Sunday, August 03, 2014

Wanita Tidak Perawan Apa Bisa Diterima Calon Suami?


Wanita Tidak Perawan Apa Bisa Diterima Calon Suami?
WANITA TIDAK PERAWAN APA BISA DITERIMA CALON SUAMI?

Assalamualaikum,

1. Saya cuma mau menanyakan ustad, apakah orang wanita yg dulu pernah berbuat zinah itu gak bisa diterima oleh calon pasangannya?
2. Terus apakah benar dengan istilah orang baik akan mendapatkan jodoh yg baik, kalo demikian bagaimana nasib orang yg jahat/buruk, apakah tidak ada kesempatan bagi mereka untuk dapat yang baik?
3. Kalo demikian kan keadilan gak ada kan.
4. Terus apakah orang yg pernah melakukan kesalahan di masa lalu gak bisa diterima oleh orang karena kesalahannya tersebut?
Waalaikumsalam..

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. WANITA TIDAK PERAWAN APA BISA DITERIMA CALON PASANGANNYA?
  2. MIMPI DIMARAHI AYAH AGAR PUTUS DENGAN PACAR
  3. CARA MENDAPAT BEASISWA
  4. CERAI DENGAN PERNYATAAN TERTULIS
  5. CERAI LEWAT SMS
  6. NIKAH SIRI TANPA PERSETUJUAN AYAH PEREMPUAN
  7. IBU SUKA MENCURI
  8. CARA TAUBAT MELANGGAR SUMPAH DAN ZINA
  9. CONTOH UCAPAN SYIRIK
  10. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Secara umum laki-laki dapat dibagi dua kategori. (a) Laki-laki suci yang belum pernah berbuat zina. Kita sebut dengan lelaki perjaka; (b) pria yang pernah melakukan zina baik satu kali atau lebih. Kita sebut dengan pria nakal.

Lelaki perjaka umumnya mengharapkan wanita yang akan menjadi calon istrinya sama dengan dirinya. Yakni belum pernah melakukan hubungan seks dengan siapapun alias masih perawan. Ia ingin bahwa hubungan intim itu pertama kali dilakukan pada malam pertama pernikahan baik oleh si pria maupun si wanita. Sebagian kecil pria perjaka ada yang memaklumi dan mentolerir kalau calon istrinya ternyata tidak perawan. Umumnya ini disebabkan oleh karena cintanya yang tinggi pada si wanita sehingga ketidakperawanan itu dia tolerir. Namun, kenyataan ini bisa jadi bumerang di kemudian hari dalam kehidupan rumah tangga terutama saat terjadi konflik.

Adapun pria nakal yang pernah berzina umumnya tidak terlalu mengharuskan calon istrinya masih perawan. Ia menyadari, kalau dia tidak perjaka, mengapa harus meminta calon istrinya masih perawan. Namun tidak sedikit dari golongan ini yang berusaha mencari wanita perawan. Ini sikap yang egois, namun itulah kenyataannya. Secara syariah, pria baik boleh menikah dengan wanita yang pernah berzina. Lihat: Menikahi Wanita Tidak Perawan

2. Orang yang baik belum tentu mendapat jodoh yang baik. Begitu juga orang yang jahat belum tentu mendapat jodoh yang jahat. Namun, umumnya memang orang yang baik akan mendapat jodoh yang baik karena jodoh itu terjadi karena seringnya terjadi pertemuan dalam suatu kegiatan bersama. Biasanya orang baik sukanya berkumpul dengan yang sama baiknya; sebagaimana orang jahat sukanya berkumpul dengan orang jahat. Jodoh itu ibarat mencari rejeki. Ia harus diuasahakan. Bukan langsung datang dari langit. Jadi, kalau orang jahat mendapat pasangan yang sama jahatnya, maka itu karena ia memang mencari ditempat berkumpulnya orang jahat. Kalau orang jahat ingin mendapat jodoh orang baik, maka carilah di tempat berkumpulnya orang baik. Begitu juga sebaliknya.

