Thursday, October 17, 2013

Suami Cerai Istri dengan Talak 3 Jatuh Talak Berapa?


Suami Cerai Istri dengan Talak 3 Jatuh Talak Berapa?
TALAK TIGA HARUSKAH MENIKAH DENGAN ORANG LAIN KALAU MAU RUJUK

Assalamualikum Wr Wb,

Yang terhormat ,Pak ustad

Dengan ini saya mau menanyakan perihal talak 3 yang di ajukan suami saya , karena kecemburuannya, sebelumnya kami belum pernah bercerai, baru 6 bulan ini rumah tangga saya berantakan, di akhir semuanya suami saya menjatuhkan talak 3 lewat sms, yang di kirimnya sebagai berikut :Konteknya itu yang kamu namakan ngobrol baik-baik, aku rasa tidak dan sudah cukup buat aku, apa lenn and speaking Goodlah, Walau lewat sms sekarang aku talak 3 kamu istriku , [nama istri dihapus - red] jika kamu ingin langsung akan aku laksanakan di depan orang tuamu,WASSALAM....itu yang dia sms. Berjalan nya waktu sebelum masa Iddah, kami mau kembali, haruskah saya sebagai istri menikah lagi dengan laki-laki lain, kalau kami harus rujuk.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, atas penjelasannya.
Wassalamualaikum

DAFTAR ISI
  1. Talak Tiga Haruskah Menikah Dengan Orang Lain Kalau Mau Rujuk
  2. Lidah Terluka Gara-Gara Mimpi
  3. Jumlah Nabi Dan Rasul Semuanya
  4. Mengatasi Gelisah Karena Dosa Masa Lalu
  5. Menikahi Wanita Tidak Perawan Karena Zina
  6. Menyediakan Sembelihan Hewan Kurban Untuk Orang Lain
  7. Menemukan Harta Karun Di Tanah Sendiri
  8. Warisan Suami-Istri Yang Meninggal Tanpa Anak
  9. Apakah Asuransi Dianggap Warisan
  10. Wetonan Jawa Dalam Pernikahan

JAWABAN TALAK TIGA HARUSKAH MENIKAH DENGAN ORANG LAIN KALAU MAU RUJUK

Talak lewat SMS sama dengan talak lewat tulisan termasuk kategori talak kinayah. Talak kinayah baru terjadi kalau disertai dengat niat dari suami untuk menceraikan. Kalau suami memang niat mentalak pada saat mengirim SMS, maka talak telah terjadi. Pertanyaan berikutnya: apakah kalimat: "Talak 3" berdampak pada terjadinya talak 3? Ada dua pendapat, berikut rinciannya:

PENDAPAT MAYORITAS ULAMA (JUMHUR) TERJADI TALAK 3 (TIGA)

Apakah terjadi talak 3 (tiga)? Ucapan suami pada istri: "Aku ceraikan kamu dengan talak 3" dihukumi jatuh talak 3. Dan sebagai konsekuensinya, maka suami tidak boleh lagi rujuk atau akad baru dengan istri kecuali setelah istri menikah dengan pria lain sebagaimana tersebut dalam QS Al-Baqarah 2:230
فَإِنْ طَلَّقَهَا فَلا تَحِلُّ لَهُ مِنْ بَعْدُ حَتَّى تَنْكِحَ زَوْجاً غَيْرَهُ فَإِنْ طَلَّقَهَا فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا أَنْ يَتَرَاجَعَا إِنْ ظَنَّا أَنْ يُقِيمَا حُدُودَ اللَّهِ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ يُبَيِّنُهَا لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ
Artinya: Kemudian jika si suami mentalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak lagi halal baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya, maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan isteri) untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. Itulah hukum-hukum Allah, diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui.

Talak 3 disebut juga dengan talak bain kubro.

Referensi pendapat ulama dalam soal ini lihat: Al-Jassas dalam Ahkamul Quran, I/527; Ibnu Hajar Asqalani, dalam Fathul Bari, IX/365; Tafsir Ibnu Katsir I/272.

PENDAPAT YANG MENGATAKAN HANYA TERJADI TALAK 1 (SATU)

Ucapan suami "Aku ceraikan kamu dengan talak tiga" hanya terjadi talak 1 (satu). Ini adalah pendapat dari banyak ahli fiqih generasi Sahabat dan Tabi'ini seperti Ibnu Abbas, Jabir bin Zaid, dan lain-lain. Juga pendapat dari salah satu ulama madzhab Hanafi, Maliki, dan Hanbali.

Referensi dalam soal ini lihat: An-Nawawi dalam Syarh Muslim X/104; Al-Mahalli X/174. Ibnul Qayyim dalam Ighasat al-Lahfan I/290.

Kesimpuloan

Anda dapat mengikuti pendapat yang menganggap itu talak 1 (satu) dan rujuk kembali dengan suami dengan rincian: (a) kalau masa iddah belum habis, maka suami dapat rujuk tanpa akad nikah baru; cukup mengatakan "Aku rujuk padamu". (b) kalau masa iddah sudah habis, maka harus dilakukan akad nikah ulang.

Ini juga pelajaran bagi suami dan anda agar menjaga keharmonisan rumah tangga dan menghindari pertengkaran dan hal-hal yang menyebabkan pertengkaran. Serta tidak mudah mengobral kata "Cerai" pada istri.

Lihat juga:
- http://www.fatihsyuhud.net/2013/05/jangan-mengobral-dengan-kata-cerai/
- http://www.alkhoirot.net/2013/02/talak-3-tiga-bolehkah-rujuk-kembali.html
- http://www.alkhoirot.net/2012/10/perceraian-dan-talak.html

____________________


LIDAH TERLUKA GARA-GARA MIMPI

Assalamualaikum warahatullahi wabarakatuh

saya punya pertanyaan mohon kerelaannya untuk menjawabnya

Saya pernah dapat suatu mimpi yang pernah saya baca ta'bir/tafsirnya, mimpi tsb. bagi saya bisa berarti bagus dan bisa juga buruk, saya sering menjadi was was dalam menggerakan lidah, saya selalu berfikir "apakah saya telah mentakwilnya?" (setahu saya mimpi walaupun ditakwil oleh diri sendiri tetap bisa terjadi). Hidup saya menjadi sangat terganggu bahkan telah muncul luka di ujung lidah saya karena lidah saya terlalu sering bergerak (agar tidak was was). Ustadz, apa yang harus saya lakukan?

Jzakallah tsumma jazakallah khayran

JAWABAN

Seperti diterangkan sebelumnya, bahwa mimpi itu ada 3 macam yaitu dari Allah, dari diri sendiri dan dari syaitan. Mayoritas mimpi adalah berasal dari dua yang terakhir yaitu setan atau diri sendiri yang tidak akan ada pengaruhnya bagi anda baik negatif atau positif. Oleh karena itu, jangan pernah pedulikan mimpi. Bahkan seandainya mimpi itu dari Allah, tidak ada kewajiban untuk mengikuti mimpi. Ajaran Islam sudah lengkap dalam Quran dan hadits. Ikuti ajaran Islam, dan jangan ikuti mimpi anda. Serta, teruslah bergerak ke depan dan hadapi fakta dan realitas di depan anda sesuai dengan ilmu yang anda miliki.

Terkait:
- http://www.alkhoirot.net/2011/12/arti-mimpi-dalam-islam.html
- http://www.alkhoirot.net/2012/09/tafsir-mimpi.html
- http://www.alkhoirot.net/2013/05/hukum-percaya-tafsir-mimpi.html

____________________



JUMLAH NABI DAN RASUL SEMUANYA

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Pak Ustadz, saya mau bertanya tentang Nabi dan Rasul. Seperti kita ketahui bahwa Nabi dan Rasul yang wajib diketahui berjumlah 25. Padahal jumlah Nabi dan Rasul ada seratus atau bahkan ribuan. Dan yang ingin saya tanyakan adalah
1. berapa jumlah Nabi dan Rasul, baik yang wajib diketahui maupun yang tidak.
2. Saya juga ingin sekali mengetahui nama-nama Nabi dan Rasul selain yang 25 tersebut.
3. Kalau berkenan juga, cerita-cerita keistimewaan/mukjizat dari Nabi dan Rasul tersebut.

Syukran Katsir.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

JAWABAN

Dalam QS Ghafir ayat 78 Allah berfirman:
ولقد ارسلنا رسلا من قبلك منهم من قصصنا عليك ومنهم من لم نقصص عليك وما كان لرسول ان ياتى باية الا باذن الله فاذا جاء امر الله قضى بالحق وخسر هنالك المبطلون

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.

