Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Ragu meninggalkan rukun solat saat sedang shalat

Ragu meninggalkan rukun solat saat sedang shalat

Assalamualaikum ustadz

Bagaimana jika saya pernah ragu sudah i'tidal apa belum pada raka'at ke 3 pada solat isya,namun datang nya ragu ragu itu pas saya udah berdiri pada raka'at ke 4 dalam keadaan membaca alfatihah

1. Apakah saya harus i'tidal (kembali ke posisi yang di ragukan) meski pun saya sudah baca alfatihah pada raka'at seterusnya (sudah baca alfatihah pada raka'at ke 4)?
2. Atau saya menambah 1 raka'at ,dikarenakan saya sudah melakukan alfatihah pada raka'at selanjutnya?

JAWABAN

1. Harus i'tidal lalu sujud lalu bangun untuk rakaat kedua (lihat poin b). Setelah itu jangan lupa sujud sahwi sebelum salam. Baca detail: Sujud Sahwi

Dalam Hasyiyah Al-Bajuri, hlm. 1/274, di jelaskan:

إذا حصل الشك قبل السلام من الصلاة فإنّه يجب عليه أن يتدارك الركن الذي شك بتركه كما لو تيقن تركه، بمعنى لو أنّ شخصاً مثلاً شك بترك الرّكوع في إحدى الرّكعات بعد أن هوى للسجود مثلاً فإنّه يلزمه أن يرجع ويركع ثمّ يعتدل ثمّ يسجد من جديد وكذلك لو شك وهو قائم يقرأ الفاتحة في الركعة الثانية أنّه قد ترك ركوع الركعة الأولى فإنّه يلزمه أن يركع ثمّ يعتدل ثمّ يسجد ثمّ يقوم للركعة الثانية ويقرأ من جديد ويسنّ أن يسجد للسهو في آخر صلاته قبل التسليم وأمّا لو شك أنّه ترك ركوع الركعة الأولى وهو في ركوع الركعة الثانية فإنّ الركعة الأولى تلغى وتعتبر الثانية هي الأولى وهذا مذهب الشافعية. (انظر: حاشية البيجوري ، 1274).

Artinya: Apabila keraguan terjadi sebelum salam, maka wajib baginya untuk melakukan rukun yang dia ragu tidak melakukannya sama dengan kalau dia yakin meninggalkannya. Dalam arti apabila a) seseorang misalnya ragu tidak rukuk di salah satu rakaat setelah dia turun untuk sujud, misalnya, maka wajib baginya mengulang/kembali dan rukuk lalu i'tidal lalu sujud.
b) Begitupula, apabila ragu saat sedang berdiri membaca al Fatihah pada rakaat kedua bahwa dia tidak rukuk pada rakaat pertama, maka wajib baginya untuk rukuk lalu i'tidal lalu sujud lalu berdiri untuk rakaat kedua dan membaca al-Fatihah yang baru. Dan sunnah baginya sujud sahwi di akhir shalatnya sebelum salam.
c) Apabila dia ragu tidak rukuk pada rakaat pertama sedangkan dia di rukuk rakaat kedua, maka rakaat pertama itu sia-sia dan rakaat kedua itu dianggap rakaat pertama. Ini mazhab Syafi'i.
Baca detail: Cara shalat orang tidak hafal al Fatihah

Baca detail:

- Bermakmum pada Imam yang Tidak Fasih
- Bermakmum pada Imam yang Tidak Fasih
- Salah bacaan Al Fatihah
- Salah bacaan shalat selain Al Fatihah

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam