Tuesday, March 04, 2014

Belajar Bahasa Arab Modern via Internet


Belajar Bahasa Arab Modern via Internet
BELAJAR BAHASA ARAB MODERN VIA ONLINE

Bagi santri, baik santri Pesantren Salaf atau Pondok Modern, kemampuan berbahasa Arab menjadi prioritas utama. Karena, bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an dan hadits selain bahasa utama yang dipakai oleh para ulama salaf (mutaqaddimin) yang dikenal dengan literatur kitab kuning dan khalaf (muta'akhirin) yang dikenal dengan literatur bahasa Arab modern (kontemporer).

Keunggulan dari pesantren salaf adalah kemampuannya dalam memahami kitab-kitab kuning (klasik) sementara kelemahannya adalah kekurangmampuannya dalam memahami bahasa Arab modern seperti kosa kata dalam koran, majalah dan literatur bahasa Arab terkini.

DAFTAR ISI
  1. Belajar Bahasa Arab via AlJazeera
    1. Pelatihan Harian
    2. Pembelajaran Mingguan
  2. Membaca Berita Bahasa Arab Lewat Internet
    1. Daftar Situs Media Bahasa Arab
    2. Tahap I: Baca Judul Berita Bahasa Arab
    3. Tahap II: Baca Judul dan Isi Berita Bahasa Arab
  3. Memanfaatkan Google Translate
  4. Menulis Blog dalam Bahasa Arab
  5. Cara Menulis dalam Bahasa Arab
  6. Cara Berbicara dalam Bahasa Arab
  7. Meniru Dialek Arab melalui Video
  8. Name Pemain Kartun Spone Bob dalam Bahasa Arab
Berikut tips cara mudah belajar dan menguasai bahasa Arab modern melalui internet. Tips ini khususnya ditujukan kepada santri pesantren salaf. Namun dapat juga digunakan untuk siapa saja yang sudah mampu membaca tulisan Arab dan sedikit menguasai gramatika bahasa Arab yang dikenal dengan Nahwu Sharaf.


BELAJAR BAHASA ARAB VIA ALJAZEERA.NET

Al Jazeera (aljazeera.net) salah satu stasiun TV terbesar di dunia berbahasa Arab dan Inggris saat ini juga menyediakan program bahasa Arab gratis. Asal anda sudah bisa membaca Al-Quran dan mengerti bahasa Inggris, maka anda dapat belajar bahasa Arab step by step melalui program Arabic learning Al Jazeera.

Di halaman tersebut pelatihan bahasa Arab dibagi dua kategori yaitu (a) Daily Training (تَمْرين يَوْمي) dan (b) Weekly Learning (تَعَلُّم أُسْبُوعي). Kategori pertama yakni Pelatihan Harian terdiri dari enam topik yaoitu Top News (حَدَثُ اليَومِ), Today's Headlines (عَنَاوِين الْأَخْبَار), Sport (ريَاضَـة), Arts (فُنُون), Economy (اقْتِصَاد), Health (صِحّة). Kategori kedua yakni Pembelajaran Mingguan terdiri dari lima topik yaitu TV Report (تَقْرير تِلِفِزيُونِي), Articles & Reports (مَقَالاَت وَتَقَارير), Grammar learning (تَعَلَّم النّحْو), Poetry (شِعْر), Photo Gallery (مَعْرض الصّوّر).

Caranya sebagai berikut:


PELATIHAN HARIAN

Untuk kegiatan sehari-hari, maka kita secara teratur harus mengikuti program Pelatihan Harian (تَمْرين يَوْمي). Pilih salah satu topik yang ada dan pelajari susunan kalimat dan hafalkan kata-kata baru terutama yang penting. Lebih ideal kalau anda mempelajari semua topik yang ada dalam Pelatihan Harian. Caranya:

1. Kunjungi learning.aljazeera.net/arabic
2. Klik Daily Training (تَمْرين يَوْمي)
3. Pilih salah satu topik. Misalnya, Top News (حَدَثُ اليَومِ)
4. Baca dengan keras dan hafalkan kata yang belum dihafal dan susun kalimat lain dengan bahasa sendiri.


PEMBELAJARAN MINGGUAN

1. Kunjungi learning.aljazeera.net/arabic
2. Klik Weekly Learning
3. Pilih salah satu topik. Misalnya, TV Report (تَقْرير تِلِفِزيُونِي)
3. Pilih salah satu topik. Misalnya, Top News (حَدَثُ اليَومِ)
4. Baca dengan keras dan hafalkan kata yang belum dihafal dan susun kalimat lain dengan bahasa sendiri.

Lakukan hal di atas secara teratur, maka dalam waktu tidak lama, anda akan bisa menguasai bahasa Arab secara baik dalam segala aspek termasuk mendengar, berbicara, dan menulis.


MEMBACA BERITA BAHASA ARAB LEWAT INTERNET

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan setiap hari adalah rajin membaca berita di media online baik koran, majalah atau media portal (media berita versi internet).

DAFTAR SITUS MEDIA BAHASA ARAB

Berikut beberapa media internet bahasa Arab yang populer. Klik untuk berkunjung:

- Al Jazeera (الجزيرة)
- Asy-Syarqul Awsath (الشرق الأوسط)
- Al Arabiya (العربية)
- BBC Arabic
- CNN Arabic


TAHAP PERTAMA: BACA JUDUL BERITA BAHASA ARAB

Pada minggu pertama belajar membaca media koran dan majalah berbahasa Arab, Anda cukup membaca judul-judul headline berita. Jangan sampai lewatkan sebuah judul berita yang dibaca tanpa mengetahui maknanya. Gunakan Google Translate apabila ada kosa kata yang tidak mengerti.

Lakukan hal ini setiap hari. Semakin banyak judul berita yang dibaca dan dihafal setiap harinya semakin baik.


TAHAP KEDUA: BACA JUDUL DAN ARTIKEL BERITA BAHASA ARAB

Pada minggu kedua atau ketiga, setelah cukup banyak kosa kata baru yang dihafal, Anda dapat mulai membaca judul dan isi berita terbaru sekaligus.

Gunakan metode yang sama yaitu dengan memanfaatkan Google Translate apabila ada kosa kata yang tidak dipahami. Dan hafalkan setiap ada kosa kata baru.

Berapa jumlah artikel yang harus dibaca itu terserah Anda. Yang penting, pada tahap ini adalah mengenal kosa kata baru dan menghafalnya.

Apabila Anda memiliki otak dengan level rata-rata, maka satu atau dua artikel perhari sudah bagus. Sekali lagi, semua artikel yang dibaca harus dipahami maknanya dan dihafal.

Naikkan intensitas bacaan Anda pada setiap minggunya dan catat semua kosa kata yang sudah Anda hafal untuk referensi ulang.


MEMANFAATKAN GOOGLE TRANSLATE

Google translate adalah kamus terbaik untuk belajar bahasa Arab modern. Google Translate dapat digunakan untuk Arab - Indonesia atau Indonesia - Arab.

Cara menggunakan Google Translate sebagai berikut:

a. Arab - Indonesia

1. Kunjungi translate.google.co.id.
2. Pada "From/Dari" klik dan pilih "Arabic/Bahasa Arab"
3. Pada "To/Pada" klik dan pilih "Indonesian/Bahasa Indonesia"
4. Tulis atau copy/paste kata bahasa Arab di kotak sebelah kiri.
5. Klik Translate. Hasil terjemahannya dapat dilihat di kotak sebelah kanan.

b. Indonesia - Arab

1. Kunjungi translate.google.co.id.
2. Pada "From/Dari" klik dan pilih "Indonesian/Bahasa Indonesia"
3. Pada "To/Pada" klik dan pilih "Arabic/Bahasa Arab"
4. Tulis atau copy/paste kata bahasa Indonesia di kotak sebelah kiri.
5. Klik Translate. Hasil terjemahannya dapat dilihat di kotak sebelah kanan.


MENULIS BLOG DALAM BAHASA ARAB

Setelah seminggu atau dua minggu rutin membaca media online Bahasa Arab, maka Anda sudah memiliki bekal kosa kata yang lumayan. Untuk semakin memperlancar dan membiasakan diri dengan penyusunan kalimat bahasa Arab modern, mulailah membuat sebuah blog berbahasa Arab. Anda dapat membuat blog di Blogger atau blog Wordpress. Dua-duanya sama-sama gratis.

Tulis artikel semampu Anda. Satu paragraf atau dua paragraf tidak masalah. Yang penting Anda sedang menajalani proses secara konsisten untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab modern Anda dalam membaca dan menulis.


CARA MENULIS TULISAN BAHASA ARAB

Idealnya, Anda dapat menulis abjad bahasa Arab di keyboard komputer Anda. Sehingga proses tulis menulis dalam bahasa Arab menjadi lancar.

Namun, kalau tidak mampu menulis dalam bahasa Arab, Anda dapat menggunakan keyboard bahasa Arab (لوحة المفاتيح العربية) online yang banyak tersedia di internet seperti di arabic-keyboard.org

Tulis artikel untuk di blog melalaui keyboard online kemudian copy/paste ke blog Anda.

