Tuesday, May 27, 2014

Solusi Google Panda


Google Panda Penguin EMD

Update Mei 2014: Panda 4.0 sudah resmi diluncurkan pada 20 Mei 2014.

Apa perbedaan Panda versi terbaru ini dengan versi-versi sebelumnya? Bagi blogger yang suka copy paste dari blog atau situs lain, ini kabar buruk. Karena versi terbaru ini memakai sistem filter yang semakin baik dan canggih sehingga situs spammy akan tambah sulit bersembunyi. Jadi, kalau anda mengalami penurunan trafik sejak 20 Mei 2014, maka kemungkinan situs anda dianggap kurang berkualitas.

Panda 4.0 sekaligus menjadi kabar baik terutama bagi situs berkualitas. Yang dimaksud berkualitas adalah situs yang kontennya asli (original content) dan artikelnya berkualitas. Yang dimaksud artikel berkualitas adalah yang panjang tulisannya tidak kurang dari minimal 700 - 1000 kata. Semakin panjang semakin bagus. Alhamdulillah, trafik situs ini juga kembali naik signifikan sejak kedatangan Panda 4.0. Itu artinya, blog ini dianggap berkualitas oleh algoritma Google Panda 4.0.

DAFTAR ISI
  1. Apa itu Google Panda
  2. Penyebab Hukuman Google Panda
  3. Cara Selamat Aman dari Google Panda
    1. Artikel Orisinial dan Berkualitas
    2. Artikel Minimal 500 Kata
    3. Lebih dari 100 Artikel Terindeks Google
    4. Bagian Atas Halaman Tidak Ada Iklan, Gamber Banner
    5. Google Page Rank (PR) Tinggi
    6. Dukungan Social Media
    7. Loading Halaman Ringan
  4. Jadwal Update Google Panda
  5. Google Penguin
  6. Google EMD (Exact Match Domain
  7. Page Layout (Tata Letak)

Update Juni 2013: Google Penguin 2.0 plus Panda semakin tajam patrolinya. Kalau terkena, bisa langsung turun drastik trafik dan rankingnya.

Sebuah situs/website atau blog yang mengalami penurunan dari segi trafik, Google SERP dan ranking Alexa hari demi hari patut dicurigai terkena hukuman Google Panda dan Penguin walaupun di sebagian kata kunci masih menempati halaman pertama Google search. Solusinya adalah: (a) pastikan setiap artikel asli; (b) setiap artikel minimal 700 kata (tambah banyak tambah bagus). Ingat, setiap artikel. Kalau ada artikel yang kurang dari 700 kata, maka perbaiki dengan melakukan penggabungan dengan artikel lain, atau penambahan atau dihapus atau disetting noindex supaya tidak diindex Google khusus untuk artikel tersebut. Apabila sudah dilakukan, maka pada update Panda berikutnya, ranking SERP blog/situs Anda akan kembali normal.

(c) Buang backlink dari situs lain atau eksternal link. Apabila tidak bisa maka lakukan disavow link melalui Disavow Link Tool milik Google. Dengan keluarnya Penguin 2.0, sebuah situs yang mendapat backlink dari situs lain yang tidak relevan akan mendapat hukuman jatuhnya ranking dan trafik secara tajam.


APA ITU GOOGLE PANDA

Google Panda adalah hukuman dari Google pada sebuah blog/situs dengan cara penurunan ranking dan penurunan hasil pencarian Google (SERP) atau hadiah (reward) Google pada situs/blog berkualitas dengan menaikkan rankinya dan trafiknya pada Google SERP. Dengan kata lain, Google Panda adalah sistem yang dipakai oleh mesin cari Google untuk menilai dan mengevaluasi suatu situs atau blog dan memberi reward atau punishment berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.


