Saturday, May 04, 2013

Adat Jawa Ngalor Ngulon Penghalang Pernikahan


Adat Jawa Ngalor Ngulon Penghalang Pernikahan
ADAT JAWA NGALOR NGULON

Assalamualaikum Ustadz,

Nama saya Al,
pak ustadz saya dalam keadaan bingung,
saya anak laki - laki ibu satu-satunya, dilarang menikah/tidak direstui sama ibu saya karena rumah arah calon saya ngalor ngulon dari rumah saya (barat utara). karena itu wasiat dari alm. Bapak saya. ibu saya kukuh dengan keyakinannya bahwa ngalor ngulon akan tidak berumur panjang(meninggal)/ketidak bahagiaan dalam rumah tangga.

saya sudah jenuh dengan alasan - alasan itu saja' pendekatan saudara -saudara sudah tidak dihiraukan ibu,ibu kukuh dengan keyakinannya,yang saya mau tanyakan :
1.apakah saya durhaka jika melawan KEYAKINAN ibu tentang NGALOR NGULON?? bukankah di dalam Islam itu tidak ada istilah tersebut untuk niat baik " menikah " dan saya sudah debat bahwa hidup,mati,rizki,jodoh kehendak Alloh.
2.apakah saya berdosa jika nikah tanpa memberi tahu/meminta restu ibu saya??
3.jika ustad menjadi saya apa yang harus saya lakukan?
4.apakah saya harus meninggalkan calon saya?dan menuruti Ibu???

terimakasih pak ustadz,semoga pak ustadz yang dipilih Alloh untuk memberikan saya pencerahan.
Wassalamualaikum

DAFTAR ISI
  1. Adat Jawa Ngalor Ngulon
  2. Suami Ceraikan Istri Karena Dianggap Kekanakan
  3. Mimpi Tubuh Kaku Dan Melihat Al Quran
  4. Buka Usaha Halal Dengan Harta Haram
  5. Adab Berpakaian Menurut Islam
  6. Suka Memikirkan Dzat Allah Dan Selalu Batal Shalat
  7. Faktor Penyebab Terkena Sihir
  8. Perkataan dan Perbuatan Nabi Terdahulu Apa Disebut Hadits
  9. Membasuh Tiga Kali Dalam Wudhu Bergantian Atau Tidak
  10. Mimpi Uang Kotak Amal Terus Bertambah

JAWABAN ADAT JAWA NGALOR NGULON

Hitungan dan adat Jawa atau kejawen memang sering menjadi penghalang bagi terlaksananya suatu pernikahan yang sebenarnya menurut Islam sangat sederhana. Orang tua keluarga Jawa sangat percaya dengan tradisi primbon dan weton mereka sehingga sulit bagi mereka melepaskan diri dari kungkungan tradisi. Yang terpenting adalah bagi generasi muda seperti anda jangan sampai ikut-ikutan memercayai tradisi yang bertentangan dengan syariah ini. Jawaban atas pertanyaan anda:

1. Anda tidak durhaka apabila anda tetap melakukan perkawinan. Karena ketaatan pada orang tua itu ada batasnya yakni selagi dalam masalah yang tidak bertentangan dengan syariah. Lihat: Hukum Taat Orang Tua.

2. Tetaplah meminta restu padanya sebagai formalitas dan sebagai tanda penghargaan padanya. Tapi kalau dia tidak setuju, Anda tetap dapat melangsungkan pernikahan.

3. Saya akan meminta bantuan tokoh agama yang dihormati ibu untuk meyakinkan ibu.

4. Lihat poin 1,2, 3.

__________________________


SUAMI CERAIKAN ISTRI KARENA DIANGGAP KEKANAKAN

Assalamualaikum WrWb
Saya R, Saya dan Suami saya menikah muda dia 22Tahun dan saya masih 18tahun dan pernikahan kami sudah berlangsung 2tahun.

Memang sejak menikah dia belum siap, tapi karna kami telah melakukan hubungan intim dan hamil di luar nikah (Astagfirullah). dan setelah menikah, dia tidak bekerja dan hanya mengandalkan uang saku bulanan dari Orangtuanya yg bekerja menjadi TKI di Singapur, karna dia anak satu-satunya, sayapun tinggal dirumahnya di pedesaan yg jauh dari
keramaian kota, keseharian kami pun lebih seperti teman main.

Jujur, setiap hari yg saya jalani adalah bermain Sosial Media atau Facebook, karna dia hanya asyik bermain keluar bersama teman-temannya untuk bermain Game Playstation atau Futsal.

Karna dia terlihat baik-baik saja dengan apa yg saya lakukan, dia menghiraukannya, selang beberapa bulan saya jengkel dengan kelakuan suami saya karna sering pergi main PS(Game) dan minum minuman keras dengan temannya dan sering pulang larut malam, malah saya sampai tidak tidur untuk menunggu dia pulang.

karna saya tinggal bersama nenek dia, Nenek dia terlihat kurang suka dengan saya, dia bilang saya tidak pernah beres-beres rumah dengan rapi, bahkan ketika saya hamil, nenek dia menyuruh untuk menggugurkan kandungan karna saya masih terlalu muda.

satu tahun berlalu, suami saya mulai bekerja di salah satu fabrik biskuit, kamipun mengontrak rumah kecil, tapi selang 3bulan dia berhenti karna dia bilang dia lelah bekerja, kamipun pulang ke rumahnya di pedesaan, saya tidak betah tinggal di desa terutama tinggal bersama nenek dia karna dia sangat cerewet, tapi saya tidak pernah menceritakan ketidak betahan kepada suami saya.

Pertengkaran sering terjadi ketika saya sering menuntut dia untuk berubah. Bahkan dia sering melakukan KDRT terhadap saya, ketika itu saya sering meminta cerai dari dia karna tidak tahan lagi dengan sikap dia, tapi dia selalu menahan saya pergi.

beberapa minggu berlalu, saya, suami saya, dan nenek suami saya memutuskan untuk berkunjung ke rumah Orang tua Suami saya. 2minggu berlalu kami pulang ke indonesia, ketika di rumah dia bilang saya kekanak-kanakan dan harus berubah, sayapun berubah sedikit demi sedikit, tpi sesekali saya marah kepada dia karna hal sepele, mungkin itu yg membuat dia jengkel.

3hari berlalu dan dia menyuruh saya untuk berkunjung ke rumah kakak saya dan menginap sendiri di sana, keesokan harinya saya meminta untuk di jemput. berhubung rumah kakak saya kosong, dia memarahi saya bilang saya masih kekanak-kanakan, tidak berubah bahkan lebih buruk, lalu dia bilang "ini bukan keinginan aku tapi kita harus usai" awalnya saya
tidak mau dicerai tapi dia terus memaksa halus saya, saya bilang "saya ikuti kemauan kamu, kalau itu baik buat kamu" walau sebenarnya saya tidak mau.

Dia tidak bilang ke keluarga saya, awalnya saya menangis di depan keluarga saya lalu mereka tanya kenapa saya menangis, saya bilang semua yg di katakan suami saya, lalu kakak laki-laki saya menelefon tetapi bibinya yg mengangkat, bilang suami saya tidak ada.

selang dua hari tidak ada kabar tentang suami saya,tidak ada keputusan apapun, digantung, di telepon tidak aktif, saya telepon neneknya dia bilang suami saya tidak ada, lalu saya memutuskan untuk ke desa untuk melihat keadaan suami saya, ketika di sana saya berbicara berdua dengan dia, saya bilang saya ingin memperbaiki semuanya, tapi dia
bilang sudah terlambat, saya paksa dia tapi dia bilang keputusan dia sudah bulat, semalaman kami berbicara berdua, sangat mesra bahkan masih melakukan hubungan suami istri, saya masih tanya apa tidak bisa di perbaiki? dia tetap dengan pendiriannya, keesokan harinya saya beres-beres rumah memperlihatkan dia saya berubah. tapi dia bilang
"jangan beres-beres, kemas barang-barang kamu" saya sedih, tapi saya tetap memperhatikan dia, bahkan dia minta untuk melakukan hubungan suami istri sekali lagi. magrib pun datang mulai angin besar dan mati lampu, dia tetap mengantar saya pulang dgn motor. Hujan lebat dia tetap meneruskan perjalanan, sesampai di rumah keluarga saya, perwakilan keluarga dia menyerahkan saya, selang 3hari(hari ini) masih belum ada telepon atau kabar dari dia.

pertanyaan saya,
1. Apakah Ini keinginan dia menceraikan saya?.
2. Apakah masih bisa di perbaiki?.
3. Hari hari saya tidak tenang, apa ada doa untuk menenangkan hati dan fikiran?.
4. Ini sama sekali tidak ada proses perceraian, bahkan tidak ada kabar, apa ini terlihat dia tidak benar benar ingin menceraikan saya?.
5. apa disini saya yg bersalah?.
bagai mana cara untuk memberbaiki semuanya?

Terimakasih, maaf jika ada salah kata atau tulisan.
Akhir kata Wassalamualaikum Wr Wb.

