Nama Tokoh Ulama Wahabi Salafi

Wahabi Salafi


Daftar nama ulama Wahabi Salafi, kitab buku dan situs/blog-nya. Secara umum, tokoh utama ulama Wahabi/Salafi adalah ulama yang berdomisili di Arab Saudi dan menduduki posisi jabatan resmi tertentu di Kerajaan atau di universitas-universitas Arab Saudi seperti Ummul Qura, Universitas Islam Madinah, Universitas Ibnu Saud, dll.

Santri dan ulama Indonesia perlu mengetahui ini agar tidak salah dalam mengutip pendapat mereka baik yang berbahasa Arab atau Indonesia. Karena, banyak buku-buku mereka yang diterbitkan dan diterjemahkan di Indonesia.

DAFTAR ISI

  1. Ciri Khas Gerakan dan Ulama Wahabi Salafi
  2. Asal Mula Nama Wahabi
  3. Wahabi Bukan Ahlussunnah Waljamaah
  4. Nama Ulama Wahabi Salafi
    1. Muhammad bin Abdul Wahhab (Pendiri Wahabi)
    2. Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
    3. Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
    4. Muhammad Nashiruddin Al-Albani
    5. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan
    6. Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin
  5. Nama Anggota Kibar-ul Ulama lil-Buhuts wal-Ifta'
  6. Nama Anggota Lajnah ad-Daimah wal Ifta'
  7. Nama Ulama Wahabi Luar Arab Saudi
    1. Nama Ulama Salafi India Pakistan
    2. Nama Ulama Salafi Irak
    3. Nama Ulama Wahabi Kuwait
    4. Nama Ulama Wahabi Mesir
    5. Nama Ulama Wahabi Maroko
    6. Nama Ulama Wahabi Mauritania
    7. Nama Ulama Wahabi Al Jazair
    8. Nama Ulama Wahabi Tunisia
    9. Nama Ulama Wahabi Qatar
    10. Nama Ulama Sudan
    11. Nama Ulama Wahabi Suriah
    12. Nama Ulama Wahabi Lebanon
    13. Nama Ulama Wahabi Yordania
    14. Nama Ulama Yaman
  8. Daftar Yayasan, Pesantren dan Ustadz Wahabi Indonesia
  9. Gerakan Wahabi di Indonesia
  10. Catatan Kaki


CIRI KHAS ULAMA DAN ULAMA WAHABI

1. Kata kunci dan tema sentral dari fatwa para ulama Wahabi Salafi berkisar pada (a) bid'ah; (b) syirik; (c) kufur; (d) syiah rafidlah kepada kelompok Islam atau muslim lain yang tidak searah dengan mereka. Kita akan sering menemukan salah satu dari 4 kata itu dalam setiap fatwa mereka.

2. Dalam memberi fatwa, tokoh utama ulama Wahabi Salafi akan langsung berijtihad sendiri dengan mengutip ayat dan hadits yang mendukung. Atau, kalau mengutip fatwa ulama, mereka akan cenderung mengutip fatwa dari Ibnu Taimiyah atau Ibnul Qayyim. Selanjutnya, mereka akan membuat fatwa sendiri yang kemudian akan menjadi dalil para pengikut Wahabi. Dengan kata lain, pengikut Wahabi hanya mau bertaklid buta pada ulama Wahabi.

3. Tokoh atau ulama Wahabi Salafi level kedua ke bawah akan cenderung menjadikan fatwa tokoh Salafi level pertama sebagai salah satu rujukan utama. Atau kalau tidak, akan memberi fatwa yang segaris dengan ulama Wahabi level pertama.

4. Kalangan ulama atau tokoh Wahabi Salafi tidak suka atau sangat jarang mengutip pendapat ulama salaf seperti ulama madzhab yang empat dan yang lain kecuali madzhab Hanbali yang merupakan tempat rujukan asal mereka dalam bidang fiqih walaupun tidak mereka akui secara jelas. Hanya pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim yang sering dikutip untuk pendapat ulama di atasnya Muhammad ibnu Abdil Wahhab terutama dalam bidang yang menyangkut aqidah.

5. Di mata ulama Wahabi, perayaan keislaman yang boleh dilakukan hanyalah hari raya idul fitri dan idul adha. Sedangkan perayaan yang lain seperti maulid Nabi Muhammad, peringatan Isra' Mi'raj dan perayaan tahun baru Islam dianggap haram dan bid'ah.

6. Gerakan-gerakan atau organisasi Islam yang di luar Wahabi Salafi atau yang tidak segaris dengan manhaj (aturan standar ideologi) Wahabi akan mendapat label syirik, kufur atau bid'ah.

7. Semua lulusan universitas Arab Saudi dan afiliasinya adalah kader Wahabi Salafi. Sampai terbukti sebaliknya.

8. Pengikut/aktivis Wahabi Salafi tidak mau taklid (mengikuti pendapat) ulama salaf (klasik) dan khalaf (kontemporer), tapi dengan senang hati taklid kepada pendapat dan fatwa ulama-ulama Wahabi Salafi atau fatwa-fatwa yang dikeluarkan oleh Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts wal Ifta' (اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد) dan lembaga serta ulama-ulama yang menjadi anggota Hai'ah Kibaril Ulama (هيئة كبار العلماء) yang nama lengkapnya adalah Ar-Riasah al-Ammah lil Buhuts wal Ifta' (الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء).

9. Pengikut/aktivis sangat menghormati ulama-ulama mereka dan selalu menyebut para ulama Wahabi dengan awalan Syekh dan kadang diakhiri dengan rahimahu-Llah atau hafidzahulLah. Seperti, Syeikh Utsaimn, Syeikh Bin Baz, dll. Tapi, menyebut ulama-ulama lain cukup dengan memanggil namanya saja.

10. Ulama Wahabi Salafi utama (kecuali Nashiruddin Albani yang asli Albania) mayoritas berasal dari Arab Saudi dan bertempat tinggal di Arab Saudi. Oleh karena itu, mereka umumnya memakai baju tradisional khas Arab Saudi yaitu (a) gamis/jubah warna putih (b) surban merah (c) surban putih (d) maslah yaitu jubah luar tanpa kancing warna hitam atau coklat yang biasa dipakai raja. Lihat baju luar yang dipakai Abdul Wahab dan Al-Utsaimin.

Oleh karena itu, saat kita membaca buku, kitab atau browsing di internet, tidak sulit menengarai pada fatwa ulama non-Wahabi, mana fatwa yang berasal dari Wahabi Salafi dan mana tulisan sebuah website atau blog yang penulisnya adalah pengikut Wahabi.

Sayangnya, tidak sedikit dari kalangan awam yang terkadang tidak sadar bahwa fatwa agama dalam buku atau situs internet yang mereka baca berasal dari fatwa Wahabi Salafi. Semoga dengan informasi ini, para pencari informasi keagamaan akan semakin tercerahkan.

Intinya, cara termudah mengetahui apakah seorang ulama, ustadz atau tokoh agama atau orang awam biasa itu berfaham Wahabi Salafi adalah dari (a) latar belakang pendidikannya; (b) buku atau kitab yang dikutip; dan (c) cara memanggil ulama Wahabi dan ulama non-Wahabi (lihat poin 9).


ASAL MULA NAMA WAHABI

Sebagian pengikut Wahabi tidak mau gerakan mereka disebut dengan Wahabi. Mereka lebih senang dipanggil dengan julukan Salafi, Ahlul Hadits atau Ahlut Tauhid. Istilah Wahabi atau Wahabiyah diberikan oleh para ulama Ahlussunnah yang mengeritik ideologi Wahabi. Banyak buku-buku dalam bahasa Arab yang ditulis oleh para ulama terkemuka yang menyebut secara gamblang gerakan ini dengan sebutan "Al-Wahabiyah." Lihat daftar kitab di bawah ini yang khusus menulis tentang gerakan Wahabi:

- الوهابية: تشوه الإسلام وتؤخر المسلمين (Paham Wahabi Merusak Islam dan Membuat Muslim Terbelakang) ditulis oleh Muhammad Al-Ghazali, ulama berpengaruh Mesir.
- الرد علي الوهابية (Penolakan pada paham Wahabiyah) ditulis oleh Sulaiman bin Abdul Wahab yang merupakan saudara kandung Muhammad bin Abdul Wahab sendiri.
- هذه هي الوهّابيّة (Ini dia Gerakan Wahabi) oleh Muhammad Jawad Mugniyah
- الوهابيون و فريضة القرصنة (Para Wahabi dan Tugas Membajak)
- الصواعق الإلهية في الرد علي الوهابية (Petir Ilahi dalam Menolak Paham Wahabi)
- خطر الوهابية (على الأمة الإسلامية) للدكتور أحمد عبد الرحيم السايح (Bahasa Wahabi pada Umat Islam) oleh Muhammad Abdurrahim
- سامي الوهابية قاسم أمين المليجي. (Apa itu Wahabi)
- الخطر الوهابي ثلاث رسائل ضد الوهابية - عبد الله بن محمد بن راشد (Bahaya Wahabi: Tiga Makalah Melawan Wahabi)
- الوهابية - حامد ألكار
- الحسين والوهابية: دراسة تحليلية لاخلاقيات الامام الحسين وعقائد ومواقف الوهابية - جلال معاش
- الحركة الوهابية: قراءة نقديه تحليلية - مصطفى سدحان (Gerakan Wahabi: Analisa Kritis)
- الموسوعة الوهابية والشيعة الأمامية: قراءة نقدية - محمد شوقي (Ensiklopedi Wahabi dan Syiah Imamiyah)
- الشوكانية الوهابية: تيار مستجد في الفكر العربي الحديث - عبد العزيز قائد
- الفرقة الوهابية في خدمة من؟ - السيد ابو العلي (Gerakan Wahabi Melayani Kepentingan Siapa?)
- الرد على الوهابية في القرن التاسع عشر: نصوص الغرب الإسلامي نموذجا ً- الرديسي
- الأجوبة النجفية في الرد على الفتاوى الوهابية - أسعد كاشف الغطاء

Masih kurang? Lihat daftar lengkapnya kitab yang mengeritik Wahabi dan menyebut gerakan ini dengan kata Wahabi atau Harakah Wahabiyah di sini -> http://www.fatihsyuhud.org/2013/04/radd-ala-wahabiyah.html#2

Kesimpulan: Istilah Wahabi bagi gerakan yang dibuat oleh Muhammad bin Abdul Wahab adalah nama yang populer dan disematkan oleh para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah. Nama "Wahabi" jauh lebih populer daripada nama yang mereka buat seperti "Salafi" atau istilan lainnya.


WAHABI BUKAN AHLUSUNNAH WALJAMAAH

Terdapat perbedaan ulama apakah kaum Wahabi termasuk dari golongan Ahlussunnah Wal Jamaah atau bukan. Menurut Dr. Ali Syuaibi menyatakan bahwa Wahabi tidak termasuk golongan Ahlussunnah Waljamaah walaupun mereka mengklaim sebagai pengikut madzhab fiqih Hanbali (Hanabilah). Islamtimes.com melaporkan pernyataan Dr. Ali:
يوضح الدكتور علي الشعيبي أن أغلب المسليمن المعاصرين لا يعرفون أن الوهابية ليست من أهل السنة والجماعة ولو أنهم قالوا أنهم حنابلة كما أنهم لا يعلمون أن السلفية ليسوا من أهل السنة والجماعة
Artinya: Dr. Ali As-Syuaibi menjelaskan bahwa kebanyakan umat Islam dewasa ini tidak tahu bahwa kaum Wahabi bukanlan termasuk Ahlussunnah wal Jamaah walaupun mereka mengaku sebagai pengikut madzhab Hanbali sebagaimana umat Islam tidak tahu bahwa kaum Salafi bukanlah Ahlussunnah Waljamaah. Selengkapnya lihat: http://goo.gl/wtKTNd


TOKOH UTAMA ULAMA WAHABI

Daftar nama tokoh ulama Wahabi level pertama. Ulama atau tokoh Wahabi level kedua dan seterusnya akan mengutip pendapat tokoh level I ini sebagai rujukan pendapat mereka.

1. Muhammad bin Abdul Wahhab (1115 H - 1206 H/1701 - 1793 M)

Jabatan penting di Kerajaan Arab SAudi:
- Pendiri dan pelopor gerakan Wahabi/Salafi.
- Mufti Kerajaan Arab Saudi.

Kitab karya Muhammad bin Abdul Wahab

1. رسائل العقيدة
2. كتاب الكبائر
3. مختصر الإنصاف والشرح الكبير
4. أربع قواعد تدور الأحكام عليها ويليها نبذة في اتباع النصوص مع احترام العلماء
5. مبحث الإجتهاد والخلاف
6. كتاب الطهارة
7. شروط الصلاة وأركانها وواجباتها
8. كتاب آداب المشي إلى الصلاة
9. أحكام تمني الموت
10. مختصر سيرة الرسول صلى الله عليه وسلم
11. فتاوى ومسائل
12. تفسير آيات من القرآن الكريم
13. كتاب فضائل القرآن
14. مختصر زاد المعاد
15. الرسائل الشخصية
16. مختصر تفسير سورة الأنفال
17. بعض فوائد صلح الحديبية
18. رسالة في الرد على الرافضة
19. الخطب المنبرية
20. قسم الحديث
21. المسائل التي لخصها محمد بن عبد الوهاب من كلام شيخ الإسلام ابن تيمية

2. Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (1330 H - 1420 H / 1910 M - 1999 M)
Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Qadhi (Hakim) di daerah al-Kharaj semenjak tahun 1357-1371 H,
- Tahun 1390 H - 1395 H Rektor Universitas Islam Madinah.
- tahun 1414 H Mufti Umum Kerajaan.

Kitab atau buku karya tulis bin Baz

1. الأدلة ال؃اشفة لأخطاء بعض الكتاب
2. الأدلة النقلية والحسية على إمكان الصعود إلى الكواكب وعلى جريان الشمس وسكون الأرض
3. إقامة البراهين على حكم من استغاث بغير الله أو صدق الكهنة والعرافين
4. الإمام محمد بن عبد الوهاب: دعوته وسيرته
5. بيان معنى كلمة لا إله إلا الله
6. التحقيق والإيضاح لكثير من مسائل الحج والعمرة والزيارة على ضوء الكتاب والسنة
7. تنبيهات هامة على ما كتبه محمد علي الصابوني في صفات الله عز وجل
8. العقيدة الصحيحة وما يضادها
9. الدعوة إلى الله
10. تنبيه هام على كذب الوصية المنسوبة إلى الشيخ أحمد
11. وجوب العمل بالسنة وكفر من أنكرها
12. الدعوة إلى الله سبحانه وأخلاق الدعاة

3. Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin (1347 H - 1421 H)
Al Utsaimin adalah pakar fiqih-nya kalangan Wahabi Salafi. Banyak persoalan hukum baru yang difatwakan olehnya. Seperti haramnya mengucapkan selamat natal, dan lain-lain.

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Imam masjid jami’ al Kabir Unaizaih
- Mengajar di perpustakaan nasional Unaizah
- Dosen fakultas syariah dan fakultas ushuluddin cabang Universitas Islam Imam Muhammad bin saud di Qasim,

Kitab atau buku karya tulis Al-Utsaimin

1. أصول في التفسير
2. شرح مقدمة التفسير
3. تفسير القرآن الكريم
4. مجموع الفتاوى
5. الشرح الممتع
6. القول المفيد في شرح كتاب التوحيد
7. الإبداع في كمال الشرع وخطر الابتداع
8. رسالة الحجاب
9. زاد الداعية إلى الله
10. شرح الأصول الستة
11. شرح العقيدة الواسطية (شرح مطول)
12. الضياء اللامع من الخطب الجوامع
13. عقيدة أهل السنة والجماعة
14. فتح رب البرية بت؄خيص الحموية
15. من مشكلات الشباب
16. المنتقى من فرائد الفوائد17
17. منظومة في أصول الفقه وقواعده
18. المنهج لمريد العمرة والحج
19. سؤال وجواب من برنامج نور على الدرب
20. شرح أصول الإيمان
21. مجموعة أسئلة في بيع وشراء الذهب


4. Muhammad Nashiruddin Al-Albani (1333 H - 1420 H/1914 M - 1999 M)
Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Tahun 1381 - 1383 H: Dosen Hadits Universitas Islam Madinah

Kitab atau buku karya tulis Al-Albani

1. سلسلة الأحاديث الصحيحة
2. سلسلة الأحاديث الضعيفة
3. صحيح الترغيب والترهيب
4. ضعيف الترغيب والترهيب
5. صحيح وضعيف الأدب المفرد
6. ظلال الجنه في تخريج السنة
7. سنن أبي داود
8. جامع الترمذي
9. ضعيف سنن الترمذي
10. صحيح سنن ابن ماجة
11. ضعيف سنن ابن ماجة


5. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan (1345 H - )

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Dosen Institut Pendidikan Riyad
- Dosen Fakultas Syari'ah, Fakultas Ushulud Dien, Mahkamah Syariah
- Anggota Lajnah Daimah lil Buhuts wal Ifta' (Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa).
- Anggota Haiah Kibaril Ulama' dan Komite Fiqh Rabithah Alam Islamiy di Mekkah
- Anggota Komite Pengawas Du'at Haji
- Ketua Lajnah Daimah lil buhuts wal ifta'.
- Imam, Khatib dan Pengajar di Masjid Pangeran Mut'ib bin Abdil Aziz di Al Malzar.

