Wednesday, May 15, 2013

Ajaran Ekstrim Wahabi Membuat Aku Stress dan Paranoid


Ajaran Ekstrim Wahabi Membuat Aku Stress dan Paranoid
KATA "MAU KITA CERAI?" APAKAH JATUH TALAK?

Assalamualaikum wr.wb
Saya seorang istri,saya ingin bertanya apakah hukum talak jatuh kepada saya, karena kemarin saya bertengkar dengan suami,dan suami sempat bilang "ade mau kita ceraikah, mau kita pisah kah?" saya bingung sekarang saya harus bagaimana,sedangkan suami saya sekarang bersikap sprti tidak terjadi apa apa,dan kalau kami masih ingin bersama apa yang harus d lakukan? bagaimana caranya?trima kasih

DAFTAR ISI
  1. Kata "Mau Kita Cerai?" Apakah Jatuh Talak?
  2. Terjebak Ajaran Ekstrim Kaum Wahabi
  3. Doa Imam Yang Diamini Makmum Saat Shalat Berjamaah
  4. Menikah Dengan Pasangan Zina
  5. Harta Warisan Untuk Istri Dan Anak Dan Saudara
  6. Merasa Hina Karena Dituduh Lesbi
  7. Hukum Menolak Lamaran Laki-Laki
  8. Air Cipratan Menyucikan Najis
  9. Pecandu Video B0kep Ingin Taubat
  10. Orang Kristen Masuk Islam Diusir Orang Tua
  11. Hukum Konsumsi Ganja (Narkoba)

JAWABAN KATA "MAU KITA CERAI?" APAKAH JATUH TALAK?

Talak tidak terjadi karena itu kalimat tanya. Bukan kalimat berita. Perceraian terjadi apabila suami mengucapkan kata cerai dalam kalimat berita seperti "Aku ceraikan kamu" atau "Kita bercerai saja.". Atau konfirmasi pertanyaan istrinya. Misalnya, istri bertanya: "Apa kamu akan menceraikan aku?" Suami menjawab: "Iya." Maka talak terjadi. Lebih detail: Hukum Talak dalam Islam

______________________________


TERJEBAK AJARAN EKSTRIM KAUM WAHABI JADI SRESS DAN PARANOID

Assalamaualaikum
Pertama nama saya dian, saya ingin menceritakan masalah yang saya hadapi. Begini ceritanya beberapa bulan yang lalu saya pernah mengikuti sebuah pelatihan agama dari sekolah saya. Setelah itu saya tertarik untuk mempelajari agama lebih dalam melalu internet, Namun naas mungkin karena saya yang saat itu masih sangat polos dan belum mengetahui apa-apa saya selalu membaca artikel-artikel dari para ulama wahabi.

pertama saya tidak ada masalah akan tetapi lama kelamaan saya menjadi serba paranoid karena setiap membaca artikel atau fatwa-fatwa wahabi selalu mengarah ke syirik atau bid'ah dan itu membuat saya selalu was-was. saya pun sempet berfikir bahwa orang tua saya -hanya pikiran saya dan semoga tidak benar- kafir. karena pada saat itu saya seperti mengomel ke orang tua saya -yang memang ilmu agamanya tidak terlalu tinggi- karena menabung di bank . tapi saat itu saya hanya minta untuk di pindahkan ke bank syariah, tapi orang tua saya berkata "kamu kok sekarang begini ? dikit-dikit islam banget. lagian nabung di bank biasa-biasa aja". entah kenapa saat itu saya jadi berfikir bahwa orang tua saya sudah kafir -saya sekarang saat menyesali ini- . saya harap pikiran saya ini salah .

Selanjutnya saya pun serba paranoid pada berbagai hal, bahkan untuk hal yang menurut sebagian orang tidak wajar. seperti pemanfaatan benda, contohnya saya takut memakai helm saat memakai motor, karena jika memakai helm menurut saya, saya sudah syirik karena dengan memakai helm sama saja saya meminta perlindungan dari helm itu jika terbentur. dan sebenenarnya hanya allah yg harus menolong kita. Bahkan saya takut meminta tolong kepada orang, karena sebagian muslim -dalam pikiran saya- hanya kepada allah kita menolong.