PENYEBAB HUKUMAN GOOGLE PANDA

Ada beberapa faktor penyebab suatu blog terkena efek Google Panda antara lain sbb:

1. Satu atau lebih dari artikel yang ada dalam sebuah blog/website terlalu sedikit (kurang dari 700 kata) sehingga dianggap kurang berkualitas.
2. Situs/blog tersebut diduga mengandung konten (artikel) duplikat (tidak asli) dengan salah satu artikel di situs lain atau dengan artikel di dalam blog/situs yang sama.

CARA SELAMAT AMAN DARI GOOGLE PANDA

Apabila Anda terkena efek Google Panda, berikut tips untuk memperbaiki kesalahan Anda:

1. Buat artikel unik dan orisinil. Hindari mengcopy/paste artikel dari situs lain.
2. Hindari menulis dua artikel atau lebih yang memiliki banyak kemiripan di blog yang sama. Cara mengecek artikel serupa dalam blog yang sama lihat di sini!.

3. Usahakan artikel-artikel yang serupa disatukan jadi satu halaman.
4. Hapus artikel blog yang serupa, atau jadikan satu. Amit Singhal, teknisi Google Panda, menyarankan:

... removing low quality pages, merging or improving the content of individual shallow pages into more useful pages, or moving low quality pages to a different domain could eventually help the rankings of your higher-quality content.

Kalau problem sudah dibereskan, blog anda kemungkinan akan kembali normal setelah ada update Google Panda.


ARTIKEL ORISINIL DAN BERKUALITAS

Content is king. Artikel orisinil dan unik tidak menjamin berkualitas. Setidaknya itu menurut Google. Tulisan berkualitas adalah tulisan yang komprehensif dan mengandung analisa yang mendalam (in-depth analisis).

Dengan tulisan yang holistik dan mendalam tentang suatu topik, sehingga artikel tersebut akan memuaskan pengunjung atau visitor. Pengunjung puas, Google puas dan penulisnya pun senang.

Artikel disebut berkualitas versi Google apabila (a) Orisinil alias tidak copas; (b) Memberi informasi yang diinginkan pembaca; (c) Ditulis dengan panjang atau dalam istilah Google rich text content (artikel yang kaya teks). Google tidak suka tulisan yang pendek (thin content).


ARTIKEL MINIMAL 700 KATA

Artikel berkualitas menurut Google adalah tulisan yang asli dan relatif panjang (rich text content). Berapa kata sebuah tulisan dianggap panjang menurut Google Webmaster Guidelines tidak dijelaskan secara eksplisit. Oleh karena itu, para webmaster dan blogger berbeda pendapat.

ezinearticles.com sejak Februari 2012 mewajibkan para kontributornya untuk menulis menimal 700 kata untuk satu artikel. ehow.com juga merubah jumlah minimum setiap artikelnya menjadi 700 kata lebih. Semakin banyak kata yang ditulis semakain bagus dan berkualitas.

Pendapat lain mengatakan bahwa artikel berkualitas yang sesuai dengan standar Google Panda adalah antara 800 sampai 1200 kata. Ada yang mengatakan di atas 1000 kata.

Dalam hemat saya, 500 kata per-artikel adalah ukuran ideal.

Intinya adalah kalau ada tulisan di blog atau situs kita yang kurang dari 400 kata maka (a) segera ditambah jumlah katanya sampai mencapai jumlah minimum; atau (b) disatukan dengan artikel yang lain sehingga jumlahnya mencapai standar minimal atau (c) dihapus.

Perlu diketahui, bahwa blog atau website yang ikut program Adsense dan tidak mengikuti standar ini dapat dibanned akunnya atau Adsense untuk situs terkait dinonaktifkan.


LEBIH DARI 100 ARTIKEL TERINDEKS GOOGLE

Sebuah website atau blog akan memiliki reputasi baik di mata Google apabila sudah banyak artikel yang tertulis dan terindeks oleh Google. Setidaknya 100 artikel yang sudah ditulis dan terindeks dengan baik.

Pengguna Wordpress gratis, Wordpress berbayar, blogger blogspot dan platform lain harus memastikan bahwa situs/blognya sudah terdaftar di Google Webmaster Tools. Lihat: Cara Daftar ke Google Webmaster Tools.