Kitab atau buku karya tulis Al-Fauzan

1. المنتقى من فتاوى الفوزان
2. شرح لمعة الإعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد
موفق الدين عبد الله بن قدامة
3. الملخص في شرح كتاب التوحيد
4. التعليق المختصر على القصيدة النونية
الإمام ابن قيم الجوزية

6. Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin (عبد الله بن عبد الرحمن بن جبرين) 1933 -2009 M / 1353 - 1430 H.

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi

- Asisten Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
- Anggota tetap majlis riset dan fatwa Arab Saudi
- Dosen syariah dan ushuluddin di Arab Saudi

Kitab atau buku karya tulis Ibnu Jibrin

1. شرح أصول السنة لإمام أهل السنة أبي عبد الله أحمد بن محمد بن حنبل رحمه الله تعالى
2. فضل الصحابة وذم من عاداهم
3. الإرشاد شرح لمعة الاعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد
4. الكنز الثمين
5. أخبار الآحاد
6. الثمرات الجنية شرح المنظومة البيقونية
7. حوار رمضاني
8. سبعون مخالفة تقع فيها النساء
9. فوائد من شرح منار السبيل
10. إبهاج المؤمنين بشرح منهج السالكين وتوضيح الفقه في الدين


NAMA ANGGOTA KIBAR AL-ULAMA LIL-BUHUTS WAL-IFTA' ARAB SAUDI

Lembaga pemberi fatwa resmi Arab Saudi bernama Hai'ah Kibar-ul Ulama (lengkapnya, الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء) yang anggotanya terdiri dari ulama senior Arab Saudi yang dipilih oleh kerajaan. Mereka adalah termasuk dedengkot dan tokoh Wahabi Salafi. Nama-namanya antara lain sebagai berikut:

1. Abdul-`Aziz ibn `Abdullah ibn Muhammad Al Al-Shaykh (ketua mufti saat ini)
2. Abdul-Razzaq ibn `Afify ibn `Atiyyah
3. Abdullah ibn Qa`ud
4. Ibrahim ibn Muhammad Al Al-Shaykh
5. Abdullah ibn Ghudayyan
6. Salih ibn Fawzan Al-Fawzan
7. Bakr ibn `Abdullah Abu Zayd
8. Abdullah ibn Mani`
9. Ahmad ibn `Aly ibn Ahmad Sayr Al-Mubaraky
10. Abdullah ibn Muhammad Al-Mutallaq
11. Abdullah ibn Muhammad ibn Sa`d Al Khanin
12. Sa`d ibn Nasir ibn `Abdul-Aziz Abu Habib Al-Shatry
13. Muhammad ibn Hasan Al Al-Shaykh
14. Abdul-Karim Al-Khudir


NAMA ANGGOTA LAJNAH DAIMAH WAL IFTA' (اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد) ARAB SAUDI

Ulama yang tergabung dalam Lajnah Daimah wal Ifta' adalah ulama berpengaruh di Arab Saudi. Semua dari mereka beraliran Wahabi Salafi tentu saja. Nama-namanya antara lain sebagai berikut:

1. Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad Al-Syaikh (Ketua)
2. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan
3. Ahmad bin Ali bin Sair Al-Mubaraki.
4. Abdul Karim bin Abdullah Al-Khidir.
5. Muhammad bin Hasan Al-Syaikh
6. Abdullah bin Muhammad bin Khunain.
7. Abdullah bin Muhammad Al-Mutlak


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI LUAR ARAB SAUDI

Berikut nama-nama ulama terkemuka beraliran Salafi Wahabi di negara lain selain Arab Saudi. Mayoritas dari ulama-ulama berikut terinspirasi atau pernah menjadi murid langsung dari tokoh-tokoh Wahabi Salafi Arab Saudi.


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI INDIA PAKISTAN

Sebagian di antara ulama di bawah tidak punya kaitan langsung dengan Muhammad bin Abdul Wahhab terutama ulama India Pakistan namun memiliki konsep yang sama atau serupa.

Ahmad bin Irfan Asy-Syahid (أحمد بن عرفان الشهيد)
Ismail bin Abdul Ghani Ad-Dahlawi (إسماعيل بن عبد الغني الدهلوي)
Muhammad Nadzir Husain Ad-Dahlawy (محمد نذير حسين الدهلوي)
Muhammad Siddiq Hasan KHan Al-Qanuji (محمد صديق حسن خان القنوجي)
Abu Turab Adz-Dzahiri (أبو تراب الظاهري)
Shafi Ar-Rahman Al-Mubarakpuri (صفي الرحمن المباركفوري)
Jamilur-Rohman Al-Afghani (جميل الرحمن الأفغاني)
Ihsan Ilahi Dhahir Pakistan (إحسان إلهي ظهير باكستان)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI IRAK

Ali 'Alauddin Al-Alusi (علي علاء الدين الألوسي)
Muhammad Bahjat Al-Atsari (محمد بهجت الأثري)
Mahmud Syukri Al-Alusi (محمود شكري الألوسي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI KUWAIT

Abdurrahman Abdul Kholik (عبد الرحمن عبد الخالق)
Utsman Al-Khamis (عثمان الخميس)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI MESIR

Muhammad Sa'id Ruslan (محمد سعيد رسلان)
Abu Ishaq Al-Huwaini (أبو إسحاق الحويني)
Ahmad Farid (أحمد فريد)
Ahmad Muhammad Syakir (أحمد محمد شاكر)
Sayyid Saaduddin Al-Ghabasyi (السيد سعد الدين الغباشي)
Jamal Al-Maraki (جمال المراكبي)
Said Abdul Adzim (سعيد عبد العظيم)
Syarif Al-Hawari (شريف الهوارى)
Shofwat Asy-Syawadifi (صفوت الشوادفي)
Abdurrozzaq Aqiqi (عبد الرزاق عفيفي)
Mazin Assarsawi (مازن السرساوي)
Muhammad Az-Zughbi (محمد الزغبي)
Muhammad Hamid Al-Fiqi (محمد حامد الفقي)
Muhammad Hassan (محمد حسان)
Muhammad Rasyid Ridha (محمد رشيد رضا)
Muhammad Sofwat Nuruddin (محمد صفوت نور الدين)
Mahmud Al-Mashri (محمود المصري)
Yasir Barmami (ياسر برهامي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI MAROKO

Abdullah bin Idris As-Sanusi (عبد الله بن إدريس السنوسي)
Alal Al-Qasi (علال الفاسي)
Taqiduddin Al-Hilali (تقي الدين الهلالي)
Abu Uwais Bukhabzah (أبو أويس بوخبزة)
Muhammad bin Abdurrahman Al-Amgharawi (محمد ين عبد الرحمن الأمغراوي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI MAURITANIA

Muhammad Al-Amin Asy-Syankiti (محمد الأمين الشنقيطي)
Muhammad Al-Hasan Asy-Syankiti (محمد الحسن الددو الشنقيطي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI ALJAZAIR

Ibnu Badis (ابن باديس)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI TUNISIA

Al-Khatib Al-Idris (الخطيب الإدريسي)
Muhammad Al-Makki bin Azuz (محمد المكي بن عزوز)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI QATAR

Ahmad bin Hajar Al Butami (أحمد بن حجر آل بوطامي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI SUDAN

Muhammad Hasyim Al-Hadiyah (محمد هاشم الهدية)
Muhammad Hamzah (محمد حمزة)
Khalid Abdurrahman Al-Latif Muhammad Nur (خالد عبد اللطيف محمد نور)
Hasan Al-Hawari (حسن الهواري)
Muhammad Sayyid Muhammad Hajj (محمد سيد محمد حاج)
Muhammad Musthafa Abdul Qadir (محمد مصطفى عبد القادر)
Muhammad Al-Amin Ismail (محمد الأمين إسماعيل)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI SURIAH

Jamaluddin Al-Qasimi (جمال الدين القاسمي)
Abdul Qadir Al-Artaut (عبد القادر الأرناؤوط)
Muhammad Bahjah Al-Bithar (محمد بهجة البيطار)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI LEBANON

Salim Asy-Syihal Lebanon (سالم الشهال في لبنان)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI YORDANIA

Umar Sulaiman Al-Ashkar (عمر سليمان الأشقر)
Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari (علي بن حسن الحلبي الأثري)
Masyhur Hasan Al-Salman (مشهور حسن آل سلمان)
Abu Muhammad Al-Maqdisi (أبو محمد المقدسي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI YAMAN

Asy-Syaukani (الشوكاني)
Abdurrahman Al-Ma'lami (عبد الرحمن المعلمي)
Abdul Majid Az-Zandani (عبد المجيد الزنداني)
Muhammad bin Abdullah Al-Imam (محمد بن عبد الله الإمام)
Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wasabi (محمد بن عبد الوهاب الوصابي)
Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i (مقبل بن هادي الوادعي)
Yahya bin Ali Al-Hujuri (يحيى بن علي الحجوري)


DAFTAR YAYASAN, PESANTREN DAN USTADZ WAHABI SALAFI INDONESIA

Untuk daftar yayasan, pesantren dan ustadz Wahabi Salafi di Indonesia lihat di sini. atau di sini.


GERAKAN WAHABI DI INDONESIA

Gerakan Wahabi di Indoensia terbagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama, orang-orang yang menerima dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab, namun melakukan usaha modifikasi, baik sedikit, separuhnya, atau sebagian besarnya. Ciri utama mereka adalah modifikasi pesan dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab.

Kelompok Pertama ini disebut Neo-Wahabi. Organisasi masyarakat di Indonesia yang masuk dalam kategori kelompok neo-Wahabi pertama adalah Muhammadiyah dan Persatuan Islam (Persis). Pada tahun 1980-an dan 1990-an muncul gelombang baru neo-Wahabi yaitu kelompok tarbiyah yang kemudian berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)[1] dan Salafi jihadi yang berada dalam lingkaran Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Baasyir serta murid-murid mereka berdua. Neo-Wahabi kedua ini merupakan hasil usaha kampanye program-program yang dilakukan Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) yang dimulai pada dekade 1970-an.

Khusus tentang Salafi Jihadi (the Jihadist) dikenallah istilah alumni Afghanistan yakni mereka yang pernah ikut berperang di Afghanistan melawan Uni Soviet. Di bawah pengaruh Abu Bakar Baasyir dan Abdullah Sungkar sebagian alumni Afghanistan ini muncul gerakan neo-Khawarij yang mengafirkan orang-orang di luar mereka—termasuk pemerintah Indonesia—dan menyebarkan kebencian terhadap pihak penguasa di Indonesia. Dari kelompok ini sebagian teroris pengeboman berasal.

KELOMPOK KEDUA: WAHABI MURNI.

Yaitu orang-orang yang merespon positif dakwah tersebut dan menerima secara bulat tanpa usaha memodifikasinya. Mereka menerima dakwah dan berusaha menyebarkannya di lingkungan-lingkungan mereka.

Yayasan Al-Muntada didirikan oleh Muhammad bin Surur bin Nayef Zainal Abidin. di London dan Jam’iyyah Ihya At-Turats Al-Islamiyah didirikan oleh Abdurrahman Abdul Khaliq di Kuwait adalah kelompok baru neo-Wahabi. Di Indonesia Yayasan As-Shafwah yang dipimpin oleh Abu Bakar M. Altway dan Yayasan Al-Haramain adalah cabang dari kedua yayasan yang berpusat di London dan Kuwait tersebut.

Tokoh dai terkenal dari yayasan Al-Haramain adalah Abdul Hakim Abdat di Jakarta, Yazid bin Abdil Qadir Jawwas di Bogor, Ainul Harits di Jawa Timur dan Abu Haidar di Bandung.

Sedang Jam’iyyah Ihya At-Turats Al-Islamiyah juga memiliki cabang di Indonesia. Mereka mendirikan pesantren-pesantren yang tersebar di Jawa, seperti Ma’had Jamilurrahman dan Islamic Centre Bin Baaz di Yogyakarta, Ma’had Al-Furqan di Gresik dan Ma’had Imam Bukhari di Solo.

Mereka yang berasal dari kedua yayasan tersebut disebut Sururi.

WAHABI YAMAN

Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i

Yaitu kalangan yang pernah menjadi murid dari Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i pengasuh Ma’had Darul Hadits di daerah Dammaj, Sha’dah, Yaman. Forum Komunikasi Ahlus Sunnah wal Jamaah (FKAWJ) yang menaungi Laskar Jihad Ja’far Umar Thalib didirikan oleh kelompok Wahabi Salafi Yaman ini.

Daftar nama lengkap tokoh Wahabi Salafi Indonesia alumni Arab Saudi atau Yaman dapat dilihat di sini.

TERKAIT:

>> Wahabi Salafi Menurut Ulama Sunni Kontemporer
>> 4 (Empat) Tipe Pondok Pesantren

CATATAN KAKI

[1] Seorang aktifis HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) keberatan saya memasukkan HTI pada golongan Neo Wahabi dan menanyakan sumber pengambilan pustakanya. Saya jelaskan bahwa pernyataan itu saya kutip dari buku Nur Khalik Ridwan berjudul Doktrin Wahhabi dan Benih-Benih Radikalisme Islam (Tanah Air, 2009). Menurutnya, HTI dan Wahabi justru berseberangan dari segi manhaj aqidah dan syariah. Saya cantumkan email aktifis tersebut sebagai hak jawab sbb:

Saya kira akan lebih bijak dan sudah selayaknya, ketika akan menganalisa atau mengkritiki sebuah gerakan/kelompok/madzhab, merujuk langsung ke kitab-kitab yang dijadikan acuan gerakan/kelompok/madzhab yang bersangkutan. Kitab-kitab hizbut tahrir bisa diakses di hizb-ut-tahrir.info, karena kebanyakan buku-buku yang dijadikan rujukan juga tidak merujuk secara langsung ke sumber aslinya.

Di beberapa buku, hizbut tahrir justru mengkritiki sepak terjang kaum wahabi bersama (raja) su'ud dengan bantuan Inggris dalam pemisahan diri dari daulah Islam (sebagaimana termaktub dalam kitab kaifa hudimat al khilafah, http://shamela.ws/rep.php/book/4145). Dalam penarikan sumber dalil dalam masalah aqidah, juga tampak perbedaan antara pemahaman wahabi dengan hizbut-tahrir (sebagaimana termaktub dalam kitab Asy Shakhsyiyyah Al Islamiyyah jilid I, http://hizb-ut-tahrir.info/info/files/Books-ar/Shakhsiyyah_1_20.01.2013.pdf).

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

247 comments:

  1. ya, awalnya jg sy terkecoh dgn buku wahabi/salafy. tp skrg sudah bisa membedakan dengan sejelas2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingat darah ulama ahlussunnah beracun,,,hati-hati dalam berkata!! tanpa ilmu...menuduh seorang tanpa bukti,,,,inilah bala tentara syaithan yg selalu menyebarkan kedustaan dan kemunafikan,,,

      Delete
    2. salafy wahabi adalah penamaan dari orang2 yang memiliki hati yg kotor dan akidah yg sesat menyesatkan,,,sedangkan mereka di atas kebenaran dan hak...wahabi adalah julukan dri kaum yg memiliki akidah yg sesat,,,sedangkan syaikh muhammad bin abdul wahhab adalah seorang mujaddid yng menyeru kepada tauhid dan memurnikan ketaatan hanya kepadaNya....

      Delete
    3. Assalamualaikum wahai para pencari kebenaran

      Mereka yg dicap "wahabi" mengamalkan quran dan sunnah atas pemahaman orang2 yang mengalami sendiri saat ayat2 quran diturunkan, yaitu para sahabat

      saya contohkan dengan sebuah kiasan, semoga menjelaskan

      Jika kita kiaskan sungai ciliwung adalah islam, maka tanyalah air sungai ciliwung kepada 3 orang di darah berbeda

      1. orang jakarta utara akan mengatakan air sungai ciliwung hitam

      2. orang kabupaten bogor akan mengatakan air ciliwung coklat lumpur tanah

      3. orang puncak akan mengatakan air ciliwung bening

      Ketiganya seakan benar, karena memang mereka merasa mengambil air ciliwung di sungai ciliwung. Tapi air ciiliwung yang hakiki adalah air bening. Air menjadi coklat setelah terpolusi oleh lumpur. Air menjadi hitam setelah terpolusi oleh lumpur dan diperparah oleh limbah rumah tangga dan industri.

      Jika kita mengambil islam...islam yang mana...dalam perjalanan sejarahnya islam mengalami kontaminasi pemikiran2 salah. Itulah yang dialami saat seorang muslim mengambil islam di metode salah. Mereka merasa telah mengambil islam, tapi islam yang diambil telah mengalami kontaminasi pemikiran salah.

      Para sahabat adalah generasi yang mendapat bimbingan langsung dari manusia_mulia_yang _diutus _Allah_untuk_mengajarkan_agama_kepada _manusia (shalawat dan salam kepadanya). Inilah generasi yang terbimbing agar tidak terkontaminasi pemikiran2 salah.

      Namun selayaknya air ciliwung yang diambil di tempat yang salah, begitu juga kadang islam diambil di tempat dan cara yang salah. Hadist2 palsu yang tersebar diambil secara serampangan sehingga menghasilkan orang2 yang mempunyai pemikiran2 salah.

      Sekarang kembali ke mereka yang dicap "wahabi". Mereka berusaha memurnikan tauhid mereka dengan mengambil pemahaman para sahabat atas agama ini. Mereka berusaha seilmiah mungkin dalam mengambil suatu hadist, tanpa bertaklid buta terhadap 1 imam. Karena...kita hanya berhak mencari keilmiahan hadist, sedangkan sunnah yang terkandung dalam hadist sendiri tidak boleh kita utak atik, karena itu ajaran yang disampaikan oleh nabi (shalawat dan salam kepadanya)

      semoga Allah (Yang Maha Suci dan Tinggi) memberi hidayah kepada para pencari kebenaran dan memberi kesabaran

      kesabaran??? ya...kita akan bahagia saat kita diberi hidayah bahwa kita dipilih menjadi 1 dari 999 orang yang salah jalan, namun konsekuensi selanjutnya kita harus segera bersabar dalam menunjukkan jalan yang benar kepada 999 orang yang memilih jalan yang salah (karena dalam kenyataannya 999 orang inilah yang merasa benar jalannya karena mereka berjumlah banyak)

      Delete
    4. AnonymousMay 16, 2013

      Pake akun anonymous juga ah :D

      Terus, bagaimana pendapat anda yg kelihatannya membela wahaby ini ? Saat Umar bin Khatab memerintahkan untuk shalat tarawih berjama'ah ? Saat Ustman bin Affan membukukan Alqur'an dan Abu Bakar menyetujuinya ? Saat Adzan sholat Jum'at di masa khalifah Ustman dilakukan 2 kali ? Saat huruf2 al-Qur'an diberi tanda untuk membedakan atau dilakukan utk memudahkan membacanya ? Semuanya bid'ah dan tdk pernah dilakukan ileh Nabi Muhammad SAW ?
      Kalo saya memberi contoh seperti ini :
      ketika seorang atasan memerintahkan untuk menyampaikan suatu berita kepada anak buahnya untuk disampaikan ke relasinya, maka akan ada beberapa kemungkinan :

      1. Anak buah menyampaikan berita itu melalui telepon
      2. Anak buah menyampaikan berita itu melalui email
      3. Anak buah menyampaikan berita itu melalui sms
      4. Anak buah menyampaikan berita itu datang langsung

      Menurut anda, mana yang benar ? Salah seorangkah, atau semuanya benar ? Jadi maksud saya, dalam hal bid'ah membid'ahkan yang kerap dilakukan oleh Wahaby, bisa jadi karena mereka hanya memahami contoh "kasar" yg dilakukan Nabi saja, maksudnya kalao Nabi bilang "A", maka mereka akan mengikuti "A" tersebut. Padahal bisa jadi kata "A" itu butuh penafsiran. Jika, ada penafsiran hadis yg bertentangan, coba lihat Al-Qur'an, bertentangan tidak ?
      Contoh lain : Menurut wahabi, tahlil atau mendo'akan orang yg meninggal tidak dicontohkan nabi, jika memang begitu, di ayat2 Al Qur-an dibolehkan untuk mendo'akan orang2 yg sudah meninggal.

      Pemahaman itu bertentangan dengan banyak ayat dan hadits Rasulullah SAW beberapa di antaranya :

      وَالَّذِيْنَ جَاءُوْامِنْ بَعْدِ هِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَااغْفِرْلَنَا وَلاِءخْوَنِنَاالَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلاِءْيمن

      “Dan orang-orang yang datang setelah mereka, berkata: Yaa Tuhan kami, ampunilah kami dan ampunilah saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan beriman.” (QS Al-Hasyr 59: 10)

      Dalam hal ini hubungan orang mu’min dengan orang mu’min tidak putus dari Dunia sampai Akherat.

      وَاسْتَغْفِرْلِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنتِ

      “Dan mintalah engkau ampun (Muhammad) untuk dosamu dan dosa-dosa mu’min laki dan perempuan.” (QS Muhammad 47: 19)

      سَأَلَ رَجُلٌ النَّبِىَّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنَّ اُمِى مَاتَتْ افَيَنْفَعُهَا اِنْ تَصَدَّقْتَ عَنْهَا ؟ قَالَ نَعَمْ

      “Bertanya seorang laki-laki kepada Nabi SAW; Ya Rasulullah sesungguhnya ibu saya telah mati, apakah berguna bagi saya, seandainya saua bersedekah untuknya? Rasulullah menjawab; yaa berguna untuk ibumu.” (HR Abu Dawud).

      Dan masih banyak pula dalil-dalil yang memperkuat bahwa orang mati masih mendapat manfa’at do’a perbuatan orang lain. Ayat ke 39 Surat An-Najm di atas juga dapat diambil maksud, bahwa secara umum yang menjadi hak seseorang adalah apa yang ia kerjakan, sehingga seseorang tidak menyandarkan kepada perbuatan orang, tetapi tidak berarti menghilangkan perbuatan seseorang untuk orang lain.

      Delete
    5. untuk yang Pake akun anonymous juga ah :D

      Memang ustadz2 yg antum bilang wahaby membid'ahkan sholat tarawih berjama'ah?
      setahu saya mereka juga sholat tarawih berjama'ah krn memang Rosulullah pernah melaksanakannya walaupun hanya 3 hari tp memang mereka sholat tarawihnya hanya 11 rokaat, tuma'ninah dan tidak teriak-teriak...

      Memang ustadz2 yg antum bilang wahaby membid'ahkan Mushaf Al-qur'an? setahu saya mereka juga membaca Al-qur'an dari mushaf-mushaf tersebut tapi memang mereka bacanya bukan di kuburan...

      Ustadz2 yg antum bilang wahaby memang tdk melaksanakan 2 Adzan di sholat jum'at krn memang tdk dicontohkan oleh Rosulullah dan setahu saya 2 adzan sholat jum'at di zaman Utsman Bin Affan Rodiyallahu Anhu, adzan pertamanya dilaksanakan di pasar untuk mengingatkan datangnya waktu sholat jum'at....

      Memang ustadz2 yg antum bilang wahaby membid'ahkan tanda baca dalam Alqur'an? setahu saya Alqur'an yang mereka baca juga ada tanda bacanya....

      Sedangkan mengenai contoh yang anda sampaikan kesimpulannya adalah apa yang dilakukan oleh anak buah itu benar semua dan ia akan menjadi salah kalau menambahkan atau mengurangkan berita yang seharusnya disampaikan kepada relasinya...dan itu yang banyak terjadi di zaman ini....

      Delete
    6. Assalamualaikum...ini adalah Fitnah...bagaimana Mungkin Wahabi di nisbatkan kepada Syaikh, Muhammad Bin abdul wahhab..harus jujur apabila Wahabi di nisbatkan kepada Muhammad Bin Abdul Wahhab,,bukan wahabi tapi Muhammadiyah..karna namanya Muhammad bapak nya abdul wahhab<<..penulis artikel ini cuma meyebarkan kebohongan besar menfitnah Ulama..dan rujukan infor masinya tidak akurat..nasehat saya baca kitab pemahaman meraka. jangan langsung menfitnah...semua kita akan bertanggung jawab di hadapan robbul izzati waljalalah...banyak yang mengatakan bermazhab syafi'i tapi apa yang dilarang imam sayafi'i di kerjakan..Misal...imam syafi'i berkata tidak sampai pahala orang yang membaca al qur'an kepada orang lain dan yang sudah mati Lihat : Al Umm- karangan Imam Sya fi'i.

      Delete
    7. AnonymousJuly 07, 2013

      bagi yang mempermasalahakan bidah dan shalat tarawih maka berilmu dulu. bid'ah yang dimaksud umar tidak sama dengan bid'ah yang disenut sesat oleh Rasulullah. bkankah rasulullah bersabda bahwa org sepeninggalku akan menyaksikan perselisihan yang banyak dan kita diperintahkan berpegang teguh pada Al Quran dan sunnah serta sunnah kulafahurasyidin almahdiyin. masalah shalat tarawih jama'ah kenapa rasulullah tinggalkan karena khwatir diwajibkan atas kita. lalu sepeninggal Rasulullah, tidak ada perintah wajib jama'ah maka seorang pemimpin berijtihad dan tidak satupun sahabat yang menentang. Belajarlah kaedah dalam agama ini saudaraku supaya tidak berbicara tanpa ilmu. Hadits tentang kulla bid'atun dhalalah jelas dan Rasulullah selalu menyampaikannya dalam khutbahnya...so mau dengerin orang tau rasulullah...

      Delete
  2. memangnya pernah dikecoh apa sama orang2 salafy..bagi dong pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousJuly 03, 2012

      Perhatikan kalimat-kalimat ini:
      “Sebenarnya, Wahabi merupakan firqah sempalan Ibadhiyah khawarij yang timbul pada abad kedua hijriyah (jauh sebelum masa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab -ed), yaitu sebutan Wahabi nisbat kepada tokoh sentralnya Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang wafat tahun 211 H. Wahabi merupakan kelompok yang sangat ekstrim kepada ahli sunnah, sangat membenci syiah dan sangat jauh dari Islam.”
      Baiklah, jika menurut mereka istilah “wahabi” itu diperuntukkan pengikut Abdul Wahhab ibn Abdurrahman ibn Rustum, maka hal ini akan sangat bertentangan dengan FAKTA DI LAPANGAN.


      MARI KITA BUKTIKAN !
      Masih ingat kasus Pemalsuan atas Kitab Klasik Ahlussunnah Wal Jama’ah, khususnya kitab Hasyiyah ash-Shawi ‘alaa Tafsir Jalalain yang dilakukan oleh kaum Salafy-Wahhabi tahun 1420 H?
      Berikut ini adalah nukilan dari Kitab Hasyiyah ash-Shawi ‘alaa Tafsir al-Jalalain (cetakan Dar Ihya’ at-Turats al-Arabi, Beirut, Libanon, dicetak Tahun 1419 H) halaman 78, Tafsir ayat 7 dan 8 Surat Al-Fathir, karya al-Imaam Ahmad ibn Muhammad ash-Shawi al-Maliki, seorang ulama’ Ahlussunnah wal jama’ah mu’tabaar menyebutkan:
      وقيل هذه الاية فى الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب و السنة ويستحلون بذالك دماء المسلمين وأموالهم, لما هو مشاهد الان فى نظائرهم وهم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية يحسبون انهم على شيء ألا إنهم هم الكاذبون, استحوذ عليهم الشيطان, فأنساهم ذكر الله, اولئك حزب الشيطان, ألا إن حزب الشيطان هم الخاسرون, نسأل الله الكريم أن يقطع دابرهم.
      “Dikatakan, ayat ini turun terkait kaum khawarij yang telah mengubah ta’wilan Al Quran dan Sunnah, dan dengan itu mereka menghalalkan darah dan harta kaum muslimin. Sebagaimana hal serupa juga kita saksikan saat ini, khususnya pada suatu kelompok yang ada di tanah Hijjaz, yang mana mereka dikenal dengan sebutan Wahhabi. Mereka mengira bahwa mereka berpijak di atas dalil yang kokoh. Ketahuilah, sesungguhnya mereka adalah para pendusta. Syaithon telah mengalahkan mereka, sehingga membuat mereka lupa dari mengingat Allah. Mereka itulah kelompok syaithon. Ketahuilah, sesungguhnya kelompok syaithon adalah orang-orang yang benar-benar merugi. Kita memohon kepada Allah Yang Maha Mulia untuk membinasakan mereka.”
      LIHAT FAKTA INI !
      Kemudian, setelah setahun Kitab ini terbit, pada tahun 1420 H melalui penerbit Dar al-Kutub al-ilmiyyah, Beirut, Libanon, kaum salafy-wahabi melakukan tahrif atas kitab ini dengan tujuan untuk menyembunyikan jati diri wahabi sebenarnya.
      Berikut ini adalah nukilan dari teks yang dipalsukan:
      Hasyiyyah ash-Shawi ‘alaa Tafsir al-Jalalain (cetakan Dar al-Kutub al-ilmiyyah, Beirut, Libanon. Tahqiiq: Muhammad Abdul Salam Syahin)
      هذه الأية نزلت فى الخوارج الذين يحرفون تأويل الكتاب والسنة, ويستحلون بذلك دماء المسلمين وأموالهم, استحوذ عليهم الشيطان, فأنساهم ذكر الله, اولئك حزب الشيطان, ألا إن حزب الشيطان هم الخاسرون, نسأل الله الكريم أن يقطع دابرهم.
      “Ayat ini turun terkait kaum khawarij yang telah mengubah ta’wilan Al-Quran dan Sunnah, dengan itu mereka menghalalkan darah dan harta kaum muslimin. Syaithon telah mengalahkan mereka, sehingga membuat mereka lupa dari mengingat Allah. Mereka itulah kelompok syaithon. Ketahuilah, sesungguhnya kelompok syaithon adalah orang-orang yangmerugi. Kitamemohon kepada Allah Yang Maha Mulia untuk membinasakan mereka.”
      Perhatikanlah, bahwasanya kaum Salafy-Wahabi memotong/menghilangkan kalimat:
      لما هو مشاهد الان فى نظائرهم وهم فرقة بأرض الحجاز يقال لهم الوهابية يحسبون انهم على شيء ألا إنهم هم الكاذبون
      Yang artinya: “Sebagaimana hal serupa juga kita saksikan saat ini, khususnya pada suatu kelompok yang ada di tanah Hijjaz, yang mana mereka dikenal dengan sebutan Wahhabi. Mereka mengira bahwa mereka berpijak di atas dalil yang kokoh. Ketahuilah, sesungguhnya mereka adalah para pendusta.”

      Delete
  3. assalammu'alaikum akhi...saya jadi bingung nih!!!

    saya pernah mendengar beberapa kajian dari usatadz2 yang ada di list antum tapi kayanya mereka ngga seperti yang antum gambarkan deh...memang sih mereka sangat menentang dgn tahlilan, usholi, ngaji dikuburan dan lain sebagainya tetapi mengenai ziarah kubur kayanya mereka tdk menentang deh cuma saja mereka menentang ziarah kubur dimana para penjiarah meminta karomah apalagi sampai meinta harta kekayaan di kuburan dan kayanya itu memang dilarang oleh islam...

    sebenernya yang ngga bener siapa sih? ustadz2 tsb diatas atau yg bikin artikel ini? mohon penjelasannya...syukron..

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousJune 20, 2012

      assalammualaium akhi
      yang benar adalah orang-orang yang:
      1. mengikuti al-qur'an dan sunnah
      2. dengan pemahaman generasi islam terbaik, yaitu pemahaaman para sahabat, tabi'in, tabiut tabi'in, kemudian ulama yang mengikuti mereka.

      semoga kita mendapatkan sesutu yang paling berharga dalam hidup ini, yaitu mendapatkan hidayah dari allah. amin

      Delete
    2. saya setuju dg Mas Sukmawahyudin...sebenarnya yg menyimpang itu siapa...marilah kita buka hati nurani kita,jgn hati kita sdh diliputi kebencian sblm tahu isinya.

      Delete
    3. yang salah yang membuat artikel, dia dia adalah pembohong dan pendusta. carilah bukti kebenarannya saudaraku pemahaman yg membuat artikel ini JANGGGAL. baca kiasan sungai ciliwung diatas, semoga paham

      Delete
    4. untuk yang masih bingung
      http://muslim.or.id/manhaj/mari-mengenal-manhaj-salaf.html

      Delete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  4. Coba koreksi lagi point no 4

    4. Kalangan ulama atau tokoh Wahabi Salafi tidak suka mengutip pendapat ulama salaf seperti ulama madzhab yang empat dan yang lain. Hanya pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim yang sering dikutip untuk pendapat ulama di atasnya Muhammad ibnu Abdil Wahhab.

    Apakah penulis artikel sudah memeriksa bagaimana metode wahabi dalam menguatkan sebuah pendapat?

    saya berikan gambaran secara ringkan bahwa di antara metode yang mereka gunakan adalah mengemukakan pendapat dari mazhab terkemuka dalam suni yaitu mazhab yang 4 bahkan di tambah mazhabnya ibnu hazm yaitu dzahiri.

    untuk kemudian semua pendapat ini dipilih berdasarkan hadits yang lebih kuat kedudukannya.

    oleh karena itu tidak jarang ulama wahabi yg dididik di bawah mazhab hanabilah terkadang justru menguatkan pendapat syafi'iyah, malikiyah atau hanafiyah.

    mereka lebih mendahulukan pendapat nabi di atas pendapat mazhab, dan inilah yg terkadang dicap sebagai "kekeliruan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarlah mereka dengan klaim mereka, masing2 akan dimintai tanggungjawab, admin ykh cek n jawab sanggahan ini...segera, untuk ummat

      Delete
    2. ketahuilah kawan kaum Wahhâbiyah memuji Mu’waiyah setinggi langit! Demikian juga dengan Yazid putranya.

      siapakah yazid bin muawiyah ????

      1). Pembantai keluarga Nabi saw.; Husain ra. dan keluarga serta pengkut setianya di padang Karbala.

      2) Pembantai penduduk kota suci Madinah dan membebaskan pasukannya untuk berbuat apa saja selama tiga hari. Sehingga ratusan penduduk sipil dibantai, tidak terkecuali anak-anak kecil dan kaum manula. Tidak cukup itu mereka memperkosa putri-putri sahabat mulia, sehingga tidak kurang dari 1000 gadis mereka perkosa!

      3) Membombardir Ka’bah dengan alasan menekan basis pertahanan Abdullah ibn Zubair.

      dan berkuasa sampai sekarang ini

      ingatlah kawan belajarlah sejarah - sejarah islam kebenaran akan terungkap dari sejarah

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. AnonymousJuly 07, 2013

      saudara Adi, belajarlah dan pahami sejarah. Ahlussunnah tidak menganggap Yazid suci, tapi bacalah sejarah bahwa dia cuma meminta gubernurnya menagkap husein. dan dia sangat sedih dengan kematian husein. dan ketahuilah bahwa para ulama berfikir bijak untuk tidak memfonis sesorang diluar kesalahannya...belajarlah keadilan dalam memutuskan perkara dari ulama yang anda anggap sesat itu...

      Delete
    5. AnonymousJuly 22, 2013

      @Adi, dari cara berfikir anda, ternyata anda terkena Virus Syiah, atau jangan-jangan memang anda Syiah...???
      Ingat sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam:
      "Jangan kalian mencaci maki / menghina Shahabatku, demi Rabb yang diriku berada ditangan-Nya, jika seandainya salah seorang kalian memberikan infaq emas sebesar gunung Uhud, maka belumlah mencapai nilai infaq mereka meskipun (mereka berinfaq hanya) sebesar satu mudd (yaitu sepenuh dua telapak tangan), dan tidak juga separuhnya".
      (Shahih Bukhari No.3673, Shahih Muslim no.2541)

      Harap di INGAT, Muawiyah adalah saudara kandung dari Ramlah istri Rasulullah, artinya Muawiyah adalah saudara ipar dan Shahabat Rasulullah. HANYA kaum Syiah (Majusi berbalut Islam) yang begitu membenci para Shahabat Nabi.
      Adalah Abdullah bin Saba' (Seorang Rabbi Yahudi yg berpura2 Islam), yang ingin memecah belah Islam, dengan mendirikan sekte sempalan & sesat Syiah...

      Delete
  5. BANTAHAN ATAS POSTING CIRI CIRI DAKWAH WAHABI SALAFI OLEH ALKHOIROT.NET

    BISSMILLAH
    CIRI KHAS FATWA ULAMA WAHABI

    1. Kata kunci dan tema sentral dari fatwa para ulama Wahabi Salafi berkisar pada (a) bid'ah; (b) syirik; (c) kufur. Kita akan sering menemukan salah satu dari tiga kata itu dalam setiap fatwa mereka.
    ANTITESIS:
    Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam mendakwahkan TAUHID selama 13 tahun usia kenabiannya. Dakwah tauhid adalah dakwah mengesakan Allah, dakwah menjauhi SYIRIK sebagai perusak tauhid, dakwah mengenal hal hal yang menjatuhkan anak adam pada keKUFURan dan ia merupakan ciri dakwah para anbiya (nabi). . Karena itulah perhatian Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam yang pertama kali adalah pelurusan aqidah. Dan hal pertama yang didakwahkan para rasul kepada umatnya adalah menyembah Allah semata dan meninggalkan segala yang dituhankan selain Dia.
    Sebagaimana firman Allah Subhannahu wa Ta'ala: "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): 'Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu', ..." (An-Nahl: 36)
    Dan setiap rasul selalu mengucapkan pada awal dakwahnya: "Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada tuhan bagimu selainNya." (Al-A'raf: 59, 65, 73, 85)
    "Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi." (Az-Zumar: 65)
    "Maka sembahlah Allah dengan memurnikan keta'atan kepada-Nya. Ingatlah, hanya kepunyaan Allahlah agama yang bersih (dari syirik)." (Az-Zumar: 2-3)
    Wahai saudaraku, Tauhid adalah perkara yang menyebabkan orang masuk surga dan menyebabkan orang KEKAL di NERAKA jika tidak memilikinya. Maka dakwah apa yang lebih penting dari mengingatkan orang akan bahaya Syirik? Bahaya Bid’ah? Bahaya Kufur?

    bersambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa salahnya...1,2,3,4 poin di atas...poin sederhana yang berakibat penting di dunia dan AKHIRAT...terima kasih pada pendakwah poin di atas : )

      Delete
  6. BANTAHAN ATAS POSTING CIRI KHAS DAKWAH WAHABI SALAFY OLEH AL KHOIROT.NET

    2. Dalam memberi fatwa, tokoh utama ulama Wahabi Salafi akan mengutip ayat dan hadits yang mendukung. Atau, kalau mengutip fatwa ulama, mereka akan cenderung mengutip fatwa dari Ibnu Taimiyah atau Ibnul Qayyim.
    4. Kalangan ulama atau tokoh Wahabi Salafi tidak suka mengutip pendapat ulama salaf seperti ulama madzhab yang empat dan yang lain. Hanya pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim yang sering dikutip untuk pendapat ulama di atasnya Muhammad ibnu Abdil Wahhab.

    ANTITESIS:
    Ini tidaklah benar. Ahlussunnah mengambil pendapat dari ulama ulama tersebut baik Al Imam As-Syafi’i, Ahmad ibnu Hambal, Hanafi, Maliki, Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim maupun dari Ulama ulama lain yang terpercaya. Namun ahlussunnah tidak menyukai kultus hanya kepada satu imam saja, misalnya hanya kepada Imam Syafi’i, adapun yang mengikuti pendapat imam imam yang lain disalahkan. Inilah yang terjadi pada kebanyakan umat muslim di indonesia. Bahkan yang lucu, banyak mengaku bermadzhab Syafi’i, namun jangankan mengetahui pendapat beliau rahimahullah, tau nama kitabnya saja tidak. Sebagai contoh, Saya bertanya tahukah anda pendapat imam Syafi’i tentang membangun kuburan? Beliau rahimahullah mengatakan bahwa “AKU TIDAK MENYUKAI JIKA KUBURAN ITU DIBANGUN DENGAN KAPUR (sekarang semen), DAN TIDAK MENYUKAI JIKA TINGGINYA LEBIH DARI 1 JENGKAL”. Namun apa yang terjadi di pondok pondok tradisional? Mereka membangun kuburan para Kyai mereka dengan megah, didalam ruangan khusus nan keramat. Lalu apa yang mereka katakan? Dengan bangga “KAMI BERMADZHAB SYAFI’I”!.
    3. Tokoh atau ulama Wahabi Salafi level kedua ke bawah akan cenderung menjadikan fatwa tokoh Salafi level pertama sebagai salah satu rujukan utama. Atau kalau tidak, akan memberi fatwa yang segaris dengan ulama Wahabi level pertama.
    ANTITESIS:
    ketahuilah, bahwa bijaksana bagi kita untuk mendahulukan pendapat para ulama terdahulu karena mereka lebih dekat dengan rasulullah shallallahu’alaihiwasallam ketimbang ulama muta’akhirin yang tidak terlepas dari fitnah. Ini adalah kaidah umum mencari informasi, dimana informasi semakin valid bilamana semakin dekat dengan sumbernya. Nabi shallallahu’alaihiwasallam bersabda:
    “Sebaik-baik manusia adalah yang hidup pada masaku (yakni para shahabat)…” (HR. Bukhori).
    Setelah sahabat tabi’in, lalu tabi’ut tabi’in dan seterusnya.

    bersambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanaallaah atas sanggahannya...sangat ilmiah, ayoo admin apa argumenmu? walau aku bukan salafi, aku menerima kebenaran dari manapun datangnya...

      Delete
    2. AnonymousMay 20, 2012

      Jangan jadikan hatimu seperti SPON yang cepat menyerap air tapi jadikan hatimu seperti CERMIN yang bening. Hati manusia itu seperti bulu yang ditiup angin di tengah2 badai Fitnah. Tentukanlah sikapmu saudaraku mana yang kau pilih

      Delete
    3. ketahuilah kawan kaum Wahhâbiyah memuji Mu’waiyah setinggi langit! Demikian juga dengan Yazid putranya.

      siapakah yazid bin muawiyah ????

      1). Pembantai keluarga Nabi saw.; Husain ra. dan keluarga serta pengkut setianya di padang Karbala.

      2) Pembantai penduduk kota suci Madinah dan membebaskan pasukannya untuk berbuat apa saja selama tiga hari. Sehingga ratusan penduduk sipil dibantai, tidak terkecuali anak-anak kecil dan kaum manula. Tidak cukup itu mereka memperkosa putri-putri sahabat mulia, sehingga tidak kurang dari 1000 gadis mereka perkosa!

      3) Membombardir Ka’bah dengan alasan menekan basis pertahanan Abdullah ibn Zubair.

      dan berkuasa sampai sekarang ini

      ingatlah kawan belajarlah sejarah - sejarah islam kebenaran akan terungkap dari sejarah

      Delete
    4. tlg riwayatnya, bgmn apa sahih ato lemah

      Delete
  7. BANTAHAN ATAS POSTING CIRI KHAS DAKWAH WAHABI SALAFY OLEH ALKHOIROT.NET

    5. Di mata ulama Wahabi, perayaan keislaman yang boleh dilakukan hanyalah hari raya idul fitri dan idul adha. Sedangkan perayaan yang lain seperti maulid Nabi Muhammad, peringatan Isra' Mi'raj dan perayaan tahun baru Islam dianggap haram dan bid'ah.
    ANTITESIS:
    Dari Anas dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tiba di Madinah, sedangkan penduduknya memiliki dua hari khusus untuk bermain-main (bergembira karena hari raya), maka beliau bersabda: "Apakah dua hari ini?" mereka menjawab; "Kami biasa bermain-main pada dua hari tersebut semasa masih Jahiliyah." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Sesungguhnya Allah telah menggantikan untuk kalian yang lebih baik dari kedua hari tersebut, yaitu hari (raya) kurban (iedul Aldha) dan hari raya Iedul fithri. (H.R.Abu Dawud)

    apakah ada diantara kita ingin menciptakan hari raya lain lagi seperti penduduk madinah jahiliyah?

    6. Gerakan-gerakan atau organisasi Islam yang di luar Wahabi Salafi atau yang tidak segaris dengan manhaj (aturan standar) Wahabi akan mendapat label syirik, kufur atau bid'ah.
    ANTITESIS:
    Ini tidak benar, dakwah sunnah adalah dakwah yang lembut, menuduh orang lain kafir adalah perkara yang dilarang Allah kecuali jelas jelas kekafirannya seperti orang orang di luar islam. Adapun orang islam, maka tidak boleh saling kafir mengkafirkan. Hanya Allah azza wa jalla yang berhak menentukan kafir atau tidak. Namun perlu di ingat bahwa menjatuhkan suatu perbuatan ke dalam kekafiran atau tidak sesuai dengan keterangan dari Al Qur’an dan hadits, berbeda dengan menuduh oknum tersebut kafir atau tidak.

    kami hadirkan contoh:
    menuduh bahwa perbuatan shalat diatas masjid yang ada kuburannya hukumnya HARAM dan di laknat oleh Allah sesuai dengan hadits:
    “Allah mengutuk orang-orang Yahudi dan Nashrany, mereka mengambil kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai masjid “. (HR Bukhori, Muslim dari Aisyah)
    Namun menuduh seseorang telah di laknat oleh Allah gara gara ziarah ke kuburan hukumnya TIDAK BOLEH walaupun tata cara ziarahnya menyalahi syar’i.
    Harap di bedakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. BANTAHAN ATAS POSTING CIRI KHAS DAKWAH WAHABI SALAFY OLEH AL KHOIROT.NET

    7. Semua lulusan universitas Arab Saudi dan afiliasinya adalah kader Wahabi Salafi. Sampai terbukti sebaliknya.
    ANTITESIS:
    maka kami sampaikan bahwasanaya tidak pernah kami mendengar bahwa ahlussunnah telah menisbatkan dirinya dengan istilah Wahabi Salafi, namun jika yang antum maksudkan dengan Wahabi Salafi adalah ulama ulama yang mandakwahkan tauhid, mengingatkan ummat dengan bahaya syirik penghapus pahala amalan, pusatnya di Saudi Arabiya sebagai kota suci Ummat Islam yang diharamkan bagi kaum kuffar untuk menginjaknya, dan kebaikan kebaikan lainnya.... persaksikanlah bahwa DEMI ALLAH, AKU DAN KELUARGAKU BERTEKAD MENGIKUTI JEJAK JEJAK ULAMA TERSEBUT YANG MENGIKUTI JEJAK JEJAK RASULULLAH SHALLALLAHU’ALAIHIWASALLAM.

    Wallahu ta’ala a’lam.
    Mataram, 14 Februari 2012.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku setuju...ya Allah saksikanlah bahwa aku turut menjaga "kehormatan" sesama muslim yang lurussss

      Delete
    2. Assalamu'alaikum akhi Anonymous
      Apakah antum adalah Ustadz MAT (maaf saya tulis inisial) ?
      Jika benar alhamdulillah dan saya senang bisa berinteraksi dengan antum

      Salam

      Delete
    3. Hijrah..sepertinya beliau anonymous bukan ustadz MAT deh..karena kalo MAT membuat tulisan kalo tidak dari Saudi Arabia ya dari Gunung Kidul..Anonymous membuat penjabaran ini dari Mataram..hhm, berarti beliau ustadz RB kalo saya tidak keliru..:)

      Delete
    4. BUKTI MENCENGNYA WAHABI SUDAH BANYAK, contoh; membantu israel, membantu pembrontakan di suriah hingga terbunuhnya seikh butty, lebih suka minta bantuan orang2 kafir dari pada minta bantuan sesama muslim (ini yg ter jadi di arab saudi dg amerikanya) sebab arab saudi di kuasai wahabi. KALAU KITA JELI BANYAK SEKALI BUKTI2 TIDAK BERES NYA WAHABI.

      Delete
    5. bagaimana dg buthy mendukung/membela basyar asad yg membantai muslimin

      Delete
  9. mdahn2 allah memberikan kpdnya hidayah..........
    ini lah cara mereka menjelekkan ulama ahlussunnah utk menjauhkan kaum muslimin untuk berkiblat ke mekkah,,dan mereka bertujuan mnjdikan Barat sbagi Kiblat Kaum muslimin,,,,,,,,waiyyadhu billah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi mekkah makin mereka muliakan kok ya sbg kiblat kaum muslimin ka'bah & masjidil haram, begitu jg masjid nabawi madinah
      masa mau mengganti barat & membantu mereka, gimana sie

      Delete
  10. Pengalamanku waktu diskusi Fb dengan orang Syalafi memang dikit2 nyebut yg beda paham.........dengan kata2 pengikut dajal, kafir, laknatulloh dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu per-orangannya mas, bukan ajarannya yg salah... jika ada 1 orang islam suka mabuk, lalu beranggapan islam itu jelek. Bukan seperti itu dalam cara menilai..
      Kita harus adil dalam menilai, agar selamat dari kesalahan. kalau di lihat dari tulisan di atas, memang banyak yg tidak benar, mudah2an da bantahan dari tulisan di atas dengan cara yg baik..

      Delete
    2. setuju lagi nih saya, bagaimana kalau begini...salah seorang keluargamu ( misalnya, ojjo marah ) ada yang pencuri...apa kamu terima orang2 bilang semua keluargamu pencuri !!! aku akan bela kamu kalau orang2 bicara gitu ! ~ semoga Allah menolongku di akhirat karena aku menolongmu di sini~

      Delete
    3. menurut saya yg awam...semua manusia/orang beriman memp. tingkat ilmu agama yg berbeda tdk memandang dr mana golongannya,baik yg mengaku salafy,NU,Muhammadiyah dll.Saya pernah mendengar bahwa dlm mencari ilmu, ada beberap tingkatan :1.Orang yg baru tahu sedikit ilmu agama, maka dia seakan akan sdh tahu segalanya, maka muncul ucapan/tindakan yg provokatif. 2. Orang yg sdh byk ilmu, maka dia akan tawadu',krn sdh bs menimbang dr bbrp segi. 3. Orang tingkatan ketiga adalah orang yg sdh byk ilmu namun merasa belum memiliki apa apa shg terus berusaha menambah ilmunya. Semoga Allah mengampuni jika saya salah.

      Delete
  11. pro-posal unlimitedFebruary 16, 2012

    @ admin : Syirik , kufur menurut anda apa defenisi & konsekwensinya ? Tinjauan anda mengenai hal tersebut atas klaim wahabi ?..qaidah/ibarat rujukan sebaiknya disertai terjemahan ! lebih cepat mafhumnya.
    @ Anonim : menurut anda bagaimana tentang syirik, kufur , sesatnya bagaimana ?

    ReplyDelete
  12. memang pendukung syaithan dan bala tentaranya,,,pasti ada...mreka selalu melakukan kedustaan dan propaganda kepada kaum muslimin,,,mereka mengatakan wahabi itu sesat dengan akal mereka...tapi disisi Allah mereka di atas kebenaran,,,!!!

    ReplyDelete
  13. 2. Dalam memberi fatwa, tokoh utama ulama Wahabi Salafi akan mengutip ayat dan hadits yang mendukung. Atau, kalau mengutip fatwa ulama, mereka akan cenderung mengutip fatwa dari Ibnu Taimiyah atau Ibnul Qayyim.
    jwb: kalu kita mengutip pendapat ORANG NON MUSLIM ATAU ORANG YG DIDIDIK MEREKA yg lebih peinter drpd MENGUTIP ayat atau hadist.:-). YG BENER MENGUTIP AYAT DAN HADIST ATAU SELAINNYA????? PIKIR SENDIRI DAH.

    ReplyDelete
  14. Kok mereka yg dituduh wahabi ini dari kalangan intelektual perguruan tinggi semua ya... Pakar2 semua nampaknya. Ada rektor universitas madinah, ada dosen fakultas syariah dan fakultas ushuluddin, dosen Hadits Universitas Islam Madinah dll. Bukan sembarang orang agaknya. Mereka ini orang2 yg bergerak di dunia pendidikan dan keilmuan yg tdk diragukan kapasitasnya sebagai ilmuwan agama.

    Hhhmmm....

    Agaknya tuduhan wahabi jga pantas diberikan kpd Muhammadiyah yg dari dulu jga getol menyuarakan bahaya bid'ah dan syirik.

    Wah... wahhh.... Gak salah nih ????

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya memang ada yang salah dari artikel ini... Menuduh kelompok wahabi salafy gerakan berbahaya bagi NKRI?...aku sendiri berpendapat lebih berbahaya NU daripada Wahabi Salafy...uupps...

      Atau penulis memang dari kalangan NU..?

      Delete
    2. NU adalah mayoritas di tanahku, para tetuaku juga banyak yang NU, segelintir juga ada Muhammadiyah...Salafiyun juga ada, mereka alhamdulillaah akur2 saja...

      Menurutku kita patut bersyukur dengan adanya ulama2 yang menasihati kita dengan menjauhi "hal2 ibadah yang ditambahkan", karena Nabi kita sudah mewanti2 dari dulu...

      Kalaulah pengikut NU bersikukuh dengan pendapatnya ya sudah, kan masing2 punya dalil ( walaupun mesti dalil baik), TAPI masing2 dari : NU, Muhammadiyah, Salafi, dll cara penyampaiannya jangan kasar, jangan memaksa, cukup dengan kesantunan saja...tabiatnya tuh manusia punya harga diri yang tinggi, jangan merendahkan orang atau golongan yang lain...karena bakalan ribut nanti..PASTI.

      Atas nama ISLAM lah kita berargumentasi...bukan kefanatikan golongan kita..

      Delete
    3. AnonymousMay 30, 2012

      Allah telah mensucikan dua mesjid suci dengan memilih para salafi sebagai pengusa. Ingat selama masa penjajahan tiada satupun negara kafir yang berhasil menjajah dua tanah haram tersebut.
      maha suci allah dari segala keburukan manusia

      Delete
    4. mari berpikir dg hati nurani, jg dg hawa nafsu....jgn smp ucapan/tulisan kita menjerumuskan kita kepada fitnah atau menghalangi tegaknya da'wah tauhid...kalau kita sdh jd penghalang da'wah tauhid, lalu apa yg akan kita banggakan sewaktu menghadap Allah subhanahu wata'ala????

      Delete
  15. oh ya satu lagi, info yg sudah sangat jelas, saat ini syiah sedang berusaha menghancurkan salafy....
    di situs2 mereka selalu merendahkan ulama2 yang di sebut di atas.. saya agak curiga kalau ini pun situs syiah, setidaknya ada hubungan dekat. maaf jika salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jelas, Syiah memang musuh kita...itulah saatnya kita perang pendapat atau yg lainnya. di Suriah saudara kita dibantai... jangan menuduh mas pemerhati... ntar adminnya marah2 : )

      Delete
  16. Siapa sih sebenarnya Wahabi salafi?
    koq ketika saya shalat di tempat mereka, saya melihat kamar mandi dan tempat wudhunya bersih -bersih..?
    tetapi ketika saya mengunjungi masjid atau pondok pesantren NU atau tradisional, koq cukup jorok..?

    dimana adab kebersihan kita??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah betul tuh, saat aku di masjidnya Salafi di Al Sofwa Lenteng Agung...masjidnya bersih...jamaahnya kalau shalat luar biasa rapatnya shaf...ga seperti di kebanyakan masjid yg saya datangi. Ini teguran buat masjid yang lain

      Delete
  17. kalau kita boleh membuat bid'ah hasanah berarti nanti ane bikin ada adzan sebelum shalat Tarawih? gimana pak ustadz? boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawabanye cmn 1... emang sapa ente mau bikin bid'ah hasanah segala???.... wkwkkwwkk

      Delete
  18. jika anda membaca komentar yang mengaku ahlussunnah tapi bernada culas, sewot angkuh dan sombong. Maka jelas itu menunjukkan ciri khas wahabi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kalimat yang anda gunakan seperti itu...lalu yang culas, sewot, angkuh dan sombong siapa??? lebih baik bermuhasabah daripada menuduh orang lain...karena orang yang menuduh belum tentu lebih baik dari orang yang dituduh..

      Delete
  19. arief sirath, guru jalananApril 04, 2012

    umat islam harus cerdas bahwa kebenaran mutlak ajaran islam hanya berpegang kepada al-quran dan al-hadist, tanpa memahami keduanya secara kritis maka umat islam akan menjadi terkaman pahan yang sesat menyesatkan, gitu aja looooh jagan terlalu ngejelimet untuk mencari kemurnian islam, amieeeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      ya mesti lah oom slalu dicari yg otentik gimana yg dipahami para shahabat krn mereka umat pertama dmn wahyu alqur'an dan hadits turun, masa mau mahami pake otak & hati kita masing2? tau diri yuk ahh

      Delete
  20. Mereka yang anda sebutkan hanya mengajak kaum muslimin kpd aqidah murni dan sunnah nabi dengan cara memahami dan mengamalkan Islam dengan apa-apa yang difahami dan telah diamalkan oleh generasi terbaik dari umat ini,sebagaimana yg di sebutkan dalam hadits bahwa generasi terbaik adlah sahabat kemudian para tabi'in kemudian tabi'ut tabi'in. Semoga Alloh senantiasa memberikan Hidayah & Taufiq-Nya kpd kita semua. Agar kita dapat memurnikan ibadah hanya kpd-Nya dan beribadah hanya dengan apa-apa yang Rosul-Nya diutus. Dan semoga kita dijadikan orang2 yg senantiasa di lunakkan hati di hadapan al Haq.....Ketika bukti2 sudah demikian jelas & terang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap oom Anonim, " Kalau belum bisa menerapkan yg haq untuk kita, cukuplah bilang aku belum tahu/ aku belum bisa melaksanakannya "

      Delete
  21. Asal usul julukan Wahabi muncul dari India, ketika muslimin disana bangkit melawan kafir Inggris yang menjajah mereka setelah mereka mendapat bimbingan dari dakwah pemurnian aqidah yang di dakwahkan oleh Syaikh Muhammad bin ABDUL WAHAB. Jelas kebangkitan ini merisaukan pihak Kafir Inggris, lalu mereka mulai menebarkan julukan WAHABI...WAHABI, agar manusia menjauh dari dakwah kepada AQIDAH yg murni ini. Terang saja mereka orang kafir yang tidak kenal Robbul Alamin sehingga menjuluki manusia dgn nama WAHABI, suatu nama yang kita sbg muslim tidak akan menisbatkan kpd Makhluq karena Al Wahab adalah salah satu dari nama2 Alloh. Lagipula itu diambil dari nama ayah beliau Abdul WAHAB bukan MUHAMMAD nama beliau. Maklumlah orang Inggris ngerti apa mereka....

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum...
    pak ADMIN, mengklaim bahwasannya SALAFI adalah "Sekte WAHABi" apakah sudah di benarkan secara syar'i cara menganalisanya??
    semua itu butuh dasar, coba bapak renungkan??dengan dasar apa mana dan bagaimana??karena kebanyakan di jaman ini hawa nafsu yang diutamakan.Maka sudah selayaknya menginstrospeksi diri kita, apakah ini opini hawa nafsu atau yang lainnya??
    barokallohufikum...

    ReplyDelete
  23. Ciri-cirinya :
    1. Jangan kritik pemerintah, karena mereka amirul mukminin. Walau Pancasila dan UUD45, tak peduli, itu kesalahan mereka, kenapa mereka tidak berpegang pada AQ dan H.Kalau mau kritik dibelakang aja, jangan demo, nggak ada gunanya. Tapi kalau imam sholat salah, jangan ikuti, biar si iman aja yang sujud sahwi.Makmum nggak usah, karena makmum benar.
    2. Jangan jihad, karna jihad cuma ada disono, timur tengah, jauh. Kita mah sholat aja.
    3. Kalau sholat telunjuk harus kaya uler, karena hadisnya begitu. KAlau sahabat yang telunjuknya nggak seperti uler jangan dibicarain.
    4. Yang nyunah kita, yang lain minimal bid'ah dan sesat. Sama seperti orang kristen yang sesat.
    5. Memang kita maunya menang sendiri, karena berlandas Hadis shohih, yang lain enggak bener pokoknya. Makanya pake ustadz kita dan bukunya, biar nggak sesat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.......

      Delete
    2. to AnonymousApril 27, 2012
      memang benarnya spt itu

      trus apkh anda bisa menolak hal tsb,
      misal,
      mo jadi pemberontak, ditangkap lu
      mo jihad ke palestine sono,,dijalan sdh di cegat antum (anda ga prgi kan? ngomong aja lu..)
      mo ngamalin yg nga sunnah,,yg sunnah aja ngak teramalkan semua(bisa stress lu ngamalin semuanya)
      islam itu tidak memberatkan hambanya,wallahuaklam

      Delete
  24. Hey jangan macem-macem sama Salafy ya. Kita itu yang masuk surga sendiri. Ente kan tahu, nanti akhir jaman, ada 73 golongan, cuma 1 masuk surga, ya kita doank. Yang lainnya SESAAAAAATTTTTTT....... Salafi tetap top, buktinya radio Roja nggak pernah ada iklan, nggak pernah ada suara wanita. Punya TV lagi, apa nggak ngetop. Hidup Salafy....! Kita memang dapat sponsor dari sono, maklumlah para syekh itu kan kokay, jadi mereka buang zakatnya kesini. Kalau para syekh raja dekat dengan Amrik-Yahudi, ya memang itu kekhilkafan mereka. Kesalahan mereka paling cuma kecil, dan kita harus memaafkan. Yang penting top lah. Hidup Amerika-Israel.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kompor kotor...lah Amerika, apalagi Israel dibilang hidup, ketauan di Al Quran Israel itu MUSUH kite...haduuuh

      Delete
    2. AnonymousJune 20, 2012

      ini siapa yang bicara diatas...
      kalau yang bicara seorang salafi saya meragukannya, kenapa?? karena...

      1. ciri-ciri seorang salafi,adalah mereka bertutur kata dengan lemah lembut, seperti yang diajarkan oleh nabi kita, nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

      2. seorang salafi, paling membenci kekafiran karena kekafiran adalah meksiat terbesar terhadap allah, apalagi pusat kekufuran terbesar adalah di amerika dan israel.

      ayooo... siapa yang bicara diatas?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  25. AnonymousMay 02, 2012

    Sudah bisa nebak kalo omongan WAHABOY itu asal ceplos, pokoknya lidahnya ringan bgd... getol ngmngin Bid'ah, sesat, haram mpe bahas qunut aja berjilid2 saking ga mampunya menjawab urgensi dari kalangan Ahlus sunnah wal jama'ah.
    satu lagi, Orang WAHABOY PINTER NGAKU2 AND KLAIM DIRINYA ORANG AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH, PADAHAL ITU UDAH JADI CAP AND STEMPEL KHAS ORANG NU AND ORANG2 SELAIN WAHABOY! CARI NAMA SENDIRI DILARANG COPAS AND KLAIM NAMA "AHLUS SUNNAH WALJAMAAH", CONTOH ANE KASIH NAMA "AHLUL WAHABOY AND GEBOY" KAN ENAK TERANG JADI ORANG GA PADA BERSELISIH. GMNA ORANG GA KETIPU WONG ORANG WAHABOY AJA NGAKU2 ORANG CAP NU. PAYAH LOH WAHABOY !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane bukan wahabi, tapi ane bilang " lidah emang ringan banget " : )

      Delete
    2. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      mewajibkan qunut pd sholat shubuh dmn urgennya?!
      yg memunculkan istilah ahlussunnah waljama'ah adlh imam ahmad utk membedakan diri dr aliran2 menyimpang yg bermunculan, diantaranya jahmiyyah yg terpengaruh filsafat yunani dlm aqidah, yg kemudian dituruni asy'ariyyah tp mereka malah mengaku merekalah ahlussunnah waljama'ah
      makanya NU sbg asy'ari nyetempel organisasinya dg itu, yg lainnya mereka anggap bukan, mereka menyingkatnya Aswaja

      Delete
    3. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      ASJAWA kalleee asli jawa, wkwkwk
      Stempeeel stempel

      Delete
  26. AnonymousMay 07, 2012

    Ketika para Rosul dulu diutus kepada kaumnya untuk menyeru manusia kepada Tauhid, agar manusia tidak menyerahkan satu bentuk ibadahpun kepada selain Alloh disamping mereka juga mengibadahi Alloh & mengakui bahwa Alloh adalah satu2nya pencipta, pengatur alam semesta,menghidupkan mematikan, dan lain2 dalam perkara2 Rububiyyah,agar tidak disekutukan Alloh walaupun Malaikat atau para Nabi yg dijadikan oleh mereka sebagai tandingan2 bagi Alloh. Maka yg terjadi para Rosul itu dicaci dimusuhi ( majnun,tukang sihir,penyair & lain2 julukan keji )bahkan tidak sedikit diantara mereka yang dibunuh. Apalagi hanya para Ulama yg kedudukan mereka jauh di bawah para Anbiya', maka sudah menjadi sunnatulloh ketika AL HAQ diserukan mereka juga akan mendapatkan spt yg dialami para Anbiya. Hati2 manusia yg membenci mereka sama "tasyaabat qulubuhum" apakah mereka SALING MEWARISI PERKATAAN para pendahulunya dari orang2 yg membenci dakwah TAUHID, dakwahnya para Anbiya & Rosul.Fa'tabiru yaa Ulil Abshor,,,yaa Ulil Albab,,,Mereka menghalang-halangi Manusia dari jalan Alloh,tapi Alloh yang akan menyempurnakan Agama-NYA,,,walaupun orang2 musyrik itu benci !!! Mari, selagi masih ada kesempatan pelajari ISLAM dengan benar, AGAR ALLOH SAJA YANG DIIBADAHI tidak terpalingkan satu bentuk ibadahpun kpd selain-Nya,dan AGAR ALLOH diibadahi dengan apa2 yg dibawa oleh MUHAMMAD SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM.Jauhi TAQLID dari mereka2 yg menyeru diri2 mereka, bukan kpd ROBBnya manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahumaa sholli 'alaa Nabiyyinaa Muhammad wa 'alaa aalihi, jempol untuk yg santun2 deh : ) Islami bangeed

      Delete
  27. Jika Pengikut Muhammad adalah wahabi, maka dengan bangga kunyatakan diriku seorang WAHABI

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar itu ....maksudnya muhammad bin abdul wahab lahiran desa uyainah.

