Thursday, July 31, 2014

Harta Waris Untuk Istri Muda Dan Istri Tua


Harta Waris Untuk Istri Muda Dan Istri Tua
HARTA WARIS UNTUK ISTRI MUDA DAN ISTRI TUA

Assalamualaikum ustadz....
saya mau bertanya, bagaimana pembagian warisan keluarga saya
1. bapa saya menikah dengan ibu saya dan mempunyai anak yaitu saya, kemudian bapa saya menikah lagi (poligami) dengan seorang wanita hingga harta bapa saya bangkrut karena dikuras oleh istri mudanya dan mempunyai anak. kemudian ibu saya bercerai dengan bapa saya, setahun kemudian ibu dan bapa saya rujuk. sedangkan bapa saya masih suami-istri dengan istri mudanya .
1. apakah ibu saya menjadi istri muda, atau tetap menjadi istri pertama ? meskipun sudah pernah cerai dulu
2. bagaimanakah nanti pembagian warisnya ? mengingat harta bapa saya juga hasil "usaha bersama bapa dan ibu saya", sedangkan istri mudanya hanya menikmati saja ? apakah istri muda dan anaknya harus menikmati sisa harta bapa saya juga ? .
3. untuk menyelamatkan sisa harta bapa saya dari istri muda dan anaknya, apakah boleh dihibahkan sepenuhnya kepada saya ? mengingat bapa saya mengatakan, jika seluruh sisa hartanya adalah untuk saya .
4. bapa saya pun mempunyai anak dari mantan istrinya sebelum ibu saya, dan bapa dan ibu saya mempunyai anak angkat. bagaimana mengaturnya ustadz ?

terima kasih jawabannya...

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. HARTA WARIS UNTUK ISTRI MUDA DAN ISTRI TUA
  2. TAK DIRESTUI KARENA BEDA SUKU
  3. PERKAWINAN TAK DIKETAHUI KEDUA ORANG TUA
  4. MENDENGAR SUARA BURUNG LIAR DI MALAM HARI PERTANDA BURUK?
  5. WANITA TAK PERAWAN DITINGGAL MANTAN
  6. NAZAR DEGAN JANGKA WAKTU TERTENTU
  7. BOLEHKAH MENIKAHI WANITA YANG SEKAMPUNG DENGAN ISTRI KAKAK
  8. DOA SHALAT DHUHA
  9. GADIS PERAWAN MIMPI DIPACARIN DAN DINIKAH PRIA
  10. SUAMI YANG PATUT DIHORMATI ISTRI
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Dalam Islam tidak ada bedanya istri muda dan istri tua. Dan tidak ada dampak hukumnya dalam segi waris, dll dalam arti semua istri akan mendapat bagian 1/8 (seperdelapan) yang dibagi di antara semua istri. Namun secara negara, ibu anda tetap dianggap istri pertama.

2. Iya, istri kedua akan mendapat warisan dari suaminya dan anaknya akan mendapatkan warisan dari bapaknya. Namun perlu dicatat, bahwa yang diwariskan itu adalah harta yang murni milik bapak anda. Jadi kalau dalam harta tersebut terdapat harta hasil usaha bersama, maka sebelum diwariskan harus dipisah dulu antara harta milik bapak dan milik istri pertama.

3. Boleh. Selagi masih hidup, maka pemilik harta boleh saja menghibahkan seluruh hartanya kepada salah satu anaknya atau kepada siapapun. Apapun tujuannya. Karena selagi seseorang masih hidup, maka ia bebas untuk mengelola hartanya termasuk untuk diberikan/hibahkan, atau disedekahkan, dll. Sekali lagi, hibah harus dilakukan selagi pemilik harta masih hidup. Dan sebaiknya, hal itu disahkan secara yuridis formal dalam arti hibah itu harus tertulis dan dianggap sah secara hukum agar tidak ada tuntutan di kemudian hari dari pihak lain.

4. Semua anak berhak mendapat warisan dari ayahnya, baik dari istri pertama, kedua atau ketiga. Sedangkan anak angkat tidak berhak mendapatkan harta warisan karena ia bukan kerabat dari orang tua angkatnya.

Baca: Hukum Waris Islam
__________________________


TAK DIRESTUI KARENA BEDA SUKU

assalamu ’alaikum wr.wb,,bapak/ ibu pengasuh ponpes alkhoirot, saya N asal jakarta, saya mendapat alamat email ini waktu saya googling dengan kata kunci "mendapat restu dr orang tua",,,ya dengan kata kunci itu saya menemukan alamat email ini...
Saya mohon pencerahanny untuk masalah saya ini, saya kenal dengan seorang lelaki beda suku, alasa n saya memilih dia karna di mata saya agama dia bagus,dan dia sangat menyayangi ibunya, itulah pertimbangan saya untuk serius dengan dia, awalnya ibu saya menentang hubunganungan kami,karna kami beda suku,saya Jawa dan dia Betawi,,,

sebenrnya alasan ibu saya bukan mutlak di perbedaan suku saja,,ibu saya trauma mendengar anak tetangga yang menikah dengan.orang betawi dan akhirnya sang istri disakiti oleh suami dan ibu mertua...awalnya saya bisa.meyakinkam ibu saya,sampai sudah ada komunikasi lwt tlp antara calon suami saya dengan ibu saya...saya pun jg sudah mulai dikenalkan dengan keluarga dia,karna memang dr awal niat kami ingin menikah,1 bulan yang lalu masih biasa2 saja ,dan pada akhirnya sekitar satu minggu yg lalu ibu saya bercerita kalau dia ditemui oleh seorang lelaki dan lelaki itu memberi nasehat ke ibu saya agar saya.menyudahi hubungan kami...mendengar berita itu hampir remuk badan dirasa,,,ibu berubah...dan sekarang ibu benar2 tidak.mengijinkan saya menjalin hubungan dengan dia dengan alasan kalau dimimpi ibu saya adalah sebuah petunjuk...

yang akan saya tanyakan,
1. apakah.salah jika saya masih ingin.melanjutkan hubungan ini? karena menurut saya,yg layak dipilih dr lelaki tu agama bukan suku bukan harta ataupun rupa...
2. kedua,mungkin ada saran.untuk saya bagaimana bisa meluluhkan ibu saya....
3. ketiga untuk.mimpi ibu saya itu memang petunjuk atau hanya jin yg ingin menguji kami....
4. ke empat hal apa yg harus dilakukan calon suami saya untuk ibu saya...
Atas jawaban dan pencerahannya saya ucapkan terima kasih.wasalamu ’apaikum wr.wb

JAWABAN

1. Tidak salah anda melanjutkan hubungan dengan dia sampai ke jenjang perkawinan apabila memang dia pria yang baik dalam segi agama dan kepribadiannya. Perbedaan suku sama sekali bukan hambatan dalam perkawinan menurut tinjaun syariah.

2. Silahkan anda minta tolong pada orang bijaksana yang dekat dengan ibu agar dia bisa memberi masukan yang meyakinkan pada ibu anda. Proses meyakinkan ibu itu tentunya butuh waktu dan tahapan. Jadi, silahkan anda atur tahapannya dengan orang yang anda mintai tolong tersebut.

3. Mayoritas mimpi yang datang itu berasal dari jin/setan atau diri sendiri. Ada sebagian kecil mimpi yang benar yang berasal dari malaikat. Lihat: Mimpi dalam Islam

4. Bersikaplah seperti biasa. Yang sekiranya akan membuat ibu minimal tidak semakin antipati. Kalau bisa bersikaplah yang akan membuat ibu senang dan berubah baik. Apa itu? Anda tentu lebih tahu.

Baca juga: Istikharah dalam Islam
__________________________


PERKAWINAN TAK DIKETAHUI KEDUA ORANG TUA

Ass wr wb, perkenalkan saya ibu rt, saat ini saya sedang menghadapi masalah yg sangat pelik, begini ustd, saya mempunyai seorang putri, sudah sekitar 4 tahun bekerja di abudabi, sebagai karyawati disebuah perusahaan. Selama bekerja disana. Sih masih aman aman dan taat beribadah, selang beberapa lama cerita bila putri saya berkenalan dengan teman sejawat dan beragama non muslim. Selama berteman selalu saya ingatkan jngn berrhubungan dengan non muslim, kalau mau jodoh carilah yg seagama/ seiman. Pokoknya saya tidak menyetujui dan saya tolak besar. Nah baru baru ini pulang ke jakarta.
Bagai disambar petir, dia cerita kalau sudah nikah dari tahun 2011, dan sudah punya anak umur 2 tahun, betapa kagetnya ustadz saya terasa mau pinsan. Saya bingung dan saya belum kemukakan ke suami tentang perangai anak saya tsb, karena pertimbangan saya ini bulan ramadhan, sedangkan kita baru menjalankan ibadah, saya takut kalau saya cerita ke suami, takut bapaknya kaget dan menyangkut kesehatan beliau, karena anak tsb kesayangan dan selalu dibanggakan. Saya dan anak yg lain berembug untuk menyampaikannya setelah hari raya.
Untuk pernikahannya dia memakai wali hakim, karena di arab hukumnya haram kalau jalan berdua, berarti hanya nikah secara agama tampa persetujuan orang tua.
Pertanyaan saya :
1) apakah saya harus menikahkan lagi secara negara agar resmi dan mempunyai surat nikah. 2) anak tsb sudah masuk islam dan sekarang sedang belajar agama di arab. Anak tsb berwarganegara Srilangka
3) apakah saya harus menunggu sampai lepas bulan puasa untuk cerita ke suami, kalau saat ini takut mengganggu ibadahnya dan kesehatannya.
Terima kasih mohon diberi solusinya terimakasih wass ibu i

JAWABAN

1. Kalau si pria sudah masuk Islam dan sudah menikah di Abu Dabi secara syariah dengan memakai wali hakim, maka nikahnya sudah sah. Karena jarak yang jauh antara orang tua dan tempat anak sudah cukup menjadi alasan untuk bolehnya menikah dengan wali hakim. Namun, agar pernikahannya diakui secara sah oleh negara di Indonesia, maka perlu didaftarkan ke KUA (Kantor Urusan Agama). Terserah pegawai KUA nanti apakah mereka akan dinikahkan lagi atau tidak. Ikuti saja prosedur yang ada di KUA. Lihat: Syarat Bolehnya Menikah dengan Wali Hakim

2. Tidak masalah warga negara manapun yang penting dia sudah masuk Islam. Itu yang penting. Karena wanita muslimah baru sah nikahnya apabila dia menikah dengan pria muslim. Tidak boleh menikah dengan laki-laki non-muslim. Lihat: Perkawinan Beda Agama

3. Terserah ibu. Kalau sekiranya itu akan merusak kesehatannya, maka silahkan cari waktu yang tepat untuk memberitahu suami ibu. Namun saya kira suami ibu akan memaklumi keputusan putrinya untuk menikah dengan warga negara asing asalkan sudah masuk Islam. Ibu bisa saja memancing-mancing topik pembicaraan dengan suami tentang masalah ini.

__________________________


MENDENGAR SUARA BURUNG LIAR DI MALAM HARI PERTANDA BURUK?

Assalamu'alaikum pak ustadz...saya mau bertnya...
1. apakah jika mendengar ada suara burung liar bukan burung peliharaan pada malam hri didepan rumah adalah pertanda buruk seperti kematian atau musibah? Saya pernah mendengarkan dr cerita orang bahwasanya burung adalah pertanda sesuatu tetapi saya hanya percaya smua hnya Rahasia Allah SWT. Mhn jwbannya pak ustadz

Wassalamuala'ikum wr.wb

JAWABAN

1. Anggapan bahwa suara burung di malam hari adalah berita buruk itu adalah mitos dan tidak benar. Baik dalam tinjauan syariah Islam maupun dari tinjauan keilmuan. Oleh karena itu, perdalam iman dan keyakinan anda pada Islam dengan cara banyak belajar ilmu agama agar bisa membedakan antara syariah Islam yang benar dengan mitos dan tradisi yang tidak punya dasar apapun.

__________________________


WANITA TAK PERAWAN DITINGGAL MANTAN PACAR

mau tanya, saya uda gak perawan, telah melakukan zina dengan mantan saya dan saya sakit hati karena dia selingkuh dan melakukan zina juga dengan wanita lain, alasannya karna memang saya sering marah2, mEMbuat dia bosan dan menangis, dan dia sering bohong untuk mencegah saya pergi. Sekarang waktu dia bersama wanita itu, rasanya tidak ikhlas, pengen menasehati dia agar tidak bersama wanita itu, soalnya wanita itu banyak laki2 lain, tapi sepertinya mantan saya masih ingin bersama saya dan wanita itu,

1. Bodohkah kalo aku ingin menasehati dia, walau dia menerima ingin aku selalu menasehati, dan menjaganya?

2. Bagaimana mengikhlaskan mereka, setiap hari menangis, terbayang ttg mereka, dan merasa lelah, dan berfikir takut kalo selalu teringat dia dan terpuruk

JAWABAN

1. Anda bodoh bukan karena soal ingin menasihati. Tapi bodoh karena sudah melakukan dosa besar tapi seperti tidak ada penyesalan dalam perilaku dan perkataan anda. Itulah kebodohan terbesar anda. Taubatlah dengan taubat nasuha, dan carilah laki-laki lain yang baik yang sudah bertaubat. Jauhi laki-laki itu dan melangkahlah ke depan.

2. Ditinggal pergi pacar ibarat kehilangan benda kesayangan. Anda akan melupakan benda yang hilang itu apabila telah menemukan gantinya yang serupa atau lebih berharga. Itulah sebabnya, kami sarankan agar anda move on dan carilah pasangan yang melebihi segalanya dari dia terutama dari segi kualitas agama dan kepribadian. Jangan umbar nafsu syahwat anda yang berkedok cinta. Ingat, masih ada waktu untuk bertaubat sebelum kematian menjemput anda. Namun, tidak ada yang tahu kapan kematian akan tiba. Bisa besok atau bahkan sebentar lagi. Baca: Cara Taubat Nasuha
__________________________


NAZAR DEGAN JANGKA WAKTU TERTENTU

Asalamualaikum bpk/ibu
Maaf bila larut malam menganggu istirahat anda. Saya ingin bertanya
1. Bolehkah bernazar dengan jangka waktu tertentu ?
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih , wasalam.

JAWABAN

1. Kami kurang faham maksud pertanyaan anda. Yang jelas, nazar itu kalau sudah diucapkan, maka ia harus dipenuhi. Dan apabila tidak dipenuhi maka anda harus membayar denda berupa memberi makan 10 orang miskin. Perlu diketahui, bahwa nazar itu dianggap sah apabila terkait perkara yang baik dan sunnah. Seperti nazar akan bersedekah, akan puasa, akan umrah, dll. Dan nazar tidak sah apabila menyangkut perkara yang tidak baik.

Baca detail: Nazar dalam Islam

__________________________


BOLEHKAH MENIKAHI WANITA YANG SEKAMPUNG DENGAN ISTRI KAKAK

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya mau tanya, kakak saya sudah menikah dengan wanita dari kampung dekat saya,
1. apakah saya boleh menikah dengan perempuan yang satu kampung sama istri kakak saya?
2. apakah ajaran islam ada ajarannya?

JAWABAN

1. Boleh.
2. Tidak ada larangan dalam syariah Islam untuk menikah dengan wanita sekampung dengan istri kakak, dll. Islam membebaskan wanita dan pria bukan mahram untuk menikah tanpa memandang suku, desa, kampung mana mereka berasal. Yang penting dan dianjurkan adalah bahwa calon pasangan hendaknya dipilih yang taat agama dan baik kepribadiannya. Lihat: Perkawinan Islam

__________________________


DOA SHALAT DHUHA

Asalamualikum.wr.wb

1. saya wahyu(21),saya mau tanya do'a sholat dukha?

JAWABAN

1. Doa shalat Dhuha itu bebas seperti juga doa-doa yang lain. Bisa bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Namun, kalau anda ingin doa yang umum dipakai, silahkan lihat: Doa Shalat Dhuha

__________________________


GADIS PERAWAN MIMPI DIPACARIN DAN DINIKAH PRIA

Assalamu'alaykum Pak Ustadz izin bertanya. Pak, tadi malam saya bermimpi dijadikan pacar dan mau dijadikan istri oleh laki-laki. Dan muka laki-laki itu jelas dalam mimpi saya. Tetapi saya dari kecil sampai umur 20 tahun ini saya tidak pernah pacaran dan tidak mau pacaran sebelum nikah.

1. Apakah ini pertanda saya akan mendapatkan jodoh di waktu dekat? Saya tahu sebenarnya mimpi adalah bunga tidur. Tetapi saya sangat penasaran sekali dengan arti mimpi yang satu ini. Mohon penjelasannya. Terimakasih Pak

JAWABAN

Kalau mimpi anda termasuk mimpi yang benar dan berasal dari malaikat, maka ia menunjukkan bahwa anda akan mendapatkan inayah atau pertolongan Allah. Ia bisa juga bermakna bahwa anda akan mengalami perubahan dari suka menjadi sedih atau dari sedih menjadi senang. Misalnya, akan mendapatkan suatu jabatan baru atau pekerjaan baru, atau malah kehilangan jabatan. Jadi, mimpi anda kalau memang benar, tidak ada kaitannya secara langsung dengan apakah akan mendapatkan jodoh atau tidak. Soal jodoh, anda sebaiknya melakukan usaha. Usaha itu tidak harus berupa pacaran, tapi bisa juga melakukan pendekatan dengan cara yang lain seperti melalui orang tua atau teman terhadap sosok pria yang anda sukai.

Perlu dicatat bahwa mimpi umumnya berasal dari jin/setan atau diri sendiri alias kembang tidur. Apabila itu yang terjadi, maka itu tidak maknanya. Baca detail: Mimpi dalam Islam

__________________________


SUAMI YANG PATUT DIHORMATI ISTRI

1. Saya mau bertanya mengenai kriteria seorang suami yang berhak mendapatkan penghormatan dari istrinya

JAWABAN

1. Secara syariah, suami berhak mendapatkan respak dan penghormatan dari istrinya. Ketika seorang wanita rela untuk menjadi istri dari seorang pria, maka ia siap untuk mentaati dan menghoramti suaminya.

Sebaliknya, suami juga memiliki kewajiban juga kepada istri. Mulai dari kewajiban memberi nafkah, juga kewajiban untuk mendidik dan memperlakukan istri dengan baik. Lihat buka kami: Merajut Rumah Tangga Bahagia



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..