Saturday, October 31, 2015

Cara Orang Murtad Kembali ke Islam


Cara Orang Murtad Kembali ke Islam
CARA ORANG MURTAD KEMBALI KE ISLAM

1. jika orang yang murtad ingin kembali ke jalan islam, dan menjadi seorang muslim bagaimanakah caranya?
2. apakah diwajibkan mandi wajib baginya?
3. jika ternyata diwajibkan mandi wajib baginya, bagaimanakah cara agar menjadi muslim kembali apakah harus melakulan taubat, syahadat, mandi wajib atau syahadat dulu baru taubat lalu mandi wajib. bagaimanakah urutannya?
4. bolehkah saat dia bersyahadat tanpa disaksikan siapapun? sahkah syahadatnya?

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. CARA ORANG MURTAD KEMBALI KE ISLAM
  2. MUSLIM MENYEBUT ORANG LAIN ATHEIS SECARA BERCANDA APAKAH MURTAD?
  3. NIKAH SIRI ANAK ZINA TANPA DIKETAHUI ORANG TUA
  4. ZAKAT DEPOSITO DAN APARTEMEN
  5. AL-MA'TSUROT DAN TAHLIL
  6. WARISAN UNTUK SAUDARA TIRI
  7. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

JAWABAN

1. Sama dengan orang kafir masuk Islam yaitu membaca dua kalimah syahadat. Dan itu bisa dilakukan sendirian tanpa harus ada saksi. Baca detail: Cara Menjadi Mualaf

Bedanya, dia juga harus bertaubat nasuha. Karena murtad adalah perbuatan dosa besar. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

2. Kalau junub saat murtad, maka wajib mandi wajib. Kalau tidak junub, maka sunnah mandi. (Lihat, Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, 2/152))
3. Urutannya: baca kalimah syahadat, mandi, taubat.
4. Boleh dan sah.

Baca detail: Penyebab Murtad, Kafir, Syirik

______________________


MUSLIM MENYEBUT ORANG LAIN ATHEIS SECARA BERCANDA APAKAH MURTAD?

1.jika ada si A ditanya oleh orang lain apa agamanya, lalu temannya si B menjawab bahwa dia beragama ateis padahaL si A beragama islam, apakah si B telah melakukan dosa murtad secara ucapan?
2.jika si B ternyata melakukan dosa murtad secara ucapan, bagaimanakah cara taubatnya?
3.jika si B ternyata telah melakukan dosa murtad secara ucapan, apakah saat dia melakukan taubat dan bersyahadat harus disaksikan orang lain?
4.jika si B ternyata telah melakukan dosa murtad secara ucapan apakah diwajibkan baginya untuk melakukan mandi wajib?

JAWABAN

1. Tidak karena si B tidak sengaja. Menurut Imam Nawawi dalam kitab Raudah at Thalibin, bab "Ar-Riddah", hlm. 10/64 menyatakan: Murtad itu adalah memutuskan diri dari Islam. Dan hal itu bisa terjadi karena perkataan atau dengan perbuatan yang kufur . Perbuatan yang menyebabkan kafir yaitu perbuatan yang timbul dari kesengajaan dan penghinaan pada agama seperti (a) sujud pada berhala atau matahari; (b) melempar Al-Quran ke dalam kotoran; (c) sihir yang mengandung penyembahan pada matahari dan semacamnya.

2. Mengucapkan syahadat dan melaksanakan seluruh kewajiban Islam seperti biasa. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

3. Tidak perlu ada saksi. Sebagaimana masuk Islamnya orang kafir tidak perlu ada saksi. Baca detail: Cara Menjadi Mualaf

4. Taubatnya orang murtad atau masuk Islam-nya orang kafir itu hukum mandinya sama yakni (a) sunnah apabila tidak dalam keadaan junub; (b) wajib apabila dalam keadaan junub. Ini pendapat mayoritas ulama baik mazhab Syafi'i (Al-Majmuk, 2/152), Hanafi (Al-Durr Al-Mukhtar 1/167) dan Maliki (Mawahib Al-Jalil, 1/453). Detailnya, baca di sini.

Baca detail: Penyebab Murtad, Kafir, Syirik

______________________


NIKAH SIRI ANAK ZINA TANPA DIKETAHUI ORANG TUA

Assalamu'alaikum wr.wb

Saya wanita berusia 21 tahun. Saya berpacaran dengan pacar saya berusia 27 tahun sudah satu tahun, dan kami sudah beberapa kali melakukan hubungan suami istri.
Ibu saya mengandung saya sebelum menikah dengan ayah saya dan ayah saya bilang ketika menikah saya diwalikan oleh wali hakim atau saudara laki-laki ibu saya.
Kami berniat ingin nikah siri tanpa sepengetahuan orangtua kami dan kami tetap tinggal terpisah dirumah orangtua masing2, kami tidak ingin melakukan zinah terus menerus dan saya belum diperbolehkan menikah karna kuliah saya belum selesai.

1. Dalam pernikahan siri saya diwalikan oleh wali hakim. Bagaimana hukumnya??
Terimakasih sebelumnya

Wasslamu'alaikum wr.wb

JAWABAN

1. Anda tidak menjelaskan apakah ibu dan ayah anda menikah saat anda dalam kandungan? Kalau iya, maka anda sah menjadi anak kandung dari ibu dan ayah anda. Dan ayah anda berhak menjadi wali. Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

Apabila demikian, maka sebaiknya anda meminta ayah anda untuk menjadi wali. Tapi kalau ayah anda menolak, maka anda boleh meminta wali hakim untuk menikahkan anda. Karena, wali yang tidak mau menikahkan putrinya maka kewaliannya pindah pada wali hakim. Baca detail: Wali Hakim dalam Pernikahan

______________________


ZAKAT DEPOSITO DAN APARTEMEN

Assalamu'alaikum,

Saya mendapatkan uang pensiun kira2 setahun lalu dan sudah saya zakatkan.

Sebagian uang tersebut saya simpan dalam bentuk deposito di suatu bank syariah. Tujuannya untuk dana anak2 sekolah dan menikah dan sisanya sebagai simpanan yg "return"nya untuk pendapatan saya selama pensiun.

Saya juga membeli apartement yg sudah berumur kira2 setahun. Pada waktu disewa, saya sudah zakatkan uang sewanya.

1. Mohon informasi kewajiban zakat dari deposito dan apartment tsb.

Terimakasih, wassalammu'alaikum

JAWABAN

1. Zakat deposito atau menyewakan rumah / apartemen adalah sama yakni apabila terpenuhi dua syarat yaitu (a) nilai harta yang tersimpan mencapai 85 gram emas; (b) sudah mencapai haul (satu tahun menurut hitungan kalender hijriah). Adapun nilai zakatnya adalah 2.5 %. Baca detail: Bimbingan Zakat Harta

______________________


AL-MA'TSUROT DAN TAHLIL

Assalamualaikum,

pengasuh KSI alkhoirot yang saya hormati, saya mau tanya
1. Bagaimana penjelasan tentang Al matsurat? karena kalau sepintas saya lihat
isinya sama dengan buku buku tahlilan, tapi yang selalu di kenal-kenalkan terutama di kalangan kampus (LDK) itu almasurat seolah olah almatsurat lah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah dan juga minta penjelasan tentang doa Robitoh

terima kasih (waridin)

Wassalamualaikum wr. wb

JAWABAN

1. Al-Ma'tsurot ditulis oleh Al-Banna, pendiri gerakan Islam Mesir Ikhwanul Muslimin. Pada dasarnya dibolehkan membuat sendiri bacaan-bacaan wirid yang diambil dari Quran dan hadits atau membuat sendiri yang penting di dalamnya terdapat doa dan pujian pada Allah dan RasulNya dan tidak ada unsur yang menyalahi syariah.

Al-Manawi dalam kitab Faidhul Qadir hukumnya boleh akan tetapi doa yang berasal dari Nabi lebih utama.

ويسن لهم الدعاء له بحضرته وفي غيبته بالمأثور وبغيره، والمأثور أفضل

Artinya: Dan disunnahkan bagi mereka berdoa untuknya (orang yang meninggal) di dekatnya atau dari jauh dengan doa ma'tsur (berasal dari nash Quran atau hadits) atau dengan doa yang lain (buatan sendiri). Namun doa ma'tsur lebih utama.

Soal mana yang lebih utama antara tahlil dan Al-Ma'tsurot itu terserah pada keikhlasan pembacanya. Secara sosial, itu tergantung lokasi anda membacanya. Kalau membaca di kalangan yang biasa baca tahlil, sebaiknya membaca tahlil lebih baik. Kalau di lingkungan yang biasa baca Ma'tsurot, sebaiknya baca Ma'tsurot.

Baca juga:
- Bacaan Tahlil
- Hukum Selamatan

______________________


WARISAN UNTUK SAUDARA TIRI

Assalamualaikum w.w.
Pak ustad saya ingin bertanya tentang hak waris, masalahnya begini , seorang laki laki muslim wafat, dan meninggalkan seorang istri, 2 orang anak perempuan, satu orang saudara perempuan, 5 orang saudara tiri laki laki dan 3 orang saudara tiri perempuan Kedua orang tua almarhum sudah wafat,

1. yang saya ingin tahu siapa saja ahli waris yang berhak menerimanya dan bagaimana pembagiannya.
Terima kasih Wassalamualaikum w.w

JAWABAN

1. Pembagian warisnya sbb:
(a) Istri mendapat 1/8 (seperdelapan) = 3/24
(b) 2 orang anak perempuan mendapat 2/3 (duapertiga) = 16/24
(c) Saudara perempuan kandung mendapatkan sisanya yakni 5/24
(d) Saudara tiri tidak mendapat warisan.

Baca detail: Hukum Waris Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..