Bahkan saya takut membaca berbagai tulisan seperti Novel atau Komik atau segala hal yang bercerita tentang sihir,keajaiban atau cerita-cerita tentang dewa-dewa karena saya pikir jika kaya membaca itu semua maka saya sama saja mempercayain semua sihir-sihir, keajaiban atau dewa-dewa dalam cerita tersebut.

Terus juga saya juga takut menggunakan kata "sumpah" atau kata "demi" karena menurut saya itu sama saja dengan nazar. karena saya dahulu sering berkata seperti ini.
-Aku bersumpah kepada Allah,Rasul ku, Orang tua ku dan sebagainya
atau
-Demi allah, Rasul ku dan kata demi sebagainya

Sekarang saya sadar bahwa saya mengikuti suatu paham yang ekstrem, saya sudah mencoba lepas dari semua itu namun karena di usia saya yg masih labil semua bacaan yg saya baca tidak mau lepas, saya saat menderita dengan semua ini. semakin saya mencoba lepas semakin masuk saya ke dalam paham mereka dan semakin terpuruk. bahkan sampai seperti yang saya tuliskan di atas. hidup saya sekarang terasa penuh dengan tekanan dan stres tidak seperti teman-teman saya yang ceria. padahal dulu saya termasuk seorang yang bersemangat tapi sekarang menjadi seorang yang pendiam dan tertutup.

saya minta tolong
1. apakah semua pertanyaan yang saya tuliskan benar termasuk syirik atau hanya ke khawatiran saya?
2. tolong saya, bagaimana cara menghilangkan semua trauma ini, karena saya merasa hidup saya hancur

JAWABAN

1. Semua itu tidak benar. Hanya kekhawatiran anda saja. Dan paham seperti itu eksklusif paham Wahabi. Selain Wahabi tidak seperti itu cara memahami agama. Lihat: Ciri Khas Wahabi dan Ulamanya

2. Buang literatur bacaan Wahabi baik yang didapat dari internet atau cetak. Dan mulailah membaca tulisan-tulisan dari ulama Ahlussunnah yang moderat seperti Yusuf Qardhawi. Coba cari buku (terjemahan) karya Qardhawi seperti Halal dan Haram dalam Islam; Fiqih Prioritas (dapat dicari versi digital). Dua buku ini sudah cukup sebagai modal ber-Islam yang baik dan akan membuat anda merasa damai dalam mengamalkan agama.

Tentang soal syirik, cara sederhana dan benar dalam memahami pengertian syirik adalah perbuatan menyembah selain Allah atau menyembah Allah bersama yg lainnya seperti yang dilakukan oleh kaum kafir Makkah dulu atau yang dilakukan oleh orang kafir sekarang. Itulah pengertian syirik menurut ulama Ahlussunnah. Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Al-Kabair http://www.fatihsyuhud.org/2013/05/shirik-qatl-sihir-shalat.html#1 menyatakan definisi syirik sbb:
فأكبر الكبائر الشرك بالله تعالى و هو نوعان : أحدهما ـ أن يجعل لله ندا و يعبد غيره من حجر أو شجر أو شمس أو قمر أو نبي أو شيخ أو نجم أو ملك أو غير ذلك و هذا هو الشرك الأكبر الذي ذكره الله عز و جل قال الله تعالى : { إن الله لا يغفر أن يشرك به و يغفر ما دون ذلك لمن يشاء } و قال الله تعالى : { إن الشرك لظلم عظيم } و قال الله تعالى : { إنه من يشرك بالله فقد حرم الله عليه الجنة و مأواه النار }

Intinya: Syirik ada dua. Syirik besar dan kecil. Syirik besar menyembah selain Allah. Syirik besar ini akan membuat seseorang menjadi murtad dan kafir kembali. Kecuali kalau dia bertaubat.

Syirik kecil seperti riya' atau ingin dipuji atas amal baik. Syirik kecil tidak menjadikan seseorang kafir. Ia hanya membuat amalnya sia-sia. Berbeda dg syirik besar. itulah makna sederhana dari syirik. Semoga Anda tidak lagi stress.

