Saturday, February 01, 2014

Rajin Ibadah Tapi Susah Rejeki Dan Jodoh


Rajin Ibadah Tapi Susah Rejeki Dan Jodoh

Sikap orang tua yang berperilaku tidak pantas atau kurang etis hendaknya tidak menghalangi anak untuk tetap hormat pada mereka. Karena, anak punya kewajiban sejarah dan hutang budi yang tak terbayar pada orang tua sejak anak masih dalam kandungan sampai bisa mandiri.

DAFTAR ISI
  1. Cara Menghadapi Orang Tua yang Kurang Etis
  2. Mimpi Bertemu Orang Tua Pacar
  3. Cuek pada Agama Murtad?
  4. Mimpi Selamat dari Tornado Besar
  5. Air Kencing Menetes Saat Shalat
  6. Rajin Ibadah Tapi Susah Rejeki Dan Jodoh

MENGHADAPI ORANG TUA YANG KURANG ETIS

Assalamualaikum. Pak kyai,sebelumnya mohn maaf. Saya maryono dr wonogiri,pya problm kluarga.

Apakah setiap orang tua itu benar pak kyai. Terus gimana sikap terhadap ortu yg suka ngomong see'nake'sendiri tanpa pikir akibat omongannya itu. Contoh' mugo2 sikile pekoh/patah. Mugo2 mangan ga iget ortu kesereten mecicil.

1. Tolong pak kyai,saat ini saya hidup nungguin ortu, apa sikap saya, pergi?
2. Ato di perangi? Kalo diperangi akidah dah ga mempan pak kyai.suwun.

JAWABAN MENYIKAPI SIKAP ORANG TUA YANG KURANG ETIS

Prinsip daripada Islam sudah jelas: seorang anak harus menghormati orang tua. Harus menjaga sikap sopan dan santun kepada mereka. Terutama kepada ibu. Lihat detailnya pada artikel berikut: Hukum Taat dan Hormat pada Orang Tua.

Sikap orang tua yang berperilaku tidak pantas atau kurang etis hendaknya tidak menghalangi anak untuk tetap hormat pada mereka. Karena, anak punya kewajiban sejarah dan hutang budi yang tak terbayar pada orang tua sejak anak masih dalam kandungan sampai bisa mandiri.

Namun demikian, sikap santun pada orang tua hendaknya tidak menghalangi anak untuk mengingatkan orang apabila mereka berbuat salah atau berperilaku tidak pantas tentunya dengan tetap menjaga aturan-aturan kesantunan dan tanpa emosi. Karena itu dilakukan sebagai ibadah dalam rangka menunaikan kewajiban agama untuk mengingatkan siapapun, termasuk orang tua, yang berbuat salah.

Apabil Anda merasa tidka berhasil menasihati orang tua, ada baiknya anda meminta orang lain yang dihormati untuk melakukannya. Lakukan semua hal yang mungkin untuk membuat orang tua anda menjadi lebih baik.

Namun jangan lupa, pada akhirnya apabila semua usaha gagal, maka pasrahkan hal itu pada Allah. Berdoalah untuk mereka. Doa anak akan didengar Allah.

1. Sikap anda adalah menunaikan kewajiban anda membantu orang tua dengan bantuan yang diperlukan. Kalau anda merasa tidak bisa dan tidak kuat tinggal bersama orang tua, dan orang tua secara faktual dapat ditinggal, maka ditinggal pergi akan lebih baik.

2. Apa yang dimaksud dg diperangi? Tidak perlu diperangi. Nasihati dengan santun. Dan setelah itu biarkan berjalan apa adanya yang terpenting: jangan sampai perilakunya yang buruk menular pada anda.

Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan sampai anda memutuskan hubungan dengan orang tua. Karena berbuat baik pada orang tua itu wajib walaupun seandainya mereka kafir. Yang penting anda jangan sampai mentaati perintah yang bertentangan dengan syariah seperti yang disebut dalam QS Luqman 31:15

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوف

(Artinya: Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik)

___________________________________________________


MIMPI BERTEMU ORANG TUA PACAR

ass ustadz
saya sudah 3x mimpi bertemu ortu pacar saya, dalam mimpi saya ibu pacar saya memanggil2 saya, arti mimpinya apa? mksh

JAWABAN

Artinya anda berharap agar supaya ibu pacar anda dapat merestui hubungan anda dan pacar anda ke tingkat perkawinan. Apakah harapan itu sesuai dengan kenyataan tentu anda yang lebih tahu.
__________________________________________________


CUEK PADA AGAMA BISA MURTAD?

Assalamualaikum.

Assalamualaikum wr. Wb
Ustadz saya pernah baca di sebuah blog yang mengatakan kalau cuek terhadap agama itu bisa murtad. Yang saya tanyakan
1. cuek yang di maksud itu bagaimana?
2.apakah jika seorang begini termasuk murtad (melakukan dosa tp dalam hatinya berkata dosa tidak apa apa aku tidak butuh)
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
abi zakaria

JAWABAN BATASAN MURTAD

1. Cuek dalam arti tidak mengamalkan perintah dan tidak menjauhi alias suka melangar larangan agama.

2. Kalau orang melakukan perbuatan dosa tapi masih mengakui bahwa itu dosa maka dia disebut orang fasiq, tapi tidak termasuk murtad. Tapi kalau menganggap dosa yang dilakukan bukan perbuatan dosa, atau meremehkan dosa besar yang dilakukan, maka ia masuk dalam kategori murtad.

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Minhaj at-Talibin wa Umdatul Muftin hlm 293 definisi murtad adalah sbb:
كتاب الردة: هي قطع الإسلام بنية أو قول كفر أو فعل سواء قاله استهزاء أو عنادًا أو اعتقادًا
Artinya: Murtad adalah orang yang memutus hubungan dengan Islam dengan niat atau kata-kata kufur atau perbuatan baik mengatakannya sebagai penghinaan atau pembangkangan.

Dari definisi tersebut, maka apabila ada orang yang "melakukan dosa tapi dalam hatinya berkata dosa tidak apa apa aku tidak butuh)", maka termasuk dalam kategori murtad.

Apa yang harus dilakukan orang seperti ini adalah segera taubat nasuha dengan antara lain mengakui kesalahan dan menyesalinya serta tidak akan mengulanginya pada masa datang.
_______________________________________________________


MIMPI TERHINDARI DARI TORNADO BESAR

Assalaamu'alaikum, wr, wb. Pak.Kiai, tadi siang, sekitar jam 9 (saat itu saya sedang berpuasa sunah), saya bermimpi sedang jalan-jalan dengan teman-teman saya. Tiba-tiba saya melihat tornado besar jauh di belakang kami. Tornado itu berwarna hitam. Lalu saya memberi tahu teman saya agar kami berlari secepat mungkin. Lalu di tengah jalan
saya ingat kalau sudah masuk waktu ashar. Saya ingat kalau saya sudah menunda shalat. Lalu saya mengambil air wudhu di sebuah masjid.

Namun di masjid sudah iqamah dan para jema'ah sedang shalat bersama Imam. Lalu saya melihat tornado itu semakin dekat. Saat saya di tempat wudhu tornado itu masuk ke tempat wudhu dan ujung bawah tornado yang runcing berputar di ubun-ubun saya beberapa saat. Tornado itu lalu kembali menjauh dari saya. Tapi saya baik-baik saja. Sayang nya setelah itu saya tidak berwudhu tapi keluar dari tempat wudhu dan bercengkrama
dengan teman-teman saya. Menurut Pak.Kiai apa sebenar nya arti mimpi saya?. Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih. Wassalaamu'alaikum,
wr, wb.

JAWABAN >MIMPI TERHINDARI DARI TORNADO BESAR

Anda akan terhindar dari musibah apabila dekat dengan Allah mengamalkan syariah dan menjauhi larangan syariah. Di samping itu, anda harus banyak bersyukur atas karunia yang dilimpahkan Allah pada anda. Kalau itu tidak dilakukan, maka ada kemungkinan anda akan terkena musibah.
_______________________________________________________


AIR KENCING MENETES SAAT SHALAT

Assalamu'alaikum

maw tanya , gimana hukumnya kalo kita shalat trus air kencing menetes di
clana setiap sujud/ruku sudah sya cek dan benar air kencing bkan prasaan was-was ,
trus solisinya gmana ? Syukron jwbannya

JAWABAN

Kencing termasuk perkara yang membatalkan wudhu dan membatalkan shalat. Shalat anda batal. Dan anda harus mengulangi shalat tersebut. Lebih detail lihat: http://www.alkhoirot.net/2013/11/panduan-shalat-5-waktu.html

_______________________________________________________


RAJIN IBADAH TAPI SUSAH REJEKI DAN JODOH

Assalamualaikum wr wb.