Agar format tulisan bahasa Arab dalam posisi kanan ke kiri, ikuti tips berikut:

1. Di post editor klik HTML (bukan Compose)
2. Masukkan kode berikut di post editor atau kotak tempat menulis artikel:
<div dir="rtl" style="text-align: right;"> <span style="font-size: large;">
Tulisan bahasa Arab taruh di sini!
</span></div>
3. Masukkan tulisan bahasa Arab di "Tulisan bahasa Arab taruh di sini!"

CATATAN: Dalam menulis tulisan Arab usahakan selalu dalam mode HTML, bukan Compose, karena format kode akan lebih bersih. Mengcopy/paste tulisan Arab dalam mode Compose sering merusak format kode Feed RSS blog dan itu dapat mengurangi kualitas SEO blog.


CARA BERBICARA DALAM BAHASA ARAB

Selain berlatih menulis dalam bahasa Arab, kosa kata bahasa Arab modern yang sudah dihafal dapat juga digunakan untuk melatih kemampuan berbicara Anda.

Latihlah setiap kosa kata yang baru dihafal dengan cara menyusunnya dalam bentuk kalimat sempurna.

Contoh, Anda dapat kosa kata Arab baru seperti الَموْقِع yang bermakna website atau situs. Maka Anda dapat menghafalnya dengan membuatnya dalam kalimat sempurna seperti أريد أن أكتب الكتابة في موقعي (Saya akan menulis artikel di situs saya).


BELAJAR DIALEK BAHASA ARAB VIA VIDEO YOUTUBE

Cara terbaik untuk belajar dialek, dan menambah kosa kata bahasa Arab adalah melalui Youtube. Banyak video yang diunggah di Youtube yang dapat dimanfaatkan untuk belajar dialek bahasa Arab. Mulai dari yang memang khusus diunggah ke Youtube untuk belajar bahasa Arab sampai video yang dicopy dari sejumlah kartun populer anak-anak.

Belajar percakapan dan logat bahasa Arab dari film kartun versi Bahasa Arab adalah salah satu cara terbaik. Karena kita dapat belajar bahasa Arab dengan rileks dan menyenangkan. Cari video film kartun yang sekiranya mengandung percakayapn yang padat. Misalnya, kartun SpongeBog bahasa Arab (Arab, سبوتج بوب) yang bisa dilihat dan diunduh secara gratis ke komputer anda. Untuk mencari video Sponge Bob berbahasa Arab di YOutube.com, cari dengan memakai kata kunci tulisan Arab sbb: سبونج بوب Sebagai permulaan anda dapat menonton Sponge Bob bahasa Arab di link ini.


NAMA KARAKTER PEMAIN KARTUN SPONGE BOB BAHASA ARAB

Kartun serial Sponge Bob cukup terkenal di dunia Arab. Bagi yang ingin mendengar kartun ini dalam versi dubbing Arab-nya, perlu diketahui bahwa sebagian dari nama-nama pemain utamanya telah dirubah kecuali nama Sponge Bob. Berikut perubahannya:

TOKOH UTAMA

• SpongeBob SquarePants سبونج بوب
• Patrick Star بسيط نجم
• Squidward Tentacles مستر شفيق حبار
• Sandy Cheeks ساندي أمور
• Eugene Harold Krabs مستر سلطع
• Gary the Snail ســريع
• Sheldon J. Plankton شمشون
* The Chum Bucket مطعم دلو الصداقة

PEMAIN FIGURAN

• Mrs. Puff مدام نفيخة
• Pearl Krabs لؤلؤة
• Karen Plankton كارين
• Mermaid Man عريس البحر
• Barnacle Boy الحلزون الصغير
• Larry the Lobster عضلات

KARAKTER LAIN DALAM FILM SPONGEBOB

الهولندي الطائر, فقاعة, جاك المجنون, جاك الغاضب, مدير أعمال كيلبي جي, سبونج ترون, سبونج جار بسوط, بساطة بصلة الراقي, شفق, المهرج حبار شمشون شرور والد سبونج بوب, الصاحب الفقاعة مان راي, كيلبي جي القاضية كثيرة الجدل صاحب السمو الملكي باتشي القرصان, المهووس بالشوكولاتة بوتي, لماذا تسأل عمدة مدينة عشب البحر قبضة البلوط

BACA JUGA:

- Kursus Bahasa Arab
- Belajar Bahasa Arab untuk Pemula



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..