Ayat senada disebut juga dalam QS An-Nisa ayat 164.

Dalam menafsiri ayat di atas, Ibnu Katsir dalam Umdatut Tafasir Al-Qur'aniyah menyatakan bahwa Nabi dan Rasul yang tidak disebutkan dalam Quran jauh lebih banyak.

1. Nabi dan Rasul yang wajib diketahui ada 25 yaitu mulai dari Adam sampai Nabi Muhammad. Sedangkan yang tidak wajib diketahui menurut sebuah hadits dari Abu Dzar dan diriwayatkan oleh Abu Mardawiyah dalam Tafsirnya adalah sbb:
- Jumlah Nabi: 124.000 (seratus dua puluh empat ribu).
- Jumlah Rasul: 313 (tiga ratus tiga belas).

Ibnu Hibban dalam kitabnya Al-Anwa' wat Taqasim juga meriwayatkan hadits di atas dan menilai hadits ini sahih.
Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fathul Bari Syarh Sahih Bukhari VI/463 juga mengutip hadits di atas.

2. Tidak ada keterangan dari hadits seputar nama-nama para Nabi & Rasul selain yang 25.
3. SDA.

____________________



MENGATASI GELISAH KARENA DOSA MASA LALU

Assalamu'alaikum ustadz
Saya dulu pernah melakukan maksiat, skitar 4 tahun yang lalu. Bodohnya saya yg membeberkan aib saya sendiri, sehingga sekarang banyak orang yang membenci saya karna mengetahui aib tersebut, yakni lesbi.
Namun sekarang saya sudah meninggalkan maksiat tersebut dan memperbaiki diri (tobat).
Saya sekarang sedang berkuliah semester 1 dan lingkungan saya mulai mengetahui aib tersebut. Benar sabda nabi bahwa orang yang berbuat dosa pasti hatinya gelisah.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Bagaimana cara mengatasi rasa gelisah yang saya alami tsb ustadz? Saya gelisah kalau orang2 semakin membenci saya dan menyebarkan lagi aib tersebut.
2. Apa yang bisa saya lakukan/ apa saja amalan2 yang bisa mengurangi kebencian orang terhadap saya?
3. Ataukah saya harus berhenti/ pindah kuliah?
Saya tidak nyaman terhadap gunjingan orang terhadap saya ustadz.

Maaf kalau pertanyaannya panjang ustadz, saya mohon nasihat dan saran ustadz terhadap musibah yang saya hadapi.

Wassalamu'alaikum, jazakallahu

JAWABAN

1. Cara mengatasinya adalah dengan tidak bergaul dengan orang-orang yang tahu dan membicarakan tentang hal itu.
2. Lakukan shalat malam dan mintalah pada Allah dengan bahasa sendiri.
3. Sekiranya hal itu sangat mengganggu Anda, maka pindah kuliah itu langkah terbaik. Kecuali kalau tempat kuliah sekarang adalah perguruan tinggi negeri favorit dan anda hampir lulus, maka anda harus coba fokus ke kuliah agar bisa cepat selesai dan keluar dari lingkungan tersebut.

____________________



MENIKAHI WANITA TIDAK PERAWAN KARENA ZINA

,,Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat siang, sebelumnya saya haturkan maaf lahir batin atas apa yang kiranya saya tidak mengerti banyak tentang apa yang saya tidak mengerti apa itu nikah yang halal.

Disini saya mau bertanya tentang apa yang sekarang ini membuat saya bingung.

Awalnya saya mengenal kembali salah seorang teman wanita yang dulunya adalah teman SMP, saya sangat sangat menyayangi dia dan sangat mencintai dia, sebaliknya dia juga begitu sangat mencintai saya. Seiring berjalannya waktu saya telah mengetahui kalo dia ternyata sudah tidak perawan akibat perbuatan zina dengan pacarnya yang dulu. Saya akui saya merasakan sakit setelah mendengar itu secara langsung dari wanita yang saya sayangi. Karna saya sangat menyayangi dan mencintai dia, seakan saya tidak peduli dengan keadaannya dia yang memang sudah tidak perawan. Bahkan saya berminat untuk menikahi dia, dan saya tau kalau dia memang sudah benar-benar merasa bersalah sama saya terutama sama Allah, sehingga dia mau bertaubat.

