Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Cara Mudah Mendapat Jodoh

Cara Mudah Mendapat Jodoh
Bagaimana Cara Mudah Mendapat Jodoh
PERTANYAAN
Entah kenapa di dalam benak saya ini selalu iri masalah dengan jodoh,

Saya iri melihat teman maupun org yg saya gak kenal berpasangan mesra, apakah hidup didunia ini saya org yg termasuk org yg tidak beruntung berjodoh ? jujur tiap saya jalan seperti ke Mall, saya melihat pasangan itu romantis banget. apakah ada doa doa supaya diberi kemudahan jodoh?

tolong respon saya pak, terima kasih
CL

DAFTAR ISI
  1. Cara Mudah Mendapat Jodoh
  2. Ingin Bunuh Diri Karena Musibah

Cara Mudah Mendapat Jodoh

JAWABAN

Jodoh itu tidak datang dengan sendirinya. Ia harus diusahakan baik cara tidak langsung atau langsung.
Usaha tidak langsung adalah dengan cara memperbaiki kualitas diri, banyak aktif di berbagai kegiatan yang positif, dll. Dari berbagai aktifitas yang kita lakukan, kita akan mendapat perhatian, dikenal dan dinilai orang.

Adapun cara langsung adalah dengan meminta bantuan orang lain, misalnya orang tua atau kerabat dekat, untuk melakukan pendekatan kepada laki-laki yang baik dan salih agar mau menikahi Anda.

Mencari jodoh itu mudah asal kita tidak memilih orang berdasar tampilan fisik. Tapi lebih pada kualitas kepribadian.

Anda dapat mencontoh istri Nabi yang pertama, yaitu Siti Khadijah, yang melamar Nabi lebih dulu. Tapi jangan lupa, sesuaikan kualitas kepribadian diri dengan pria yang ingin didekati sebagai calon suami. Artinya, kalau ingin menikah dengan pria yang baik dan salih, jadilah wanita yang salihah.

______________________________


Ingin Bunuh Diri Karena Musibah

Dapat musibah finansial. Ingin bunuh diri karena sudah tidak kuat lagi. Apa yang saya lakukan?

PERTANYAAN
ass.pak ustad..

pak ustad tolong tanyakan ke pada allah,apa tujuannya menciptakan manusia..apa karna dia mau menunjukkan kekuatan nya..dan kekuasaan nya,slama 2th semua yg saya kerjakan gagal..anak istri saya mau makan..sy sudah tidak kuat..kalo memang dia mau menunjuk kan kekuatan nya,tolong ambil nyawa kami,km sudah tidak kuat..apa ini tujuan nya..untuk menyiksa kita,karna semakin saya hidup, semakin banyak dosa,tolong ambil nyawa kami..iklas

ya allah tolong ambil nyawa kami,karna semakin aku hidup, aku semakin goyah keimanan ku..dan semakin pudar kepercayaan ku..dari pada semakin menumpuk dosaku..ambil lah nyawaku..aq tau engkau maha kuasa..maha bisa..aku tidak tau lagi gimana aq harus berbuat..tolong ambil nyawa ku,walau agama ku sisa se ujung kuku,dr pada sampai batas aq tidak mempunyai keyakinan kepadamu.

kenapa y allah,knapa engkau ciptakan aq..aq m0hon ya allah ambillah nyawa q,apa harus aq mengakhiri hidup ku.dgn cara ku..

Usaha sy bangkrut.uang sy di kabur kan orang,uang batu bara ny, sekarang untuk makan pun sangat susah..semuanya habis.termasuk rumah sudah sy jual,aq bingung..selama 1th sy tidak bisa menaikkan uang,tiap usaha hancur..tolong lah nafkahi km untuk bulan ini.jika msh ada kehidupan untuk km,jika tidak,mohon ya allah ambil lah nyawa km ber 4.amien

JAWABAN

Pertama-tama, kami ikut merasa prihatin atas musibah finansial yang menimpa Anda yang tentunya berdampak pada kehidupan keluarga Anda juga. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa musibah datang dan pergi. Dan musibah dapat menimpa siapa saja: orang baik, orang jahat, orang beriman orang kafir, siapa saja.

Apa yang terpenting saat menghadapi musibah adalah bagaimana cara kita menyikapinya. Dalam hal ini ada 2 (dua) pilihan sikap.

