Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Cara Agar Pacar Kristen Bisa Masuk Islam

Cara Agar Pacar Kristen Bisa Masuk Islam

BAGAIMANA AGAR PACAR KRISTEN BISA MASUK ISLAM?

assalamualaikum..
saya seorang muslim.saya amat mencitai dan menyayangi seorang wanita dari agama yg berbeda (kristen).sudah 2 tahun kami jalan bersama.tapi masih sembunyi-sembunyi dari pihak keluarga masing-masing.karena pasti jika mereka (keluarga) tahu tentang hubungan
kami..sudah pasti akan di tentang..selama ini kami masih saling toleransi untuk.beribadah masing-masing..

keinginan saya untuk menikah harus d tunda entah sampai kapan. karena tidak.diperbolehkan seorang muslim menikahi wanita non muslim.. saya ingin wanita yang saya cinta ini menjadi MUALLAF..agar kami dapat bersama sebagai suami istri..

yg ingin saya tanyakan..

1. bagaimana cara.agar dia mendapatkan hidayah untuk masuk Islam.?
apa yang harus saya perbuat untuk meyakinkan dia bahwa Islam lah agama yang benar..??
mohon bantuan dan bimbingan nya.. wassalamualaikum..

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. BAGAIMANA AGAR PACAR KRISTEN BISA MASUK ISLAM?
  2. HUKUM HAK ASUH ANAK DI LUAR NIKAH
  3. ARTI SHALAT TAUBAT
  4. AKANKAN MANUSIA BISA BERTEMU DENGAN ORANG YANG DICINTAI DI AKHIRAT
  5. DITINGGAL DUA TAHUN TANPA NAFKAH APA SUDAH BERCERAI?
  6. AQIQOH DAN QURBAN
  7. TAK DIRESTUI ORANG TUA, INGIN NIKAH SIRI
  8. MIMPI DISERANG KUCING HITAM
  9. ISTRI INGIN CERAI DARI SUAMI SUKA JUDI DAN KASAR
  10. ISTRI INGIN MENGATUR MANAJEMEN KEUANGAN SUAMI
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Banyak jalan menuju hidayah Islam. Cinta dan jodoh adalah salah satunya. Banyak muslim Arab dari Yaman yang merantau ke berbagai negara di dunia berhasil mengislamkan banyak wanita non-muslim dengan cara cinta dan perjodohan yakni dengan menikahi para wanita non-muslim tersebut.

Anda juga bisa mengajak dia masuk Islam dengan kekuatan cinta Anda. Cinta wanita lebih emosional dan karena itu akan lebih mudah diajak masuk Islam kalau memang dia betul-betul mencintai anda melebihi cinta anda padanya. Kalau dia menolak ajakan anda untuk menjadi muslimah, ada kemungkinan dia tidak terlalu mencintai anda sehingga tidak mau mengorbankan agama lamanya. Kalau ini masalahnya, maka sebaiknya anda tinggalkan dia tanpa ragu. Dia tidak cukup berharga mendapatkan cinta anda.

Oleh karena itu, dari sekarang anda harus secara tegas menyatakan keinginan anda bahwa anda akan menikahi dia kalau dia masuk Islam. Tanpa itu, anda rela untuk berpisah. Karena, bagi anda Islam adalah agama terbaik dan anda rela mengorbankan apapun demi Islam termasuk berpisah dengan dia.

Wanita suka lelaki yang tegas dan teguh pendirian. Dan ketegasan anda akan merubah pola pikirnya. Selain sikap tegas di atas, beberapa hal berikut juga perlu anda lakukan:

(a) Beri dia contoh bahwa Islam itu agama terbaik dalam perilaku keseharian anda yang relatif sempurna dalam segi perilaku dan etika sosial.
(b) Beri dia bacaan-bacaan yang memotivasi dia memahami Islam dan tertarik masuk Islam seperti kisah-kisah orang-orang non-Muslim yang masuk Islam terutama di kalangan selebritis dan intelektual karena dalam kisah-kisah mereka itu terdapat logika-logika mencerahkan dan dapat diterima akal sehat khususnya bagi mereka yang non-muslim.

Sebagai pembuka anda dapat membacanya sendiri dan mencetaknya untuk dia di Wikipedia pada halaman berikut: List of converts to Islam

________________________


HUKUM HAK ASUH ANAK DI LUAR NIKAH

Assalamualaikum.
Anak perempuan saya berumur 6tahun dan menghidapi Autism. dia tidak boleh bercakap dan tidak boleh membuat apa2 keputusan dalam memilih antara saya atau bekas isteri saya. kami bernikah 1tahun selepas bekas isteri melahirkannya.setelah bercerai,kami sama-sama mendapat hak penjagaannya tetapi bekas isteri yg mengasuh dan menjaganya.

1. soalan saya,bolehkah saya mendapat hak penjagaan sepenuhnya?

JAWABAN

1. Bisa saja kalau Pengadilan memutuskan demikian. Jadi, siapa yang mendapat hak asuh atas anak itu adalah hak dari Pengadilan / Mahkamah setempat.

________________________


ARTI SHALAT TAUBAT

,assalamuallaikum...
1. Saya mau tanya bagai mana cara sholat taubat mas....
2/ Apa harus mandi wajib dulu baru bisa langsung menjalan kan sholat taubat....
Tolong kasih tau yah

Makasih
Wassallamuallaikum

JAWABAN

1. Shalat taubat adalah shalat sunnah biasa. Lebih detail: Panduan Shalat Taubat
2. Tidak perlu mandi wajib dulu kecuali kalau anda habis junub. Lihat: Mandi Junub

Baca juga: Cata Taubat Nasuha
________________________


AKANKAN MANUSIA BISA BERTEMU DENGAN ORANG YANG DICINTAI DI AKHIRAT

Assalamu'alaikum.Wr wb.
Ustadz,nama saya faisal.
1. Saya ingin bertanya, akankan di akhirat nanti kita akan bertemu dengan orang yang pernah kita cintai di dunia & berkumpul kembali seperti dulu.

JAWABAN

1. Kalau yang dimaksud dengan orang yang kita cintai itu adalah istri dan kerabat dekat kita seperti ayah, ibu, saudara dan lain-lain, maka jawabannya adalah iya. Kita dapat bertemua mereka sesuai permintaan kita. Asalkan mereka sama-sama masuk surga.

Dalam QS Yasin: 57 Allah berfirman tentang sorga ( لَهُمْ فِيهَا فَاكِهَةٌ وَلَهُم مَّا يَدَّعُونَ) Artinya: Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.

Dalam QS Qaf : 35 Allah berfirman: ( لَهُم مَّا يَشَاؤُونَ فِيهَا وَلَدَيْنَا مَزِيدٌ) Artinya: Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami ada tambahannya.

Pertemuan dengan keluarga dekat disebut dalam QS At-Tur : 21 ( وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ) Artinya: Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.

Jadi, intinya kita bisa bertemua dan bisa meminta bertemu dengan siapapun yang kita cintai asal sama-sama beriman dan sama-sama berada di sorga.

________________________


DITINGGAL DUA TAHUN TANPA NAFKAH APA SUDAH BERCERAI?

Assalamualaikum. saya E,saya sudah menikah tetapi 1 jam setelah menikah saya di tinggalkan oleh suami saya dengan alasan mau mengantarkan temannya setelah itu suami saya tidak pernah pulang lagi,tidak memberi nafkah selama 2 tahun lamanya,
dan sampai sekarang saya belum bercerai,
1. bagaimana hukumnya?
2. apakah kami sudah sah bercerai secara agama?
terimakasih mohon jawabannya

JAWABAN

1. Anda dapat mengajukan gugat cerai ke Pengadilan Agama dengan alasan yang sudah disebut.
2. Kalau suami tidak mengucapkan kata "Cerai" pada anda, maka perceraian belum terjadi. Jadi, kalau ingin cerai secara agama, hubungi suami anda dan minta dia mengucapkan kata "Aku cerai kamu" maka perceraian telah terjadi. Kalau ternyata dia tidak bisa dihubungi, maka anda harus mengajukan gugat cerai melalui jalur pengadilan agama. Lihat: Gugat Cerai dalam Islam

________________________


AQIQOH DAN QURBAN

Assalamualaikum Wr.Wb
saya bertanya mewakili Ibu saya,
1. Ibu saya dulu belum di Aqiqahkan oleh Alm kakek dan Almh Nenek saya, sedangkan ibu saya ingin melakukan Ibadah Qurban. Jadi mana yang lebih didahulukan melakukakn aqiqoh untuk diri sendiri lebih dahulu baru melakukan qurban atau boleh melakukan qurban tanpa aqiqah?
2. Untuk acara Aqiqoh anak,. apakah boleh dibarengkan dengan acara peringatan haul orang yang sudah meninggal?

Teriakasih Atas Perhatian dan kesediaannya untuk menjawab,
Wassalamualaikum Wr.Wb

JAWABAN

1. Aqiqah tidak wajib hukumnya dan hanya sunnah saat masih bayi. Jadi dana yang ada sebaiknya untuk Qurban saja. Baca detail: Hukum Qurban

2. Bisa saja. Tapi kambingnya harus diniati aqiqoh. Baca: Hukum Aqiqoh

________________________


TAK DIRESTUI ORANG TUA, INGIN NIKAH SIRI

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

selamat pagi ustadz,...
saya I (laki-laki), umur 26 tahun.

saya mohon pencerahannya mengenai pernikahan siri.
saya dengan pacar saya F 28 tahun, mempunyai niat untuk menikah sudah lama, namun pihak orang tua F tidak merestui pernikahan kami dengan alasan F memiliki kakak perempuan yg belum menikah.

kami cukup bersabar,sampai akhirnya orang tua saya mempertanyakan hubungan kami,orang tua saya merestui Jika orang tua F juga merestui pernikahan kami.

kami berdua sangat tersiksa dengan ego orang tua kami masing2, padahal kami berdua telah bekerja, kami pun jarang bertemu, karena saya yg tinggal di blitar dan f di jakarta.

dan akhirnya f mempunyai niat untujk melangsungkan pernikahan sirih dengan saya, saya pun setuju, karena kami ingin menghindari perbuatan2 yg dilarang oleh Allah...

1. bagaimana menurut tanggapan ustadz?

Terimakasih.
Wassalamualaikum

JAWABAN

1. Menikah siri adalah solusi terbaik untuk sementara untuk menghindari zina sambil menunggu kakak dari pacar anda menikah. Keluarga pacar anda dapat dimaklumi kalau tidak mengijinkan pernikahan anda karena ada faktor pantangan atau tabu sosial pada suku tertentu yang tidak mau menikahkan anak lebih muda sebelum yang tua menikah.

Namun demikian, hendaknya nikah siri itu tidak dijadika kesempatan bagi anda untuk dapat menikah tanpa tanggung jawab. Anda harus berlakukan dia layaknya istri yang menikah secara resmi di KUA yakni wajibnya memberi nafkah lahir batin dan sejumlah kewajiban lain.

Selain itu, nikah siri harus sesuai dengan tuntunan syariah yakni adanya wali, dua saksi dan ijab kabul. Khusus tentang wali, maka kalau wali utama yaitu ayah dari pihak perempuan tidak merestui, maka bisa digantikan oleh wali hakim. Lihat: Pernikahan Islam

________________________


MIMPI DISERANG KUCING HITAM

Assalamu 'alaikum wr.wb

Maaf jika mengganggu waktunya pa ustad , saya mau bertanya tentang arti mimpi saya

Mimpinya begini ketika sedang tiduran dikamar tiba tiba saya melihat kucing hitam masuk dan berjalan disamping tempat tidur saya . Lalu sayaa berteriak "mama ada kucing hitam masuk" tapi mama saya ga menanggapinya . Setelah itu diatas lemari saya kan ada kumpulan barang yang ditaro diplastik besar , tiba tiba plastik besar itu kemasukan arwah kucing hitam yang saya liat itu , saya berusaha mengusirnya dengan melempar barang yang ada disekitar saya kearahnya tapi tiba tiba plastik yang kemasukan arwah kucing itu jadi marah dan ingin menyerang saya . Saya berteriak minta tolong tapi suara saya ga keluar , badan saya juga ga bisa digerakan . Ketika plastik yang kemasukan arwah kucing itu akan lompat kearah saya , saya langsung bangun dari mimpi saya.

