Wednesday, June 18, 2014

Hukum Pacaran Agar Semangat Belajar


Hukum Pacaran Agar Semangat Belajar
BOLEHKAH PACARAN DENGAN NIAT AGAR SEMANGAT BELAJAR

Saya m.r masih duduk di bngku sma saya ingin bertanya apakah saya bersalah jika saya pacaran sama teman sekelas karena hanya untuk membuat samangat dalam sekolah,, dan tidak melakukan perzinahan hanya bertemu setiap hari dan hanya ngobrol saja

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. PACARAN AGAR SEMANGAT BELAJAR
  2. MUSLIM JADI NASRANI INGIN MASUK ISLAM LAGI
  3. CARA MENUNTUK HAK WARIS
  4. BAGIAN WARIS ANAK KANDUNG DAN ANAK TIRI
  5. DITALAK SAAT HAMIL
  6. TANDA-TANDA KEMATIAN
  7. MOHON DOA AGAR DIMUDAHKAN
  8. MIMPI TIDAK JADI BUANG AIR BESAR
  9. MIMPI WUDHU TAPI TIDAK SHALAT
  10. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Dalam syariah Islam, hubungan lawan jenis yang diharamkan bukan hanya zina, tapi juga mukaddimah dari zina. Dalam Quran Surah Al-Isra 17:32 jelas disebut "Jangan dekati zina. Karena zina adalah perbuatan nista." Dalam ayat tersebut ada dua hal yang dilarang yaitu zina dan mendekati zina.

Termasuk "mendekati zina" adalah berpacaran dan melakukan khalwat (berduaan dalam ruang tertutup). Berpacaran yang diharamkan adalah apabila berpacaran secara fisik dan jarak dekat. Adapun apabila pacaran virtual (maya) jarak jauh dengan memakai alat komunikasi seperti ponsel, telpon, atau internet maka itu tidak dilarang selagi komunikasi yang dilakukan tidak mengandung kalimat yang mengundang syahwat.

Naik turunnya semangat belajar tidak terkait dengan punya pacar atau tidak, tapi oleh determinasi individu untuk mengejar cita-citanya. Justru berpacaran akan berdampak turunnya semangat belajar apabila terjadi konflik dengan pacarnya dan itu akan sangat sering terjadi.

Baca juga:

- Khalwat dalam Islam
- Hukum Pacaran dalam Islam
- Komunikasi jarak jauh via telpon dengan lawan jenis

_______________________________


MUSLIM JADI NASRANI INGIN MASUK ISLAM LAGI

Salam sejahtera

Saya ingin berkonsultasi masalah islam

Saya dulu adalah islam sejati dari lahir sampai umur 13 tahun. Kemudian saya keluar dari islam karna mengikuti kedua orang tua saya. Saya sudah 5 tahun menjalani agama saya sebagai umat kristiani.

Dan saat ini pada umur ke 18 tahun saya ingin kembali ke islam. kembali lagi ke jalan Allah SWT karna saya mencintai kekasih saya dan mengikuti jejak nya.

Yang saya tanyakan....

1. Apakah bisa saya kembali lagi ke jalan Allah.
2. Apa saja syarat nya dan apa yang harus saya lakukan....?
3. Dan mungkin kah Allah menerima Taubat saya ini dengan kembali ke jalan Islam....?

Mohon pencerahan nya...
Salam sejahtera dan terima kasih.


JAWABAN

1. Bisa. Islam selalu menerima taubat orang yang berdosa.
2. Cukup membaca syahadat, dan kembali melaksanakan seluruh kewajiban sebagai muslim seperti shalat lima waktu, puasa Ramadan, bayar zakat kalau memenuhi syarat, dll. Juga, menghindari larangan Islam seperti zina, mencuri, menipu, minum miras, dll.
3. Allah akan menerima taubat hambaNya yang menyadari dan menyesali kesalahannya.

Untuk samakin memperkuat keislaman anda, pastikan untuk hidup di lingkungan yang kondusif dan membaca bacaan yang baik yang dapat menambah wawasan keislaman anda. Sebagai pemula, akan sangat baik anda membaca kisah-kisah mualaf yang baru masuk Islam.

Baca juga:

- Dosa besar dalam Islam
- Cara taubat nasuha.

_______________________________


CARA MENUNTUK HAK WARIS

Ass.wr.wb.
Mohon informasi tentang menuntut hak waris, karena wasiat ortu yang meninggal secara lisan dan tertulis telah diubah oleh satu saudara kita.
Bagaimana cara meluruskan supaya pembagian warisan sesuai wasiat ortu?
Dan kemana/dimana kami harus melaporkan?
Hukum per data/pidana?
Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.


JAWABAN

1. Permasalahan hukum waris dapat diajukan ke Pengadilan Agama sesuai dengan Pasal 49 huruf b UU No. 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UU No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama (“UU Peradilan Agama”) disebutkan bahwa:

“…Pengadilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang:
b. waris.. "

2. Lihat poin 1.
_______________________________


BAGIAN WARIS ANAK KANDUNG DAN ANAK TIRI

Assalamualaikum wrwrb

Satu keluarga lima laki laki dua perempuan. kedua orang tua sudah meninggal tapi harta warisan belum dibagi. Permasalahannya yang mau saya tanyakan salah seorang saudara laki laki tersebut menikah dengan janda satu anak (anaknya perempuan). Anak tiri perempuan tersebut punya seorang anak laki laki (jadi cucu tiri). Sekarang cucu tersebut minta bagian hak waris dari eyangnya (saudara laki2 yg menikah dengan janda 1 anak, sudah meninggal).
1. Berapa bagian yang diperoleh cucu tersebut. Demikian terima kasih.
Data keluarga :
_ anak pertama perempuan almarhum tidak punya anak. (Suami alm)
_ anak kedua laki laki almarhum tidak menikah.
_anak ketiga laki laki almarhum yang punya cucu tiri tsb. (Istri alm)
_anak keempat almarhum (istri masih ada dengan anaknya, tapi bagiannya sudah diterima .
_anak kelima perempuan masih ada
_anak keenam laki laki menikah masih ada
_anak ketujuh laki laki tidak menikah dan sdh almarhum.
Bagaimana pembagian warisnya.
Sekian terima kasih. Wassalam
Salam & hormat kami,


JAWABAN

1. Warisan diberikan hanya kepada orang yang ada hubunga kerabat mereka antara lain anak kandung. Jadi, anak tiri atau cucu tiri tidak mendapatkan warisan apapun.

_______________________________


DITALAK SAAT HAMIL

Assalamu'alaikum,,

Ustad, saya mau tanya. Apa hukumnya menceraikan istri yang sedang hamil 8 bulan.
1. Dengan kondisi si suami bicara kata talak karena sedang bertengkar dengan ibunya dan hanya untuk membuat marah sang ibu.

2. Saya sudah pernah 2x di talak dengan kondisi yang sama. Mohon jawabannya. Dan tolong di rahasiakan email saya. Trimakasih.
Wassalamu'alaikum


JAWABAN

1. Mentalak istri yang sedang hamil hukumnya haram, tapi talaknya tetap sah dan terjadi. Berdasarkan hadits sahih riwayat muslim no. 1471 tentang kisah talaknya Ibnu Umar pada istrinya di mana Nabi berkata pada Ibnu Umar: "Rujuklah dia lalu ceraikan dalam keadaan suci atau hamil."

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim berkata: Hadits di atas menjadi dalil bolehnya menceraikan istri hamil.

2. Kalau sudah pernah 2 kali ditalak, maka jatuh talak 3 (tiga). Itu artinya anda berdua tidak bisa rujuk kembali. Karena quota talak bagi suami hanya tiga kali. Kalau suami ingin kembali, maka istri harus menikah dengan pria lain lebih dulu. Lebih detail: Talak Tiga atau Talak Ba'in

_______________________________


TANDA-TANDA KEMATIAN

saya ingin bertanya benarkah artikel tentang tanda kematian yg di poskan oleh peasantren alkhoirot tanda-tanda dari 12 bulan sebelum kematian
tolong dijawab terimakasih


JAWABAN

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa itu tidak benar dan tidak ada dalil dasarnya dalam Quran dan Sunnah. Lihat kembali: Tanda Kematian dalam Islam

_______________________________


MOHON DOA AGAR DIMUDAHKAN

Assalamu'alaikum
Pa,saya mohon doanya sedang proses pindah kerja. Saya ingin hijrah menata hidup lebih baik.tapi cukup sulit jg melewati prosedur ini.hanya bisa pasrah dan berdoa. Setelah saya berikhtiar. Mohon minta doa kemudahan urusan. Amien
Terima kasih.


JAWABAN

Kami doakan semoga seluruh proses berjalan dengan lancar. Amin.

_______________________________


MIMPI TIDAK JADI BUANG AIR BESAR

Assalmualaikum . saya anwar.saya mau bertanya makna mimpi tidak jadi buang air besar. tolong dijawab bapak/ibu?

JAWABAN

Itu menunjukkan bahwa penyakit yang anda derita tidak jadi sembuh.
Makna ini tentu saja apabila mimpi anda itu berasal dari Allah atau malaikat. Apabila berasal dari pikiran sendiri atau dari setan, maka mimpi anda tidak ada artinya. Lihat: Mimpi dalam Islam

_______________________________


MIMPI WUDHU TAPI TIDAK SHALAT

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat malam pas ustad. Semoga email dri saya tidak mengganggu kegiatan pas ustad.

Saya beberapa kali mengalami mimpi pak. Saya tidak berani menafsirkannya, tapi saya meyakini bahwa mimpi2 tsb merupakan petunjuk dri Allah. Sehingga saya memutuskan untuk menanyakannya kepada seseorang yg memiliki ilmu agama yg baik, seperti pak ustad

Saya menjalani puasa daud pak mulai akhir november. Nah, sekitar awal desember, saya mendapat mimpi pak. Saya bermimpi saya sudah berwudhu, tapi didalam mimpi saya, tidak pernah kesampaian sholat. Mimpi itu terjadi sebanyak 3 kali.

Seminggu kemudian saya bermimpi lagi pak. Saya bermimpi nonton bersama teman2. Selesai nonton jam 6 sore pak. Lalu saya meninggalkan teman2 saya untuk wudhu, karena telah tiba waktu sholat magrib. Setelah mencari2 tmpat wudhu, saya dapat tempat wudhu pak, agak kecil tempatnya. Kemudian saya berwudhu. Didekat tmpat wudhu tidak ada tmpat untuk sholat. Tapi kemudian ada lapangan, dan disitu ternyata digunakan untuk sholat. Saya menuju kelapangan tsb. Saya sholat dibarisan depan. Tapi saya mulai sholat di rakaat kedua. Dan tempat sholat saya tidak enak sekali. Selain berdempetan dgn sebelah saya, permukaan tanahnya juga bergelombang, membuat saya kesulitan untuk sholat. Harusnya kan setelah selesai salam, saya harus berdiri lagi untuk menambah satu rakaat, tapi karena keadaan sholat saya yg sedemikian membuat saat imam mengucap salam, saya juga ikut salam. Sehingga sholat magrib saya tidak sempurna.

