Thursday, February 20, 2014

Hukum Mengambil Harta Orang Tua Tanpa Ijin


Hukum Mengambil Harta Orang Tua Tanpa Ijin

HUKUM MEMBERITAHU PERSELINGKUHAN IBU PADA AYAH

Assalamualaikum wr.wb.

Jadi begini ustadz, saya mengetahui kalau ibu saya berselingkuh dengan teman kerjanya sejak 5 tahun yang lalu. Saya tidak melakukan apa-apa ketika itu karena berharap bahwa hubungan itu hanya sementara dan akan berakhir. Ternyata hubungan ini masih tetap berlanjut hingga sekarang karena saya secara tidak sengaja melihat SMS ibu saya dengan teman kerjanya tersebut yang cukup mesra dan cukup banyak jumlahnya. Saya tidak tahu apakah ayah dan kakak saya mengetahui hal ini. Saya tidak tahu harus berbuat apa dengan Ibu saya ustadz. Saya juga tidak tahu apakah saya harus memberitahu ayah saya mengenai hal ini. Saya tidak ingin merusak hubungan di dalam keluarga saya. Akan tetapi saya juga sudah tidak sanggup menyimpan rahasia ini lagi.

DAFTAR ISI
  1. Hukum Memberitahu Perselingkuhan Ibu Pada Ayah
  2. Hukum Gaji Pegawai Perusahaan Kontraktor Yang Manipulasi Data
  3. Hukum Menambil Harta Orang Tua Tanpa Ijin

1. Sebaiknya sebagai anak dan muslim yang baik, apa yang harus saya lakukan ustadz?
2. Saya berencana untuk berbicara dengan teman kerja ibu saya tersebut tanpa memberitahu ayah, ibu, maupun kakak saya dengan harapan teman kerja ibu saya tidak lagi menjalin hubungan dengan ibu saya. Mohon bimbingannya ustadz.

Saya mohon untuk merahasiakan alamat email maupun nama saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.
S


JAWABAN SOAL HUKUM MEMBERITAHU PERSELINGKUHAN IBU PADA AYAH

Dalam melihat suatu kemunkaran (keburukan) prosedur standar yang harus dilakukan seorang muslim ada tiga pilihan (a) mencegah atau menghentikan perbuatan itu dengan tangan atau kekuasaan kita; (b)mencegah dengan lisan (mulut); (c) diam dengan inkar (tidak menyetujui). Urutan yang terbaik adalah yang pertama, disusul kedua dan kemudian ketiga. Ini berdasar sebuah hadits sahih riwayat Muslim Nabi bersabda
من رأى منكم منكرا فليغيره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه ، فإن لم يستطع فبقلبه ، وذلك أضعف الإيمان

1. Niat Anda untuk merubah keadaan dan mencegah hal buruk itu terjadi sudah benar. Silahkan diteruskan.
2. Menghubungi pihak ketiga yang selingkuh dengan ibu Anda itu juga langkah bijaksana. Kalau itu tidak memperbaiki keadaan, anda dapat langsung berbicara dengan ibu kalau perlu mengancam dia akan memberitahu ayah.

Kalau langkah-langkah di atas masih tidak bisa menghentikan perilaku ibu, ayah anda berhak untuk tahu. Biarlah dia yang memutuskan apa yang akan dia lakukan setelah tahu masalah tersebut.

____________________________________________________________


HUKUM GAJI PEGAWAI PERUSAHAAN KONTRAKTOR YANG MANIPULASI DATA
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

1. saya bekerja pada salah satu perusahaan kontraktor. Dalam dunia kerja di kontraktor manipulasi data dan suap seolah menjadi hal yang biasa, karna berkali kali saya pindah perusahaan kontraktor praktek manipulasi data dan suap tetap selalu terjadi. Biasanya saya terlibat dalam pembuatan manipulasi data. Apakah gaji yang saya dapat itu rizki yang halal???

2. Bagaimana cara menghilangkan najis apabila seseorang memakan daging anjing/babi???

Thanks before
شكرا كثير
والسلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Jeebs

JAWABAN HUKUM GAJI PEGAWAI PERUSAHAAN KONTRAKTOR YANG MANIPULASI DATA

1. Bekerja pada sebuah perusahaan kontraktor itu hukum dasarnya boleh. Ini berbeda dengan bekerja pada bekerja pada perusahaan minuman keras atau judi. Sedang perbuatan memanipulasi data itu adalah perbuatan yang haram. Maka, gaji anda sifatnya terdiri dari campuran halal dan haram atau disebut juga dengan harta syubhat. Harta syubhat tetap boleh dimakan, kecuali kalau anda tahu persis mana harta yang dari gaji halal dan mana harta yang dari perilaku haram maka uang yang jelas dari sumber haram itu hukumnya haram. Lebih detail lihat: Hukum Harta Syubhat Campuran Halal dan Haram

Idealnya, pekerjaan anda di tempat yang sekarang sebaiknya bersifat sementara. Artinya, anda harus punya rencana jangka panjang untuk mencari kerja di tempat yang 100% halal supaya tidak ada harta yang bercampur antara halal dan haram. Karena dari harta yang berkah akan tercipta keluarga yang diberkati.