Pertama, sedih saat mendapat musibah. Namun, pada saat yang sama menyadari bahwa bersedih berlama-lama bukanlah jalan terbaik karena kehidupan terus berjalan dan harus terus berjalan. Menyadari hal itu, jalan terbaik adalah berusaha bangkit dari keterpurukan dan berusaha kembali sedapat mungkin. Kalau perlu mulai dari nol. Dan musibah akan diambil hikmahnya sebagai pembelajaran yang berarti.

Pada saat tertimpa musibah, perbanyak silaturrahmi melakukan kunjungan pada orang-orang yang bernasib serupa. Atau memperbanyak membaca kisah orang-orang yang dapat bangkit dari keterpurukan dan kembali sukses luar biasa.

Kedua, bersedih dan terus menyesali apa yang terjadi. Cara ini tidak akan menyelesaikan masalah. Justru menambah parah persoalan. Dan ini dapat berakibat seseorang kehilangan kepercayaan diri pada Allah dan kehidupan sehingga ingin mengakhiri hidup.

Pilihan ada di tangan Anda. Mau memilih cara pertama atau cara kedua dalam menyikapi musibah yang menimpa.

KEBERUNTUNGAN DAN MUSIBAH ADALAH UJIAN

Dalam QS Al-Anbiya' 21:35 Allah berfirman: ونبلوكم بالشر والخير فتنة
Artinya: Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya).

Muhammad bin Jarir At Tabari dalam Tafsir At-Tabari menjelaskan ayat di atas demikian:

ونختبركم أيها الناس بالشر وهو الشدة نبتليكم بها ، وبالخير وهو الرخاء والسعة العافية فنفتنكم به

قال ابن عباس قوله ( ونبلوكم بالشر والخير فتنة ) قال : بالرخاء والشدة ، وكلاهما بلاء

حدثنا سعيد عن قتادة قوله ( ونبلوكم بالشر والخير فتنة ) يقول : نبلوكم بالشر بلاء ، والخير فتنة

قال ابن زيد في قوله ( ونبلوكم بالشر والخير فتنة وإلينا ترجعون ) قال : نبلوهم بما يحبون وبما يكرهون ، نختبرهم بذلك لننظر كيف شكرهم فيما يحبون ، وكيف صبرهم فيما يكرهون

Artinya: Kami (Allah) akan mengujimu wahai manusia dengan keburukan yaitu kesulitan yang kami timpakan padamu. Dan (mengujimu) dengan kebaikan yaitu kekayaan, banyak rejeki dan kesehatan maka kami mengujimu dengannya.

Ibnu Abbas berkata: kekayaan dan kemiskinan adalah sama-sama musibah.

Said dari Qatadah Nabi berkata: Diuji dengan keburukan adalah musibah sedang dengan kebaikan adalah fitnah (ujian).

Ibnu Zaid mengatakan makna ayat di atas adalah: Kami mengujimu dengan sesuatu yang kamu senangi dan yang kamu benci. Kami menguji untuk melihat bagaimana bentuk syukur kalian atas apa yang kalian sukai dan bagaimana kesabaran kalian atas apa yang kalian benci.

Jadi, poin penting dari perkataan Ibnu Zaid adalah kehidupan kita akan bermakna apabila kita dapat bersyukur saat banyak rejeki dan dapat bersabar saat miskin.


BUNUH DIRI BUKAN SOLUSI

Pertama, silahkan baca apa kata Al-Quran tentang faktor penyebab musibah di sini. Dan bagaimana cara menyikapi musibah yang menimpa kita.

Bunuh diri bukanlah solusi untuk lari dari kesulitan. Itu hanya dilakukan oleh orang yang takut menghadapi masalah di dunia dengan harapan tidak ada lagi masalah di akhirat. Padahal Allah menjelaskan pada kita bahwa akan menjalani hidup 2 kali: di dunia dan di akhirat. Di samping itu, bunuh diri adalah termasuk dosa besar dalam Islam.

KESIMPULAN DAN SARAN

1. Sabar atas musibah finansial yang menimpa dengan cara berfikir positif bahwa Allah sedang menguji Anda untuk mendapatkan yang lebih baik lagi.

2. Cepatlah bangkit dengan bekerja apa saja yang halal. Mulai dari nol kalau perlu.

3. Jangan berfikir untuk bunuh diri. Karena kalau itu dilakukan, Anda adalah seorang pengecut yang memang tidak pantas memiliki harta yang anda tangisi hilangannya.

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam