Sunday, August 17, 2014

Dilema Antara Lelaki Pilihan Ibu Dan Pacar


Dilema Antara Lelaki Pilihan Ibu Dan Pacar
DILEMA ANTARA LELAKI PILIHAN IBU DAN PACAR

Assalamualaikum Wr. Wb.
Ustadz yg baik hati,perkenalkan saya AN dr bandung. Saya mohon penerangan dari Ustadz atas masalah yg sedang saya hadapi sekarang ini. Saya dirundung dilema. Ada 2 pria yg hadir dalam kehidupan saya. Pria A sudah lebih 1 tahun kami kenal. Dan pria B baru 4 bulan kami kenal. Mereka sama2 duda dan masing2 sama2 memiliki 1 anak perempuan. Sedangkan saya wanita single yg belum menikah sama sekali. Padahal dulu2 kekasih saya adalah perjaka. Tp bagi saya status tidak menjadi masalah.

Mungkin saya cerita sedikit kisah saya dengan pria A. Dia 6 tahun lebih muda dr saya. Awal kenal dia saya tidak tahu usianya. Saya pikir beda 1 - 2 tahun dibawah saya. Ternyata 1 minggu kita setelah komitmen dia mengakui jati dirinya, statusnya, usianya, dan dia mahasiswa yg sambil bekerja. Dia duda cerai dan anaknya bersamanya saat ini. Saya syok dengan pengakuannya. Karena tidak terpikirkan oleh saya bs berhubungan dengan pria 6 tahun dibawah saya. Namun lambat laun saat itu jg saya terima kondisi itu.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. DILEMA ANTARA LELAKI PILIHAN IBU DAN PACAR
  2. MIMPI MANTAN PACAR YANG SUDAH MENIKAH
  3. MENGIYAKAN PERMINTAAN ISTRI UNTUK CERAI
  4. DIZAKATIN KAKAK, APA HARUS ZAKAT LAGI?
  5. MENGHADAPI SUAMI MUNAFIK
  6. HUKUM PERNIKAHAN SIRI TANPA IJIN ISTRI PERTAMA
  7. MENYIKAPI ORANG TUA YANG SELALU KONFLIK
  8. CARA MERUKUNKAN ORANG TUA YANG BERTENGKAR
  9. ANAK DARI ISTRI PERTAMA APA BERHAK MENDAPATKAN WARISAN?
  10. QADHA RAMADHAN DIGABUNG DENGAN PUASA SYAWAL, BOLEHKAH?
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM
Sebelumnya perkenalan kami jg karena dijodohkan oleh senior saya wanita bersuami dan beranak 3 yg awalnya mengakui dia tante A namun akhirnya itu diakuinya jg oleh A kl mereka bukan Saudara sama sekali saat 1 minggu km jalan bersamaan dr pengakuan sbelumnya. Namun yg membuat saya bingung knp senior saya ini berkali2 dan terus menerus menanyakan hubngan saya dengan A, saya sdkt terusik karena tidak wajar dan akhirnya saya ada perasaan curiga.

Tiga bulan perjalanan saya dengan A terjadi cekcok yg hebat karena kecurigaan saya terbukti dan itu melalui saksi yaitu temen dekat saya. Dan senior saya jg akhirnya menjelaskan langsung kepada saya ke tempat kerja saya.Ternyata mereka adalah sepasang kekasih sebelumnya. Awalnya senior saya terima saya dengan A karena menurutnya mereka bukan hubungan dengan ikatan, tp lambat laun senior saya cemburu. Padahal senior saya ini sering mengunjungi suaminya dijakarta sabtu dan minggu. Dan A menemani dia di hari senin - jumat. Jujur saya syok. Langsung saya putuskan hari itu jg. Namun A tidak mau. Hubungan mereka lebih sekedar pacaran mereka sering zina, saya tidak mau terima A. Sakit hati saya rasakan. Namun A berusaha menjelaskan semuanya bahwa sbelumnya mereka sudah berjanji untuk jalani hidup yg baik dan msg2.

Senior saya bersama suaminya dan A mencari wanita lain untuk dinikahinya. Cerita senior sy membuat saya semakin teriris. Kejadian ini sudah diketahui ibu saya. Dan bnr2 melarang saya berhubungan dengan A. Namun A terus menerus mengejar saya, A tidak goyah ttp terus ingin menikah dengan saya. Menurut A saya tlh memberi hal baik untuknya namun saya tidak merasa karena saya melihat sendiri perjuangannya, perubahan sikapnya, di mana dia mengumpulkan uang untuk menikah dll. Karena A terlihat serius km akhrnya jalani hubungan back street.

Berkali2 A menemui ibu saya yg single parent untuk melamar saya. Tp ibu gak mau terima dia. Saat ketahuan kami jalan, saya selalu dimarahi sampai ibu menangis berkali2. Jujur saya cinta A, karena perubahannya menjadi yg sholeh. Disela2 hubungan kami, beberapa kalai saya selalu teringat kisah lalu A bersama senior dan itu selalu menjadi keributan shg km putus berkali2 karena sulit saya lupakan namun sudah saya maafkan. Selepas saya plg dr umroh 4 bulan lalu saya ditemui olh keluarga saya dengan seorang pria duda yaitu B. Dia bersama keluarganya dtg kerumah saya. Saya tidak tahu kl saya dijodohkan dengannya. Dia duda yg ditinggal meninggal istrinya. Keluarga saya sgt mendukung. Ibu restui saya.

Saat saya mencari gedung untuk persiapan nikah dengan B hati saya terasa sedih. Teringat perjuangan dengan A, dimana kami mengumpulkan pundi2 untuk persiapan nikah, cari gedung2 resepsi, cari seserahan, dll sbelumnya namun kandas karena tidak dpt restu ibu. Sampai saat ini A msh mengejar impiannya bersama saya. Saya tidak cinta dengan B. Saya jalani saat ini karena untuk menyenangkan hati org tua saya. Karena saya berfikir restu org tua yg terbaik. Jujur saya memiliki kakak perempuan 3 org. Mereka sudah menikah semua dan memiliki anak jg. Namun 2 org diantaranya kehidupan rumah tangga mereka bnr2 menyedihkan karena ditinggalkan oleh suaminya tanpa dinafkahi dan pergi begitu saja.

Historynya mereka ber 2 pernah dilarang org tua saya untuk bersuamikan kakak ipar saya itu namun mereka tidak dengar ibu. Kakak yg 1 lagi hidup bahagia karena dia penurut. Itu yg mjd kebingungan saya saat ini apa yg harus saya lakukan selain istikharah karena berulang kali saya istikharah namun msh bingung dengan keyakinan yg kuat atas pilihan saya. Skrg saya jalani apa yg ibu inginkan yaitu dengan B.Tp saya berat jalaninya karena hati saya msh sgt syg A.

1. Apa yg harus saya lakukan?
2. Apakah saya harus mendengarkan ibu? Bagaimana kita mendapat jawaban atas istikharah yg kita lakukan. Saya mohon Ustadz bs menjawab apa yg mjd dilema saya saat ini. Trmksh. Wassalam


JAWABAN

1. Kalau tidak disertai emosi yang subyektif, maka sebenarnya memilih di antara A dan B itu mudah. Yakni, bahwa B merupakan pilihan yang lebih tepat dibanding A yang sudah terbukti menipu dan berbohong serta tidak setia pada anda. Kalau tidak karena cinta yang membuta, maka sebenarnya anda akan mudah memilih B karena selain B merupakan dari ibu, dia juga memiliki banyak kelebihan lain dibanding A. Yang menjadi masalah bagi anda hanya masalah cinta. Cinta dalam perkawinan itu mudah muncul dan hilang. Anda tidak perlu lama untuk tidak mencintai A saat anda tahu dia melakukan sejumlah kesalahan lagi saat menikah. Begitu juga sebaliknya, anda akan mudah mencintai B saat rumah tangga sudah berjalan.

2. Ya, kali ini dengarkan nasihat ibu. Nasihat beliau saat ini adalah nasihat terbaik yang perlu diikuti oleh putrinya yang tak bisa memilih dengan benar. Baca juga: Cara Memilih Jodoh

Baca juga:
- Istikharah dalam Islam
- Menentukan Jodoh Lewat Istikharah
____________________


MIMPI MANTAN PACAR YANG SUDAH MENIKAH

Assalamualaikun wr wb. Permisi saya mau menanyakan sesuatu arti mimpi mencari kabar mantan saya, padahal mantan saya sudah menikah dan saya pun sesungguhnya sudah lupa dengan mantan saya. Dan kini mimpi tersebut muncul ber ulang2 apa ya, arti dibalik mimpi ini.....

