Cara Cepat Membaca Kitab Kuning Metode 33 (Tiga tiga)

Cara Cepat Membaca Kitab Kuning Metode 33

Buku Cara Cepat dan mudah Membaca Kitab Kuning Metode 33 (tiga tiga) adalah sebuah buku karya KH. Dr. Habib Syakur pengasuh sebuah pesantren di Jogja yang menawarkan para santri untuk dapat membaca kitab kuning atau kitab gundul secara cepat dan praktis. Versi e-book (pdf) buku ini dapat didownload di sini.

DAFTAR ISI


  1. Apa itu kitab kuning
  2. Perihal buku Cara Cepat Membaca Kitab Kuning Metode 33
  3. Download buku Cara Cepat Membaca Kitab Kuning Metode 33 versi PDF



I. APA ITU KITAB KUNING?

Awalnya, kitab kuning adalah istilah yang agak berbau derogatory (Jawa, ngenyek; bahasa Indonesia, menghina) pada buku literatur klasik Islam dalam bahasa Arab yang banyak dibaca dan dikaji di pesantren salaf. Namun, istilah ini di kemudian hari menjadi sangat populer dan bahkan mengalahkan istilah lain yang lebih dikenal di kalangan internal pesantren seperti kitab gundul atau kitab klasik. Saat ini, orang tidak lagi menganggap sebutan ini sebagai istilah yang mengandung penghinaan. Fenomena ini mirip dengan istilah "dangdut" istilah sinis yang kemudian justru menjadi sebutan populer untuk musik melayu.

Membaca kitab kuning itu susah bagi yang tidak memiliki dasar membaca tulisan Arab. Namun, bagi yang bisa membaca Al-Quran membaca kitab kuning itu mudah. Setidaknya, tidak sesulit mereka yang buta baca tulisan/aksara Arab sama sekali.

Membaca kitab kuning dianggap lebih sulit dibanding dengan membaca kitab modern karena beberapa hal:

Pertama, kitab kuning memakai kosa kata bahasa Arab klasik yang saat ini banyak tidak lagi dipakai dalam bahasa Arab modern atau telah berubah formatnya walaupun berasal dari akar kata yang sama.

Kedua, kitab kuning tidak memakai tanda baca standar seperti titik, koma, titik dua dan titik koma, dll berbeda dengan kitab modern. Bagi pelajar (santri) pemula ini tentu sangat menyulitkan karena terkait dengan penentuan struktur i'rab-nya.

Ketiga, paragraf sering terlalu panjang sehingga menyulitkan pembaca.

Keempat, pembahasan kasus hukum tidak terstruktur dengan baik --yakni tidak terbagi dalam subjudul, sub-sub-judul, dst-- sehingga menyulitkan pembaca untuk memilah-milah antara hukum dan rincian pemecahan kasus hukum. Ini berbeda dengan kitab-kitab berbahasa Arab yang ditulis oleh ulama-ulama modern.

Sejumlah santri Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang yang sudah relatif mampu membaca kitab kuning pernah menulis artikel di blog masing-masing seputar pengalaman pribadi mereka belajar membaca kitab kuning. Bagi yang tertarik untuk mampu membaca kitab kuning, silahkan membaca pengalaman mereka di sini!. Cari tulisan tentang "kitab kuning" di blog masing-masing.

II. Cara cepat Belajar Baca Kitab Kuning kitab klasik atau kitab gundul Metode 33

Judul buku: Cara Cepat Membaca Kitab Kuning Metode 33 (tiga tiga)
Penulis: KH. Dr. Habib Syakur pengasuh
Jabatan penulis: Pengasuh/direktur utama Pondok Pesantren al-Imdad Jogjakarta

Beberapa ciri khas (salient features) dari buku ini adalah:

Setidaknya terdapat empat maharah al-lughawiyyah (keahlian berbahasa), yaitu maharah al-istima’ (keahlian mendengar), maharah al-kalam (keahlian berbicara), maharah al-qira’ah (keahlian membaca), dan maharah al-kitabah (keahlian menulis).

Metode 33 untuk maharah al-qira’ah.

Untuk memahami dan mendalami Bahasa Arab secara komprehensif, keempat maharah itu harus dikuasai.

Syakur menegaskan, bahasa bukanlah ilmu, melainkan seni. Yang dibutuhkan hanyalah latihan dan kebiasaan.

Belajar membaca kitab kuning secara praktis harus memperhatikan tiga hal: Kosakata, kaidah, dan latihan.

Ketiga hal itu harus dibaca dan dilulang-ulang minimal sehari dalam tiga minggu.

Buku yang ditulisnya hanya menawarkan kemampuan bukan keahlian.

Sumber: mufakat.ditpdpontren.com


III. DOWNLOAD BUKU METODE 33

Yang belum ada linknya berarti file-nya belum di-upload/unggah. Silahkan datang lagi di lain waktu. Seluruh file/berkas dalam format pdf.

  1. Metode 33 Pelajaran 1
  2. Metode 33 Pelajaran 2
  3. Pelajaran 3
  4. Pelajaran 4
  5. Pelajaran 5
  6. Pelajaran 6
  7. Pelajaran 7
  8. Pelajaran 8
  9. Pelajaran 9
  10. Pelajaran 10
  11. Pelajaran 11
  12. Kosa kata

Untuk membaca versi website-nya, silahkan mengunjungi situs resmi PP Al-Imdad (pp-alimdad.com) atau ke blog pribadi M. Habib Syakur di: mhabibsyakur.blogspot.com

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

24 comments:

  1. Kursus baca kitab kuning

    ReplyDelete
  2. DOWNLOAD BUKU CARA CEPAT BELAJAR KITAB KUNING OLEH KH Dr Habib Syakur

    ReplyDelete
  3. kitab kuning islam di jawa youtube

    ReplyDelete
  4. cara menguasai kitab kuning

    ReplyDelete
  5. belajar baca kitab kuning

    ReplyDelete
  6. download metode 33

    ReplyDelete
  7. semoga bermanfaat, trima kasih banyak ya atas e booknya (belajar cepat baca kitab kuning), semoga Allah membalasnya dengan pahala yang berlimpah. Amin

    ReplyDelete
  8. Saya mempunyai kitab berjudul MANZILAH sebuah kitab kecil cara Baca Kitab Arab Tepat (BaKAT) yang sistematis, Aplikatif dan Evisien (SAE), bagi pemula. Kitab kecil ini lebih menekankan kepada praktek dari pada teoritik. Oleh karenanya, buku ini khusus bagi pelajar yang telah mengalami belajar dasar-dasar Nahwu, seperti Jurumiyah dan Amtsilatut Tashrif. Untuk keterangan lebih lengkap, hubungi 087750353841 atau email : ust.muhsinamir@gmail.com Syukron !

    ReplyDelete
  9. شكرا

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, Alloh memberi saya ilmu lewat sampean...

    ReplyDelete
  11. Saya mempunyai kitab berjudul MANZILAH sebuah kitab kecil cara Baca Kitab Arab Tepat (BaKAT) yang sistematis, Aplikatif dan Evisien (SAE), bagi pemula. Kitab kecil ini lebih menekankan kepada praktek dari pada teoritik. Oleh karenanya, buku ini khusus bagi pelajar yang telah mengalami belajar dasar-dasar Nahwu, seperti Jurumiyah dan Amtsilatut Tashrif. Untuk keterangan lebih lengkap, hubungi 087750353841 atau email: ibnuamir66@gmail.com

    ReplyDelete
  12. nyuwun izin download ustadz....