JAWABAN

1. Apakah itu keinginan dia atau bukan, hanya dia yang tahu. Silahkan tanya langsung pada yang bersangkutan.
2. Masih bisa. Silahkan berkomunikasi dengannya. Datangi dia dan berbicaralah.
3. Doa yang terbaik adalah shalat lima waktu ditambah shalat tahajud pada waktu malam. Berdoalah setiap selesai shalat memohon pada Allah agar diberi ketenangan.
4. Perceraian dalam Islam memang tidak diperlukan proses. Asal suami mengatakan pada istrinya "Aku ceraikan kamu" maka perceraian terjadi. Lihat: Perceraian dalam Islam.
5. Semua pihak bersalah dan perlu saling introspeksi. Sulit untuk bersatu lagi kalau tidak ada kemauan dari kedua pihak untuk berubah. Lihat Cara Membina Keluarga Harmonis -> http://www.fatihsyuhud.net/rumah-tangga/

__________________________


MIMPI TUBUH KAKU DAN MELIHAT AL QURAN

Siapa yg tau arti mimpi ini ?
Pada saat menjelang subuh (belum subuh) hari kamis Saya bermimpi tubuh saya kaku . Sya mengerang kecil saya membaca surah ayat kursi, qul huwallahu, an-nas, alfatihah berulang-ulang dan allahu akbar itu semua saya baca dlm hati. Sya berusaha membaca allahu akbar menggunakan suara tp mulut saya kaku jd sya baca dlm hati saat sya baca allahu akbar berulang kali tiba-tiba tubuh saya jadi plong / legah tdk kaku lagi akhir mimpi saya , saya diperlihatkan alquran serta tasbih kemudian terbangun.
1. Artinya apa ?
2. Bertanda burukkah atau baikkah ?

JAWABAN

1. Umumnya mimpi seperti itu adalah gangguan dari jin. Lihat: Mimpi dalam Islam
2. Kalau anda dapat mengambil hikmah dari mimpi itu maka itu pertanda baik. Misalnya, sejak itu anda menjadi lebih rajin beribadah. Menjadi pertanda buruk apabila amal baik anda jadi berkurang sejak mimpi itu.

__________________________



BUKA USAHA HALAL DENGAN HARTA HARAM

Assalamu'alaikum wr wb..

ustadz, saya mau nanya,, bagaimana hukumnya jika seseorang menjalankan usaha dari harta yang haram mamun usaha yang dilakukan itu baik, dalam artian tidak mengadung unsur subhat...??

Jazakallahukhairankatsira...

JAWABAN

Sebaiknya dihindari. Namun kalau tidak ada jalan lain, maka anda dapat melakukannya sebagai darurat dengan catatan ketika sudah berhasil, maka hendaknya anda membersihkan harta anda dari yang haram tersebut. Caranya, berikan harta haram tersebut pada fakir miskin atau lembaga sosial. Lihat: Gaji Halal dan Haram

__________________________



ADAB BERPAKAIAN MENURUT ISLAM

assalamualaikum wr.wb

saya ingin bertanya ustad tentang adab berpakaian menurut islam, seperti diketahui bahwa ada acara yaitu miss indonesia. miss indonesia itu kan , memakai pakaian yang membuka aurat, bagamaimana tanggapan ustad mengenai hal tersebut, mohon di bantu ustad,

JAWABAN

Prinsipnya dalam Islam adalah berpakaian harus menutupi aurat. Adapun teknis detailnya, seperti modeal dll, terserah masing-masing individu. Aurat wanita dan pria lihat: Aurat Perempuan dan Laki-laki dalam Islam

__________________________



SUKA MEMIKIRKAN DZAT ALLAH DAN SELALU BATAL SHALAT

Ass
pak ustadz, saya mau nanya.
1.Saya pernah memikirkan dzat allah, dan hati saya tidak tenang dan gelisah. Bagaimana solusinya ?
2. Saya selalu batal dalam shalat saya, misalnya Saya shalat lalu berubah niat, ragu apakah sah shalatnya masih ada atau tidak. Bagaimana solusinya pak ustadz ? Apakah saya begini karena memikirkan dzat allah ?
Wass

JAWABAN

1. Allah memerintahkan kita untuk memikirkan makhluk ciptaanNya agar kita sampai pada-Nya dan bersyukur serta men-tauhuid-kan-Nya. Hindari membaca buku-buku filsafat atau tauhid. Cukuplah ikuti perintah syariah dan perbanyak baca buku fiqh.
2. Was-was dan batal shalat timbul karena ketidaktahuan hukum shalat. Shalat selalu sah asal tidak hal fisikal yang membatalkan seperti kentut, kencing, dll. Ragu-ragu apakah kentut atau tidak; apakah beruha niat atau tidak, itu tidak membatalkan shalat. Jadi, selagi masih ragu-ragu, maka teruskan shalatnya karena itu tidak membatalkan shalat.

__________________________



FAKTOR PENYEBAB TERKENA SIHIR

asslmkum.
1. Pak ustadz saya mau tanya, kalau saya di sihir sampai energi besar sampai berbulan-bulan, biasanya karena faktor apa ?
Saya adalah mahasiswa yang tidak selesai kuliah disemester akhir karena sakit lama, berhenti kuliah 3 tahun yang lalu.
Terima kasih
wasslmkum.
Nama: muh.

JAWABAN

1. Mengapa anda berfikir anda kena sihir? Kalau toh itu benar, maka penyebab utama orang kena sihir adalah kurangnya ibadah pada Allah. Rajin shalat 5 waktu dan baca secara teratur Quran surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan ayat Kursi.

__________________________



PERKATAAN NABI TERDAHULU APAKAH DISEBUT HADITS

Assalamu 'alaikum War. Wab.
Sepengetahuan saya ustadz tentang pengertian Hadits Nabi Muhammad SAW. ialah : Semua perkataan , perbuatan dan Takrir atau ketetapan Nabi Muhammad SAW itu di sebut Hadits. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Bagaimana tentang perkataan , perbuatan dan ketetapan Nabi Nabi terdahulu sebelum Nabi Muhammad SAW. apakah itu juga disebut Hadits.
2. Apakah setiap hadits yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim itu pasti shohih?
Atas penjelasan ustadz saya menyampaikan terimakasih
Wassalamu'alaikum War. Wab.
Penanya :
Sunargi Akib
di- Bondowoso

JAWABAN

1. Tidak. Perkataan Nabi terdahulu bukan hadits dalam istilah teknis syariah Islam. Karena hadits itu hanya mengacu pada perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad. Lebih detail tentang hadits baca karya Imam Nawawi التقريب والتيسير لمعرفة سنن البشير النذير في أصول الحديث: http://www.fatihsyuhud.org/2013/03/kitab-musthalah-hadith-nawawi.html
2. Iya pasti sahih itulah sebabnya disebut Sahih Bukhari dan Sahih Muslim. Namun demikian, tingkat kesahihan sebuah hadits itu berbeda-beda. Lebih detail lihat kitab mustalah hadits karya Imam Nawawi di atas (poin 1).

__________________________



MEMBASUH TIGA KALI DALAM WUDHU BERGANTIAN ATAU TIDAK

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Ustadz, saya mau tanya perihal berwudlu....
saya belajar dari kecil, disampaikan oleh guru saya dan dari praktik yang saya ketahui, bahwa berwudlu disunnahkan masing-masing dilakukan sebanya tiga kali.misal membasuh tangan tiga kali. saya melakukannya tiga kali dengan bergantian antara tangan kanan dan kiri. tapi belum lama ini saya mendengar dari teman saya, bahwa membasuh tiga kali itu sesuai hadits katanya tiga kali kanan baru kemudian tiga kali yang kiri. begitu seterusnya untuk anggota wudlu yang berpasangan.

pertanyaan saya
1. bagaimana dasar berwudlu dengan membasuh tiga kali yang bergantian tersebut? karena teman saya tersebut menyampaikan redaksi dalam hadits tersebut membasuh yang kanan tiga kali kemudian yang kiri tiga kali. (bukan membasuh yang kanan dan kiri tiga kali secara bergantian).
mohon jawabannya.. terima kasih.
bisa di balas di email ini ustadz.
Wassalamu 'alaikum wr. wb.

JAWABAN

1. Teman anda benar. Dalam kitab Bulughul Maram, Ibnu Hajar Asqalani mengutip sebuah hadits sahih tentang wudhu riwayat Bukhari dan Muslim sbb: ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ اَلْيُمْنَى إِلَى اَلْمِرْفَقِِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ, ثُمَّ اَلْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ Artinya: Mem
basuh tangan kanan sampai siku tiga kali; lalu membasuh tangan kiri seperti itu juga.
Jadi, cara membasuhnya bukan seperti cara anda. Hadits yang lebih lihat باب الوضوء كتاب بلوغ المرام للعسقلاني: http://www.fatihsyuhud.org/2013/04/bab-wudhu-ghusl-maram.html#2

__________________________



MIMPI UANG AMAL TERUS BERTAMBAH

Assalamualaikum ustadz,
Saya kemarin malam bermimpi saya melihat uang 2 ribu rupiah, lalu saya masukkan kotak amal, lalu diatas kotak amal itu muncul uang lagi, lebih besar, saya masukkan lagi, dan tambah banyak lagi uang diatas kotak amal itu, lalu saya terheran2..
Kira2 maksud Allah swt apa yaa pak?
Terima kasih.

JAWABAN

Untuk mengingatkan anda untuk memperbanyak sedekah. Lihat juga: Mimpi dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..