

Jadi, jelas batu tidak ada manfaatnya. Kecuali sebagai hiasan bagi yang menyukainya dan sebagai salah satu benda yang memiliki nilai materi. Di luar itu tidak ada.

Namun demikian, batu mulia atau batu apapun dapat juga memiliki kekuatan tertentu yang bersifat ghaib apabila disusupi oleh jin. Dan itu tidak hanya pada batu. Benda-benda apapun bisa dirubah oleh jin menjadi sesuatu yang memiliki kekuatan gaib. Jadi, bukan pada batu itu sendiri. Kalau memang demikian, maka seorang muslim hendaknya tetap menjaga hatinya agar tidak mengandalkan kekuatan yang ada pada batu agar terhindar dari dosa.

________________________



WANITA MIMPI SERING DITUNGGU MANTAN PACAR

assalamualaikum wr wb
saya dari magelang,masih sekolah kelas 3sma
saya mau bertanya,mantan saya itu pernah bermimpi sedang ditunggu saya
disuatu tempat gitu,dan dalam setiap mimpinya itu pasti sedang
ditunggu saya,mantan saya sudah mimpi ditunggu saya sebanyak
3kali,ditempat yg berbeda pula..itu tandanya apa ya?,mungkin bapak/mas
bisa menafsirkan mimpi saya..

JAWABAN

Itu tanda manta anda itu masih mengharapkan anda kembali. Lihat detail tentang mimpi di sini.

________________________

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

4 comments:

  1. sy banyak belajar dari situs ini terima kasih

    ReplyDelete
  2. artikel yang bagus dan menarik,,semoga kita bisa mengatasi masalah kehidupan dengan baik,,nice :)

    ReplyDelete
  3. Yang butuh PROPOSAL BISNIS yg bisa bikin para Investor mengucurkan dana untuk usaha anda tanpa modal…kami punya Proposal ampuh dan sulit ditolak investor…
    dana akan mengucur untuk membiayai usaha anda tanpa anda harus menggadaikan/menjaminkan barang2 berharga milik anda…100% tanpa modal…
    kaya dengan modal orang lain..

    Paket Kumpulan Proposal Bisnis untuk segala macam uasaha seperti:

    *Proposal Pendirian Cafe
    *Proposal Counter Hp
    *Proposal toko Komputer
    *Proposal Travel Agent
    *Proposal Restorant, dll…

    Paket lengkap seharga Rp.150.000,-

    Produk berupa e-Book dan dikirim via e-mail..

    Pemesanan Hubungi:
    Prettycillia 081340040036
    email: pretty_pamungkas@yahoo.com

    Bisnis lainnya dari kami yg bikin rekening anda dibanjiri uang 50RIBU terus2an…yukkk klik:
    http://www.jutawancepat.mprm.net

    “Salam Sukses”

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!