2. Cara menyucikan najis anjing dan babi adalah dengan membasuhnya dengan air sebanyak 7 (tujuh) kali salah satunya dicampur dengan debu. Berdasar hadits sahih riwayat Muslim

طهور إناء أحدكم إذا ولغ فيه الكلب أن يغسله سبع مرات أولاهن بالتراب
Artinya: Bejana suci kalian apabila dijilat anjing maka hendaknya dicuci tujuh kali salah satunya dengan debu.

Apabila memakan daging babi, maka cara mencucinya cukup bagian yang dapat dicuci. Yaitu, bagian mulut anggota badan bagian luar yang terkena najisnya.

____________________________________________________________


HUKUM MENGAMBIL HARTA ORANG TUA TANPA IJIN

Assalamu'alaikum Pak Ustad, selama ini saya dipinjamkan uang oleh orang tua saya sendiri untuk modal usaha. dan dikenakan bunga yang cukup tinggi 1,5 - 2 persen perbulan lebih besar dari bunga bank. saya ikuti dan selalu bayar karena memang saya butuh modal, dan saya anggap sebagai pemberian pada orang tua.hal ini sudah berlangsung selama 7 tahunan selama saya menikah. masalahnya sekarang ketika saya beli tanah pun sekarang saya tetap harus membayar bunga.

padahal waktu proses jual belinya katanya tidak akan dikenakan bunga, sekarang ketika tanah sudah dibeli saya diharuskan bayar 2 jt perbulan untuk bunganya saja padahal saya sudah menyetujui untuk memberikan tambahan 15 juta diluar pinjaman saya. saya sebenarnya sedih dan menangis karena org tua saya begitu, dan saya pun malu dengan suami saya. ibu saya mengatakan sudah kamu iyakan saja nanti ibu yang membayar uang yang 2 juta itu dan mengambil dari uang ayah. ibu saya juga mengelola usaha ayah saya.

apakah itu diperbolehkan? terus terang saya takut, dan yang saya takutkan kalo ibu saya tidak ada umur. apakah saya harus tetap membayar uang itu selama saya belum melunasi hutang saya yang banyak? atau saya boleh mengambil uang ayah saya tanpa sepengetahuannya hanya bunganya saja yang 2 juta sedangkan saya tetap akan membayar sendiri hutang pokoknya? saya sebenarnya tidak mau pak ustad dengan sistem bunga ini cuma ayah saya selalu memaksa dengan mengatakan kalo dia kepikiran dan tidak bisa tidur, saya takut ayah saya sakit jadi saya menyetujui walaupun saya menangis setelahnya di rumah. pertanyaan saya :

1. apakah orang tua saya dan saya berdosa selama ini karena adanya bunga.
2. berdosakah saya kalo saya mengambil uang ayah hanya bunganya saja sedangkan pinjamannya tetap saya bayarkan?
3. berdosakah ibu saya kalo mengambil uang ayah untuk membantu anak-anaknya?
tolong saya pak ustad, terima kasih atas jawabannya
Safira

KAWANAM HUTANG PADA ORANG TUA DENGAN BUNGA

1. Iya. Riba adalah termasuk dosa besar dalam Islam.

2. ِDalam kasus Anda, tidak membayar bunga pinjaman tidaklah termasuk mencuri. Karena bunga itu adalah riba yang haram hukumnya.

Secara umum, seorang anak tidak boleh atau haram mengambil harta ayah atau ibunya tanpa ijin kecuali apabila ayah sangat pelit sampai tidak memberi kebutuhan dasar seperti baju dan makanan sedang si anak sangat miskin dan membutuhkannya. Apabila anak itu sudah mencapai usia akil baligh dan mampu secara materi, maka ia dihukumi sebagai pencuri namun tidak perlu dipotong tangannya (apabila di negara Islam yang memberlakukan potong tangan) menurut pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Ibnu Qudamah menyatakna dalam Al-Mughni

ولا يقطع الابن وإن سفل , بسرقة مال والده وإن علا . وبه قال الحسن, والشافعي, وإسحاق , والثوري, وأصحاب الرأي
Artinya: Anak atau cucu tidak dipotong tannya karena sebab mencuri harta ayah atau kakeknya. Ini pendapat dari Hasan al Bishri, Syafi'i, Ishak, Tsauri dan ashab ar ra'y.

Namun demikian, dari pihak ayah ia tetap wajib memberi nafkah kepada anaknya, terutama anak perempuan apabila miskin. Lebih detail lihat: Kewajiban Ayah Menafkahi Anak

3. Istri dibolehkan mengambil uang suaminya yang pelit sesuai kebutuhan. Lebih detail lihat: Cara Menghadapi Suami Pelit.

____________________________________________________________




Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..