3. Mencari jodoh bukan seperti pembagian rejeki di sebuah Rumah Yatim Piatu. Jodoh itu harus dicari. Kalau anda dapat pasangan pria yang jahat, maka itu karena anda telah mencari dan memilih pasangan di tempat yang jahat. Kalau ingin pasangan yang baik, maka carilah di tempat yang baik. Berkumpullah dengan kalangan yang baik. Jangan menyalahkan siapapun. Apalagi Tuhan. Lihat: Cara Mencari Jodoh

4. Kalau orang yang bermasa lalu kelam itu bertaubat dan memperbaiki diri, maka ia akan diterima oleh kalangan yang baik. Sejauh mana tingkat penerimaan mereka, akan sangat tergantung pada sejauh mana anda bertaubat. Lihat: Cara Taubat Nasuha

_____________________


MIMPI DIMARAHI AYAH AGAR PUTUS DENGAN PACAR

Assalamualaikum, warahmatullahi wabarokatuh..

Maaf sebelumnya, perkenalkan nama saya R dari Padang. saya ingin mengetahui, apa maksud adri mimpi yg saya alami saat tidur malam.. Saya terbangun dari mmpi dan melihat jam sekitar pukul 1 dini hari..

Saya bermimpi, saat itu saya hanya berdua di rumah dengan saudara laki laki saya, kemudian saya melihat ke jendela di pintu rumah, bahwa ada almarhum ayah saya berdiri, tetapi dengan wajah seperti marah, kemudian saya keluar di mana ayah saya berdiri, di dalam mimpi, beliau berbicara kepada saya, untuk meninggalkan pasangan saya saat ini. Hubungan yg saya miliki memang belum merupakan hubungan yg syah sebagai suami istri..

1. Saya ingin menanya kan, apa mksud dari mimpi saya itu? Setelah bermimpi saya mendapatkan perasaan yg tidak enak.. Saya sangat penasaran tentang Arti mimpi tersebut.

Saya tunggu email balasan dari Ustadz,
Shukran Katsir Ya Ustadz...

JAWABAN

1. Artinya, kalau pacar anda itu seorang muslim yang taat pada agama dan baik perilakunya, maka segeralah anda menikah dengannya agar tidak terjadi zina. Karena pacaran itu hukumnya haram apalagi kalau sampai berzina. Kalau ternyata dia seorang laki-laki yang tidak taat agama apalagi kalau non-muslim, maka segeralah memutuskan hubungan dan carilah laki-laki lain sebagai calon pasangan yang baik dan ideal yaitu yang taat agama dan berkepribadian baik. Lihat: Cara Mencari Jodoh

_____________________


CARA MENDAPAT BEASISWA

assalamualaikum,,,,
saya ingin berecrita sedikit tentang kehidupan saya, saya anak dari keluarga tidak mampu, ayah saya tidak bekerja lagi, ibu saya juga tidak bekerja,, saya sendiri baru lulus sma muhammadiyah tahun 2013/2014. saya bercita-cita untuk menjadi seorang spesialis bedah, dan saya ingin melanjutkan studi di UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, namun saya dan orang tua tidak bisa apa-apa , biaya kuliah kedokteran sangat mahal bagi saya dan orang tua,,, saya sudah mencari info beasiswa kemana-kemana tapi tidak membuahkan hasil,,,

1. dengan ini saya mohon saran dan petunjuknya smoga Allah membalas kebakan bapak,,, saya mohon sarannya , mungkin melalui lembaga ini saya benar' bisa kuliah di fakultas kedokteran yang saya impikan selama ini,,,

terima kasih wassalamualaikum Wr.Wb.

JAWABAN

1. Anda dapat mengajukan permohonan beasiswa ke sejumlah pemberi beasiswa. Saat ini kebetulan sedang dibukan pendaftaran beasiswa Presiden. Silahkan mendaftar ke sana. Semoga beruntung. Informasi lebih lanjut silahkan cari di Google. Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa

_____________________


CERAI DENGAN PERNYATAAN TERTULIS

Assalamualikum Pak Ustad,

Saya ingin menanyakan bagaimana dengan status cerai yang saya ajukan kepada suami. Alasan saya mengajukan cerai kepada suami karena suami menyatakan bahwa dia belum siap menikah, hal ini dikatakannya pada saat saya telah selesai memenuhi keinginannya untuk melakukan oral seks terhadap dia. Keesokannya, saya memaksa suami untuk membuat surat cerai yang pada akhirnya dia penuhi.

1. Apakah alasan saya memaksa suami membuat surat cerai yang ditulis oleh suami atas alasan tersebut diatas salah pak Ustad?
2. Apakah perceraian saya ini sudah sah menurut agama islam?

Mohon penjelasannya Pak Ustad.
Terima kasih

JAWABAN

1. Surat cerai secara tertulis itu masuk dalam kategori talak kinayah. Kalau disertai dengan niat cerai dari suami, maka terjadi talak. Kalau tidak ada niat dari suami untuk menceraikan, maka talak tidak sah dan tidak terjadi.

Soal apakah istri salah atau benar dalam soal ini itu tidak penting dan tidak relevan.

2. Lihat poin 1. Lihat: Talak secara Tertulis

_____________________


CERAI LEWAT SMS

Assalamu'alaikum pak ustadz...perkenalkan saya Y dari semarang, langsung saja ya pak .saya mau tany asaya menikah baru 3 thn lamanya pak.yg saya mau tanyakan.
1. Bagaimana hukumya kalao suami saya bilang cerai tapi lewat sms. soalnya kita sering berantem lewat sms pak,ujung2ny suami saya sms cerai. tp dgn keadaan emosi.sdangkan saya diluar negri pak.itu hukumny gmana pak.tolng minta penjelasanya.. trimakasih.wassalamu'alaikum wr.wb..

JAWABAN

1. Cerai lewat SMS sama dengan cerai secara tertulis yaitu termasuk talak kinayah. Kalau suami berniat cerai saat menulis sms itu, maka terjadi talak. Kalau tidak dibarengi dengan niat dari pihak suami, maka tidak terjadi talak alias talaknya tidak sah dan tidak terjadi. Lihat: Talak lewat SMS

_____________________


NIKAH SIRI TANPA PERSETUJUAN AYAH PEREMPUAN

Assalamualaikum.

Saya ingin bertanya, bagaimana jika kedua insan menikah sirih (siri - red) tanpa dihadiri oleh ayah sang wanita di karnakan sang ayah tidak suka dengan suku sang laki".. namun sebelum ayah nya mengetahui suku sang laki" tersebut,, sang ayah menyetujui putri nya dinikah sirih oleh sang laki" tersebut.. kedua insan ini pun menikah tanpa di hadiri oleh ayah nya,, hanya di dampingi oleh sang ibu kandung dan ayah tiri,, dan 2 orng saksi yg bukan dari keluarga kedua mempelai dan pak penghulu.. namun setelah kedua pasangan tersebut menikah sang ayah ingin ketemu dan tidak protes atau keberatan atas pernikahan mereka..

1. apakah hukum nikah sirih (sirri) yg di lakukan pasangan tersebut..?? Karna sang pria sudah mempunyai istri dan ank.. dan mreka nikah tanpa sepengetahuan istri pertama dan kluarg sang pria..?? Apakah hukum nikah sirih tersebut..??
Terimakasih Wasalamualaikum..

JAWABAN

1. Dala Islam, nikah siri atau resmi itu tidak ada bedanya. Sama saja. Bisa sah bisa juga tidak sah tergantung apakah syarat dan rukun pernikahan terpenuhi atau tidak. Dalam kasus anda, nikah anda hukumnya sah walaupun tidak disetujui ayah dari pihak perempuan karena sudah dinikahkan oleh Wali Hakim yaitu paki penghulu, ada dua saksi dan ijab kabul. Lihat: Pernikahan Islam

_____________________


IBU SUKA MENCURI

Assalammualaikum .
Saya A berumur 12 (21? - red) tahun,saya ingin menanyakan kepada pak ustad Ibu saya seorang single parent, Dia yg melahirkan saya tetapi tidak mengurus saya dari kecil hingga dewasa. Saya dirawat oleh kedua nenek kakek dan saudara saudara saya, ibu saya mempunyai sifat yg buruk. dia suka mencuri dan berbuat zinah! Saya merasa tidaak enak kepada nenek kakek saya , Saya sudah pernah mencoba menasihati ibu saya dan sholat di depan dia, tapi sifatnya tidak hilang hilang . Beberapa hari yg lalu ibu saya mencuri lagi barang kakek saya , saya tidak tega melihat kakek saya kehilangan barangnya

1. Saya harus bagaimna pak?

Wasallam...

JAWABAN

1. Anda tidak bisa mengatur ibu anda. Tapi anda bisa mengatur diri anda sendiri untuk menjadi lebih baik dan tidak mengikuti jejak ibu. Jadi, biarkan saja dia seperti itu. Yang terpenting adalah (a) komunikasikan perbuatan ibu pada kakek dan nenek anda agar mereka tahu; (b) carilah teman pergaulan yang baik agar anda tertular energi yang positif; bukan tertular energi negatif dari ibu anda. (c) Kalau bisa dan berani, tidak apa-apa sesekali anda nasihati ibu dengan cara yang baik dan halus agar shalat dan menjauhi perbuatan dosa. Cara terbaik adalah dengan mengajaknya mengikuti acara pengajian, dan semacamnya.
_____________________


CARA TAUBAT MELANGGAR SUMPAH DAN ZINA

Assalamu'alaikum warahmatullah wabaraakatuh

Yth. Ustadz dan Ustadzah,

Misalkan ada seorang mahasiswa Muslim yang tidak taat (masih mengaku Muslim, ikut puasa, tapi tidak shalat dan melakukan dosa dosa besar dll) sebut saja X, lalu ada seorang Muslimah siswi SMA yang lebih taat dari X (shalat, puasa, pengajian, dll) tapi saat itu masih oke dengan pacaran asal tanpa sentuhan fisik, sebut saja Y. X berpacaran dengan Y, lalu kemudian X bersumpah dengan menyebut Nama Allah serta tangan kanan di atas Al Quran bahwa dia tidak akan meninggalkan Y dan akan menikahi Y.

Ternyata hubungan keduanya makin lama makin "fisik" dan mereka jatuh dalam perbuatan zina, dan salah satu faktor besarnya adalah pengaruh dan bujuk rayu X. Y pun mulai meninggalkan ketaatannya, dan keduanya rutin berzina selama beberapa tahun lamanya. Suatu saat X memutuskan bahwa mereka harus "putus", lalu pacaran dengan Z yang juga muslimah yang lumayan taat. Sekali lagi mereka jatuh dalam zina, dan setelah beberapa tahun X juga meninggalkan Z.

Beberapa tahun kemudian, X bertaubat dan kini sedang berusaha menjadi Muslim yang taat. Y masih terus dalam ketidaktaatannya, dan terus berzina dengan seorang laki-laki lain selama bertahun-tahun lamanya. Z keadaannya mungkin lebih buruk, karena traumanya ditinggal X malah jadi tidak percaya lagi dengan islam sama sekali.

Mohon maaf ceritanya agak panjang. Pertanyaannya adalah begini:
1. Bagaimana membayar kafarat karena sumpah Demi Allah yang dilanggar? Saya melihat dua artikel Alkhoirot yang berbeda. Satu mengatakan bahwa X bisa memilih memberi makan atau pakaian pada 10 orang miskin, lalu yang lain mengatakan X harus puasa kafarat 3 hari.

2. Apakah pengaruh X yang menghancurkan keimanan Y dan Z menjadi semacam "dosa jariyah" yang terus membebani X sampai hari akhir nanti? Kalau iya, apakah taubat pribadi saja sudah cukup bagi X atau ada hal lain yang harus dilakukan?

Jazakumullaahu khayran katheera

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh

JAWABAN

1. Kafarat dari melanggar sumpah ada 3 (tiga) yaitu memberi makan 10 orang miskin, atau memberi pakaian 10 orang miskin, atau puasa tiga hari. Kalau mampu yang pertama, maka lakukan yang pertama. Kalau tidak mampu, maka lakukan pilihan kedua, dst. Denda melanggar sumpah sama dengan denda melanggar nazar. Lihat: Nazar dalam Islam

2. Iya. Itu menjadi dosa jariyah. Sebagaimana disebut dalam hadits sahih riwayat Muslim

ومن سن في الإسلام سنة سيئة كان عليه وزرها ووزر من عمل بها من بعده لا ينقص ذلك من أوزارهم شيئا

Artinya: Dan barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan yang sayyi-ah (buruk), maka baginya dosanya dan dosa dari orang yang melakukannya sesudahnya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.

Dosa anda yang telah menyesatkan dua muslimah taat sungguh sangat besar. Selain harus bertaubat nasuha, anda juga berkewajiban untuk setidaknya mengajak kedua wanita itu untuk kembali ke jalan yang benar, bertaubat nasuha dan hidup normal kembali. Kalau sudah berusaha maksimal, tapi mereka tidak mau mengikuti, maka serahkan semuanya pada Allah. Karena, kelak di akhirat ketika setiap orang dimintai pertanggungjawabannya atas dosa-dosa yang mereka perbuat, kedua wanita itu pasti akan menyebutkan nama anda sebagai penyebab utama kerusakan mereka. Lihat: Taubat Nasuha

Saya sarankan agar anda mengikuti kegiatan Jamaah Tabligh di tempat terdekat anda untuk berdakwah dan mengajak sebanyak mungkin orang bertaubat.

_____________________


CONTOH UCAPAN SYIRIK

Asalamualaikum ustad.
1. Saya mau nanya. Apakah kalau kita menyebut ya allah. Terus dilanjutin dengan kata ustad ini. Apakah hal ini membuat orang melakukan dosa syirik?

2. Dan tolong ustad beri contoh ucapan2 yang membuat orang terkena dosa syirik? Soalnya saya membaca artikel di intrnet yang mencotohkan ucapan2 yang membuat orang melakukan syirik kecil, tapi saya masih binggung sama contoh2nya?

JAWABAN

1. Mungkin maksud anda itu adalah tawassul. Tawassul itu menjadi perdebatan dan perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ulama Ahlussunnah menganggap tawassul itu boleh. Sedangkan ulama Wahabi menganggap Tawassul itu syirik. Lihat; Hukum Tawassul

2. Contoh tawassul kepada Nabi: dalam tulisan Arab:
اللهم إني أسألك و أتوجه إليك و أتوسل إليك بنبيك الأمين نبي الرحمة يآ محمد إني أتوسل بك إلى ربي لتقضى لي حاجتي

Tulisan latin: Allahumma inniy as aluka wa atawajjahu ilaika wa atawassalu ilaika binabiyyikal amin nabiyur rahmah Ya Muhammad, inni atawassalu bika ila robbi lituqdho li hajati….” (… sebutkan hajat …).

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan aku bertawajjuh (menghadap) kepadamu dan aku bertawassul kepadaMu dengan NabiMu nabi yang rahmat, wahai Muhammad sesungguhnya aku bertawassul dengan-mu kepada Tuhanku (Allah) supaya diterima hajatku ini .. (… nyatakan hajat…).

Lihat; Hukum Tawassul



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..