BAGIAN ATAS HALAMAN TIDAK ADA IKLAN, GAMBER BANNER

Dulu, Adsense menganjurkan agar meletakkan iklannya "above the fold" atau di bagian teratas dari halaman situs. Sekarang tidak lagi. Google Panda menyatakan bahwa situs yang meletakkan iklan, atau banner atau gambar di bagian teratas halaman akan turun rankingnya. Begitu juga, bagian atas yang dipenuhi iklan sehingga mengganggu kenyamanan penunjung akan turun derajat SE0-nya.

Berbeda dengan dulu, saat ini kebijakan Google Panda sama dengan Google Adsense. Artinya, akun anda adapat di-banned atau salah satu situs dapat di-disabled Google Adsense apabila menyalahi aturan Google Panda.


GOOGLE PAGE RANK (PR) TINGGI

Google PR tinggi tetap menjadi salah satu sinyal reputasi dan otoritas penting di mata Google walaupun tidak satu-satunya dan tidak maha penting. Terbukti, alkhoirot.net sering menempati halaman pertama pencarian walaupun hanya ber PR 2.

Artinya, boleh-boleh saja mencari backlink tapi tidak usah terlalu bernafsu. Gunakan waktu anda untuk membangun dan menulis artikel berkualitas. Semakin banyak artikel yang baik, maka semakin tinggi reputasi anda di mata Google.


DUKUNGAN SOCIAL MEDIA

Yang dimaksud social media adalah Google Plus, Facebook dan Twitter. Sebuah situs yang banyak mendapat dukungan (Google +1, Like Facebook, Twitter Follower) akan mendapat nilai lebih di mata Google. Begitu juga artikel yang mendapat banyak dukungan dari pengguna social media. Oleh karena itu, pastikan anda meletakkan ikon-ikon social media di halaman utama (front page) situs dan di setiap artikel.


LOADING HALAMAN RINGAN

Loading situs yang ringan disukai Google Panda. Sebaliknya, loading yang berat dibenci Google Panda. Penyebab dari ringan dan beratnya loading sebuah blog adalah seberapa banyak image yang ada di sebuah situs.

Langkah yang perlu dilakukan: (a) Template tidak menggunakan latarbelakang gambar ( single image background); (b) hindari memakai flash karena kedua faktor ini akan menyebabkan loading halaman jadi berat.

Google akan memilih situs yang lebih ringan loadingnya untuk menempati ranking tertinggi dalam pencarian.


JADWAL UPDATE GOOGLE PANDA

Google Panda patroli hampir setiap bulan (lihat 7 bulan pertama di bawah). Oleh karena itu, kalau Anda sudah memperbaiki kualitas artikel di blog Anda, sabar menunggu hasilnya pada bulan berikutnya.

Berikut kronika update Google Panda sejak Februari 2011 sampai Maret 2012

Panda Update 1: Feb. 24, 2011
Panda Update 2: April 11, 2011
Panda Update 3: May 10, 2011
Panda Update 2: Juni 16, 2011
Panda Update 2: Juli 23, 2011
Panda Update 6: Agustus. 12, 2011;
Panda Update 7, September 28, 2011
Panda Update 8, Oktober. 19, 2011
Panda Update 9, November. 18, 2011
Panda Update 10, Januari 18, 2012 Iklan di bagian atas halaman (above the fold). Website yang terlalu banyak iklan di bagian atas halaman jatuh rankingnya.

Panda Update 11: 27 Februari 2012 Situs yang mengandung artikel yang sedikit (thin content) dan duplikat (copy/paste)

Panda Update 12: 23 Maret 2012.

Panda Update 13, April 19, 2012. Penguin update untuk situs spam, terlalu dioptimasi, link tidak natural, rekayasa keyword (kata kunci), dll.

Panda Update 14, April 27, 2012
Panda Update 15, Juni 9, 2012
Panda Update 16, Juni 25, 2012

Panda Update 17, Juli 24, 2012. Backlink tidak alami ditegur langsung oleh Google via Webmaster Tools.

