Saturday, August 16, 2014

Bagian Waris Anak Istri Pertama Dan Kedua


Bagian Waris Anak Istri Pertama Dan Kedua
BAGIAN WARIS ANAK DARI ISTRI PERTAMA DAN KEDUA

Selamat Pagi,
Sehubungan mengenai Warisan, setelah saya membaca Website tentang hukum waris Islam, saya masih kurang mengerti / memahami penjelasannya, karena mungkin kasus2nya tidak ada yang secara langsung seperti pada kasus yang akan saya tanyakan kepada Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang.

Begini :
Ayah telah meninggal ± 10 bulan yang lalu,
Saya adalah anak laki-laki Pertama dan satu-satunya dari istri pertama yang sudah pisah / cerai,
Pada istri ke dua (masih hidup) terlahir :
Anak Pertama : Laki-Laki
Anak Ke Dua : Laki-Laki
Anak Ke Tiga : Perempuan
Anak Ke Empat : Laki-laki
Anak ke Lima : Perempuan

Nah, dengan kasus itu kami mohon kepada Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang berkenan menjelaskan mengenai pembagian warisan yang kami peroleh.

Demikian e-mail yang kami sampaikan, smoga menjadi pencerahan bagi kami. Terimakasi Kepada Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang yang sudah menjadi Wali untuk kami berkonsultasi.

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Hormat Kami

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. BAGIAN WARIS ANAK DARI ISTRI PERTAMA DAN KEDUA
  2. CARA DAN SYARAT MASUK ISLAM
  3. BULAN RAMADAN ADA TAMU TIDAK PUASA, DOSAKAH?
  4. INGIN MENIKAH SIRI AGAR PUNYA ANAK
  5. HUTANG PIUTANG EMAS
  6. MIMPI DIBAWA TERBANG KE LANGIT
  7. MIMPI BERTEMU UMAR BIN KHATTAB
  8. DIPAKSA CERAI KARENA SUAMI MENIPU
  9. SEPUPU DAN AYAHNYA MAHRAM APA BUKAN?
  10. SISTEM HAFALAN DI PONPES GADING
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

Cara pembagian warisan dalam kasus anda adalah sebagai berikut:
(a) istri kedua mendapat bagian 1/8 (seperdelapan). Sedangkan istri pertama tidak dapat warisan karena sudah pisah cerai sebelum wafatnya almarhum.

(b) kalau orang tua (ayah dan ibu) almarhum masih hidup saat almarhum meninggal, maka mereka juga mendapat warisan. Karena tidak anda sebutkan, maka kami berasumsi orang tua almarhum (yakni kakek nenek anda) sudah wafat sehingga tidak dapat warisan.

(c) apabila demikian, maka sisa harta yang 7/8 (tujuh perdelapan) dibagi kepada seluruh anak-anak almarhum baik dari istri pertama maupun dari istri kedua di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan. Cara yang mudah adalah: harta yang 7/8 tersebut dibagi 10 bagian. Keempat anak laki-laki masing-masing mendapat 2 (dua) bagian. Sedangkan kedua anak perempuan masing-masing mendapat 1 (satu) bagian. Lebih detail: Hukum Waris Islam

_______________________


CARA DAN SYARAT MASUK ISLAM

Selamat sore,,
1. Bagaimana cara masuk islam itu, Pak..?? Apa syaratnya..

JAWABAN

1. Secara syariah, masuk Islam sangatlah mudah. Anda cukup mengucapkan dua kalimah syahadah yaitu "Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, Dan Muhammad adalah Utusan Allah" (Bahasa Arabnya: Ash-hadu allailaha illallah wa ash-hadu anna Muhammadan Rasulullaoh; Teks Arab: أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله)و), maka anda sudah menjadi muslim. Tidak perlu ada saksi atau pengucapan di depan seorang ulama atau ustadz. Masuk Islam anda sudah sah dan anda sudah menjadi seorang muslim yang diwajibkan untuk mengikuti perintah Allah dan menjauhi seluruh larangan-larangan Allah. Yang utama adalah shalat 5 waktu, puasa bulan Ramadhan, haji kalau mampu, bayar zakat kalau kaya. (
Baca: Agama Islam) Larangan Islam yang utama antara lain zina, mencuri, membunuh, tidak berbakti pada orang tua, dll (Baca: Dosa Besar dalam Islam). Jadi, masuk Islam dapat dilakukan secara diam-diam tanpa perlu orang lain tahu. Setelah menjadi muslim, tentu saja anda harus banyak belajar agama terutama masalah yang mendasar. hati-hati, jangan belajar pada ustadz yang berasal dari ajaran radikal seperti Wahabi. Belajarlah pada ustadz yang berasal dari NU (Nahdlatul Ulama)

Namun, kalau keislaman anda ingin diakui secara sosial, maka tentu saja anda harus mengikuti aturan yang berlaku secara sosial seperti pembacaan syahadat dilakukan di sebuah masjid atau pesantren dengan disaksikan oleh jamaah yang hadir. Bergabung dengan ormas Islam seperti NU (Nahdlatul Ulama), atau Muhammadiyah atau ormas lain juga akan membantu anda lebih bersosial secara luas. Kalau anda seorang Chinese, maka dianjurkan untuk bergabung dengan organisasi muslim Tionghoa yaitu PITI.

Juga, kalau ingin diakui secara negara, maka anda harus melapor ke desa atau lurah setempat untuk dirubah status agama anda dari yang asalnya non-muslim menjadi Islam.

_______________________


BULAN RAMADAN ADA TAMU TIDAK PUASA, DOSAKAH?

assalamu'alaikum,,,
1. dosakah ketika kita berpuasa tiba-tiba datang teman hisap rokok kerumah kita.?

JAWABAN

1. Asal anda tidak ikut merokok atau makan-makan, maka tidak dosa. Namun, idealnya anda ingatkan teman anda itu kalau dia Islam agar berpuasa dan menghormati orang yang berpuasa. Baca: Puasa Ramadhan

_______________________


INGIN MENIKAH SIRI AGAR PUNYA ANAK

Assalamu’alaikum wr wb.

Kepada Yth Ustadz Pengurus Ponpres Alkhoirot

Perkenalkan nama saya karyawan swasta di Jakarta. Saya sudah berumah tangga sudah lebih dari 15 tahun, tapi masih belum dikarunia anak. Setelah melakukan renungan yang dalam, sepertinya saya sekarang ingin mengambil ikhtiar untuk nikah siri untuk setidaknya dapat menjadi ikhtiar untuk memperoleh keturunan. Ikhtiar nikah siri saya lakukan karena istri saya tidak setuju saya menikah lagi, dan saya cinta dan sayang dengan istri saya ini. Saya setuju dengan beberapa pendapat ulama yang mengatakan bahwa nikah siri merupakan solusi, salah satunya untuk permasalahan saya.

Jika ustadz mempunyai informasi atau dapat memfasilitasi niat saya tersebut, saya berterima kasih. Insya Alloh niat saya baik dan tulus, dengan harapan calon istri siri juga akan ta’at dan mengikuti aturan yang sudah disepakati bersama. Kriteria calon istri yang saya inginkan, selain tentu sholeh, punya pemahaman agama yang baik, harus sabar, diusahakan juga yang cantik, untuk kenyamanan, kalau bisa juga dari ekonomi bawah, setidaknya saya dapat membantu keluarganya.

JAWABAN

Kami tidak mempunyai informasi atau memfasilitasi untuk mencarikan istri siri untuk anda. Silahkan anda cari sendiri calon yang cocok. Lihat: Pernikahan Islam
_______________________


HUTANG PIUTANG EMAS

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya D, wanita usia 29th. Saya mau konsultasi tentang hutang emas.
Beberapa tahun lalu om saya ingin meminjam uang kepada ibu saya. Karena ibu saya tidak pny uang tunai maka kalung emas yg diberikan. Dan sekarang ini penghidupan om saya sudah lebih baik sehingga beliau mencicilnya. Beliau bilang bahwa dulu kalung ibu saya terjual 600rb rupiah. Tapi ibu saya tidak mau karena uang 600rb itu hr ini tidak bisa digunakan membeli kalung dengan gram yg sama seperti yg dulu ibu pinjamkan kepada beliau,ibu menginginkan kalung yg gramnya sama.tp om saya ttp tidak mau menggantinya.
1. Apa yg harus keluarga saya lakukan dan yg harus om saya lakukan?
2. apakah ada dalil yg menguatkan atau hadist sahihnya?
Mohon jawabannya. Terimakasih

JAWABAN

1. Hutang emas harus dibayar dengan emas juga. Sedang hutang uang harus dibayar dengan uang.

2. Dalam QS Al-Baqarah 2:279 Allah berfirman: "Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya."

Keputusan Akademi Fikih (مجمع الفقه الإسلامي الدولي) keputusan No. 42 4/5 yang diadakan bertepatan dengan Muktamar Islam Internasional pada 23-28 September 2000 memutuskan [العبرة في وفاء الديون الثابتة بعملة ما، هي بالمثل وليس بالقيمة، لأن الديون تقضي بأمثالها، فلا يجوز ربط الديون الثابتة في الذمة، أيا كان مصدرها بمستوى الأسعار] Artinya: Bahwa yang dianggap dalam membayar hutang adalah harus dibayar dengan harta yang sama bukan dengan nilainya. Karena hutang itu harus dibayar dengan sesamanya...

Baca juga: Hutang dalam Islam

_______________________


MIMPI DIBAWA TERBANG KE LANGIT

assalamualaikum...dulu saya pernah bermimpi sekitar tahun 2001, saya bermimpi bertemu dengan seseorang memakai baju jubah serba putih, dan saya diajak terbang ke angkasa dan ditunjukan perjalanan hidup dari alam pertama, alam kedua....sampai alam dunia. dan pada saat di alam dunia orang itu mengatakan "saya akan tergila oleh wanita", lalu saya menangis dan sampai terbangunpun saya dalam keadaan menangis. dan anehnya sampai sekarang tahun 2014 dimana usia saya sudah kepala 3, saya masih tetap tergila oleh wanita, karena belum ada satu wanitapun yang mau untuk saya jadikan istri. mohon pencerahannya ya ustadz.

JAWABAN

Mimpi anda dan kenyataan bahwa anda belum menikah adalah dua hal yang terjadi kebetulan. Karena tidak menikahnya seseorang bisa terjadi karena sejumlah faktor duniawi seperti tidak adanya atau kurangnya usaha atau karena anda terlalu selektif dalam memilih calon sehingga anda kesulitan menemukan wanita yang diimpikan. Cobalah jangan terlalu pemilih. Cukuplah mencari wanita yang taat agama tanpa terlalu melihat pada tampilan fisiknya, maka insyaAllah anda akan mudah mendapatkan calon jodoh yang baik buat anda.Baca juga: Cara Memilih Jodoh

Tentang mimpi, lihat: Mimpi dalam Islam

_______________________


MIMPI BERTEMU UMAR BIN KHATTAB

Assalamualaikum

Maaf sebelumnya mengganggu, saya mau tanya ustad soal arti mimpi,

1. saya mimpi berada di suatu daerah bersama khalifah Umar bin Khattab ra dan sahabat nabi, setelah saya lihat sekeliling ternyata saya di arab, seperti bukit, namun Umar ra mengira nama saya musaib bin ... saya agak lupa.. lalu sesaat berbincang, Umar ra dipanggil seorang sahabat bahwa perang segera dimulai. apa artinya pak, saya gak paham soalnya.

terima kasih wasalamualaikum

JAWABAN

Kalau mimpi anda berasal dari malaikat, maka itu mimpi yang baik. Anda akan mendapat panjang umur, perilaku dan amal ibadah yang baik, dan akan dapat kesempatan pergi ke Makkah dan Madinah.

Tapi kalau mimpi itu berasal dari setan atau bunga tidur, maka ia tidak ada arti apa-apa. Lihat: Mimpi dalam Islam


_______________________


DIPAKSA CERAI KARENA SUAMI MENIPU

Ass. Ustadz..
Pernikahan kami jalan 11 tahun, saat ini saya benar2 gundah. Pernikahan saya dari awal kurang disetujui oleh orang tua saya. Setahun yg lalu kami memutuskn tinggal bersama ibu kami krn kondisi ekonomi kami yg morat marit, bisnis suami gagal dan meninggalkan hutang lumayan banyak. Dan saat itu ketahuan bahwa swami melakukan penipuan untuk usaha menutup hutang bisnisnya. Krn banyak yg dtg kerumah utk menagih dg berbagai mcm cerita ke ibu membuat kluarga saya marah dan mengusir swami. Kluarga saya menganggap swami saya tlh gagal dan sdh tdk percaya lagi pdnya, krn hal itu sdh beberapa kali terjadi (3x). Awalnya karna marah dan kecewa saya mengiyakan kemauan keluarga untuk pisah. Tetapi swami saya tdk bersedia... dan dia berusaha utk meyakinkan saya utk kembali bersatu...& isya allah saya bisa terima kembali.
1. Masalahnya keluarga saya mengancam kalau kembali lagi ke swami saya dianggap anak durhaka dan sangat menyakiti ibu saya yg sudah tua. Saya harus bagaimana?

JAWABAN

1. Dalam kasus anda, keinginan ibu dan kerabat yang lain lebih baik diikuti. Karena sudah terbukti suami anda bukan figur yang baik untuk menjadi imam, maka berpisah dengannya itu akan lebih membawa maslahah pada anda dan keluarga besar daripaada kalau anda tetap bertahan. Lihat juga: Istri Ingin Cerai Karena Suami Tidak Shalat

_______________________


SEPUPU DAN AYAHNYA MAHRAM APA BUKAN?

Assalamu'alaikum...
Saya seorang muslimah..
1. Saya mau bertanya apakah benar sepupu saya dari ibu dan bapak iti bkan mahram?
2. Dan jika begitu apakah bapak dari sepupu saya yg laki-laki itu jg bukan mahram saya?
Syukron atas jwbannya!! :)

JAWABAN

1. Sepupu tidak termasuk mahram. Dia sama dengan orang lain. Oleh karena itu, tidak boleh melakukan khalwat (berduaan dalam ruang tertutup) dengan sepupu juga tidak boleh menampakkan aurat di depan sepupu. Dan boleh menikah dengan sepupu. Lihat: Khalwat dalam Islam

2. Sepupu bukan mahram. Tapi ayah dari sepupu termasuk mahram karena berarti dia saudara dari ayah atau ibu anda. Lihat: Mahram dalam Islam
_______________________


SISTEM HAFALAN DI PONPES GADING

Assalamualaikum... mau tanya di pondok gading itu apa ada sistem hafalannya??

JAWABAN

Yang saya tahu tidak ada hafalan Quran-nya.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..