Lalu pak, skitar 2 minggu kemudian saya bermimpi kembali. Kali ini saya bermimpi digigit anjing/terkena air liur anjing. Saya panik pak, karena saya tidak suci. Jadi saya harus mencari pasir dan air untuk menyucikan diri. Saya sudah berhasil mendapat pasir, tapi saya belum mendapat air. Saya mencari air sampai saya tiba di seperti bukit dan lereng kecil. Ada air terjun kecil disitu pak. Saya senang sekali melihat air karena dgn begitu saya bisa segera berwudhu agar suci. Tapi ada suara yg mengatakan agar saya tidak berwudhu di air tsb karena airnya kotor. Setelah saya lihat lagi, memang air tsb brwarna cokelat dan juga membawa beberapa sampah. Kemudian suara itu memberitahu saya agar menggunakan air yg berada agak diatas tmpat saya berdiri. Setelah saya menuju ketempat air tsb, trnyata tmpat airnya kecil, seperti lobang ditanah. Tapi airnya sangat jernihh. Saya melihat ada seseorang yg sedang menggunakan air itu. Setelah orang itu pergi, baru saya menggunakan air itu. Tapi saya tidak berkomunikasi dgn orang itu, hanya lewat saja. Kemudian saya berwudhu di air itu dan saya senang karena saya sudah suci kembali. Entah bagaimana saya tahu bahwa orang yg tadi menggunakan air itu bernama Muhammad.

Itu mimpi terakhir saya dalam tempo yg cukup berdekatan pak. Kemudian daud saya mulai agak bolong2 lagi. Lalu saya memutuskan untuk memperbaiki daud saya. Dan beberapa hari yg lalu saya mendapat mimpi kembali pak.

Saya bermimpi juga akan sholat, saya sudah menggunakan mukena. Sholatnya kali ini sholat idul fitri pak. Nah, saat saya asik mengobrol, tiba2 saya dengar dri speaker masjid sudah takbirotul ikhram pak. Saya lari kencang menuju masjid karena takut ketinggalan. Sampai dimasjid saya baru sadar bahwa ditangan kanan saya membawa gitar milik seseorang teman dekat saya, disebelah kiri saya membawa ember. Kemudian 2 barang tsb saya taruh disebelah pilar masjid. Kemudian saya masuk. Di dalam masjid, saya lihat yg wanita2 koq sholatnya tidak lurus barisanya. Setelah saya lihat ternyata ada bocor dan air di tempat sholatnya sehingga orang2 menghindarinya. Kemudian saya tetap sholat didekat tmpat bocor itu. Saya menyusul di rakaat kedua. Setelah imam salam, saya berdiri lagi untuk melanjutkan shalat saya karena tertinggal satu rakaat. Tapi orang2 disekitar saya mengganggu saya pak. Mereka menyenggol2 saya, bahkan lalu lalang didepan saya sehingga membuat saya sampai bergeser2 saat sholat. Tapi saya berhasil menyelesaikan sholat saya.

Saya tidak tahu arti mimpi saya pak. Tapi saya merasa bahwa mimpi saya bermakna sesuatu karena saya juga sedang memiliki masalah dan saya berharap jawaban dari Allah pak. Saya merasa bahwa mimpi2 saya itu merupakan jawaban dri Allah atas masalah yg saya alami. Saya memiliki satu permasalahan dan dalam setiap doa saya selalu memohon petunjuk dari Allah.

Jika pak ustad berkenan, mohon bantuannya pak. Saya tidak berani mengartikan sendiri, takut salah arti...

Mohon bantuannya pak. Terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

JAWABAN

1. (a) Mimpi berwudhu dengan air yang jernih dan melakukan wudhu secara sempurna maka itu juga mimpi yang baik dan berita gembira. Apabila dalam keadaan susah maka Allah akan memberi solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Apabila sedang takut, maka Allah akan menjamin keamanannya, dan apabila sakit maka Allah akan menyembuhkan penyakitnya.

(b) Mimpi shalat adalah mimpi yang baik dunia dan akhirat dan anda akan mendapatkan amanah jabatan atau melaksanakan amanah yang sudah diemban dan melaksanakan kewajiban Allah.

(c) Mimpi bertemu Nabi Muhammad maka ia akan beruntung dunia dan akhirat.

Catatan: Makna dari mimpi di atas berlaku apabila mimpi tersebut berasal dari Allah atau malaikat. Dan tidak ada makna apapun apabila mimpi tersebut berasal dari jin, setan atau fikiran diri sendiri. Lihat: Mimpi dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..