Monday, May 12, 2014

Cara Mengatasi Rasa Takut Masa Depan


Cara Mengatasi Rasa Takut Masa Depan
CARA MENGATASI RASA TAKUT MASA DEPAN

assallamulaikum pak ustadz ..

1. nama saya hendrik, umur 25thn dr bogor.
pak ustadz saya mau tanya, bagaimana caranya supaya kita tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan?

saya selalu ketakutan sm masa depan . takut menjadi orang yang gagal, takut tidak sukses,dan takut menjadi orang yang tidak berguna. walaupun skrg sy sedang bekerja di perusahaan swasta dgn gaji UMR, dan sore nya sy kuliah jg di univ.swasta jaksel. tapi tetap aj hati sy selalu ga tenang. takut nantinya saya tidak menjadi org yg sukses.
mohon jawaban nya ya pak ustadz.
terima kasih .

TOPIK KONSULTASI
  1. CARA MENGATASI RASA TAKUT MASA DEPAN
  2. RAGU KETIKA SHALAT
  3. ISTRI NIKAH SIRI INGIN SEGERA DAPAT SURAT RESMI
  4. ISTRI MENGUSIR SUAMI
  5. MIMPI BERTEMU DAN NGOBROL DENGAN KYAI
  6. MENYIKAPI PEMINTA-MINTA ATAS NAMA MASJID ATAU YAYASAN YATIM
  7. MEMBACA RAMALAN TAPI TIDAK PERCAYA
  8. HARTA SYUBHAT
  9. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Khawatir terhadap masa depan itu wajar dan manusiawi. Karena tidak ada yang tahu masa depan kita seperti apa. Ketidakpastian itu membuat kita akan merasa takut. Di sisi lain yg positif, rasa takut itu justru akan menjadi pemicu pada kita untuk lebih giat bekerja, berusaha dan mempersiapkan diri.

Selain itu, melihat fakta bahwa anda ternyata sudah bekerja dan bergaji lumayan serta saat ini sedang kuliah, maka menurut kami kekhawatiran anda terlalu berlebihan. Dan rasa takut yang berlebihan itu tidak baik karena itu tandanya anda kurang mensyukuri apa yang sudah anda capai. Efek dari sikap tidak bersyukur sangat banyak antara lain:
(a) dapat berakibat depresi, frustrasi dan putus asa;
(b) menghambat kemajuan. Karena otak dan hati dipenuhi rasa depresi, maka tidak waktu lagi untuk berfikir dan menggunakan energi untuk menaiki tangga kemajuan;
(c) sulit di bidang hubungan sosial. Sikap tidak bersyukur akan mengganggu hubungan sosial karena energi terlalu sibuk untuk memikirkan diri sendiri.

Oleh karena itu, hidup harus di isi dengan keseimbangan antara (a) harapan hidup yang lebih baik di masa depan; (b) menciptakan harapan-harapan itu dengan cara bekerja keras,menciptakan harapan baru seperti kuliah atau ikut pelatihan-pelatihan keterampilan; dan (c) tawakal pada pencapaian yg sudah dicapai di masa lalu dan masa sekarang.

Jangan lupa untuk selalu lebih banyak membandingkan diri sendiri pada mereka yang nasibnya lebih "tidak beruntung" dari kita di bidang materi. Dan kurangi membandingkan diri pada mereka yang lebih tinggi pencapaiannya dari kita walaupun sesekali itu perlu untuk memotivasi kita agar tidak cepat puas.

Selain itu, mensyukuri apa yang sudah dimiliki yang bersifat non-materi, seperti kesehatan fisik, juga perlu dan hendaknya itu diimbangi dengan amal ibadah kepada Allah dan membantu sesama sebagai wujud dari rasa syukur tersebut.

Kalau hal-hal sederhana di atas anda lakukan maka itu akan mentrasformasi cara berfikir anda dan sekaligus cara anda berperilaku: akan menjadi lebih energik dan bahagia.

Kalau kebahagiaan dan energisitas sudah tercapai, maka itulah kesuksesan sejati. Bukankah tujuan setiap manusia adalah kebahagiaan?

Untuk menambah wawasan anda di bidang kehidupan dan agama, silahkan baca sejumlah artikel berikut:

- Hidup Bahagia
- Kerja Keras
- Hidup Sederhana
- Etika Luhur dan Akhlak Mulia
_____________________________


RAGU KETIKA SHALAT

Assalamu'alaikum..

Ustadz, dalam sholat-sholat saya seringkali saya ragu baik dalam jumlah maupun gerakannya. seperti ragu sudah sujud pertama atau belum, sudah tahiyat atau belum, sudah duduk antara 2 sujud atau belum, begitu juga dengan gerakan lainnya termasuk jumlah raka'atnya, setiap kali sholat pasti ada saja keraguan.

1. Bagaimana solusinya ustadz, apa saya harus yakin saja sudah melakukannya karna itu hanya was-was ? atau dihukumi lupa dan harus sujud sahwi ?

JAWABAN

1. Kalau ragu antara melakukan dan tidak melakukan, maka hendaknya diulangi lagi gerakan yg diragukan tersebut dan lakukan sujud sahwi di akhir shalat setelah tahiyat akhir dan sebelum salam. Lebih detail lihat di sini.

_____________________________



ISTRI NIKAH SIRI INGIN SEGERA DAPAT SURAT RESMI

Assalamualaikum wr.wb
Saya wanita/ibu 22thn anak saya umur 11bln Saya kan skrng di medan suami di jakarta Saya keluar dri jakarta krn punya mslh

Saya ma suami nikah sirih, dia berjanji ma ortu mau ngurusin surat ny Tp apa ak sakit hati! dia lebih punya duit untuk beli hp bru dgn hrg 1,5 dr pd cmn ngurus surat nikah 1,5 Dia sudah bnyk berjanji hmpir 1 thn belum diurus jg alasan dia krn tdk da wktu dan belum da duit Saya dah cpek nasehatin dia usatd ttp aja dia bilang bgtu kdng dia mrh bilang saya cerewet

Sbnr ny saya mau ngomong ke dia dulu sbelum prgi tp sikap dia sama saya tdk mengenakan kt diam2 an jg so saya ga bs ngomong ke dia krn dia suka mrh2 Skrng dia malah mnta saya plng,,tp saya ga mau soalny ini utk ke 2x ny saya keluar dri rmh dan 1 x ny saya yg plng sndiri ke jakarta skrng saya mnta dia yg jemput tp dia bilang takut,duit ny dri mna,kalo naik bus wktu ny lama.suami saya sngat keras kepala,sudah berkali2 saya bilang in yng baik2 ke dia utk jemput biar sekalian silahturahmi. tp ttp sja dia suruh saya plng! So intiny kt tnggu2 an

Saya ga mau ke jkrt sendiri harus sama dia lgian dia ga pernah ke medan(kampung halaman saya) Tp ustad kalo kesehari2 an dia bertanggung jwb smua ny

1. Mohon jawabannya ustad apa yng harus saya lakukan?

Ini bru 1 bln 10 hri.. Smoga ustad mengerti apa yng saya omongin
Trimakasih sebelumnya jwban ny ustad Assalamualikum wr.wb

JAWABAN

1. Dengan perkawinan siri antara anda dan suami, maka dalam posisi yang lemah. Dia meninggalkan anda kapan saja dia mau. Oleh karena itu, anda harus berada dalam posisi yang mengalah. Hindari bersikap keras kepala. Anda dituntut untuk rela mengorbankan ego anda, dan mau mengalah. Selain itu, suami kurang simpati kepada sikap istri yang tidak mau taat pada suaminya alias mau menang sendiri. Dalam hal kepergian anda ke Medan, misalnya, anda telah membuat dua kesalahan yaitu (a) anda pergi tanpa ijin suami -- itu dilarang agama; (b) anda tidak minta maaf atas kesalahan itu, malah masih memaksa minta dijemput. Kalau anda terus bersikap seperti ini, maka hubungan anda dengan suami tidak akan lama. Percayalah.

Oleh karena itu, tunjukkan sifat dewasa. Telpon suami anda, mintalah maaf, dan bilang bahwa anda akan balik ke Jakarta tanpa harus dijemput. Kalau anda takut, minta antar saudara anda. Semua rumah tangga anda menjadi semakin harmonis.

Baca juga tips rumah tangga harmonis berikut:

- Keluara Sakinah
- Rumah Tangga Bahagia

_____________________________


ISTRI MENGUSIR SUAMI


pak ustad saya adalah seorang mualaf yang telah menikah, saya menikah sudah 5 tahun dan memiliki 2 anak saat tahun 1 sampai tahun 2 hubungan saya dengan istri saya masih baik saat memasuki tahun 3 saya berselingkuh dengan perempuan lain dan ketahuan istri saya setalah istri tahu saya tidak berhubungan lagi dengan perempuan itu sampai sekarang dan sy sudah menjelaskan kepada istri saya awalnya istri saya menerima tapi lama- kelamaan istri saya berubah dan mulai bertingkah seolah2 saya tidak bertanggung jawab.

Pada bulan maret tahun 2014 sy bertengkar hebat sama istri saya masalahnya dia mengelapkan duit kantor dan di cari sama orang tempat dia bekerja waktu itu saya tidak tahu permasalahannya apa tapi saya di panggil oleh orang kantor tempat istri saya bekerja kemudian saya datang kesana dan alangkah terkejutnya saya mendengar perbuatan istri saya ternyata dia sudah 2 kali mengelapkan duit kantornya dan memalsukan tanda tangan saya untuk minjam di bank,

setelah itu saya tanyakan ke istri saya perihal laporan itu tapi istri saya hanya diam sambil menangis yang membuat saya marah selama ini saya memberikan uang untuk keperluan rumah tangga dan gaji saya tp kenapa istri masih melakukan hal itu, jujur pak ustad saat ini saya ndak punya apa semuanya sama istri saya. Hari ini istri mengusir saya dari rumah

1. apa yang saya harus lakukan mohon saran dan bimbingannya

JAWABAN

1. Anda mengatakan "saya ndak punya apa semuanya sama istri saya." Fakta ini merupakan kesalahan besar anda. Suami memang berkewajiban memberi nafkah istri, tapi bukan berarti dengan cara memberikan semua gaji yang didapat pada istri. Cara ini selain tidak mendidik --membuat istri boros, juga akan menurunkan otoritas suami. Idealnya, belanja buat istri dijatah setiap hari. Biarkan istri meminta uang belanja setiap harinya, dan itu akan menunjukkan ketergantungannya pada suami. Selain itu, dengan cara ini maka suami akan dapat mengontrol dan mengetahui kalau terjadi pembelanjaan yang tidak wajar.

Karena hal itu sudah terjadi, maka biarkan masa lalu berlalu. Ke depan, akan lebih baik kalau anda ceraikan saja istri anda. Kalau ternyata anda masih sayang dan merasa sulit untuk berpisah dengannya, maka pastikan anda yg mengendalikan keuangan. Dan yang lebih penting, pastikan anda yang berkuasa di rumah, mengontrol keluar masuknya uang yang dikeluarkan istri dengan meminta laporannya dan jangan biarkan dia mendikte anda dengan cara apapun baik dengan cara kasar atau lembut (menangis, dan semacamnya).

Baca juga:
- Cerai dalam Islam
- Istri Tidak Shalat dan Tidak Taat Suami

_____________________________



MIMPI BERTEMU DAN NGOBROL DENGAN KYAI

Tadi malem ane mimpi kiai , saya duduk di depan rumahnya dan mengobrol dan ane knal sama kiai tersebut

JAWABAN

Tandanya anda akan menjadi orang yang mulia. Status sosial akan naik dan terhormat.
Tentu saja makna ini berlaku apabila mimpi tersebut berasal dari Allah atau malaikat. Apabila mimpi ini berasal dari setan / jin atau dari diri sendiri, maka mimpi tersebut tidak ada maknanya. Lihat detail: Mimpi dalam Islam

_____________________________



MENYIKAPI PEMINTA-MINTA ATAS NAMA MASJID ATAU YAYASAN YATIM

Assalamu alaikum wr.wb.
Saya mau bertanya
1).Bagaimana sebaiknya sikap kita (apakah di beri atau tidak)kepada peminta-minta yang datang kerumah rumah yang mengatas namakan kegiatan mesjid/panti padahal kita tidak tahu apakah benar atau tidak kegiatan itu.
2).Bagaimana pahala kita memberi kepada peminta-minta kerumah yang mengatas namakan mesjid/panti,setelah diberi baru kita tahu kalau dia bohong .berkurangkah pahala kita karna tadinya kita senang memberi akhirnya jadi agak jengkel gitu..

JAWABAN

1. Sebaiknya tidak usah diberi. Kalau anda ingin bersedekah, berikan langsung ke masjid terdekat atau pada tetangga anda yang miskin karena merekalah yang lebih berhak.

2. InsyaAllah Anda akan tetap mendapatkan pahala karena pahala amal baik itu dicatat sejak ia masih berupa niat.

Baca juga:

- Pengelolaan Dana Yayasan Anak Yatim Yang Meragukan
- Menyikapi Pengemis Muda dan Yayasan Peminta Sumbangan

_____________________________



MEMBACA RAMALAN TAPI TIDAK PERCAYA

1. Apa dosa kalok kita hanya sekedar membaca baca ramalan bintang di salah satu situs?? Tetapi kita tidak mempercayainya

JAWABAN

1. Tidak apa-apa kalau tidak mempercayainya. Kalau mempercayainya hukumnya haram. Sedangkan bagi yang membuat atau menulis ramalan, maka haram secara mutlak.

Lebih detail lihat:
- Hukum Percaya Ramalan dalam Islam
- Hukum Mengembangkan Aplikasi Mobile Ramalan Zodiak

_____________________________



HARTA SYUBHAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh , pak ustad terhormat sebelumnya saya ingin meminta maaf sekaligus berterimakasih karena telah banyak bertanya kepada pak ustad yang mungkin pertanyaan saya memang terlihat aneh dimata pak ustad .saya ingin bertanya,

>poin pertanyaan 1 =. setelah mengundurkan diri dari perusahaan yang buruk dan tidak sesuai syariah akhirnya saya memiliki rencana untuk membuka usaha kecil kecilan yaitu dengan menjual produk makanan dimana modalnya berasal dari hasil gaji pekerjaan lain yang halal , dengan modal tersebut saya membeli bahan produk makanan dan lain-lain, tetapi dalam rencana pelaksanaan usaha tersebut saya menggunakan beberapa barang yang status hukumnya syubhat ( syubhat disini bukan karena barang tersebut dibeli dengan uang syubhat sepenuhnya, semua barang tertulis dibawah dibeli dengan uang halal ,barang-barang ini menjadi syubhat karena ada sebagian hal yang membuatnya syubhat ), barang itu adalah :

01. motor sebagai alat berkeliling menjual produk makanan. (syubhat karena menggunakan beberapa sparepart yang dibeli dengan uang syubhat dan melakukan beberapa hal dengan biaya yang berasal dari uang syubhat )

02. kompor gas sebagai alat mengolah produk makanan. ( syubhat karena pernah dibelikan gas elpigi yang dibeli dengan uang syubhat ,tetapi gas elpigi syubhat tersebut sudah habis dan sudah diganti dengan gas elpigi yang dibeli dengan uang halal )

03. kulkas sebagai alat penyimpanan bahan dan produk makanan. ( syubhat karena pernah digunakan untuk menyimpan makanan yang dibeli dengan uang syubhat ,tetapi makanan tersebut sudah dikeluarkan dari kulkas )

04. akun facebook sebagai alat berpromosi produk makanan. ( syubhat karena pernah digunakan di warnet dimana biaya paket internet saat menggunakan facebook itu berasal dari uang syubhat )

05. telepon genggam sebagai alat pemesanan produk makanan. ( syubhat karena pernah dibelikan pulsa yang dibeli dengan uang syubhat ,tetapi pulsa syubhat tersebut sudah habis dan sudah diganti dengan pulsa yang dibeli dengan uang halal ) .

yang menjadi pertannyaan saya adalah

1a. apakah semua barang diatas memang berstatus syubhat ?

1b. kemudian apakah usaha makanan saya dan uang yang saya peroleh dari penjualan produk makanan tersebut ikut menjadi syubhat karena telah menggunakan beberapa barang yang status hukumnya adalah syubhat sebagai fasilitasnya, padahal modal dari usaha tersebut 100% halal, hanya saja saya menggunakan barang-barang syubhat tersebut karena memang sudah ada dirumah sehingga saya tidak perlu membelinya lagi ?

inti pertanyaan ini adalah,

1c. apakah apabila kita melakukan segala sesuatu yang mubah dan halal dengan menggunakan benda yang status hukumnya syubhat seperti contoh diatas, sesuatu yang mubah dan halal tersebut bisa menjadi syubhat juga ?

>poin pertanyaan 2 = apakah harta syubhat dalam bentuk elektronik seperti telepon genggam dan komputer apabila digunakan untuk mengirimi sebuah data (kontak,dokumen,konten dan lain-lain) kepada barang elektronik yang status hukumnya halal ,barang elektronik yang statusnya halal tersebut bisa ikut menjadi syubhat karena telah dikirimi data dari barang elektronik yang statusnya syubhat ?
>poin pertanyaan 3 = apakah sebuah akun e-mail dan jejaring sosial bisa menjadi syubhat apabila digunakan di warnet dimana paket internetnya dibeli dengan uang syubhat ?
>poin pertanyaan 4 = saya sering membelanjakan uang syubhat di sebuah toko ,apakah apabila suatu saat saya membelanjakan uang halal di toko tersebut barang yang saya beli bisa menjadi syubhat dan apabila mendapat kembalian uang di toko itu ,uang kembalian saya bisa menjadi syubhat karena dulunya saya sering membelanjakan uang syubhat saya di toko tersebut ? demikian pertanyaan saya ,terimakasih banyak atas jawaban yang akan pak ustad berikan ,Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .

JAWABAN

Sebelum kami menjawab soal syubhat ini, perlu dicatat bahwa harta yang kadar syubhatnya besar adalah harta halal menurut sebagian ulama dan boleh dibelanjakan. Sedangkan harta yang kadar syubhatnya kecil hukumnya halal menurut mayoritas ulama. Lebih detail lihat Hukum Harta Syubhat Campuran Halal Haram

1a: Iya. Setiap barang yg bercampur antar unsur haram dan halal disebut syubhat betapapun kecilnya kadar haramnya. Namun demikian, ada perbedaan hukum yg jelas antara benda yg prosentase haramya kecil dengan yang besar. Harta yg kadar haramnya kecil, disepakati ulama sebagai harta syubhat yg halal digunakan / dibelanjakan. Sedangkan harta yg kadar haramnya besar, ada perbedaan ulama tentang boleh atau tidaknyta dibelanjakan.

1b. Seperti diterangkan dalam jawaban 1a, ia masuk kategori syubhat. Tapi syubhat yg ringan, yang ulama sepakat ia boleh dibelanjakan.

1c. Iya, tapi kesyubhatannya lebih cenderung ke halal dan ulama sepakat atas kehalalannya.

2. Tidak. Barang elektronik yang status hukumnya halal tersebut tidak ketularan menjadi syubhat. Karena ia berasal hasil yang halal jadi tetap halal. Kecuali kalau keduanya -- antara benda halal dan syubhat-- menjadi alat untuk bekerja, maka hasilnya menjadi syubhat. Contoh, anda menggunakan hanphone / modem yang halal dan komputer yg syubhat untuk kerja online. Maka, penghasilan darinya akan menjadi harta syubhat.

3. Akun email dan jejaring sosial itu halal karena ia merupakan entitas tersendiri yg berasal dari transaksi yang berbeda. Akun email dan sosmed itu kaitannya antara anda dengan pemilik perusahaan akun email dan sosmed.

4. Barang yang dibeli dari uang halal adalah halal. Bahwa dulunya anda suka membeli di toko yang sama dengan uang syubhat itu soal lain yang tidak ada kaitannya.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..