Thursday, November 06, 2014

Cara Menghadiahkan Bacaan Al-Quran pada Orang Mati



CARA MENGHADIAHKAN BACAAN AL-QURAN DAN YASIN PADA ORANG MATI

Assalaamu'alaikum Ustadz... saya mau tanya lagi. Semoga Ustadz tidak bosan2 menjawabnya dan semoga ini menjadi amal jariyah bagi Ustadz atas ilmunya. Bagaimana cara menghadiahkan Surat Al-Fatihah atau Yasin kepada orang yang sudah meninggal?
1. Bacaanya yg benar bagaimana Ustadz?

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. CARA MENGHADIAHKAN BACAAN AL-QURAN DAN YASIN PADA ORANG MATI
  2. HAK WARIS BAGIAN ISTRI KEDUA
  3. DIGANGGU MAKHLUS HALUS SAAT HAMIL
  4. CARA TAUBAT DARI HOMOSEKSUAL
  5. WAS-WAS NAJIS DAN CARA MENGATASI
  6. AGAR DOA CEPAT TERKABUL
  7. MENGQODHO SHALAT YANG DITINGGALKAN, BOLEHKAH?
  8. MIMPI MELIHAT JAMAAH HAJI SEDANG TAWAF
  9. IJAZAH AL-KHOIROT APA BISA KE UNIVERSITAS MADINAH?
  10. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Menghadiahkan bacaan Al-Quran dapat dilakukan dalam dua cara yaitu saat sebelum memulai membaca Al-Quran dan yang kedua saat berdoa setelah pembacaan Al-Quran itu.
Sebelum membaca Al-Quran yang akan dihadiahkan pada yang meninggal, baca: الفاتحة نهدي ثوابها إلى روح (Al-Fatihah yang pahalanya kami hadiahkan pada arwah ...). Niat tersebut bisa juga diucapkan dalam bahasa Indonesia.

Di Indonesia cara niat mengirimkan pahala pada yang wafat biasanya diurut kepada (a) Nabi Muhammad, para Sahabat, keluarga Nabi, para ulama; (b) arwah yang hendak dihadiahi. Ini yang biasa dilakukan saat pembukaan bacaan tahlil dan Yasin.

Dalam doa setelah tahilil juga disebutkan sekali lagi bahwa bacaan Al-Quran dan dzikiran yang sudah dibaca itu dihadiahkan kepada arwah orang mati yang lalu disebutkan namanya.
Lihat: Bacaan Tahlil

Baca juga: Hukum Mengirim Pahala bacaan Al-Quran pada yang Meninggal

_______________________________


HAK WARIS BAGIAN ISTRI KEDUA

Assalamualaykum Wr Wb.

Ustad saya mau menanyakan mengenai pembagian warisan. Saya seorang istri yang ditinggal wafat suami Juli 2014. Saya seorang janda cerai (dengan 2 anak) dan menikah kembali dengan dengan duda cerai mati dengan 3 anak ( 2 perempuan dan 1 laki2) tahun 2009. Almarhumah istri suami saya telah meninggal tahun 2003.

Pada waktu kami menikah, suami saya mempunyai deposito dan 2 rumah : 1 rumah waktu almarhumah masih hidup dan 1 rumah lagi baru dibeli oleh suami pada waktu akan menikah dengan saya (tahun 2008). Saya tidak tahu apakah setelah kematian almarhumah, suami saya telah melakukan pembagian warisan atau belum.

Yang akan saya tanyakan :

1. Apakah saya masuk sebagai ahli waris ?
2. Bagaimana cara pembagian warisannya ?

Mohon penjelasannya Ustad. Terima kasih. Wassalamu’alaikum

JAWABAN

1. Sebagai istri anda berhak mendapat 1/8 (seperdelapan) dari keseluruhan harta suami, baik harta saat bersama istri pertama maupun harta setelah bersama anda. Artinya, kalau rumah pertama itu dibeli sendiri oleh suami anda, maka anda juga berhak mendapatkan bagian dari rumah tersebut.

2. Yang mendapat warisan dari harta suami adalah adalah anda sebagai istri, seluruh anak-anak kandung almarhum (baik dari istri pertama atau kedua), dan kedua orang tua (kalau masih hidup). Cara pembagiannya sbb:
(a) Istri mendapat 1/8 (seperdelapan).
(b) Ayah dan ibu (kalau masih hidup) masing-masing mendapat 1/6 (seperenam).
(c) Sisanya dibagikan kepada anak-anak kandung almarhum (dari istri pertama dan kedua) di mana anak lelaki mendapat bagian dua kali lipat dibanding anak perempuan (2 banding 1). Baca detail: Hukum Waris Islam

_______________________________


DIGANGGU MAKHLUS HALUS SAAT HAMIL

Assalamualaikum Ustadz,

Saya mau bertanya seputar wanita hamil, kebetulan istri saya sedang hamil dan saat ini usia kehamilannya sudah masuk 6 bulan. Sehubungan dengan hal tersebut, istri saya sering mengalami gangguan dari makhluk halus, baik berupa suara ataupun bayangan sekelebat. Padahal sebelumnya dia belum pernah diganggu sama sekali (baru ketika hamil saja). Dia mulai merasakan gangguan ini semenjak kehamilannya masuk 4 bulan.

Yang ingin saya tanyakan adalah:

1. Apakah wanita hamil ini memang cenderung disukai/sering diganggu oleh makhluk halus? Karena dari yang saya baca, ada beberapa wanita hamil juga yang merasakan hal yang sama.

2. Kalau wanita hamil memang identik dengan gangguan dari makhluk halus, Apakah ada alasannya? Mungkin ada dalil-dalil yang memperkuat atau melatarbelakanginya.

2. Jangka waktu gangguan ini biasanya terjadi setelah maghrib sampai setelah isya. Dalam keadaan ini saya belum pulang kerja, sehingga istri saya masih sendiri di rumah. Selain Solat, Dzikir, Ayat kursi, apakah ada ayat-ayat Al-Qur'an atau amalan lain yang memang khusus ditujukan untuk mengusir makhluk halus tersebut? Sehingga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Terima kasih atas jawabannya Ustadz, Wassalamualaikum Wr Wb

JAWABAN

1. Jin suka iseng mengganggu siapa saja yang berada dalam kondisi psikis dan fisik lemah. Wanita hamil berada dalam situasi ini sehingga mudah terganggu jin.
2. Lihat poin 1.
3. Baca artikel: Cara Mengatasi Gangguan Jin

_______________________________


CARA TAUBAT DARI HOMOSEKSUAL

Assallamuallaikum.
1. Bagaimana pak ustad cara bertobat kepada ALLAH dari melakukan homoseks (bersetubuh laki-laki dengan laki-laki) dengan sebenar-benarnya. tolong saya pak ustad saya ingin bertobat kepada ALLAH dari melakukan homosexs. assallamuallaikum.w.r.b...

JAWABAN

1. Bertaubat dari perilaku homoseksual sama dengan bertaubat dari perbuatan zina yaitu (a) berhenti melakukannya; (b) berhenti bergaul dengan kalangan ini; (c) mohon ampun pada Allah dengan memperbanyak amal ibadah kepada Allah; (d) membantu sesama dengan harta atau kemampuan yang kita miliki secara ikhlas.Lihat: Cara Taubat Nasuha

_______________________________


WAS-WAS NAJIS DAN CARA MENGATASI

Assalamualaikum Wr Wb

mau bertanya :
Saya punya .. saya suka was was, saya takut sama najis , kotor,,,kalo saya sedang mandi sy bisa menghabiskan waktu setengah jam , 1 jam ,,mungkin bisa lebih . Terus di kamar mandi juga saya memakai air berlebihan ..kalau gayung jatoh saya cuci ,,kalo sabun jatoh saya cuci juga ,, kalo tangan saya kotor terus kena keran , kerannya saya cuci ...
Saya juga bisa ngabisin sabun (kotak/padat) dlm 2-4 hari ( ngabisin mksdnya dari sabun baru sampe sabun nya kecil ,ga ngabisin sampe abis banget .)
Sampe2 saya dimarahin dan dibilang aneh.
Padahal dulu saya ga sampe segini

Terus tiap saya memegang sesuatu yg menurut saya kotor atau najis ..saya suka cuci tangan ,dan cuci tangannya juga lama ..bersihin sisi atas tangan,sisi bawah tangan ..sampe2 tangan saya kering dan jadi putih . Sehari bisa sampe brp kali cuci tangan.

Lalu kalo wudhu juga kadang suka lama , dan saat setelah membasuh telinga (memasukan jari ke lubang telinga ) saya mencuci/membasuh tangan lagi ,kan harusnya langsung membasuh kaki.

Ketika saya mencuci maaf celana dlm suka lama ..saya mencuci pake detergen pernah sampe 3x pake detergen ,apalagi kalo kena darah haid.

lalu saat alat tulis saya jatuh ..saya menganggap alat tulis saya kotor..dan setelah menulis dgn alat tulis saya yg jatuh itu ..saya cuci tangan .

Tolong dijawab masalah saya di atas saya juga punya pertanyaan :
1. Apa hukum benda yg kita anggap kotor atau najis, tapi kita tdk menemui bau, zat, rasa dari najis/kotor ??
2. Apakah yg kotor belum tentu najis?
3. Sesuatu yg jatuh di kamar mandi..apakah harus dicuci dan kalau di cuci sampe apa??
4. Bagaimana dgn alat tulis saya yg jatuh di kelas ? Apakah harus dicuci ?
5. Jika mencuci sesuatu yg najis ..harus sampe bagaimana ?
6. Cara mencuci tangan yg benar bagaimana ..sehingga tak boros air ?
7. Saat saya di sekolah juga di lantai depan kelas ..lantai tersebut trdapat jejak kaki basah dari kolam, warna kolam tersebut hijau ..di kolam itu juga suka di ceburin orang yg lagi ultah dan menurut saya kolam itu kotor.. dan tali sepatu saya kena bekas jejak kaki tersebut ..apakah tali sepatu saya harus di cuci ??
8. Cara menghilangkan was was selain "jangan dipikirkan" apa?
9. Cara membersihkan haid (Seperti pembalut , mencuci tangan setelah mencuci pembalut , mencuci kain yg terkena noda haid ) harus sampe bagaimana ?

Mohon di jawab pertanyaan saya di atas

JAWABAN

1. Hukumnya suci.
2. Belum tentu najis.
3. Tidak harus dicuci kalau tidak jelas ada najis di lantai. Walaupun sebaiknya dicuci untuk hati-hati.
4. Tidak perlu dicuci kecuali kalau jelas ada perkara najis yang menempel di alat tulis tersebut.
5. Kalau najisnya tidak kelihatan, maka cukup satu kali siraman.
6. Cukup sekali siram saja.
7. Tidak perlu.
8. Memiliki ilmu tentang apa itu najis dan apa yang suci akan dapat menghilangkan rasa was-was. Dan bahwa keraguan akan suci atau najisnya sesuatu itu kembali pada hukum asal yaitu suci.
9. Hilangkan dulu darah yang menempel, lalu siram.

Baca detail:

- Najis dan Cara Menyucikan
- Mengatasi Was was Najis
- Mengatasi Was-was Air Kencing
- Was-was Najis Anjing

_______________________________


AGAR DOA CEPAT TERKABUL

1. Saya mau tanya gimana cara nya doa cepat terkabul

JAWABAN

1. (a) Berdoa dengan khusyuk; (b) dalam keadaan suci dari hadas kecil dan besar; (c) pakaian yang dipakai dan makanan yang dimakan adalah halal.

_______________________________


MENGQODHO SHALAT YANG DITINGGALKAN, BOLEHKAH?