Terimakasih, ass wr wb.

JAWABAN

Mimpi anda tidak ada artinya kecuali menunjukkan bahwa jauh di dalam lubuk hati anda masih mencintai pria itu dan masih ingin bersama dia. Selama itu masih menjadi pikiran, secara syariah tidak berdosa. Namun, secara kejiwaan itu akan berakibat kurang bagi anda. Oleh karena itu, lupakan dia dan teruslah bergerak (move on) ke depan dengan mencari calon suami baru dan segera menikah. Lihat: Hukum Pacaran menurut Islam

____________________


MENGIYAKAN PERMINTAAN ISTRI UNTUK CERAI

Asalamualaikum.
Saya mau nanya, jika ada seorang wanita memintak cerai kepada suaminya
1. dan suaminya menjawab ayo atau ya apakah jatuh?
2. Dan jawaban apakah jawaban suami itu kinayah atau sharih?

JAWABAN

1. Kalau suami menjawab "Ya", maka jatuh talak. Karena itu berarti sama dengan menyatakan "Ya, kita cerai."

2. Tergantung kalimat istri. Kalau kalimat istri sharih, seperti "Mas, ayo kita cerai" lalu suami menjawab "Ayo" atau "Ya", maka menjadi talak yang sharih. Lihat detail: Cerai Talak dan Gugat Cerai

____________________


DIZAKATIN KAKAK, APA HARUS ZAKAT LAGI?

assalamu.alaikum wr wb...maaf pa ustadz saya mau bertanya.. kan saya sudah wajib zakat. tapi kakak saya berzakat untuk saya.
1. apakah saya wajib zakat lagi dari pribadi atau kwajiban zakat saya sudah gugur karena sudah dizakatkan sama kakak saya?
terima sebelumnya pa ustadz..salamualaikum...

JAWABAN

1. Kalau maksud anda zakat fitrah, maka sudah cukup. Kewajiban zakat gugur karena sudah dizakatkan. Lihat detail: Panduan Zakat Fitrah dan Harta

____________________


MENGHADAPI SUAMI MUNAFIK

Asslkm.pak ustad...saya mau sedikit brrtanya masalah seorang suami yang memilki sifat munafik. Setiap perkataannya dan tingkah lakunya sangat berbeda jauh dengan kenyataannya.
1. Apa yang harus dilakukan seorang istri? karena selama 7 tahun pernikahan, si suami ini tidak pernah berubah dan selalu menyalahkan orang lain atas semua kejadian.
2. Apakah si istri ini diam terus atau berpisah? Saya takut sifatnya itu mempengaruhi si anak.

JAWABAN

1. Kalau munafiknya itu sampai melakukan dosa pada Allah, maka istri berhak dan boleh meminta cerai. Sebagaimana panduan Rasulullah yang memberi pilihan untuk bercerai atau mempertahankan rumah tangga terhadap pasangan suami istri yang salah satu pasangannya melakukan dosa.

2. Anda boleh berpisah atau tetap bersama suami. Lihat: Perselingkuhan dalam Rumah Tangga

Baca juga: Istri Ingin Cerai Karena Suami Tidak Shalat
____________________


HUKUM PERNIKAHAN SIRI TANPA IJIN ISTRI PERTAMA

ASSalamualaikum... pa ustad saya adalah seorang perempuan yg dinikahi sirih oleh suami saya, awal menikah tanpa sepengetahuan istri pertama, dan pd akhirnya sekarang istri pertama sudah mengetahuinya, istri pertama meminta suaminya menceraikan saya tp suaminya berpura pura hubungan pernikahan dengan saya sudah dibereskan, suami saya ingin mempertahankan saya tapi juga ingin mempwrtahankan anak anak, kendati hubungan dg istri pertama tidak harmonis dalam beberapa tahun, pa ustad posisi saya tersudutkan.
ini pernikahan yg kedua yg saya harapkan menjadi pernikahan terakhir, karena daya mencintai suami saya, saya sampai memohon pada suami saya jangan ceraikan saya, dan suami saya pun menyampaikan beliau pun sayang terhadap saya,