      Delete
  28. AnonymousJune 04, 2012

    Alhamdulillah dakwah salafi makin berkembang pesat di penjuru Indonesia semua juga berkat "andil" anda2 semua yang memuat berita miring ttg dakwah ini, sehingga banyak orang yang penasaran dan akhirnya datang sendiri ke majlis untuk mencari tahu kebenrannya..lalu jatuh cinta akan dakwah salafi ini. Terimakasih atas "promosi" nya.

    ReplyDelete
  29. AnonymousJune 04, 2012

    Wahabi telah melakukan penghianatan terbesar dalam sejarah Islam, menghianati Allah dan Rasulnya yang Agung,.
    mereka benci terhadap sesamanya, sementara terhadap orang kafir mereka fair.
    Mohon anda sekalian membaca sejarah wahabi di Arab,
    maka anda akan mengerti.

    mereka memang sholat, zakat dan bertauhid,.. tpai bukankah nabi pernah bersabda bahwa 'tidak dianggap beriman kamu sekalian jika kamu tidak mencintai tetanggamu seperti kamu mencintai dirikamu sendiri', terlebih sesama muslim,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousJune 20, 2012

      coba bukti ilmiahnya apa...

      Delete
    2. coba anda baca buku sejarah berdarah sekte salafi wahabi karya syakh idaraham

      Delete
    3. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      coba anda baca buku bantahannya, salafi antara tuduhan dan kenyataan karya sofyan chalid ruray
      idahram siapa itu? adanya marhadi (emang dia, pengecut)

      Delete
  30. AnonymousJune 16, 2012

    mungkin kita semua kalo udah mau mati baru bisa memahami semua...semua mau menang sendiri dengan fakta masing2..mudah2an Allah segera mengirim hidayah ke kita semua untuk cepat memahami semua jauh sebelum kita mati

    ReplyDelete
  31. AnonymousJuly 01, 2012

    saya seorang salafy dan apa yang admint pahami adalah kesalahan dan fitnah yang nyata,,,,,,semoga alloh memberi petunjuk kepada anda.....

    ReplyDelete
  32. Semoga Allah Swt memberi petunjuk dan Hidayah-NYA agar kaum Salafy Wahabi segera tobat sehingga Ummat Islam seluruh dunia menjadi tenteram dan damai, amin.

    http://ummatipress.com/category/sorot/wahabis/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, tobat dari apa Mas? Tobat dari menyerukan syirik?Tobat dari melarang bid'ah?Tobat dari mengajak kaum muslimin untuk kembali kepada sunnah? Hendaklah setiap apa yang kita ucapkan: adil, tidak emosinal,ilmiah, tidak menghukumi tanpa kejelasan..Hendaklah kita memohon kepada Allah SWT agar menyelamatkan hati & lisan kita, menunjuki diri kita kepada hidayah..serta menjauhkan akal & tindakan kita dari sikap taklid & fanatik buta, apalagi kultus terhadap seseorang..Amiin..
      Mohon admin dari blog ini,bisa menjelaskan secara adil & ilmiah..Tidakkah kita khawatir dengan tuduhan yang telah kita buat, ternyata dusta? Naudzubillah..Hanya kepada Allah lah kita meminta pertolongan..

      Delete
  33. Bagus, seharusnya memang dijelaskan kepada para santri tentang kesesatan Wahabi, terutama di media online. Agar mereka tidak terkecoh, maka yang Islam dan mana yang berkedok Islam serta sumber fitnah bagi umat Islam.

    Semoga pengikut Wahabi mendapatkan Hidayah dari Allah SWT. Amiin Allahumma Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu , para santri punya peran penting dalam membina masarakat sekitar nya

      Delete
    2. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      ya ude sono lu pade hajinye kemane kagak use ke saudi

      Delete
  34. AnonymousJuly 10, 2012

    Apa sebetulnya yang admin cari dari posting artikel seperti ini, selain hanya memunculkan image pesanteren Anda sebagai pesantren yang anti wahabi dengan dasar yang sangat lemah.
    Apakah pernah dilakukan kajian ilmiah juga membaca sejarah lebih dalam mengenai wahabi secara objective. Rujukan siapakah yang admin ambil dalam hal ini?
    Ingatlah syiah tidak pernah suka dakwah tauhid tegak. Semoga alloh senantiasa memberikan hidayah kepada kita, senantiasa berpegang teguh pada quran dan sunnah dengan pemahaman salafus sholih.

    ReplyDelete
  35. AnonymousJuly 11, 2012

    ada yg bawa2 NU ya...??? saya Orang NU loh... dan saya bangga belajar dari guru2 saya yg semua guru saya adalah 'Ulama NU

    Kelemahan Salafi wahabi adalah mempersoalkan khilafiah.. spt mengharamkan Maulid Nabi, Mengharamkan dzikir berjama'ah, dll

    Bersediakah sdr-sdr yg mengaku salafi wahabi (murid2 dari para ulama dalam List diatas) utk mudzakaroh dengan kami para paengikut Asy'ary... demi mencari sebuah kebenaran serta menghilangkan keresahan masyarakat terkait polemik wahabi salafi dan kaum Asy'ariah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      kebenarannya kalianlah yg meresahkan islam dg mengada2kan bid'ah seperti diatas kpd kaum muslimin

      Delete
  36. ya qoori' pahamilah MANHAJ kamu dalam beragama, jangan mudah menuduh palagi kalo sudah ga senang, ahlulhadist saat ini sudah nampak keasingannya,,, belajarlah masalah manhaj dulu maka kalian akan paham dengan sendirinya,,,,, barokallohu fikum.

    ReplyDelete
  37. AnonymousJuly 17, 2012

    MasyaAllah , TUDUHAN TANPA BUKTI YG JELAS HANYALAH FITNAH YG KEJI, TUNJUKAN BUKTI ILMIAH, KUTIPAN PARA ULAMA YG KALIAN TUDUHKAN SESAT TSB, dan TUNJUKAN BAGIAN MANA YG SESAT!!

    ReplyDelete
  38. GW NU jugaJuly 17, 2012

    Coba renungkan, apa yg kalian lakukan saat Maulid? coba cari Ilmunya di Al-Quran, As Sunnah, dan para pendapat ulama Mahzab. apakah semuanya sesuai???
    Dzikir Oke, Petasan NO, riwayat Rasul saw--> apakah benar sesuai dgn Al-Quran Hadist, dan Ulama mahzab semua? biasanya sih ditambah ini itu

    ReplyDelete
  39. http://salafytobat.wordpress.com/2008/07/16/ibnu-taimiyah-membungkam-wahhabi/

    ReplyDelete
  40. AnonymousJuly 29, 2012

    Astaghfirullah

    ReplyDelete
  41. Sekedar tanggapan dari saya :

    1. Secara umum tokoh ulama Wahabi/Salafi adalah ulama yg berdomisili di Arab Saudi dan menduduki jabatan resmi tertentu di Kerajaan atau universitas2 seperti Ummul Qura, Universitas Islam Madinah, Universitan Ibnu Saud, dll

    Tanggapan :
    Itu berarti ulama Wahabi/Salafi memiliki tingkat keilmuan yang sangat tinggi dan terpercaya dan tentunya mempunyai pengaruh yang sangat besar tidak hanya di Arab Saudi tetapi juga di negara2 Islam lainnya
    Disamping itu Islam berasal dari Arab, Alqur,an berbahasa Arab, Rasulullah, Sahabat, Tabiin dan Tabiut tabiin adalah bangsa Arab, kita menghadap qiblat dan ibadah Haji dan Umrah di Arab, maka siapa yang ahlussunnah wal jama'ah diantara ulama2 yg disebutkan oleh admin diatas atau Habib/Kyai/Ustadz dan para santri Al Khoirot di Malang ini ?

    2. Kata kunci dan tema sentral dari fatwa para ulama Wahabi Salafi berkisar pada (a) bid'ah; (b) syirik; (c) kufur; (d) syiah rafidlah kepada kelompok Islam atau muslim yg tidak searah dengan mereka

    Tanggapan :
    Hanya pelaku bid'ah, syirik, kufur dan Syiah Rafidlah lah yang terganggu dengan fatwa2 itu, kalau admin bukan termasuk golongan itu mestinya akan sependapat dengan fatwa2 tsb karena kita wajib menjadi muslim kaffah dengan mentauhidkan Allah Azza wa Jalla dengan semurni2nya tauhid. Umumnya pelaku bid'ah, syirik, kufur dan Syiah Rafidlah memang sangat membenci Wahabi/Salafi dan sebagai informasi disamping Syiah Rafidlah, Sufi juga sejalan dengan Syiah Rafidlah karena Syiah dan Sufi memang memiliki kesamaan aqidah atau dengan kata lain Syiah dan Sufi adalah saudara kembar, contoh Syiah mengenal ajaran Tasyayu' dan Sufi mengenal Tasyawuf dan banyak kesamaan lainnya

    3. Dimata ulama Wahabi, perayaan keislaman yang boleh dilakukan hanyalah hari raya idul fitri dan idul adha. Sedangkan perayaan yang lain seperti Maulid Nabi Muhammad, peringatan Isra' Mi'raj dan perayaan tahun baru Islam dianggap haram dan bid'ah

    Tanggapan :
    Ibadah adalah perkara tauqifiyah. Di Surakarta setiap peringatan tahun baru Islam diperingati selama 1 bulan dengan acara “Sekatenan” sampai ngalap berkah berebut kotorannya Kerbau bule “Kyai Slamet, mencuci senjata2 keramat dll yang justru beraroma tradisional dan syirik, di Yogyakarta setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad juga diadakan acara Grebeg Mulud selama 1 bulan dan setiap daerah berbeda2 cara merayakannya. Tetapi kalau Idul Fitri dan Idul Adha dirayakan dalam waktu, tempat dan tatacaranya sama dimanapun, rukun dan syaratnyapun sama. Jadi tolong diinformasikan tentang waktu, tempat dan tatacara Maulid Nabi Muhammad, peringatan Isra' Mi'raj dan perayaan tahun baru Islam berikut rukun dan syaratnya barangkali hujjahnya belum sampai kepada saya. Haram dan bid'ah bukan berasal dari Wahabi/Salafi tetapi dari Allah dan Rasul-Nya dan tidak boleh dituduhkan secara serampangan. Jika admin menganggap ada bid'ah hasanah, tolong jelaskan yang bid'ah dholalah itu seperti apa ?

    4. Salah satu fatwa Muhammad bin Shalih Al Utsaimin adalah “Haramnya mengucapkan Selamat Natal”

    Tanggapan :
    Itu artinya admin menghalalkan mengucapkan “Selamat Natal” kepada kaum Nasrani pada hari kelahiran Tuhan mereka maka dengan demikian admin mengakui ada Tuhan lain selain Allah Azza wa Jalla.

    Dengan demikian sebodoh2nya saya kalau harus bertaqlid maka saya memilih bertaqlid kepada para Ulama Wahabi/Salafi daripada Habib/Kyai/Ustadz Al Khoirot ini

    ReplyDelete
  42. luangkan waktu kita sebentar untuk memahami surah al hujurat . cobalah kita masing-masing menafsirkan surah tersebut. pahami dengan hati yg bersih hilangkan ego kita masing2x sambil terus beristigfar. Allah sudah menjawab semua permasalan ente semua. janganlah memnganggap diri kita lebih benar. yang benar hanya Allah dan rasullulah. janganlah kalian meninggikan suara kalian melebihi Allah s.w. t dan rasullulah s.a.w

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      darimana ente tau wahyu? janganlah merasa lebih pinter dari para shahabat & salaf, pahamilah agama sebagaimana mereka memahami, cari & pegang yg otentik

      Delete
  43. pahami dan tafsirkan surah al hujurat. insyallah ente semua akan mengerti. Allah telah mengetahui perbedaan sesama umat itu sudah menjadi ketetapanya. jika ada sesama umat berselisih hendaknya di damaikan. jika salah satu umat memerangi umat yang lain. maka wajib bagi kita untuk memeranginya. sesungguhnya orang yang paling mulia dan surga ganjaranya hanya orang yang paling bertaqwa. itu sudah jelas dan kata-kata taqwa berkali-kali dan berulang-ulang di katakan dalam Alquran.itulah umat Muhammad yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      jika ada saudara kita menyimpang hendaknya dinasehati utk menyelamatkan dirinya & kaum muslimin

      Delete
  44. Replies
    1. Kan sudah ada di atas link untuk download wahabi Indonesia

      Delete
  45. wahai saudaraku kaum muslimin...jangan menebar fitnah tanpa bukti dan janganlah kebencian kalian terhadap suatu kaum menghalangi kalian untuk menerima kebenaran (berpikirlah jernih dan tanpa emosi, cari buktinya kalo memang ingin mencari kebenaran hakiki,bukan menuduh serampangan...). silakan disimak dan dibaca dengan seksama link berikut mudah2an Allah senantiasa meluruskan nait dan langkah kita:

    http://abunamira.wordpress.com/2012/04/10/syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab-menjawab-tuduhan-meluruskan-kesalahfahaman-tentang-wahabi/

    http://abunamira.wordpress.com/2012/04/09/persaksian-akidah-asy-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab/

    http://tholabulilmi99.blogspot.tw/2011/03/pendiri-wahabi-adalah-abdul-wahab-bin.html

    http://muslim.or.id/manhaj/apa-itu-wahabi-1.html

    http://muslim.or.id/manhaj/buku-putih-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab-1.html

    http://muslim.or.id/manhaj/wahabisme-versus-terorisme.html

    ReplyDelete
  46. Ha..ha.
    Alkhoirot memang mantabb.. !!
    Sangat sangat sensi topiknya.
    Resiko posting artikel seperti ini, selain mengundang pro-kontra yang komen pun banyak Anonymous.

    Mending jadi kafir Liberal aja.. nggak punya 'musuh'., lebih fleksibel dan terjamin aman dari gangguan :).
    Lagian diantara sekian ribu Nabi dan Rasul nggak ada satupun yang hidupnya berdasar Alqur'an dan hadist.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. alqur'an & hadits kan wahyu/risalah final/pungkasan kpd nabi & rasul terakhir muhammad shallallahu 'alayhi wasallam gimana sie, o ente kafir liberal pantes kaga tau

      Delete
  47. pondok al khoirot perlu belajar lagi,kirim kiai2nya ke mekkah,madinah,atau yaman ,pelajari dienul islam secara kaffah.lulusan lokal tunggu dulu...

    ReplyDelete
  48. YA PARA SANTRI ITU SETELAH DARI NEGARA ONTA ARAB SUNDAL WAHABIL MAKA AKAN JADI WAHABBI -- TERUS AKAN JADI TERORIS SEPERTI OSAMA BIN LADIN BIN ABDUL WAHAB BIN ABDUL SAUD BIN HASAN ALBANI BIIN IBNU TAIMIYAH -- AJARAN PAHAM WAHABI ITU PALING BEJAD DAN TERBARBAR DR SELURUH PAHAM ISLAMM YG BERJUMLAH 73 GOLONGAN. PAHAM WAHABBI ITU KELAKUANNYA KAYA SETAN DAN TUKANG TERORIS SPT RAJA DAN PANGERAN DUNGU BIN SINTING

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wallahi...saya akan menjadi saksi dihadapan Allah SWT atas apa yang anda tulis dalam komentar ini...semoga anda mendapat hidayah dari Allah SWT karena anda telah menghina bangsa arab...bangsanya Rosulullah SAW...

      Delete
    2. biarkanlah mereka akhi...apaun yang mereka katakan Dakwah Salaf..akan tetap jalan..

      Delete
    3. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      YA UDE SONO LU HAJINYE KEMANE KAGAK USE KE SAUDI

      Delete
  49. Kebaikan Pemerintah Dan Ulama Saudi Arabia Untuk Kaum Muslimin Dunia (idahram...oh..idahram)
    KEBAIKAN PEMERINTAH SAUDI UNTUK KAUM MUSLIMIN DUNIA[1]
    Al-Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray hafizhahullah

    ACEH – Arab Saudi menyerahkan bantuan rumah sebanyak 167 unit kepada korban tsunami di Lanmo, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi NAD, Kamis (6/11). Rumah tersebut tipe 45 masing-masing senilai Rp 157 juta/unit.

    Penyerahan dilakukan Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Abdurahman Muhammad Alkhayat kepada Asisten II Pemerintah Aceh T Said Mustafa. Usai penyerahan rumah, termasuk sebuah masjid di dalamnya, dubes meninjau komplek perumahan yang berlokasi di Lamno, Aceh Jaya.ant/ya
    -------------------------------

    Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui lembaga The Saudi Charity Campaign (SCC) memberikan bantuan pemulihan pasca tsunami untuk Aceh dengan total US$ 56 juta (sekitar Rp.532.000.000.000-red) Aset bantuan yang diserahkan itu adalah rehabilitasi Masjid Raya Baiturrahman, pengadaan air bersih dan pembangunan rumah bagi korban tsunami. Banda Aceh, WASPADA Online


    Direktur SCC Aceh, Najmi Abdullah Nahdi menyampaikan itu, usai pembangunannya dan penyerahan secara resmi sebagian aset bantuan kepada Pemerintah Aceh, di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (15/1).



    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      idahram siapa itu? adanya marhadi (emang dia, pengecut)

      Delete
  50. Adakah bantuan Saudi untuk Palestina?

    Benarkah tuduhan dusta lagi keji yang dihembuskan

    saudara Idahram bahwa Saudi bekerjasama dengan Inggris hingga

    Palestina berhasil dicaplok Yahudi?

    Jawabannya, kenyataan yang ada sangat bertolak belakang dengan tuduhan dusta tersebut. Ketika hizbiyyun masih sibuk berdemo untuk Palestina dan mengkritik fatwa ulama Saudi akan haramnya demo, pemerintah Saudi dan masyarakatnya telah mengumpulkan dana dalam jumlah yang sangat besar untuk Palestina. Media menginfokan,

    “Raja Arab Saudi pada Senin mengumumkan sumbangan senilai satu miliar dolar AS bagi pembangunan kembali Gaza yang digempur secara ofensif oleh Yahudi selama beberapa pekan. ‘Atas nama rakyat Saudi, saya umumkan sumbangan sebesar 1 miliar dollar bagi program pembangunan kembali Gaza,’ kata Raja Saudi pada pembukaan konferensi tingkat tinggi Arab di Kuwait.”

    Ketika Amerika Serikat menekan Saudi untuk memboikot pemerintahan Palestina dengan tidak memberi bantuan, media memberitakan,

    “Arab Saudi menegaskan bahwa mereka akan tetap melanjutkan pemberian bantuan dana yang jumlahnya sekitar 15 juta dollar AS tiap bulannya untuk pemerintah Palestina.”

    Media lain menginfokan sumbangan seorang pengusaha,

    “Seorang pengusaha Saudi yang menolak untuk disebutkan identitasnya ini- pada hari Senin, sumbangkan 25 juta Riyal untuk membantu rakyat Gaza.”

    ReplyDelete
  51. apakah anda merasa paling benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      kita tdk boleh merasa benar tp diharuskan berusaha mengikuti kebenaran

      Delete
  52. PENDAPAT SAYA TENTANG SALAFI

    Banyak orang yang memberikan statemen buruk tentang Salafi, hal itulah yang membuat saya mencari tahu tentang kebenaran statemen-statemen buruk itu sehingga saya pun mengikuti beberapa kajian yang di berikan oleh Salafi di tempat yang berbeda.

    Kenyataan yang saya temukan saat mengikuti kajian mereka, mereka hanya berbicara tentang Al-qur'an dan Hadist Shahih (Tidak menggunakan pendapat Ulama A, Ulama B, dst). Jadi... Menurut saya, Salafi mengajarkan syariat Islam secara murni tanpa adanya tambahan dan pengurangan.

    Sebagai masyarakat yang pintar, sebaiknya kita tidak memberikan opini yang buruk ke Salafi sebelum kita mendengar langsung dakwah yang mereka sampaikan karena hal itu bisa menjadi fitnah di masyarakat.

    وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُم مِّنْ حَيْثُ أَخْرَجُوكُمْ وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ وَلاَ تُقَاتِلُوهُمْ عِندَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ حَتَّى يُقَاتِلُوكُمْ فِيهِ فَإِن قَاتَلُوكُمْ فَاقْتُلُوهُمْ كَذَلِكَ جَزَاء الْكَافِرِينَ
    Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir. Al-Baqarah (2) : 191

    Saya adalah pengikut NU (Nahdlatul Ulama). Saya tidak mau menunjukkan Fanatisme golongan dengan cara mengungkapkan suatu hal yang tidak benar tentang golongan yang lain.

    Janganlah langsung percaya omongan orang (Walaupun banyak orang ngomong seperti itu), sebelum kita mencari tahu tentang omongan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kita mau membuka hati nurani tanpa diliputi kebencian...Insya Allah...kebenaran akan hadir menerangi hati kita.AAmiin.

      Delete
  53. SODARA2 YANG NGEBELA SEKTE SALAFY WAHABI.......DAH JELAS ASAL USUL2 SEKTE SALAFY WAHABI BENTUKAN INGGRIS ....... GERAKAN POLITIK DIBUNGKUS / MEMANFA'ATKAN AJARAN AGAMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho koq malah kebalik mas....

      Delete
    2. stres x dy

      Delete
  54. ane sih orang awam ga tau apa". yg ane tau pasti bahwa muslim itu bersaudara. tp ane jadi bingung justru para pakar, tokoh agama. dan mereka yg digelari cendikiawan muslim. ga tau kalau sesama muslim itu bersaudara. buktinya mereka saling menjelekan saling menyesatkan. dan saling memusuhi!!! ngomong aja islam bersaudara. buktinya pret...! mau NU kek, mau Muhamadiyah kek, mau wahabi kek yg penting gak nyimpang dari Alqur-an dan sunah kenapa harus dipermasalahkan. kasian kita" yg awam jadi bingung mau ibadah, yg ini salah yg itu sesat. yg gitu bid'ah yg gini taklik. benar menurut satu golongan salah sesat menurut golongan lainya. alhasil bukanya ibadah malah bengong kayak sapi ompong. dan iblis mengibarkan bendera kemenangan. berpikirlah wahai orang yg berilmu tunjukan kami yg awam pada ibadah yg di ridhoi ALLAH SWT. bukan sebaliknya membuat pusing dan membingungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Islam mengajarkan untuk tidak bertaklid dan adalah kewajiban manusia untuk menuntut ilmu, jika merasa ilmu kita kurang maka tuntutlah ilmu sampai keujung dunia agar tidak seperti sapi ompong. semoga Allah SWT meridhoimu.

      Delete
    2. caranya dg rajin menuntut ilmu agama....

      Delete
    3. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      yg otentik qur'an sunnah tp sebgmn yg dpahami salaf

      Delete
  55. Makasehhh yuachhh, udah dikasih tau.. semakin difitnah oleh orang2 kotor dan dengki. dakwah ahlusunnah dari zaman ibnu taymiyah sampai sekarang masih konsisten dengan sunnah beda dengan IJABI (Ikatan Jama'ah Ahalul Bid'ah Indonesia) yg terus bangga dengan pemikiran bodohnya.

    ReplyDelete
  56. Wahabi menggonggong kafilah berlalu

    ReplyDelete
  57. Wahai Saudaraku..
    Yuk kita amalkan Ayat Allah 'Azza wa Jalla :
    "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." (Al Hujurat : 6)
    yuk kita TABAYYUN.. utk mencari kejelasan suatu masalah hingga tersingkap dengan jelas kondisi yang sebenarnya utk mempertegas hakikat sesuatu, agar herhati-hati terhadap sesuatu & tidak tergesa-gesa..
    Jangan2 selama ini kita telah didoktrin hingga salah paham tentang Salafi..
    Mohonlah kepada Allah 'Azza wa Jalla agar ditunjukkan kepada al Haq..
    مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

    ReplyDelete
  58. Sebagai muslim yang baik, tidak sepantasnya lah berkata melalui lisan atau tulisan tanpa menyelidiki dahulu kebenerannya. Sebelum men-judge sesuatu, lihat dulu ke sumbernya apakah yang dilihat dan disimpulkan itu sudah benar atau belum.

    Insyaallah, apa yang dituduhkan kepada wahabi oleh sebagian kalangan, ternyata masih lebih baik dibanding pemahaman yang lain. Saya sebagai orang awam menilai, wahabi lebih adil dalam memutuskan masalah khilafiyah, lebih ilmiah dalam mengemukakan dalil, dan lebih tegas dalam menyampaikan mana yang benar, serta lebih toleran pada sesama muslim karena tidak mau gegabah dalam memvonis kafi, walaupun itu terkesan kaku..

    Wallahualam

    ReplyDelete
  59. Saya org awam.... tapi saya suka mencari kebenaran, tentunya kebenaran Islam. Saya baca semua sumber wahaby ternyata ada 2 wahaby, 10Wahaby yg jaman dulu banget yg khawarij 2)Wahaby yg setiap hukum di sandarkan kpd Qur'an dan Sunnah, Jadi wahaby yg sekte itu yg mana...? mohon dijelaskan atau kirim email ke luvyanegist@yahoo.com. Makasioh

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. salam

      bisa di download mp3 nya di "www.kajian.net" ttg wahabi dan terorisme

      semoga bermanfaat

      Delete
  60. biasanya kalau yang di tanya jawab terus..berarti gobloooooooooookkkkkkkkkkk...

    ReplyDelete
  61. Alhamdulillah, wah, wah, wah jadi nambah wawasan neih buat ane yang baru mengenal manhaj yang haq, ternyata ada faedahnya juga datang ke website tukang syubhat. syukran atas infonya wa hadakumullah

    sekeras apapun usaha kalian yah silahkan saja terus menebar syubhat
    toh, orang pintar pandai memilih mana khurafat mana yang make sense
    daripada adat dijadikan syariat, ahsan ikutan ta'lim mereka yang jelas menerangkan dalilnya

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. BEGO yang bikin Artikel ini.
    Ibnu Taimiyah bukan Wahabi, karena duluan lahirnya ^_^ dasar indon bego, masuk islamnya turunan.

    HTI, PKS sejak kapan mereka Wahabi ^_^ masa ada wahabi tidak percaya sama Imam Machdi, Dajjal seperti Hizbut Tahrir ^_^.

    Mana ada Wahabi yang mendukung sistem Demokrasi seperti PKS SAPI.

    Mana ada Wahabi yang bikin Ormas Islam seperti Jamaah Anshorut Thogut pimpinan, Abu Bakar Baasyir TERORIS Al Qaedah ^_^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berda'walah dg lemah lembut...agar orang tidak lari...spt jaman skrg,Islam dinampakkan sbg sesuatu yg seram/menakutkan (dikondisikan oleh yg memusuhi Islam),shg menghalangi orang utk masuk Islam,pdhl Islam sendiri agama yg mengedepankan akhlakul karimah...

      Delete
    2. Berdakwah haruslah dengan santun dan berkatalah sesuai kemampuan yg diajak bicara...

      Delete
    3. Gue Mu'allaf.. masalah buat loe
      Gue benci karena Allah,
      HARAM hukumnya bermajelis sama Ahli Bid'ah sesat..
      mereka lebih hina daripada monyet dan babi

      Delete
  65. mari berpikir dg hati nurani, jg dg hawa nafsu....jgn smp ucapan/tulisan kita menjerumuskan kita kepada fitnah atau menghalangi tegaknya da'wah tauhid...kalau kita sdh jd penghalang da'wah tauhid, lalu apa yg akan kita banggakan sewaktu menghadap Allah subhanahu wata'ala????

    ReplyDelete
  66. Masih ingat kasus Pemalsuan atas Kitab Klasik Ahlussunnah Wal Jama’ah, khususnya kitab Hasyiyah ash-Shawi ‘alaa Tafsir Jalalain yang dilakukan oleh kaum Salafy-Wahhabi tahun 1420 H?

    ReplyDelete
  67. bismillah...

    sekarang adalah akhir jaman dimana banyak fitnah dimana-mana...

    segala informasi dengan mudah kita dapatkan mengenai apa saja...

    sikap menerima atau tidak atas informasi tersebut tergantung kecerdasan dan sikap kritik masing-masing...

    ada yang langsung 100% nerima...silahkan,,,,itu hak anda...
    ada yang agak nerima...tapi agak ragu....itu juga hak anda..
    ada yang ga menerima....itu juga pilihan anda...

    ada juga yang hanya lewat ga peduli....itu hak anda....

    tapi JANGAN injak-injak HAK sesama muslim siapapun dia sebagai ahli kiblat yang HARAM DARAH dan KEHORMATANNYA kita RUSAK ...

    bersikaplah adil...
    jangan cukup merasa tau sebuah perkara dari internet...langsung menyimpulkan...."oooh jadi begitu...".

    apapun penilaian kita akan 'berbuah sikap" yang tentu menjadi amal yang harus dipertanggungjawabkan di sisi Allah....

    salah satu contoh kebencian yang berlebihan ketika menyebut WAHABI menjadi WAHABOY....

    WAHAB adalah salah satu NAMA ALLAH (ASMA'UL HUSNA)..KOK SEPERTI DILECEHKAN JADI WAHABOY....

    kadang ada orang bilang karena sudah kadung benci ke salafy-wahabi dengan berkaat .."AAAAAAAAAAAAAAH DASARRR WAHABY.....!!!".....

    ingat..hati-hati....AL WAHAB itu nama ALLAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      Allaahul musta'aan

      Delete
  68. Maaf, kok dari foto-foto beliau-beliau yg disebut "wahabi" terpampang jelas pengamalan Sunnah Rasul-nya yaitu memelihara jenggot yg tidak mungkin kita ingkari bahwa Rasulullah juga memelihara jenggot beliau, dibanding orang-orang/kyai-kyai di sekitar kita????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyai-kyai disekitar kita lebih demen piara kumis dan janggut plontos. Yaah.. mungkin kyai-kyai kita pengen terlihat keren kayak artis...
      Itu malah lebih baik.. jadi umat Islam gampang membedakan mana ulama "wahabi" dan ulama "hasyimi/NU"... Biar jelas mana yang Ahlussunnah dan mana yg ahlul bid'ah...

      Delete
  69. Bismillah...

    Setelah saya baca postingan di atas ternyata memang benar bagaimana tulisan itu disebarkan dengan kebencian kepada pada ulama2 salaf hanya karena mereka hendak mengembalikan Islam kepada ajaran Rosul dan generasi terbaik dari para sahabat, tabi'in dan tabiit tabi'in.

    Dan maaaf kalaulah mereka di sebut wahabi karena ajarannya sesuai dengan Rosul maka sesungguhnya nama tidaklah penting yang penting hakekat yang disampaikan dan di ajarkan oleh mereka.

    Tolong antum yang menulis artikel tersebut baca buku Tashhih Khatha' Tarikhy Haula Al-Wahabiyah yang sudah di terjemahkan dalam edisi Indonesia "Sebenarnya...Siapakah Wahabi Itu???". Bukankah hanya musuh-musuh Islam yang menyematkan nama Wahabi ke dalam dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yang padahal beliau memperbaiki akidah yang dirusak oleh kaum khawarij & syi'ah. Sementara nama Wahabbi sudah ada 200 tahun sebelum kelahiran Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan 600 thn sebelum kematian Beliau yang di prakarsai oleh kelompok khawarij Abadhy yang bernama Abdullah bin Wahb Ar-Rasiby. Sementara dakwah yang diajarkan Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab dan terus estafet sampai saat ini hingga syaikh Nashiruddin Al-Albani adalah dakwah salaf yang disematkan kepada mereka tuduhan yang keji dengan nama wahabbi hanya karena ada kesamaan dalam nama wahhab.

    Koreksi dulu perkataan-perkataan ulama salaf sebelum antum memberikan tuduhan2 keji hanya karena mereka akan menghalangi kalian dari nafsu kalian dalam beribadah dan memodifikasi ibadah-ibadah baru dengan tanpa dalil dan hanya di Qiyaskan saja. Apakah kalian tidak bangga hanya cukup mengikuti yang Rosulullah ajarkan dan perintahkan? Kenapa musti membuat bid'ah2 dan terus mencari pembenaran.

    ReplyDelete
  70. Mantabzz,, tingkat kesholehan kita yang cuma islam keturunan warga negara indonesia saja,mampu men-"sematkan" Ulama-Ulama yang disebutkan diatas sebagai Ulama WAHABI,, sangat luar biasa..., Ghozwul fikr dunia barat berhasil !!!

    Coba untuk admin, dijawab, terlebih pendapat ini : "Sebenarnya...Siapakah Wahabi Itu???". Bukankah hanya musuh-musuh Islam yang menyematkan nama Wahabi ke dalam dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yang padahal beliau memperbaiki akidah yang dirusak oleh kaum khawarij & syi'ah. Sementara nama Wahabbi sudah ada 200 tahun sebelum kelahiran Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan 600 thn sebelum kematian Beliau yang di prakarsai oleh kelompok khawarij Abadhy yang bernama Abdullah bin Wahb Ar-Rasiby. Sementara dakwah yang diajarkan Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab dan terus estafet sampai saat ini hingga syaikh Nashiruddin Al-Albani adalah dakwah salaf yang disematkan kepada mereka tuduhan yang keji dengan nama wahabbi hanya karena ada kesamaan dalam nama wahhab...

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  72. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  73. islam agama yang sempurna,jangan terlalu mencari perbedaan,biarkanlah berjalan seiring waktu,yang murni tetap murni,emas tetap emas dan sampai kapanpun tetap emas, bersatulah ummat islam,bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh

    ReplyDelete
  74. mohon ijin kepada admin atau yang mempunyai situs .www.kajian.net untuk saudara muslim ku yang penasaran bagaimana sih da'wah dari ulama/ustadz yang dicurigai sebagai "wahabi-salafi", dengarkan lah dulu, baru komentar dan tentang kitab dan hadits yang beliau-beliau sampaikan catat lalu rujuk lah apakah mereka berdusta ataukah berkata jujur. Baru deh anda memberi penilaian pun jangan buru-buru, ikuti pengajiannya, bila memang kesesatan yang disampaikan,..... kritiklah dengan dalil dan hujjah yang lebih kuat dengan cara yang arif.
    linknya www.kajian.net, silahkan anda download dalam bentuk MP3....

    ReplyDelete
  75. Saya orang bodoh mau tanya sama admin yang pinter...
    Kalau ulama Ahlussunah yang di cap sebagai "wahabi" dianggap Islam sesat. Maka apakah Islam aliran "hasyimi" ( NU/Nahdliyin ) adalah contoh Islam terbaik sedunia.? Apakah ajaran Islam aliran "hasyimi" adalah yang paling benar.?
    Ada beberapa pertanyaan dasar yg mengganjal dihati saya sebagai orang miskin ilmu.. Mohon petunjuk dan dalil yg benar..
    1. Apakah Nabi Shalallahu alaihi Wassalam pernah mengadakan ritual yasinan, tahlilan, selamatan 7 hari, 40 hari dan 100 hari..?
    2. Apakah Nabi Shalallahu alaihi Wassalam pernah membangun kuburan dan ziarah dengan melakukan ritual, wiridan, baca Al Quran didepan makam.?
    3. Apakah Nabi Shalallahu alaihi Wassalam pernah memiliki dan mengajarkan ilmu kebal, kesaktian, rajahan dan mantra2 seperti yang diajarkan para ulama aliran "hasyimi" (NU)..?
    Mohon jawaban dari admin atau pak kyai2.. Mohon jawaban disertai dalil shahih dan lengkap dengan nomor hadistnya...
    Terakhir, ada yg bikin saya heran... Kalau ulama "hasyimi"/NU sangat alergi dengan Islam "wahabi". Tapi mengapa kaum nahdliyin senang sekali dan berbondong2 berhaji ke Mekkah/Haramain..? Yang otomatis juga pasti shalat dibelakang imam yg dianggap sesat. Kalau mau konsekwen, harusnya pasti hukumnya tidak sah shalat dibelakang orang sesat. Mengapa dan mengapa..?

    ReplyDelete
  76. Emang Semua Manusia di Mekah dan Medinah telah MURTAD,karena mayoritas wahabi ?

    indon mending bikin agama baru saja, agama demokrasi, Kitab Sucinya UUD 45. Tuhannya burung garuda.

    Indon jelas hukumnya Thogut buatan Belanda, beda dengan Mekah dan Medinah Syari'at islam.

    Mekah dan Medinah itu Tanah yang suci, terlindung dari Bid'ah apalagi Dajjal kaya si Gur Dur

    ReplyDelete
    Replies
    1. sae sanget mas cangkemmu

      Delete
  77. Astaghfirullahaladzim.

    ReplyDelete
  78. Sebenarnya hati nurani seluruh umat islam di Indonesia tahu dan dapat membedakan mana ajaran yang sesuai dengan syari'at Rosulullah solallahu 'alaihi wassalam dan mana syari'at yang merupakan buatan kaum muta'akhirin...namun krn rasa benci tanpa dasar dari sebagian besar umat islam di negeri ini yang sudah turun temurun dan selalu diwariskan pada anak cucunya agar bertaklid buta kepadanya maka mereka mampu membutakan mata hati mereka sendiri sehingga menolak Al-haq...dan bahkan melecehkannya...

    ReplyDelete
  79. AnonymousJune 08, 2013

    Saya tdak setuju dg artikel diatas, saya tidak membela siapapun disini, saya hanya ingin mencari kebenaran dan berusaha untuk selalu benar.

    Saya bukan aliran wahabi, tapi 4 tahun saya mendapat ilmu dari para ustadz dan jg salah satunya mempelajari kitab Tauhid yg disusun oleh Muhammad bin Abdul Wahab,
    dan salah satu ilmu yg saya dapat itu bagaimana cara berfikir untuk maju, untuk tidak taqlid, bagaimana beribadah dengan mengetahui dasar"nya tentunya dg dasar Al Quran dan Al Hadits.. Saya fikir saudara semua tau apa itu taqlid,
    jadi intinya apa yg diajarkan oleh Muhammad bin Abdul Wahab itu bukan untuk membid'ahkah bahkan memusyrikan org muslim atau suatu kaum.

    ReplyDelete
  80. AnonymousJune 18, 2013

    Kalau begitu saya wahabi.Masalah buat lho

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  82. KEPADA ADMIN ALKHOIROT KAYAKNYA ISLAM YANG MUNCUL DARI TIMUR TENGAH SELALU ANDA SALAHKAN, PADAHAL ROSULULLOH ITU BUKAN DARI INDONESIA......BAGAIMANA INI?

    ReplyDelete
  83. AnonymousJuly 04, 2013

    2 tempat suci Makah dan Madinah dijamin Allah SWT dari kerusakan Tauhid, Aku meyakini bahwa Allah SWT Tuhan saya Maha Kuat sehingga sampai detik ini Ridzo terhadap ulama’ & umara’ Saudi (wahabi), Dajal tidak akan bisa merusak Tauhid di Arab saudi . Kalau ada yang mengatakan bahwa Makah dan Madinah telah kemasukan Dajal ( paham yang sesat ) berarti selama ini Tuhannya tidak Maha Kuat. N a U dzubilla

    ReplyDelete
  84. AnonymousJuly 04, 2013

    Kota suci Makah dan Madinah dijamin Allah SWT dari kerusakan Tauhid, Aku meyakini bahwa Allah SWT Tuhan Maha Kuat dan sampai detik ini Ridzo terhadap ulama’ & umara’ Saudi (wahabi), Kalau ada yang mengatakan bahwa Makah dan Madinah telah kemasukan Dajal ( paham yang sesat ) berarti selama ini Tuhannya tidak Maha Kuat. N a U dzubillah ...

    ReplyDelete
  85. AnonymousJuly 07, 2013

    Saudaraku...
    berhati-hatilah menghujat dengan omongan orang yang tidak jelas. Kalau istilah wahabi dari nama muhammad bin abdul wahab yang lahir tahun 1115 H. ini sangat memalukan bagi ahli ilmu karena sudah menjadi fakta umum istilah wahabi adalah untuk Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang wafat tahun 211 H.
    Berhati-hatilah menyesatkan Ulama karena ilmu kita belum sekuku ilmu mereka. saya kawatir, rekayasa Yahudi ini benar-benar memecah belah kita umat islam. JIka sesorang itu menjadikan Al Quran dan hadits shahih hasan pedoman, maka berhati2 dalam memfonis. kalau dia mencintai Rasulullah dan sahabat, memuliakan ulama, berilmu dulu sebelum berbicara agar tidak menyesatkan kaum muslimin dan membuat senang para musuh islam...

    ReplyDelete
  86. AnonymousJuly 07, 2013

    Pengasuh blog ini belajarlah islam yang dalam. jangan hanya dari perkataan guru anda yang hanya mengikuti perkataan orang tuanya dulu dan nenek moyang mereka yang beragama hindu budha. Kalau HTI menolak disebut Neo Wahaby wajar karena dia neo mu'tazilah. Pemberontak terhadap negera yang dibenci Rasulullah, Bahwa yang keluar dari shulthan (pemerintah yang sah) sejengkal dan mati maka dia mati jahiliyah.

    saya lihat pemilik PP ini adlah tasawuf yang menjadikan wangsit sebagai wahyu dan fanatik keguru. bahkan memperlakukan guru lebih dari sahabat memperlakukan RAsulullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hobiny semedi x bro

      Delete
  87. AnonymousJuly 10, 2013

    ana yakin pembuat situs ini hajinya gak ke Mekah dan Madinah, tapi ke gunung kidul

    ReplyDelete
  88. Aneh sekali,,, ada fotonya Ibnu Abdul Wahab,,,
    kata penulisnya muhammad bin abdul wahhab itu lahir tahun 1701 dan meninggal tahun 1793.

    Padahal foto yang paling pertama ada itu baru dibuat pada tahun 1822 oleh Nicéphore Niépce. Coba lihat kesini : https://en.wikipedia.org/wiki/Photography

    Taubatlah atas fitnah ditengah siang bolong ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel lengkap dan fotonya dlm bahasa Arab ttg Ibnu Abd Wahab lihat: http://www.marefa.org/index.php/%D9%85%D8%AD%D9%85%D8%AF_%D8%A8%D9%86_%D8%B9%D8%A8%D8%AF_%D8%A7%D9%84%D9%88%D9%87%D8%A7%D8%A8

      Delete
  89. Insya Allah Ahlussunnah akan bersama Imam Mahdi memerangi jazirah arab dimana wahabi sudah merajalela dan diberi kemenangan, kemudian memerangi syiah di persia dan di beri kemenangan oleh Allah.Kalaupun faham wahabi sekarang berkembang pesat di seluruh jazirah arab dan dunia itu merupakan sunnatullah, dan nantinya Imam Mahdi bersama kalangan ahlussunah yang akan memberantasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tarkul jawabi 'ala hadzal jaahili jawaabun....anda noe berkata tanpa ilmu jangan jangan beribadah pun tanpa ilmu..wkwkwk..kalo komen ga ilmiah itu menunjukan kebodohan anda di bidang agama, hanya lulusan pesantren/ma'had yg pantas untuk mengomentari artikel ini .....kalo anda belajar agama hanya lewat internet lbh baik diam..

      Delete
  90. Imam Mahdi kelak adalah dari kalangan ahlul bait Nabi dan tidak mungkin Imam Mahdi berfaham wahabi karena wahabi sangat benci dengan para Habaib keturunan Rosulullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAFI 'Wahhabi'January 03, 2014

      itu habaib yg ahlul bidngah, 'wahhabi' cinta & hormat pd ahlul bait yg salafi

      Delete
  91. SATU2 NYA YG BISA MENANGGULANGI KEMUNGKARAN ALIRAN WAHABI HANYALAH AHLUSSUNAH. SUATU KETIKA WAHABILAH YG AKAN MENJADI PENGIKUT DAJAL. DG DALIH PEMURNIAN ISLAM JUSTRU YG TERJADI AKAN SEBALIK NYA YAITU RUSAK NYA ISLAM DARI DALAM. WAHABI TAK SEGAN2 MEMBANTAI KAUM MUSLIMIN DAN MELINDUNGI OARANG2 KAFIR YG NYATA2 MEMUSUHI ISLAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. emang loe mau idup ampe akhir jaman, gimana ngebuktiinnya kalo mereka bakal jadi pengikut dajjal?! bukannye syi'ah yg suka membantai muslimin dlm sejarah

      Delete
  92. Kenapa melarang Tahlil yang di dalamnya memuja, membesarkan dan mengagungkan Allah ? Alergikah Wahabi ketika Aswaja mengumandangkan "Laa ilaha ilallah" ?

    Kalian menolak Bid'ah Hasanah, berarti secara tidak langsung kalian merasa lebih hebat dari Imam Syafi'i, Imam Nawawi, Imam Suyuthi, dan Para ulama generasi terdahulu.....

    Jelas sekali Wahabi sangat mengesampingkan Hadits" yang dhoif, padahal para Muhadditsin terdahulu - sekalipun hadits dhoif - tidak mengesampingkan hadits" yang dhoif karena biar bagaimanapun, itu adalah sabda Rasulullah saw, hanya saja ada syarat" bagi hadits yang dhoif boleh dipergunakan .....

    Saya tidak memandang Wahabi sebagai musuh, melainkan karena antara kita masih ber-Tuhan dan Rasul yang sama........

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan "la ilaha illallah"nya tapi ritualnya adlh bentuk syariat baru yg diada2kan

      Rasulullah berkata "setiap bid'ah adlh sesat" yg dimaksud adlh perkara baru yg diada2kan dlm agama krn beliau jg berkata " ..kalian lebih tau ttg dunia kalian" yg berarti perkembangan iptek duniawi bukanlah bid'ah

      & imam2 yg prnh mengatakan 'bid'ah hasanah' yg mereka rujuk adlh perkara baru dlm duniawi itu

      Delete
  93. Wahaboy pada kebakaran jenggot pas dibilang sesat,,makanye jng ngerasa paling bener smpe" bilang tahlilan,yasinan,ziarah di makam para auliya dibilang sesat

    ReplyDelete
  94. wahabi sama harganya dengan tai berakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ilmiah dikit donk, kalo keluarnya cuma gitu brarti emang kepalamu sendiri yg isinya itu

      Delete
  95. wahaby itu apa s??? tlong dong yg koar2 wahaby jwb, jngan cm mngekor, kalo ga th mnding diem deh. perlu kalian th ya, ini blog menyesatkan, noe-
    mu'tazilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaby itu apa s??? tlong dong yg koar2 wahaby jwb, jngan cm mngekor, kalo ga th mnding diem deh. perlu kalian th ya, ini situs menyesatkan, sknya memfitnah orang, bahkan para ulamapun tdk slmat dr fitnahnya.Dasar ahlul bid'ah bodoh

      Delete
    2. NB: mn pnjelasan ilmiah mngenai nisbat wahaby dr ahlul bid'ah yg sefaham dg situs ini hah?? kalian koar2 wahaby, tapi ga th apa itu wahaby yg sbnarnya, kalian telah memfitnah beliau syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab dg kata2 kotor kalian!!

      Delete
    3. ga bisa ilmiah cuma caci-maki, goblog

      Delete
  96. awas hati2, ini situs sesat dan menyesatkan!!! ga ilmiah, penulisnya orang bodoh

    ReplyDelete
  97. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  98. Masya Allah..
    Nih admin'a Syi'ah tulen deh kayak'a,.
    ╔═╦═╗ ╔╗
    ║║║╔╝ ║║
    ║║║╚╗ ╠╣
    ╚═╩═╝ ╚╝
    .╔══╗═════╔╗═════.
    .╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗. .═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║.
    .═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝.
    .═══════╚═╝═╚═╝══.

    ReplyDelete
  99. izin share ya ustad. syukron

    ReplyDelete
  100. alhamdulillah banyak sekali masyaAllah, terimakasih atas infonya

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!