Assalamualaikum,

1. Saya ingin bertanya, kalau ada orang lalai atau lupa mengerjakannya shalat fardhu, apa dia boleh mengqadha'nya atau boleh mengerjakannya dilain waktu?

mohom penjelasannya

JAWABAN

1. Bukan hanya boleh tapi justru wajib mengqodho shalat yang ditinggalkan. Baca: Hukum Mengqadha Sholat

_______________________________


MIMPI MELIHAT JAMAAH HAJI SEDANG TAWAF

Assalamualaikum wr wb uztad
Saya mau bertanya apa arti mimpi melihat jamaah haji sedang tawaf di langit kronologinya begini semalam saya bangun jam 3 saya tahajud, selesai tahajud saya mau menunggu waktu subuh tapi saya tertidur, dalam tidur saya bermimpi selesai shalat subuh keluar dari masjid tiba-tiba di langit saya melihat seorang ayah sama anak kecil pakai baju ihram, semakin banyak orang yg pakai baju ihram dan saya melihat mereka sedang tawaf mengelilingi kabah.

setelah itu ada gempa saya lari ke rumah saya dan saya hanya menemukan kakak perempuan sama keponakan saya di rumah, saya mengajak mereka naik ke atas gunung untuk menghindari tsunami. untuk naik ke gunung ada 3 jalan saya menggunakan jalann yg d tengah. di jalan sebelah kiri ada banjir dari gunung dan disebelah kanan banyakk mobil. saya naik ke atas gunung sampai di atas gunung saya mencari tempat istirahat yang aman dari air bah karena saat itu hujan deras. tapi saya malah menemukan tambang banyak pekerja dan di situ airnya sangat jernih dan sangat indah..saya memeriksa hp yg ada d kantong saya mencoba menelpon ibu saya tapi tidak ada jawaban, saya melihat kakak perempuan saya sedang asik tertawa dengan orang-orang dan saya memarahi dia karena masih bisa tertawa saat mama tidak ada kabar. saya terbangun jam setngah 6 dan langsung shalat subuh.
1. apakah arti mimpi itu? mimpinya terasa nyata sampai sekarang saya masih bisa mengingat semua yg di mimpi.

mohon penjelasanya uztad,syukron

JAWABAN

1. Mimpi tawaf atau melihat orang tawaf adalah mimpi yang baik. Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari Syarah Sahih Bukhari menyatakan:
قوله : ( باب الطواف بالكعبة في المنام ) قال أهل التعبير : الطواف يدل على الحج وعلى التزويج وعلى حصول أمر مطلوب من الإمام وعلى بر الوالدين وعلى خدمة عالم والدخول في أمر الإمام فإن كان الرائي رقيقا دل على نصحه لسيده .

Artinya: Mimpi tawaf di Ka'bah menunjukkan pada haji, pernikahan, dan tercapainya perkara yang diinginkan dari kepemimpinan, berbakti pada orang tua, berbakti pada orang alim, dan ikut perkara imam...

Selanjutnya, anda mendapat 3 pilihan untuk memilih. Dan pilihan anda sudah tepat untuk memilih jalan tengah.

Perlu dicatat bahwa mimpi anda baru ada maknanuya kalau ia berasal dari malaikat. Mimpi tidak ada arti apa-apa kalau berasal dari setan atau diri sendiri. Baca: Mimpi dalam Islam

_______________________________


IJAZAH AL-KHOIROT APA BISA KE UNIVERSITAS MADINAH?

Assalamualaikum, saya dari malaysia, umur 23 tahun, mohon bertanya.
1. saya ingin belajar agama di ponpes alkhoirot malang. namun berniat untuk menyambung pelajaran universiti islam madinah selepas itu. apakah dengan ijazah dari ponpes alkhoirot saya bisa menyambung ke sana? jazakallah.

JAWABAN

1. Silahkan belajar di Ponpes Al-Khoirot. Namun kami tidak punya hubungan organisasi dengan universitas Islam Madinah (UIM) karena perbedaan manhaj: mereka penganut Wahabi; sedangkan kami bukan. Lihat: Akidah Ponpes Al-Khoirot



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..