Beliau sering berucap saya sudah tidak ada rasa dg istri saya dan saya sdh tdk berhubungan dg istrinya selama 3th saya tidak mau berzinah dan saya tertekan dg sikap istri saya yg selalu kasar, makanya saya menikah lg, pa ustad bagaimana hukum pernikahan dg istri pertamanya yg tdk diberikan nafkah bathin dan pernah mengakui pd teman saya, beliau menikahi saya karena sudah menceraikan istrinya..pdhl gugatannya dicabut,, saya harus bagaimana menyikapinya karena posisi sy tersudutkan,

Beliau sering berucap saya sudah tidak ada rasa dg istri saya dan saya sdh tdk berhubungan dg istrinya selama 3th saya tidak mau berzinah dan saya tertekan dg sikap istri saya yg selalu kasar, makanya saya menikah lg, pa ustad bagaimana hukum pernikahan dg istri pertamanya yg tdk diberikan nafkah bathin dan pernah mengakui pd teman saya, beliau menikahi saya karena sudah menceraikan istrinya..pdhl gugatannya dicabut,, saya harus bagaimana menyikapinya karena posisi sy tersudutkan,

1. pa ustad bagaimana hukum pernikahan saya dan saya harus bagaimana kedepannnya...terimakasih

JAWABAN

1. Hukum pernikahan siri sama dengan nikah resmi yakni bisa sah bisa tidak tergantung apakah syarat dan rukunnya sudah terpenuhi. Syarat dan rukun nikah aalah ada wali, dua saksi dan ijab kabul. Baca detail: Hukum Nikah Siri dalam Islam

Menurut syariah, istri siri dan istri resmi sama kedudukannya. Dan sama terhormatnya. Anda boleh terus bersama suami kalau merasa nyaman. Tapi kalau merasa tidak nyaman dan tersiksa, anda boleh memilih untuk berpisah. Kalau anda ingin pisah tapi suami menolak, anda bisa lakukan gugat cerai. Baca juga: Gugat Cerai dalam Islam

____________________


MENYIKAPI ORANG TUA YANG SELALU KONFLIK

Assalamualaikum wr.wb
Saya S dari pati.. Pak .. Saya. Ingin konsultasi .. Keluarga saya sering mengalami konflik , bapak ibu saya selalu memperdebatkan masalah keuangan.. Jujur pak, saya sedih melihat keadaan tersebut.. Bahkan saya sering menangis . saya bersabar, berdoa.. Namun keluarga saya masih banyak konflik. Keluarga kami tidak terlalu harmonis. Saya merasakan apakah ini musibah atau ujian dari allah supaya saya tetap bersabar. Jujur doa saya belum dikabulkan oleh allah..
1. Pak saya mohon semoga konsultasi saya ini bisa bapak jawab. Segera. Trimakasih.. Wassalamualaikum wr.wb..

JAWABAN

1. Apa yang bisa anda lakukan sebagai anak adalah (a) berdoa setiap shalat wajib agar mereka bisa harmonis. Kalau perlu lakukan shalat malam juga. (b) Perbaiki perilaku anda sendiri. Biasakan berkata dan berperilaku baik pada siapapun. agar kebiasaan keras kepala yang dilakukan orang tua anda tidak menular pada anda; (c) tambahlah wawasan ilmu agama anda dengan belajar pada orang ustadz yang baik di tempat terdekat anda; (d) tingkatkan amal dan ibadah anda; dan (e) Datang dan silaturrahmi pada ulama, kyai dan ustadz dan mintalah mereka supaya mendoakan orang tua anda. Karena doa orang sholeh itu lebih mudah diterima oleh Allah. Lihat: Tawassul dalam Islam
____________________


CARA MERUKUNKAN ORANG TUA YANG BERTENGKAR

Assalamualaikum wr.wb Langsung saja perkenalkan bapak, nama saya I, saya mempunyai masalah mengenai orangtua. Sebelumnya orang tua saya perna pisah dan kembali lg, namun saat kembali ibu berubah drastis dan sering memancing emosi, tidak mnghargai bapak saya, tidak perna cukup dengan uang jatah yg dkasi bapak saya selalu mrasa kurang2, makan pun jarang memasakkan untuk bapak saya, menyuci jg tidak mau mnyucikan pakaian bapak saya, stiap apa yg didpan matanya tidak pas dengan hatinya selalu mengomel dan memarahi bapak saya.
1. Apakah sprti ini pantas pak ? Saya pun seorang anak jg tidak ingin mlihat kjadian ini trs trjdi. Aplg kalao ortu sy pisah lg. Sy pun jg tidak tega mlihat bapak saya yg selalu mngalah. Aplg trkdang bapak saya bercrita smp mnangis krn trllu sakitnya mlihat sikap ibu yg sperti itu. Saya hrp bapak bs mmberikan solusinya. Trimakasi
wassalamuakaikum wr.wb

JAWABAN

1. Tentu saja perbuatan istri yang membentak suami sangat tidak pantas. Ibu anda wataknya terlalu keras sedang bapak anda terlalu lemah. Dalam situasi ini, adanya perubahan ke arah yang lebih baik berada di tangan ibu. Kalau ibu berubah maka keadaan rumah tangga akan lebih baik dan suasana anak-anak juga akan terasa lebih nyaman. Anda harus berusaha agar supaya ibu bisa merubah sikapnya pada ayah anda dengan cara (a) ajak dia mengikuti aktifitas pengajian rutin kalau ada; (b) ajak dia silaturrahmi menemui orang-orang saleh, para ulama dan kyai, mintalah doa pada mereka agar watak dan perilaku ibu berubah menjadi baik; dan (c) berdoalah setiap selesai shalat untuk kerukunan ibu dan ayah anda.

____________________


ANAK DARI ISTRI PERTAMA APA BERHAK MENDAPATKAN WARISAN?

assalamualaikum

saya mau bertanya saya seorang anak laki-laki mempunyai 1 adik laki-laki dan ibu ayah saya sudah meninggal dunia di tahun 2005. ayah saya pernah menikah sebelumnya sebelum menikah dengan ibu saya dan mempunyai seorang anak perempuan mereka bercerai skhir tahun 90.

1. saya ingin menanyakan apakah anak perempuan dari istri sebelumnya berhak mndapatkan hak waris. ayah saya memiliki satu rumah dan di bangun dari nol bersama ibu saya .. mohon jawabannya terima kasih

JAWABAN

1. Anak perempuan itu mendapat warisan dari ayahnya. Tapi yang diwariskan adalah harta ayahnya sendiri. Artinya, kalau rumah almarhum itu berasal dari kerja dan usaha bersama dengan istri keduanya (ibu anda), maka tentu saja harta istri almarhum harus dipisah lebih dulu.

Adapun cara pembagiannya adalah sbb:

(a) Istri (yakni ibu anda) mendapat bagian 1/8 (seperdelapan).
(b) Ayah dari ayah anda (yakni kakek anda) kalau masih hidup mendapat 1/6
(c) Sisanya dibagi untuk anak-anak almarhum di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan. Cara yang mudah adalah dengan membagi harta tersebut menjadi 5 (lima) bagian. Kedua anak laki-laki masing-masing mendapatkan 2 (dua) bagian. Sedangkan anak perempuan mendapat 1 (satu) bagian. Lihat: Hukum Waris Islam

____________________


QADHA RAMADHAN DIGABUNG DENGAN PUASA SYAWAL, BOLEHKAH?

Assalamu'alaikum.wr.wb
Nama saya V, saya mau tanya,
1. apakah boleh hutang puasa Ramadhan, di gabung dengan niat puasa Syawal. Karena jika melakukan puasa Syawal di awal bulan (tgl 2 syawal), konon katanya lebih Barokallah, dan lebih khusyuk. Namun hutang puasa Ramadhan hukumnya wajib, sedangkan kalau puasa Syawal hukumnya sunnah. Mana yg harus di dahulukan ? Apakah boleh di gabung? Atau niat nya menggunakan Hutang Puasa Ramadhan, tp dilakukan mulai pada tanggal 2 Syawal??
Terima kasih

JAWABAN

1. Anda bisa menggabung keduanya yakni qadha Ramadhan dan puasa sunnah Syawal. Lihat: Satu Puasa dengan Dua Niat: Qadha dan Sunnah



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..