1. Pertanyaan pertama: Langsung saja saya crisna umur 35 tahun mau bertanya tentang permasalahan waktu kerja. Saya baru resign dari kerjaan saya di kantor dan mau usaha sendiri bekerja dibidang internet dirumah. Dirumah saya tinggal bersama ibu, nenek, adik perempuan, kakak perempuan beserta anak2nya, sedang ayah saya sudah meninggal. Ibu saya punya usaha toko dirumah. Permasalahan yang timbul adalah ketika saya mau bekerja dirumah, setiap harinya saya diminta tolong untuk mengantar ibu kepasar, antar jemput anak kakak, bantu nenek,tugas beres2 rmh, jaga toko dan beli brg, dll, hal tersebut terjadi setiap hari, waktu saya habis untuk membantu setiap harinya. sehingga saya tidak bisa focus,konsentrasi, dan bekerja maksimal setiap harinya. Mungkin saya hanya punya waktu 4 jam murni untuk bekerja. Dan itu tidak cukup bagi saya yang perlu waktu kerja 10 jam/hari untuk mengerjakan tugas2 saya. Sehingga pemasukan saya gk maksimal dan saya malah cenderung berhutang. Disatu sisi saya ingin bekerja maksimal dan menghasilkan uang, disatu sisi saya tidak tega jika saya tidak membantu maka akan byk masalah dan jika kita disuruh orang tua terus menolak akan berdosa. Belum lagi setiap hari dari pagi sampe mlm saya melakukan ibadah sholat wajib, sunnah rawatib, tahajud,dhuha,dikir, baca quran,dan sunnah2 yg lain yg juga . saya jadi agak stress dan tekanan batin karena bingung hrs bagaimana. Untuk itu dlm islam saya mau bertanya

- manakah yang harus saya dahulukan, membantu orangtua dan keluarga waktu mereka meminta bantuan sehari2nya atau bekerja maksimal pagi sampe malam untuk mencari uang demi keluarga. Mohon penjelasannya dalam syariah islam. Terima kasih.

2. Pertanyaan kedua: Dalam keseharian saya slalu berusaha melakukan ibadah dengan benar. Dari pagi jam 3 sampe mlm saya melakukan tahajud 8 rokaat, witir 3 rokaat, sholat wajib berusaha kemasjid,trus sunnah rawatib, dhuha 8 rokaat, malam sholat istikharah dan sholat hajat, baca quran sehari 3x, dikir dan sholawat,puasa senin kamis. Saya juga slalu berusaha berbuat baik dgn banyak membantu keluarga dan teman. Yang jadi permasalahan disini ketika saya beribadah meluangkan byk waktu untuk melakukan sunnah dan kebaikan, hidup saya masih belum mengalami perbaikan, saya masih belum nikah, punya hutang, kerja gak maksimal dan gaji tidak sesuai dgn yg diharapkan. Sedang saya melihat teman saya yang gk pernah mengerjakan sunnah, sholat kadang bolong2 mereka bisa hidup makmur, bisa senang2, bahkan tmn2 saya yg dulunya zina, trus hamil, skrg kliatan bahagia dan punya anak. Saya kadang merasa iri dgn kehidupan seperti itu, kenapa saya yg byk ibadah sampe skrg belum bisa mendapat apa yg saya impikan. Saya tidak marah dengan Allah, saya tetap merasa yakin dikasih kehidupan yg baik sama Allah, tapi gk tau itu kapan. Yang saya tanyakan, apakah lebih baik saya meninggalkan semua sunnah yg kadang saya anggap banyak menyita waktu saya, dan tidak membantu keluarga atau orang lain, tapi saya bisa focus untuk bekerja maksimal dan cari rejeki, mohon penjelasannya terima kasih sebelumnya.

Wassalamualaikum wr wb.

JAWABAN

1. Dalam Islam, yang pertama harus diurus adalah dirinya sendiri baru setelah itu silahkan membantu atau memikirkan orang lain.Kalau untuk membiayai diri sendiri saja anda tidak mampu karena kurang maksimal dalam bekerja, maka sebaiknya anda memprioritaskan pekerjaan anda sendiri lebih dahulu. Kalau sekiranya tidak tega menolak perintah orang tua dan kerabat, maka solusinya adalah sebaiknya anda mempertimbangkan untuk bekerja di luar rumah sehingga tidak ada kesempatan bagi orang sekitar anda untuk membuat anda repot.

2. Islam hanya mewajibkan shalat fardhu yang 5 waktu. Adapun shalat-shalat sunnah yang lain sifatnya sunnah. Dari namanya saja sudah jelas itu tidak diwajibkan. Maka, sebaiknya anda kurangi porsi untuk ibadah shalat sunnah, seperti shalat tahajud dan dhuha cukup masing-masing dua rokaat saja.

Ibadah tujuannya untuk mendekatkan diri dan jiwa pada Allah, bukan untuk membuat kaya. Adapun cara membuat kaya bukan di ibadah tapi dengan cara bekerja keras, kerja cerdas dan kerja maksimal. Itu sudah jelas dalam Al-Quran. Adapun soal jodoh juga begitu, anda harus mencarinya untuk mendapatkannya. Jangan menunggu di rumah saja. Doa dan ibadah berontribusi 10% dari keberhasilan. 90%-nya adalah dengan usaha yang nyata. Dan itulah hukum Allah.

Lihat detail:
- http://www.fatihsyuhud.net/2012/08/kerja-keras/
- http://www.fatihsyuhud.net/2013/11/kerja-keras-dan-hidup-sederhana-kunci-hidup-bahagia/



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..