    ReplyDelete
  13. Sebagian besar kitab, baik kitab-kitab  kih, hadis, dsb., yang ditulis para ulama dan dipelajari
    di pesantren-pesantren dan madrasah-madrasah merupakan kitab gundul. Disebut demikian karena
    bahasa Arab yang digunakannya tidak ditulis dengan harakatnya. Oleh karena itu, mempelajari
    kitab gundul bukanlah perkara yang mudah. Para santri setidaknya dituntut untuk memiliki kemampuan
    yang memadai dalam ilmu bahasa Arab, di antaranya ilmu nahwu dan sharaf.

    ReplyDelete
  14. izin saya download ustad..

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dengan ini, kami sebagai penemu buku pedoman pembelajaran kitab kuning metode THORIQOH atau dikenal dengan nama : Musyawarah Kitab Kuning Thoriqoh (MKKT)sebuah metode praktek membaca kitab kuning/kitab arab tak berharkat yang sistematis, aplikatif dan evisien sejak tehun 2007 yang lalu buku ini telah diuji-cobakan diberbagai lembaga pendidikan, baik di tingkat menengah, atas dan perguruan tinggi dengan hasil yang sangat memuaskan, karena sesuai dengan target yang ingin kami capai, yaitu: Siswa bisa membaca, memahami dan hafal kaidah nahwu dan shorrof tanpa dihafalkan. Buku yang terdiri 3 ex dalam satu paket ini disusun oleh 6 tim yang dapat diajarkan oleh dua orang guru kepada siswa yang mempunyai pengetahauan dasar-dasar nahwu dan shorrof, seperti Jurumiyah dan Amtsilah Attashrifiyah. Kami mengutamakan praktek langsung kepada kitab kuning, khususnya kitab Fathul Qorieb yang selama ini jadikan refersni kami dalam praktek pembelajarannya. Kami tidak akan menjual buku ini, sebelum kami memperagakan cara-cara menggunakannya atau mengaplikasikannya kepada para siswa atau kepada para guru yang bersedia untuk di kader menjadi tutur atau pembimbing membaca kitab kuning metode Thoriqoh ini.Waktu pembelajaran metode ini hanya membutuhkan minimal 3 bulan dengan 3 kali pertemuan dalam sepekan atau 4 jam pelajaran setiap hari. 1 kali pertemuan 40 menit. Kami mengusulkan kepada pengurus Yayasan Al Hikmah Surabaya, bila berminat untuk mengembangkan pembelajaran baca kitab kuning cepat dan hafal kaidah-kaidah nahwu dan shorrof melalui metode Tahoriqoh ini, Insya Allah kami berdua siap untuk memenuhi permohonannya demi syi'ar dan menghidupkan kembali budaya salafussholih yang hampir musnah ini. Demikian mohon tanggapannya. Untuk lebih lengkapnya informasi, silakan menghubungi No. Hp. 081 9999 100 77. Terima kasih, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita bersama Amin !
    Wassalamualaikum Wr. Wb.
    (Drs. H. Muhammad Muhsin Amir)

    ReplyDelete
  16. Syukron jazilan.Sangat bermanfaat..
    Afwan,bagi para ikhwan yang mau download gratis ribuan kitab kuning, silahkan kunjungi blog sederhana kami di www.kitabgundul.blogspot.com
    Trimakasih

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah. Jazakallahu atas infonya akhi. Sekaligus mohon ijin share sebuah metode lain cara cepat membaca kitab gundul/kuning yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan istilah-istilah nahwu sharaf untuk lebih mempermudah belajarnya. Silakan dicek di: www.metodeabyan.com

    ReplyDelete
  18. Izin download ustadz. Terima kasih

    ReplyDelete
  19. izin download.terima kasih.

    ReplyDelete
  20. TERIMAKASIH ATAS ILMUNYA IZIN DOWNLOAD DAN MENGGUNAKANNYA... SEMOGA ALLOH MEMBERI PAHALA YANG BESAR UNTUK MUALLIFNYA AMIN...

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!