Kira kira arti mimpi saya apa ya pa ustad ? Atau hanya sekedar mimpi saja ? Saya mimpi itu abis sholat subuh lalu ketika bangun saya masih merasakan takutnya kemudian langsung melihat kearah lemari saya yang ada plastik besar itu

Sekian terima kasih sebelumnya pa ustad atas waktunya untuk membaca cerita saya

Wa'alaikum salam wr.wb

JAWABAN

1. Karena mimpi anda terjadi setelah subuh, maka kemungkinan besar itu bukan mimpi yang benar. Hanya gangguan jin/setan saja. Dan kerena itu tidak ada artinya. Lihat: Mimpi dalam Islam

________________________


ISTRI INGIN CERAI DARI SUAMI SUKA JUDI DAN KASAR

Assalamualaikum...

Saya seorang istri,,,,,
Dari dulu rumah tangga saya tidak harmonis,,,setiap kali pertengkaran saya selalu diusir sama swami saya,,,tidak cukup sekali ataupun 2kali tp lebih dari 5 kali,,,, Bahkan ketika dia main judi saya marahi dia malah dia jawab kalau dia tidak menghabiskan uang saya,,,, Tanpa sepengetahuan saya dia juga sering meminta uang kepada ibu saya, sehingga ibu sekarang membenci saya,,

Pertanyaan saya:
1. Menurut agama apakah saya masih syah menjadi istri dia setelah kalimat kalimat usiran dia yang membuat rasa cinta dan sayang dalam hati ini hilang
2. Apa yang harus saya lakukan,,,???? Sedangkan sekarang berada di Taiwan,taiwan adalah pelarian saya...
3. Salahkah bila saya ingin cerai dari dia,,,,krn dulu dia pernah pergi merantau 9bln tanpa kasih saya dan anak nafkah....
Sebelumnya saya ucapkan. Terimak kasih atas jawabnya..

Wassalahmu'alaikum...

JAWABAN

1. Usiran seorang suami pada istri masuk kategori talak kinayah (talak implisit/kiasan). Talak kinayah terjadi talak kalau ada niat menceraikan dari pihak suami. Kalau tidak ada niat cerai dari suami, maka tidak terjadi cerai. Lihat: Cerai dalam Islam

2. Anda bisa melakukan gugat cerai ke Pengadilan Agama dengan perantaraan pejabat desa atau pengacara yang anda tunjuk.

3. Tidak salah. Secara negara, istri dapat melakukan gugat cerai pada suami salah satunya apabila suami sering melakukan kekerasan (KDRT) dan/atau tidak memberi nafkah lahir atau batin.
________________________


ISTRI INGIN MENGATUR MANAJEMEN KEUANGAN SUAMI

Assalamualaikum pak ustad,, saya U dari gresik, saya sudah menikah 6 thn lamanya,, suami saya seorang pengusaha. tapi keuangan suami saya di pegang penuh oleh ibu mertua. padahal usahanya itu bukan warisan dari ibu / bapak mertua. usaha itu di dirikan suami saya sendiri. saya sebagai istri merasa adanya ketidak adilan dlm hal ini. saya cuma di kasih uang belanja harian yg pas2 an buat belanja.jadi kalo saya ada keperluan lain saya masih harus meminta2 kpd suami saya.

pertanyaan saya pak ustad.
1. apakah saya berdosa kalo saya meminta hak saya sebagai seorang istri untuk mengatur keuangan rumah tangga saya sendiri.. apa tindakan saya ini salah pak ustad.
mohon pencerahannya.. wassalam...

JAWABAN

1. Urusan ini murni urusan teknis antar suami istri. Bukan urusan agama. Hukum dasarnya menurut agama adalah suami berkewajiban untuk memberi nafkah pada istrinya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Selebihnya itu tergantung dari kesepakatan suami istri. Artinya, anda bisa saja usul pada suami untuk mengelola keuangan usaha suami. Kalau suami setuju, maka itu bagus. Kalau tidak setuju, anda tidak bisa protes karena itu hak suami untuk setuju atau tidak dalam masalah yang menjadi kewenangannya.

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam