Selingkuh Berawal dari Curhat

Selingkuh Berawal dari Curhat
NIKAH TERHALANG ADAT JAWA

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Saya seorang wanita yang akan dipinang oleh kekasih saya, karena ibu kekasih saya sudah meninggal akhirnya pinangan itu di larang oleh orang tua saya, alasannya karena adat jawa yang tidak memperbolehkan wanita menikah dengan seorang pria yang salah satu orangtuanya sudah meninggal. Dan jika semua itu dilanggar akan mendapat musibah.

Pertanyaan saya:
1. Apakah semua itu benar adanya ?
2. Adakah hukumnya larangan menikah dengan seorang pria yang salah satu orang tuanya sudah meninggal?
3. Apakah ada larangan menikah dengan seorang pria yang salah satu orang tuanya sudah meninggal menurut syariat islam?
Mohon untuk solusi masalah saya .
Wassalamualaikum. Wr. Wb.

DAFTAR ISI
  1. Nikah Terhalang Adat Jawa
  2. Perselingkuhan Berawal Dari Curhat
  3. Suami Istri Idealnya Tinggal Sendiri Atau Bersama Orang Tua
  4. Menikah Melangkahi 2 Kakak
  5. Pilih Orang Tua Atau Istri

JAWABAN NIKAH TERHALANG ADAT JAWA

1. Tidak benar. Orang tua Anda justru berdosa apabila menolak permintaan putrinya untuk menikahkan tanpa alasan syariah seperti itu.
2. Hukumnya boleh dan sah. Karena sahnya pernikahan tidak ada hubungan dengan orang tua meninggal atau masih hidup.
3. Tidak ada larangan dalam Islam. Lebih detail lihat syarat dan rukun pernikahan dalam: Pernikahan Islam.
___________________________________


PERSELINGKUHAN BERAWAL DARI CURHAT

Assalammualaikum wr wb

Pak ustadz saya mau bertanya dulu saya pernah dekat dengan pria sudah beristri dn mempunyai 2 org ank, kami 1 kantor dn tanpa saya sadari saya dekat dengan dia dn saya dijadikan tmn curhat ny, dy sering cerita tentang rmh tangga ny dn istri ny, kata ny istri ny slalu curiga dn suudzon dgn ny krs kpala dn susah diatur hingga sering ad kributan dn dy pun crita sdh tdk tidak cinta lagi kpd istri sjk ank pertama, dn dlm rmh tangga ny pun dlm 1 rmh ad paman bibi adik dn ibu istri ny yg mungkin suka msk dlm rmh tangga ny, sbnr ny kt ny sdh lama dy ingin menceraikan hanya krna faktor kasian dn krna ank akhir ny dy hanya memendam sndiri dn akhir ny entah knp dy tertarik begitupun saya kami akhir ny berpacaran hingga dy menetapkan ingin dgn saya dn menceraikan istri ny. hingga suatu hari istri ny pun mengetahui hingga saya di sms di maki2 smpe saya di sumpahin klo smpe jd dgn suami ny rizki akn susah dn akn kena karma, akn di santet dsb, dn saya pun berusaha melepas dy sblm dketahui istri ny saya brusaha ingin pisah dr dy tp dy tdk terima dn trus kekeh ingin dgn saya, kt dy dy ttep menceraikan istri ny wlwpn jika tdk jodoh dgn saya, saya pasrah krn saya bingung ini jln allah ato kesalahan saya krna saya sdh msk dlm RT ny, saya pun slalu berdoa kpd allah klo ini bkn jodoh saya saya minta dijauhkan, singkat crita dy cerai dn saya pun menikah smpe saat ini sdh 10bln tp dgn kehidupan kami saya selalu kebayang2 apakah saya dosa. Dn saya slalu ribut dgn suami saya hanya krn mslh ini . Yang mw saya tanyakan :

1. Ap yg saya hrs lakukan skrg saya selalu dihantui rasa bersalah pdhl saya sdh minta maaf dgn mantan istri ny tp dy blm bs menerima slalu blg penyebab perceraian krna saya, wlwpun saya blg saya lepas tp memang suami ny tdk mw kembali..
2. Ap bnr ini jalan allah atau kesalahan saya
3. krna saya takut karma dn ap bnr klo org yg disakiti sumpahan ny akn ke kabul,
4. krn perekonomian kami buruk dn blm dikarunia anak hingga cobaan terus menerus ap it krn sumpah dr istri ny ?
Terimakasih sebelum ny pak ustadz

JAWABAN

Salah satu modus laki-laki mendekati wanita adalah dengan cara curhat terkait masalah dirinya. Baik itu curhat beneran atau palsu. Yang jelas cara curhat cukup berhasil untuk menggoda dan mendapatkan perempuan lain (WIL) dengan cara yang "elegan". Jawaban pertanyaan anda sbb:

1. Sekarang anda sudah menikah dengan dia, maka jaga pernikahan itu seharmonis mungkin. Jangan membikin masalah yang membuat suami anda ini nantinya akan curhat pada wanita ketiga yang pada gilirannya anda akan menjadi korban berikutnya. Cobalah lupakan masa lalu. Dan anggap tidak terjadi apa-apa. Jangan bicara apapuun dengan suami anda terkait masa lalu yang hanya akan membuat dia marah. Lebih detail baca buku: Cara Membina Keluarga Harmonis.