Panda Update 18, Agustus. 20, 2012. Hukuman DMCA bagi situs/blog yang sering dilaporkan karena suka copy/paste content situs lain.

Panda Update 19, September 18, 2012. Hukuman EMD Exact Match Domain Penalty bagi situs yang kualitas rendah dan hanya mengandalkan nama domain yang persama sama dengan keyword.

Panda Update 20, September 27, 2012.
Panda Update 21, 5 November 2012. Hukuman bagi situs/blog berkualitas rendah.
Panda Update ke-22, 21 November 2012.

PENTING: Apabila Anda merasa terkena penalti Google Panda pada bulan lalu, dan sudah melakukan perubahan isi/konten blog, maka kemungkinan SEO dan SERP Anda akan kembali pulih setelah update terbaru. Silahkan perhatikan trafik visitor blog/situs Anda.

Google Penguin


GOOGLE PENGUIN

Setelah Google Panda, kini datang Google Penguin. Google Penguin mulai diberlakukan pada 24 April 2012. Ia merupakan algoritma baru mesin cari Google untuk memfilter, menangkap dan menghukum situs dan blog yang dianggap spam atau over optimized khususnya dibidang link building. Terutama situs yang mengandung terlalu banyak inbound link berkualitas rendah Apabila ada perubahan ranking dan trafik organik dari Google sebelum dan sesudah tanggal tersebut di situs Anda, maka ada kemungkinan situs Anda terkena Google Penguin.

JADWAL GOOGLE PENGUIN

Penguin 1: April 24, 2012
Penguin 2: Mei 26, 2012
Penguin 3: Oktober 5, 2012

YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI GOOGLE PENGUIN

Pada dasarnya hal yang harus dihindari tetap sama dengan algoritma Google Panda yaitu jangan membuat situs yang berbau spam (webspam) dengan konten berkualitas rendah (low quality content).

1. Duplicate Content (konten duplikat).

Jangan mengcopy/paste atau mayoritas meniru artikel orang lain. Dan jangan menulis artikel yang serupa di blog yang sama.

2. Keyword Stuffing (manipulasi kata kunci).

Hati-hati dengan kata kunci yang terlalu banyak. Zamannya optimalisasi kata kunci, keyword utama biasanya ditaruh di judul artikel dan diulang beberapa kali pada artikel.

Untuk menghindari hukuman Google Penguin, gunakan kata kunci apabila memang dibutuhkan.

JADWAL UPDATE GOOGLE PENGUIN

- Google Penguin pertama 24 April 2012
- Google Penguin kedua 26 Mei 2012


GOOGLE EMD (EXACT MATCH DOMAIN)

Google EMD atau Exact Match Domain adalah algoritma Google yang akan memfilter situs berkualitas rendah agar supaya tidak muncul di halaman pertama Google search hanya karena kebetulan nama domain sama dengan kata kunci yang dicuri pengunjung. Sebagaimana Google Panda dan Penguin, Google EMD akan diupdate secara berkala artinya situs yang terkena hukuman Google EMD dapat selamat pada update EMD berikutnya apabila diperbaiki konten situsnya begitu juga situs yang lain yang selamat dapat terjaring pada update berikutnya.

Intinya, webmaster dan blogger tiddak perlu susah payah mencari domain yang namanya sesuai dengan kata kunci. Tapi berusahalah membuat konten situs yang berkualitas, orisinil dan minimal 400 kata lebih.


PAGE LAYOUT (TATA LETAK IKLAN)

Patroli terbaru Google adalah Page Layout disebut juga Top Heavy. Dalam update terbaru ini Google akan menghukum situs atau blog yang memasang iklan above the fold alias berada di posisi paling atas saat pertama kali orang membuka suatu situs atau halaman dari situs.

Solusinya mudah: pindahkan lokasi iklan yang ada di atas ke lokasi lain. Baik itu samping atau di bawah.

Terkait: Solusi Google Penguin 2.0 (2013)



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..