______________________________


HUKUM DOA IMAM YANG DIAMINI MAMKMU SAAT SHALAT BERJAMAAH

Bagaimana hukum nya imam berdoa bersama-sama dengan jamaah imam baca doa makmum mengamini, hal ini ada yg mempermasalahkan

JAWABAN

Hukum berdoa-nya imam dan amin-nya makmum setelah shalat adalah sunnah. Imam Nawawi menyatakan dalam kitab Al-Majmuk III/488 sbb:
(فرع) قد ذكرنا استحباب الذكر والدعاء للامام والمأموم والمنفرد وهو مستحب عقب كل الصلوات بلا خلاف
Artinya: Sudah disebut sunnahnya berdzikir dan berdoa bagi imam dan makmum atau shalat sendirian. Hal itu sunnah dilakukan setelah setiap shalat tanpa ada perbedaan ulama.

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (Syarah Bukhari) menyatakan

Ulama Wahabi memang menganggap bid'ah doa bersama yang dibaca setelah shalat antara imam sebagaimana fatwa yang diberikan oleh Bin Baz.

______________________________



MENIKAH DENGAN PASANGAN ZINA

Assalamualaikum..

Saya seorang gadis usia 22th. Saat ini saya menjalin hubungan dg seorang pria usianya 24th.
Kami berpacaran sudah 4tahun lebih. Kami berdua kebablasan pacaran,dan melakukan zina. Kami berdua sama2 menyesal krn itu. Yg ingin kami tanyakan..
1.. Apakah boleh kami meluruskan niat kami utk menikah? Dg status kami berdua yg sudah berzina?
2.. Kami ingin menikah, tapi apa yg harus kami lakukan sblm menikah? Hanya dg taubat nasuha saja. Atau ada hal lain?
3.. Apa kami harus segera menikah? Atau masih bisa menunggu?
4.. Saya dengar pertaubatan yg bisa saya lakukan setelah menunggu haid saya yg pertama dulu atau bagaimana?

Terimakasih, mohon jawabannya. Wassalam.

JAWABAN

1. Boleh menikah.
2. Cukup dengan taubat nasuha.
3. Wajib segera menikah. Pernikahan hukumnya wajib apabila sekiranya tidak menikah akan terjatuh ke lembah perzinahan. Sedangkan anda sudah melakukannya, maka lebih wajib lagi.
4. Menurut madzhab Syafi'i tidak perlu meninggu haid pertama. Ulasan detail dan dalilnya baca artikel berikut:
>> http://www.fatihsyuhud.net/2013/01/hukum-menikahi-wanita-tidak-perawan-karena-zina/

______________________________


HARTA WARISAN UNTUK ISTRI DAN ANAK DAN SAUDARA

Ass.. Ayah saya telah wafat meninggalkan istri dan 5 orang anak perempuan. saat ini dari pihak ayah masih ada 1 saudara laki laki dan 2 saudara perempuan. bagaimanakah perhitungan bagi warisnya? apakah warisan yang dibagikan kepada saudara ayah dari keseluruhan harta ayah dan ibu saya atau hanya dari warisan bawaan ayah saja? Terimakasih atas jawabannya..

JAWABAN

Pembagiannya adalah sbb:

1. Istri mendapat 1/8 (seperdelapan)
2. Anak perempuan (semuanya) mendapat 2/3 (dua pertiga)
4. Saudara laki-laki dan saudara perempuan mendapatkan sisanya di mana saudara perempuan mendapat separuhnya bagian saudara laki-laki.
______________________________



MERASA HINA KARENA DITUDUH LESBI

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

saya dulu telah melakukan dosa liwath tepatnya 3 tahun yang lalu sewaktu saya di sma kelas dua. namun yang saya lakukan hanya sebatas berpacaran lewat facebook tidak sampai ke dunia nyata. saya mulai membaca dan menonton video tentang semua yg berbau liwath dan mulai kecanduan trhadapnya. saya hobi menggambar, dan pada suatu waktu saya mengambar dua orang wanita yang saling berciuman dan saya unggah di sebuah situs seni(deviantart), sampai keluarga saya mengetahui hal tersebut dan saya pun ditegur oleh sepupu saya. dan dulu saya sempat curhat kepada teman2 bahwa saya ini lesbi. namun saya tidak mengetahui bahwa yang saya lakukan di masa sma tersebut merupakan dosa besar dan berdampak buruk ke kehidupan saya yang sekarang. saya sekarang sedang kuliah semester 2 di sebuah PTN, dan entah bagaimana gosip bahwa saya lesbian tsb sampai tersebar ke kampus. jadi saya sekarang merasa sangat berdosa, dan merasa hina karena setiap saya ke kampus, saya ditertawakan, dicemooh, dan hal tsb membuat saya gelisah. saya tahu ini semua berasal dari kesalahan dan kebodohan saya sendiri, karena saya kurang ilmu beragama, dan sering melalaikan ibadah sehingga saya jauh dari syariat agama.
yang ingin saya tanyakan,

1. apakah hal yang dapat saya lakukan sekarang untuk membuat gosip2 buruk ttg saya reda, dan orang2 tidak men cap saya sebagai lesbian lagi?
mohon balasannya
terima kasih
wassalam.

JAWABAN

1. Cara termudah adalah pindah kuliah atau fakultas. Kalau itu tidak mungkin, maka anda dapat merubah gaya hidup dan lingkungan berteman anda. Misalnya, kalau dulu tidak berjilbab, sekarang pakailah jilbab dan bergabunglah dengan kegiatan keagamaan.

______________________________



HUKUM MENOLAK LAMARAN LAKI-LAKI

Assalamu'alaikum..
ana mau nanya nih..
Apakah salah jika ana menolak lamaran seorang laki-laki yang sangat mencintai ana, tpi hati ana tdk sdikitpun mncintainya.. alasan kenapa ana menolaknya yaitu karena ia tdk sprti apa yg ana hrpkn,, ilmu agamanya sgt lemah, perilakunya krg baik & kulitnya jga item bget.. Ana jga wanita yg normal.. Ana pngen mmpunyai suami yg SHOLIH, tahu
ttg agama & sprti wnita lainnya yg mnyukai laki'' yg tampan, putih, tinggi dsb..

JAWABAN

Tidak salah wanita menolak lamaran laki-laki yang tidak disukainya apalagi kalau komitmen agamanya kurang baik. Sudah wajar kalau anda ingin mencari calon yang ideal, namun demikian kalau kriteria ideal tidak terkumpul semua, ada baiknya anda membuat kompromi-kompromi yang sesuai dengan Islam seperti mencari pria shalih walaupun tidak tampan atau sedikit agak hitam, dll. Lebih detail baca buku terbitan PP Al-Khoirot tentang cara memilih jodoh yang baik yang dapat dibacara gratis secara online berjudul: Cara Membina Keluarga Harmonis http://www.fatihsyuhud.net/rumah-tangga/

______________________________



AIR CIPRATAN MENYUCIKAN NAJIS

Ustd yang saya hormati:
1. *Kalau memang cara saya kurang tepat apakah saya perlu mengulang mensucikan sepatu saya?
2. *Kemudian bagaimana hukum air cipratan pada waktu mensucikan najis tersebut,,secara pasti pada waktu mensucikan sepatu saya air menciprat ke lantai, kaki, tangan dan tembok sekitar kamar mandi,,apakah juga harus di sucikan juga semuanya,,
Mohon jawabanya dengan jelas ustd,,mengingat hal ini sangat mengganggu saya..
Trimaksih..
Wassalamualaikum..

JAWABAN

1. Iya. proses penyucian perlu diulangi.
2. Benda yang terkena cipratan air najis menjadi najis, maka harus dicuci juga. Lebih detail lihat: Najis dalam Islam
______________________________



PECANDU VIDEO B0KEP INGIN TAUBAT

assalamu'alaikum. ustad, saya ini pecandu video p*rno. sulit sekali ustad untuk melepas perbuatan buruk saya. saya sudah mencoba berulang kali, tapi setiap minggu hati saya selalu ingin menonton video itu. saya merasa sangat jauh dari ALLAH, jauh sekali. hati saya selalu tidak tenang, apalagi setiap saya selesai melakukan hal itu. saya sangat ingin sekali bertaubat ustad. namun, setiap minggu saya selalu ingin menonton lagi. klo saya tidak menonton, pikiran saya selalu kacau, saya sudah mencoba istighfar, namun keinginan untuk menonton video itu tak bisa hilang. setiap saya selesai melakukan hal itu, saya selalu bertaubat ustad. namun setelah bertaubat saya selalu melakukannya lagi. saya bingung harus gimana lagi. setiap orang yg saya mintak tolongi untuk membantu saya, jawabannya hanya "segera kamu cari psikiater, supaya kamu bisa dipandu setiap hari". orang tua saya ndak tau ustad kalau saya melakukan hal itu, mangkanya saya ndak berani mencari psikiater. pernah ustad saya nekad untuk mengakhiri hidup ini, namun selalu gagal. saya mohon panduannya ustad, bagaimana caranya agar saya tidak melakukan hal itu lagi. trimakasih ustad, wassalamu'alaikum

JAWABAN

Perlu anda melakukan bunuh diri hanya karena stress memikirkan kecanduan video banyak orang yang lebih parah penyakitnya dari anda. Pertama, anda sudah bagus selalu menyesali perbuatan dosa anda. Itu modal utama untuk bertaubat.

Kedua, jauhkan segala peralatan terkait video dan cd tersebut.
Ketiga, banyaklah mengikuti aktifitas keagamaan di sekitar anda seperti pengajian, berzikir, dll.
Keempat, banyak bersilaturrahmi pada ulama atau kyai dan meminta doa mereka.
Kelima, banyak ibadah yg wajib dan sunnah. Terutama shalat tahajud.

Idealnya, anda tinggal di pesantren untuk beberapa saat. Barangkali aura religius di lingkungan pesantren akan mampu merubah anda ke arah yang lebih baik.
______________________________



ORANG KRISTEN MASUK ISLAM DIUSIR ORANG TUA

Saya ingin bertanya,jadi gini ceritanya,temen saya orang kristen,lalu dia masuk islam,setelah dia masuk islam orang tua nya mengusir mereka,apakah solusinya?dan apa hikmahnya?

JAWABAN

Itu salah satu resiko dan cobaan bagi yang merubah prinsip hidup yang tidak sesuai dengan agama orang tuanya. Saran saya, coba ajak dia menghadap tokoh ulama/ustadz terdekat idealnya yang ada pesantrennya barangkali beliau dapat meberikan solusi terbaik bagi mualaf tersebut.

______________________________



HUKUM KONSUMSI GANJA (NARKOBA)

assalaamu'alaikum wr. wb. yaa Ustadz. saya mau bertanya mengenai hukum mengonsumsi ganja yang tidak tertera di dalam alquran. apakah halal atau haram hukumnya? makasih yaa Ustadz syukran katsiiraan

wassalaamu'alaikum wr. wb

JAWABAN

Ganja dan narkoba secara umum dalam bahasa Arab disebut mukhaddarat. Hukumnya sama dengan minuman keras/miras. yaitu haram. Keduanya sama-sama disebut khamr yang dalam QS ِAl Baqarah 2:219 dan Al Maidah 6:9, 91 disebut secara eksplisit atas keharaman dan larangan mengkonsumsinya.

Yusuf Qardhawi dalam Al-Halal wal Haram fil Islam bab Mukhaddarat http://www.fatihsyuhud.org/2013/03/khamar-mukhadarat-qaradawi.html#4 menyatakan
(الخمر ما خامر العقل) كلمة نيرة قالها عمر بن الخطاب من فوق منبر النبي صلى الله عليه وسلم يحدد بها مفهوم الخمر، حتى لا تكثر أسئلة السائلين ولا شبهات المشتبهين. فكل ما لابس العقل وأخرجه عن طبيعته المميزة المدركة الحاكمة فهو خمر حرام حرمه الله ورسوله إلى يوم القيامة.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..