Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Hukum Nifas Lebih 60 Hari

Hukum Nifas Lebih 60 Hari

Ustadz saya sedang hamil tua malam harinya saya melakukan hubungan badan belom sempat mandi saya melahirkan lalu megalami nifas keluar darah banyak sekitar 18 hari di lanjut keluar cairan kuning selama 15 hari lalu keluar darah lagi 9 hari semuanya kan jadi 42 hari ustadz lalu bersih sampai hari 46 di hari 47 sampai 51 keluar flek lagi hari ke 52 sampai 54 keluar cairan kuning di hari 55 bersih tapi di hari 56 sampai hari ke 63 saya masih keluar flek kuning

Pertanyaan

1.katanya nifas batas maksimalnya 60 hari tapi saya 63 hari masih keluar flek lalu hari ke 61 62 dan 63 termasuk darah haid atau istihadhah ustadz
2.jika setelah nifas megalami istihadhah apakah darah istihadhah setelah nifas itu campuran antara darah nifas haid dan istihadhah ustadz jika iya berarti saya punya hadas haid juga atau bagaimana ustadz
3.dan kira kira dari semua cerita saya itu saya punya hadas apa saja ustadz

JAWABAN

1. Darah yang keluar setelah 60 hari dianggap darah istihadah.

Lembaga Fatwa Uni Emirat Arab (UEA) menjawab terkait hal yang sama:

إذا انقطع دم النفاس بعد أربعين يوماً من الولادة يوماً أو أياماً وعاد بعدها متقطعاً، هل يعتبر هذا الدم نفاساً؟ وهو إذا ما انقطع دم النفاس بعد الأربعين يوماً، ثم عاد بعد يوم فالحكم كذلك، إما أن يجري عليه قول السحب المتقدم، أو التلفيق وهو الأولى، والأيام التي ترى فيها النقاء التام بحيث لا يكون هناك أثر من آثار الدم بأي لون كان فإنها تعتبر طاهراً، فتغتسل وتصلي، فإن عاودها عادت إلى حكم النفاس، حتى يبلغ مجموعه ستين يوماً. ثم يعتبر استحاضة بعد ذلك.


Artinya: Tanya: Apabila darah nifas putus setelah 40 hari dari melahirkan sehari atau beberapa hari. Lalu darah kembali muncul setelah itu secara terputus-putus, apakah darah ini dianggap darah nifas? Jawab: Apabila darah nifas berhenti setelah 40 hari. Lalu kembali setelah satu hari maka hukumnya bisa dengan dua cara yaitu (a) dengan sahb yakni menjadikan seluruh hari setelah itu sebagai istihadah selagi dalam masa yang dimungkinkan; (b) dengan talfiq yakni masa suci dianggap suci, masa keluar darah dianggap nifas, dan masa suci dianggap masa suci. Apabila darah keluar sebelum 60 hari maka dianggap darah nifas sampai jumlah total hari mencapai 60 hari. Dan dianggap darah istihadah terhadap darah yang keluar setelah 60 hari. (Link: https://services.iacad.gov.ae/SmartPortal/ar/fatwa/PublishedFatwa/Details/56148)

Baca juga: Wanita Nifas, Haid, Istihadah

2. Kalau dianggap darah istihadah, maka berarti BUKAN darah haid. Dalam kondisi ini anda harus mandi hadas besar dan mulai shalat.

3. Seperti disebut di jawaban no. 2, pada akhir hari ke-60 anda harus mandi hadas besar. Apabila setelah itu masih keluar darah lagi, maka itu darah istihadah. Darah istihadah sama dengan kencing. Yakni, hadas kecil. Cukup berwudhu kalau hendak shalat. Baca detail: Shalat orang yang Beser (Selalu Kencing)

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam