Tuesday, July 01, 2014

Rajin Ibadah Tapi Rezeki Susah


Rajin Ibadah Tapi Rezeki Susah
RAJIN IBADAH TAPI REZEKI SUSAH

asalamualaikum wr wb

nama saya R saya mau konsultasi masalah rezeki. saya membuka usaha toko beras sudah 7 bulan tapi kok cuma jalan di tempat. tidak maju2 padahal saya sudah bekerja keras saya juga selalu bersedekah, saya juga selalu memberikan pelayanan yg bagus kepada pelanggan saya (terbukti hampir semua pelanggan saya selalu bilang kalau saya ramah kepada mereka), saya juga jujur tidak pernah menggurangi timbangan dan takaran (terbukti beberapa pelanggan saya bilang klau setiba di rumah beras yg di beli tadi di takar ulang dan hasilnya sama degan yg mereka beli tadi dipasr dengan saya), saya juga menjual dagangan saya dengan harga miring di banding dengan toko yg lain dan juga di banding toko yg lain saya juga memberikan diskon. di pasar tempat saya berjual ada 8 toko yg juga berjualan beras,


TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. RAJIN IBADAH TAPI REZEKI SUSAH
  2. MIMPI DI RUMAH ADA ACARA PERNIKAHAN
  3. KEABSAHAN NIKAH SIRI
  4. BISAKAH RUJUK SETELAH TALAK TIGA
  5. SUAMI PNS PELIT, INGIN MINTA CERAI
  6. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

tapi ada beberapa toko yg mengurangi takarannya tapi pelanggannya sangat banyak sedangkan saya tidak mengurangi takaran yg beli sedikit, ada juga yg menjual beras dgn harga tinggi tetapi juga yg beli beras disana sangat banyak sedangkan saya menjual dgn harga miring dan juga memberikan diskon yg beli sedikit, ada lagi toko yg mencampur dengan beras jatah/beras bulog dia beli beras jatah dari oknum2 kades/rt dgn harga murah tetapi pelanggan dia sangat banyak dia sangat kaya dan juga sudah naik haji sedang saya yg selalu jujur tidak pernah mencampur dgn beras jatah apa lagi membeli beras jatah dari oknum2 rt.

saya mau nanya
1 apa memang begini kalau kita ramah terhadap pelanggan dan juga jujur berjualan rezeki selalu mandeg?

2 apa ada amalan yg bisa meluaskan rezeki?

beberapa hari yg lalu saya berdoa kepada allah saya rela menukarkan sebelah tangan saya asalkan saya menjadi orang terkaya di dunia, karna saat itu saya sangat frustasi dengan usaha yg sedang saya jalani dan saat saya naik kendara motor saya saya tumburan dengan sesama pengendara motor dan ternyata dia tetangga saya dan saya memdapat 1 luka di jari telunjuk saya dan 1 luka di jari tenggah saya, saya saat itu berfikir kenapa tidak seluruh tangan saya saja yg putus.

3. apakah doa saya ini di kabulkan oleh allah tetapi cuma sedikit karna yg luka cuma dua jari dan cuma 1 luka yg panjangnya kuranglebih 0,5cm
4. apakah bisa doa saya ini di kabulkan semuanya, saya rela menukarkanya dengan 1 tangan saya


JAWABAN

1. Dari kalimat yang anda rangkai jelas sekali menunjukkan kalau anda sedang dalam keadaan putus asa dan frustrasi. Perlu anda ketahui bahwa keputusasaan adalah dosa Dalam QS Yusuf : 87 Allah berfirman: "... dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".

Jadi, untuk memperbaiki kondisi bisnis anda, hal pertama yang perlu diperbaiki adalah cara berfikir (mindset) dari yang suka putus asa dan frustrasi berubah menjadi sabar, penuh harapan, positif thinking dan selalu optimis.

Dengan cara berfikir yang selalu positif dan optimis akan terbuka wawasan yang selama ini tertutup dengan mindset anda yang sempit.

Dagangan laris tidak cukup hanya dengan hal-hal yang sudah anda kerjakan. Masih banyak faktor penyebabnya seperti lokasi berjualan, luasnya jaringan, ketersediaan atau kelengkapan materi jualan, dll.

Jadi, jangan cepat mengambil kesimpulan atas penyebab kegagalan anda. Teruslah belajar, teruslah banyak bertanya pada ahlinya, teruslah mencoba dengan berbagai cara yang halal dan teruslah menanam harapan-harapan. InsyaAllah Allah akan menjawab harapan dan doa anda.

2. Amalan doa dan dzikir pada dasarnya hanya menjadi salah satu faktor. Bukan faktor penentu. Faktor terpenting sebagai modal awal adalah seperti yang disebut di atas. Namun, kalau anda perlu doa-doa agar luas rezeki, silahkan baca doa secara teratur di sini.

3. Kecelakaan kecil itu sebagai peringatan dari Allah agar anda tidak berfikir negatif terus. Hukuman lebih besar akan segera menyusul dari lingkungan sekitar anda apabila anda tidak merubah sikap dan pola pikir.

4. Berdoalah agar anda diberi hati yang tenang, yang selalu punya harapan, yang selalu sabar, yang gigih dan pantang putus asa.

___________________


MIMPI DI RUMAH ADA ACARA PERNIKAHAN

Asalamualaikum ,,pak ustad,, saya mau tanya ,, saudara" saya mimpi bahwa di rumah saya ada acara pernikahan besar"an trus banyak orang yg ngmong bahwa rumah saya mau ada salah seorang kluarga yg meninggal,, terus saya jadi kepikiran dan takut terus menerus akan hal itu sampe" saya jatuh sakit terus menerus kepikiran itu,,
1. apakah tafsir mimpi itu benar pak. ustad mohon kasih solusinya agar hati saya bisa tenang ,,
mohon di jawab pak ustad makasii,,

JAWABAN

1. Mimpi terebut kalau benar dari Allah atau malaikat Allah maka ia bermkna anda akan mendapatkan pertolongan dari Allah.

Kalau mimpi itu berasal dari jin, setan atau diri sendiri, maka ia tidak ada makna apapun. Lebih detail lihat: Mimpi dalam Islam

___________________


KEABSAHAN NIKAH SIRI

Assalamualaikum wr.wb

Saya sudah menikah siri dengan pria yang sudah berkeluarga. kami menikah tanpa sepengetahuan org tua saya (pihak perempuan) dan tanpa sepengetahuan istri pihak laki-laki. akan tetapi kami menikah dengan wali hakim (tuan kadi/penghulu),2 org saksi(laki2), mahar dan ijab kabul. dan ada surat2 bermaterai untuk pegangan kami.

1. Yang saya tanyakan apakah pernikahan kami ini sah dalam agama pak ustad?
2. Ada yang mengatakan kalau pernikahan ini tidak sah.

Saya mohon penjelasannya pak ustad.karna saya tidak mau perbuata ini menjadi dosa.
Terimakasi. Wasalamualaikum.wr.wb

JAWABAN


1. Semua persyaratan akad nikah sudah terpenuhi dalam kasus anda. Yang sedikit bermasalah adalah soal wali hakim sedangkan wali anda masih ada. Dalam madzhab Syafi'i, wali hakim baru bisa menikahkan apabila (a) wali asal tidak ada atau jauh dari lokasi putrinya sejauh 80km lebih; (b) wali asal tidak mau menikahkan; (c) dll. Apabila dalam kasus anda wali asal (yakni bapak) ada di dekat lokasi dan tidak pernah diberitahu, maka menurut madzhab Syafi'i pernikahan tidak sah karena izin wali menjadi syarat sahnya pernikahan.

Namun, menurut madzhab Hanafi, wanita dewasa boleh menikah dengan memilih wali siapapun yang dia suka termasuk wali hakim. Karena izin dari wali dekat tidak menjadi syarat pernikahan berdasarkan pada hadits الأيم أحق بنفسها، والبكر تستأذن في نفسها، وإذنها صماتها (Janda lebih berhak dengan dirinya, perawan dimintai izin. Izinnya adalah diamnya). Madzhab Hanafi berargumen bahwa izin dari wali adalah bagi wanita yang belum baligh.

Idealnya, anda minta secara terus terang pada bapak untuk menikahkan kalau dia tidak mau, maka secara syariah boleh dinikahkan oleh wali hakim. Atau, anda berdua pergi ke tempat jauh (80 km lebih) dan menikah di tempat tersebut. Lebih detail: Wali Hakim dalam Nikah Islam

2. Iya, betul. Menurut mayoritas ulama itu tidak sah. Sebagaimana alasan di poin #1.
___________________


BISAKAH RUJUK SETELAH TALAK TIGA

Mohon penjelasannya pak ustad. saya istri yang menurut suami.saya sudah ditalak 3.

1. yang saya mau tanyakan adakah cara lain rujuk dalam islam selain menikah lagi dengan orang lain lalu bercerai dulu baru bisa balikan lagi. mengingat saya punya 2 anak yang masih sangat kecil. saya pernah tanya dengan ustad, saya disuruh salat sunah, setelah membaca alfatihah rakaat 1 membaca alkafirun dan rakaat 2 alfalaq intinya memohon ampun kepada allah swt atas kesalahan suami saya. setiap hari semampu dan semau saya.tolong dijelaskan.

JAWABAN

1. Istri yang sudah ditalak 3 (tiga) tidak boleh lagi rujuk lagi dengan suaminya. Kalau rujuk maka rujuknya tidak sah. Ini kesepakatan para ulama fikih berdasarkan pada dalil eksplisit dari Al-Quran ٍSurah Al-Baqarah 2:230 "Kemudian jika si suami mentalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak lagi halal baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya, maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan isteri) untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah."

Jadi, masalah talak tiga tidak bisa rujuk tidak bisa ditawar-tawar lagi. Lihat: Cerai dalam Islam

Namun demikian, ada kemungkinan suami anda belum menjatuhkan talak 3. Coba tanyakan pada suami, bagaimana cara dia menjatuhkan talak 3 pada anda dan ceritakan pada kami. Siapa tahu talaknya belum talak tiga. Baca link-link di bawah.

Baca juga:

- Ucapan cerai suami karena marah
- Dicerai suami berkali-kali
- Suami Cerai Istri dengan Talak 3 Jatuh Talak Berapa?

- Suami Bodoh (tidak tahu) agama sering ucapkan kata Cerai / Talak
___________________


SUAMI PNS PELIT, INGIN MINTA CERAI

ustad sy.ingin bertanya....

1. apa hukumnya bagi suami yg tidak memberi nafkah pada istrinya?? suami saya kerja PNS penghasilan rutin perbulan tidak pernah d beri oleh istri...kami tinggal masih dg orang tua jadi kebutuhan sehari2 masih nebeng dg orang tua. saya juga wanita karya yg penghasilanya lebih sedikit dari suami....bisa di bilang suami pellit.....setiap meminta sesuatu dy selalu jawab "pake duit kamu, kayak km banyak duit saja "......

2. apakah salah bila perpisahan menjadi jalan keluar yg trbaik?? dan bagaimana solusinya pak. ustad.....

JAWABAN

1. Suami memberi nafkah pada istri adalah wajib. Tidak memberi nafkah hukumnya berdosa kecuali kalau tidak mampu. Lihat: Suami waib menafkahi istri walupun kaya.

2. Tidak salah. Anda bisa meminta cerai padanya atau melakukan gugat cerai pada pengadilan agama. Lihat: Cerai dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..