2. Karena perpisahan suami dan istri pertama melibatkan anda, maka yang salah adalah dua orang yaitu suami dan anda.
3. Karma kadang terjadi kadang tidak; lihat Hukum Karma dalam Islam. Dan memang ada hadits yang menyatakan bahwa doa orang yang terdzalimi itu terkabul. Lihat: Doa orang terdzalimi. Namun, anda sudah lepas dari tanggungan hak adami (sesama manusia) apabila anda sudah meminta maaf.

Jadi, sekali lagi pikirkan ke masa depan dan masa lalu.

___________________________________



SUAMI ISTRI IDEALNYA TINGGAL SENDIRI ATAU BERSAMA ORANG TUA?

Assalamualaikum pak ustad.

Pak, saya ingin bertanya tentang hukum Islam dari beberapa hal berikut ini:

1. Bagaimana hukum nya jika suami meminta kembali pemberiannya kepada istri, - bukan dalam keadaan kesulitan uang. Misalkan dia sudah membelikan istrinya sebuah HP, kemudian HP itu diminta lagi karena alasan istrinya main2 HP melulu. Padahal istrinya main HP setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Bukankah HP itu sudah dia berikan ke istri, apakah wajar suami meminta kembali. Padahal kan sudah hak istri untuk dinafkahi dan dibelikan sesuatu?

Apakah Islam tidak mengakui hak milik istri dari apa-apa yang sudah diberikan suami?

Jika istri menolak mengembalikan, apakah itu termasuk tidak patuh (durhaka) pada suami?

2. Bagaimana hukumnya jika istri menolak untuk tinggal bersama orangtua suami? Istri keberatan karena tidak leluasa mengatur rumah tangga. Pernikahan mereka masih baru belum sampai 1 tahun dan istri ingin belajar mandiri mengurus rumah tanpa campur tangan pihak luar. Suami sanggup memberikan tempat tinggal lain berupa ruko, dan istri rela tinggal di ruko tsb. Orangtua suami tinggal sendirian namun belum uzur, belum butuh perawatan yang intensif. Sebelum suami menikah, mertua juga sering ditinggal sendirian. Ruko dan rumah mertua berada dalam 1 kota, sehingga suami dapat pulang kapan saja menemui orangtua

Dalam Islam idealnya suami istri tinggal dimana?
Terima kasih pak ustad.
Wassalamualaikum.

JAWABAN

1. Sesuatu yang sudah dibeirkan tidak boleh diminta kembali kecuali pemberian orang tua pada anaknya. Artinya, anda berhak menolak memberikan barang itu karena sudah menjadi hak anda. Namun, kalau suami anda meminta dan dia mungkin akan marah kalau ditolak, maka anda perlu memikirkan konsekuensi tersebut. Bukankah hidup harmonis lebih penting daripada bertengkar? Lebih detail baca buku: Cara Membina Keluarga Harmonis.

2. Dalam Islam, suami istri tinggal di rumah sendiri. Rasulullah tinggal di rumah sendiri-sendiri bersama istri-istrinya. Tentang keinginan suami tersebut, komunikasikan dengan baik keinginan Anda, jangan memaksakan kehendak sendiri. Karena, anda dan dia hidup dan tinggal bersama setiap hari. Saling memaksakan kehendak masing-masing bukanlah hal yang baik menuju rumah tangga harmonis. Kalau sering tidak harmonis, maka tinggal menunggu waktu untuk konflik berikutnya yang mungkin lebih besar. Kata magic bagi rumah tangga: hindari konflik sebisa mungkin. Dan berusahalah saling mengalah dan saling enyenangkan satu sama lain.
___________________________________


MENIKAH MELANGKAHI 2 KAKAK

assalamu'alaikum wr. wb.

Saya mau bertanya. Saya pria berumur 20tahun. Pasangan saya berumur 25tahun. Saya anak terakhir dr 4 sodara (cwo cwe cwo cwo). kakak ke2 saya yg perempuan sudah menikah duluan. Tinggal kakak pertama dan ke3.

Ibu saya awalnya setuju akan menikahkan kami. Kakak saya pun juga tidak keberatan. Tapi setelah ibu bertanya kepada "orang tua" di kampung. Mereka berkata tidak boleh melangkahi 2 kakak, akibatnya saya yang akan susah kedepannya. Dan ibu saya percaya. Dan kata ibu saya harus ada uang untuk melangkahi kakak menikah.

1. Apakah di islam ada larangan untuk melangkahi 2 kakak untuk menikah dan apakah harus ada uang untuk melompati kakak menikah?
2. Berapakah umur minimal pria untuk menikah dalam islam?
3. Saya harus menjelaskan apa kepada ibu saya supaya tidak mengikuti adat tapi hanya agama?

Tolong dijawab, karena saya tidak ingin memasukan adat/tradisi dalam
hidup saya. Saya hanya mau islam dalam kehidupan saya.

Waalaikumsalam wr. wb.

JAWABAN

1. Tidak ada sama sekali. Itu murni tradisi Jawa yang dipengaruhi oleh agama anismisme atau Hindu/Budha.
2. Sesudah mencapai usia akil baligh (sekitar 15 tahun) atau sudah mimpi basah seorang laki-laki boleh dan dianjurkan untuk menikah.
3. Jelaskan bahwa itu hanya adat. Kalau bisa, ajak seorang ustadz yang ahli agama untuk berbicara pada ibu anda.

___________________________________



PILIH ORANG TUA ATAU ISTRI

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Maaf ustadz,...mlm ne saya benar" bingung,mersa bersalah juga iya. tpat nya 18 april 2013,..skitar pukul 5 sore,...saya baru ribut "lagi" dgn ibu saya... ini bkn yg pertama,...udah sering ustadz,...
saya serasa makan sibuah masaya punya ibu yg pemikiran nya sangat bertolak belakang dgn saya,..dan saya mnilai apapun yg dilakukan ibu saya sudah keterlaluan,..dia rajin sholat,mengaji,..tp sifat jelek yg mnurut islam seperti Riya,Iri,Hasut,..smua nya ada di ibu saya...

1. Brusan saya bertengkar lagi dgn ibu saya,...hanya gara" adik ipar saya tnggal drumah,..kbtulan adik ipar saya ini seorang YATIM,..kmaren nenek saya baru mninggal,..jadi saya,istri dan anak" serta ibu saya,...yang mnempati kdiaman nenek saya,...kbtulan juga sy punya usaha d tanah nenek saya yg ltak nya dkat dgn rumay yg kami diami,...
maksud hati ingin bersedkah dgn mmlihara seorang yatim,...sekaligus menjaga usaha kami kalau malam hari adik ipar saya yg tidur d t4 usaha kami.
saya pikir islam mngajarkan kita untuk bersedkah,mmelihara yatim,..terutama kluarga sndri...tp malah ibu saya mnentang dgn alasan saya memanjakan adik ipar saya,..saya sudah berusaha mnjelaskan baik" tapi ibu saya pemikiran nya suka negatif,...lalu ibu saya marah" kpada istri saya karna kurang puas dgn penjlasan saya,..saya hilang kendali ustadz,...saya marah" kpada ibu saya,..pd dsar nya saya mereka sering ribut,saya tdk pernh ikut campur,tp saya manusia biasa terkdang juga punya bats kesabaran,...saya g tahan mlihat istri saya sllu d marah"in, ibu saya klo marah bisa berhari" diam,...klo tak d sapa dia tak mau mnyapa,..kmaren mninggal nya nenek saya juga sdikit banyak nya krn tingkah laku ibu saya,...saya kcewa dgn tingkah ibu saya,...

2. saat ini kputusan istri saya ingin pulang k rumah ibu nya,....saya bngung ustadz,...saya larang,..tkut istri saya tertekan bathin,..saya biarkan dia pulang k rumah ortu nya,...saya malu sama mertua saya,...apa yang saya musti lakukan ustadz,...
trimaksih ustadz udah mnyediakan layanan ini,...
billahitaufik wal hidaiyyah wassalammu'alaikum Wr.Wb

JAWABAN

1. Hindari bertengkar dengan ibu walaupun anda di pihak yang benar. Kalau ingin bersedekah, lakukan tanpa sepengetahuan dia. Ingat, ridha Allah ada pada ridha ibu. Ada kisah pada zaman Nabi di mana seorang anak kesulitan waktu sakaratul maut dan baru bisa mati setelah dimaafkan oleh ibunya.

2. Idealnya anda berdua tinggal di rumah sendiri walaupun dari ngontrak. Cari yang dekat dengan rumah ibu. Pasangan suami-istri sebaiknya memang tidak tinggal bersama ibu yang cerewet, karena itu akan merusak keharmonisan dan kenyamanan rumah tangga. Kalau tinggal di rumah istri akan menjadi lebih baik, maka sebaiknya tinggal di sana saja.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!