1. Dan yang jadi pertanyaan saya, apakah di kehidupan berkeluarga kelak bisakah saya mendapatkan kebahagiaan dari Allah?
2. Dan apakah Allah akan membenci saya karna telah mendekati bahkan menikahi pezina?

Mohon jawabannya biar saya tidak salah jalan.
Waalaikum salam wr.wb.

JAWABAN

1. Secara syariah tidak ada masalah menikahi wanita yang pernah berzina kalau memang sudah bertaubat. Yang justru harus anda pikirkan adalah efek psikologis dan sosial kelak. Yakni, saat terjadi konflik antara anda berdua, maka masalah masa lalu akan kembali muncul mengemuka. Siapa pun yang akan memulai. Saran kami, pikirkan masa-masak. Jangan terburu-buru untuk menkahi dia. Kalau anda ingin menikahi dia karena nafsu (dan "cinta"), maka kemungkinan penyesalan di masa depan akan sangat terbuka.

2. Allah akan mengampuni hambaNya yang bertaubat nasuha. Kalau memang betul-betul bertaubat, maka Allah tidak akan memurkai dia.

Lebih detail: http://www.fatihsyuhud.net/2013/01/hukum-menikahi-wanita-tidak-perawan-karena-zina/

____________________



MENYEDIAKAN SEMBELIHAN HEWAN KURBAN UNTUK ORANG LAIN

Assalamualakum Ustadz
saya mau tanya apa hukumnya menyediakan sembelihan hewan kurban Untuk keluarga/ orang lain. maksudnya begini.
Ada ahli keluarga saya Sebut aja Si (M) si M dulu dia pernah berkata dalam hati
kalao dapat rizki yg banyak mau beli dua ekor kambing untuk hewan sembelihan kurban untuk neneknya & arwah kakeknya. Sedangkan Si M sudah melaksanakan Ibadah Korban tahun lalu..Dan tahun sekarang Di tidak melakukannya.. Tapi si M mau beli Dua ekor kambing Untuk Nenek dan Arwah kakeknya..
1. bagaimana hukumnya sah apa tidak korbannya nenek dan Arwah kakek tersebut dengan hasil pemberian dari seorang cucu
2. bagaimana sebaiknya di berikan berupa kambing atau berupa uang ke neneknya tersebut
Mohon pencerahannya..
Wassalam.

JAWABAN

1. Sah. Hukumnya boleh berkurban untuk orang lain. Pahalanya akan sampai pada orang yang dituju.
2. Satu kambing untuk satu orang. Jadi, untuk nenek cukup satu. Lebih detail lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/09/qurban.html

____________________



MENEMUKAN HARTA KARUN DI TANAH SENDIRI

Assalamualaikum Ustadz,,

1. Kalo kita menemukan emas/harta karun/benda pusaka didalam tanah milik kita, apakah emas itu milik kita atau milik negara ??
2. Misalkan kita menemukan harta zaman dulu yg terpendam didalam bumi/laut, apakah secara agama itu hak kita atau diserahkan kepada pemerintah ??
Mohon pencerahannya Ustad,,,,Terima kasih
Wassalam

JAWABAN

1. Harta tersebut milik pemilik tanah. Dalam kitab Al-Mausuah Al-Fiqhiyah (Ensiklopedi Fiqih), XXXVII/115 dikatakan:
ذهب الحنفية والمالكية والشافعية والحنابلة في رواية إلى أن الركاز الموجود في دار أو أرض مملوكة يكون لصاحب الدار، وفي رواية أخرى عن أحمد أنه لواجده.. ونقل عن أحمد ما يدل أنه لواجده.. وذلك لأن الكنز لا يملك بملك الدار، فيكون لمن وجده، لكن إن ادعاه المالك فالقول قوله، وإن لم يدعه فهو لواجده.
Artinya: Menurut pendapat mayoritas ulama madzhab yakni Hanafi, Malik, Syafi'i dan Hanbali, harta tersebut menjadi milik yang punya tanah. Namun ada satu riwayat dari Imam Ahman bin Hanbal, bahwa harta itu milik yang menemukan.

2. Kalau ikut pendapat pertama, maka menjadi milik pemerintah. Kalau ikut pendapat kedua, yakni Imam Ahmad, berarti menjadi milik yang menemukan.
____________________



WARISAN SUAMI-ISTRI YANG MENINGGAL TANPA ANAK

Aslmualaikum...ustad saya mau bertanya perihal pembagian warisan apabila suami mninggal duluan,7 tahun kemudian istrinya meninggal dan mereka tdak mmpunyai keturunan!
1. Bagaimana cara membgi harta warisan tersebut mnurut islam?
Supya tdak trjadi kesalahpahaman antara keluarga 2 pihak.
Akhr kata aslmualikum wr.wb

JAWABAN

Pertanyaan anda tidak lengkap. Semestinya anda sebutkan (a) siapa saja dari kerabat kedua suami istri tersebut yang masih hidup; (b) status kekerabatan dengan yang meninggal; (c) dan jenis kelaminnya. Lihat panduan bertanya tentang waris di sini.

Atau, anda dapat melihat sendiri panduan cara membagi warisan di sini: http://www.alkhoirot.net/2012/09/warisan-dalam-islam.html

____________________



APAKAH ASURANSI DIANGGAP WARISAN

Assalamualaikum Wr. Wb,

Saya ingin menanyakan hukum waris atas asuransi nenek dari ibu saya. Nenek dari ibu saya tersebut sudah lama ikut ibu saya, dan di akhir hayatnya beliau minta pulang ke kampungnya. Kemudian oleh ibu saya diantar dengan pesawat terbang lalu beliau meninggal di pesawat padahal sebelumnya dalam keadaan sehat, dan oleh pihak maskapai kemudian diberi asuransi.
Pertanyaannya adalah
1. apakah asuransi tsb merupakan warisan? mengingat sebelumnya tidak ada yang peduli dengan nenek Ibu saya tsb dan tiket pesawat juga dibeli oleh ibu saya.
Mohon penjelasannya dan terima kasih atas jawaban Bapak.

JAWABAN

1. Iya, termasuk warisan. Semua harta yang menjadi hak milik dari almarhumah menjadi harta waris yang harus dibagikan sesuai dengan hukum waris yang berlaku. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/09/warisan-dalam-islam.html
____________________



WETONAN JAWA DALAM PERNIKAHAN

Assalamu'alaikum Wr Wb.,

saya seorang muslimah dan berencana akan menikah dengan calon saya yang berstatus duda. semula kami berencana akan menikah bulan Dzulhijjah 1434 H, namun orang tua saya melarang dengan alasan pernikahan calon saya dengan mantan istrinya pada bulan Muharram 1434 H. karena menurut adat jawa harus ganti tahun dulu, disamping itu bulan Dzulhijjah bertepatan dengan bulan meninggalnya nenek dan paman saya serta bulan kelahiran calon saya.

1, Jenapa hal semacam itu disangkut pautkan, padahal niat kami baik untuk mensegerakan menikah.
mohon pencerahannya, terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr Wb

JAWABAN

1. Fakta bahwa orang tua anda masih berpegang teguh pada adat Jawa, bukan pada ajaran Islam, menunjukkan bahwa beliau masih sangat minim ilmu agama. Ketiadaan atau kekurangan seseorang akan ilmu agama itu disebabkan oleh kesalahan orang tua sebelumnya (kakek nenek anda) yang tidak mengirim anaknya ke pesantren untuk belajar agama.

Anda pun akan melakukan hal yang sama dengan orang tua anda, yaitu melakukan hal-hal yang mungkin tidak sesuai dengan agama, walaupun mungkin dalam bentuk lain. Bukan dalam wujud adat kejawen. Pelajaran yang bisa diambil: imbangi keilmuan kita di bidang sains dengan keilmuan di bidang agama. Khususnya di bidang ilmu syariah.

Cara yang mudah: ikuti pesantren kilat pada saat libur kuliah. Atau yang lebih ideal: sekolah dan kuliah sambil belajar di pesantren. Namun, hati-hati jangan salah masuk ke pesantren milik ustadz Wahabi agar tidak berubah jadi radikal. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2011/12/nama-ulama-wahabi-salafi.html

Terkait:
- www.alkhoirot.net/2012/03/nikah-terhalang-adat-jawa.html
- http://www.alkhoirot.net/2013/02/adat-jawa-melarang-nikah-anak-pertama.html
- http://www.alkhoirot.net/2013/05/adat-jawa-ngalor-ngulon-penghalang.html

____________________



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..