Wednesday, October 07, 2015

Batas Hubungan Orang Tua dan Anaknya menurut Syariah Islam


Hubungan Orang Tua dan Anaknya menurut Syariah Islam
TATA CARA HUBUNGAN ANAK PEREMPUAN DAN AYAH KANDUNGNYA

Bagaimana aturan syariah Islam dalam hal hubungan yang dibolehkan antara ayah dan putrinya, ibu dan putranya dan antara saudara kandung yang lawan jenis? Islam mengatur agar Hubungan fisikal antara mereka harus ada batas yang wajar untuk menghindari terjadinya hal buruk yang banyak terjadi seperti incest (hubungan sedarah) dan semacamnya.

Assalamualaikum Wr Wb..

1. Pak ustadz, bolehkah seorang ayah memberikan kasih sayang kepada anak perempuannya yg sudah akil baligh (usia 19 tahun) dengan cara mengeloninya tidur sambil mengelus-ngelus atau menepok-nepok bagian tubuhnya seperti pantat?
2. Bagaimanakah sebenarnya tata cara hubungan ayah dan anak kandung yang sudah akil baligh sesuai dengan syariat agama Islam?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. BATAS DAN TATA CARA HUBUNGAN ANAK PEREMPUAN DAN AYAH KANDUNGNYA
  2. BISNIS ADSENSE DENGAN INTERNET GRATISAN
  3. MENIKAHI WANITA NON-MUSLIM YANG HAMIL DULUAN
  4. ISTRI SELINGKUH DAN BERZINA DAN MINTA CERAI
  5. KESALAHAN MEMBONGKAR AIB PACAR
  6. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN BATAS DAN TATA CARA HUBUNGAN ANAK PEREMPUAN DAN AYAH KANDUNGNYA

1. Hukumnya makruh bagi ayah tidur seranjang dengan putrinya atau ibu tidur seranjang dengan putranya yang sudah akil baligh. Demikian juga antara dua saudara kandung yang lawan jenis. Hukum makruh ini berlaku apabila tidak ada syahwat. Apabila terjadi syahwat pada salah satunya atau keduanya maka hukumnya haram. Kami sangat menganjurkan agar ayah anda jangan dibolehkan untuk mengeloni (menemani tidur) anda apalagi sampai menyentuh dan mengelus-elus bagian tubuh tertentu.

Dalam sebuah hadits sahih riwayat Abu Dawud, Nabi bersabda:

مروا أولادكم بالصلاة وهم أبناء سبع سنين، واضربوهم عليها وهم أبناء عشر، وفرقوا بينهم في المضاجع

Artinya: Perintahkan anak-anakmu shalat pada usia 7 tahun. Pukullah mereka untuk shalat pada usia 10 tahun. Dan pisahlah mereka di tempat tidur. (Hadits ini menurut Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm. 3/12, status sanadnya sahih).

Sebuah hadits serupa dari Abu Rafi' riwayat Al-Bazzar Abu Rafi' berkata: Rasulullah bersabda:

وفرقوا بين مضاجع الغلمان والجواري والأخوة والأخوات لسبع سنين ، واضربوا أبناءكم على الصلاة إذا بلغوا أظنه تسع سنين ،

Artinya: Pisahlah antara tempat tidur anak-anak laki-laki dan perempuan, saudara laki-laki dan saudara perempuan pada usia usia 7 tahun. Dan pukullah anak kalian agar shalat apabila berusia 9 tahun.

Taqiyuddin Al-Subki dalam Qadha' Al-Irb fi As'ilati Hilb, hlm. 248 menjelaskan makna pemisahan sebagai berikut:

التفريق في المضاجع يصدق بطريقين. أحدهما : أن يكون لكل منهما فراش ، والثاني : أن يكونا في فراش ، ولكن متفرقين غير متلاصقين ، )

Artinya: Pemisahan tempat tidur bisa dibenarkan dengan dua cara. Satu, masing-masing anak memiliki satu tempat tidur. Dua, keduanya dalam satu tempat tidur akan tetapi terpisah dan tidak saling bersentuhan.

Zakariya Al-Anshari dalam Asnal Matolib, hlm. 1362, menyatakan

قال في التتمة يكره للابن الكبير أن يضاجع أمه وللأب أن يضاجع ابنته الكبيرة بلا حائل

Artinya: Zarkasyi menyatakan dalam Al-Tatimmah: Makruh hukumnya bagi anak yang besar tidur bersama ibunya, dan makruh bagi bapaknya tidur seranjang bersama putrinya yang besar tanpa penghalang.

2. Batasi kontak fisik yang sekiranya tidak sampai bersentuhan secara intim. Yang dimaksud intim seperti berpelukan di sofa, bersentuhan di ranjang, dan semacamnya yang biasa dilakukan oleh lawan jenis yang suami - istri.

______________________


BISNIS ADSENSE DENGAN INTERNET GRATISAN

Assalamu'alaikum
saya mau tanya jika saya mengikuti bisnis google adsense menggunakan 2 hal :
pertama = software bajakan, dikarenakan mahal kalau beli yang original
kedua = menggunakan ssh (secure shell) sarana internet gratis yang
memanfaatkan bug operator sehingga minim biaya atau bisa gratis, paketan sekarang mahal juga.

1. Bagaimana hukumnya kehalalan bisnis adsense saya ?

JAWABAN

1. Software bajakan hukumnya boleh kalau harga aslinya mahal, dan kita tidak mampu sementara sangat diperlukan. Dengan syarat software itu tidak untuk diperjualbelikan tapi hanya untuk kepentingan pribadi. Sedangkan penggunaan ssh itu sama dengan pencurian dan hukumnya haram. Baca detail: Menggunakan Software Bajakan

Adapun status Adsensenya tetap halal. Namun harta yang anda peroleh hukumnya syubhat karena di dalamnya terdapat hak orang lain yaitu harta milik perusahaan provider internet yang anda curi koneksinya. Harta hasil andsense itu dan harta-harta anda yang lain baru halal sepenuhnya apabila kerugian yang diakibatkan oleh penggunaan SSH itu dikembalikan pada pemiliknya. Baca detail: Harta Syubhat Campuran Halal dan Haram

______________________


MENIKAHI WANITA NON-MUSLIM YANG HAMIL DULUAN

Assalamuailaikum wr.wb pak ustad, saya mau bertanya
1. apa hukum hamil duluan diluar nikah dengan wanita non muslim
2. apa hukum menikahi wanita yang hamil duluan di luar nikah
3. apa hukum mengajak wanita masuk islam dan menikahi nya tetapi tidak pernah di ajarkan tentang islam.
Itu aja pak ustad mohon jawaban nya..

JAWABAN

1. Berzina hukumnya dosa besar baik dengan wanita muslimah atau dengan perempuan non-muslim. Baca: Dosa Besar dalam Islam

2. Hukumnya boleh dan sah dan tidak perlu mengulang lagi setelah anaknya lahir. Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

3. Mengajak wanita masuk Islam itu baik dan berpahala. Idealnya, setelah itu diajari ajaran dasar Islam. Kalau tidak bisa atau tidak sempat, maka cari ustadz yang bisa membimbingnya. Pilihlah ustadz yang baik yang berasal dari pesantren NU karena mereka umumnya bersikap moderat dan bijaksan, jangan ustadz yang berpaham Wahabi Salafi yang umumnya radikal dan kaku. Baca detail: Apa itu Wahabi?

______________________


ISTRI SELINGKUH DAN BERZINA DAN MINTA CERAI

assalamualaikum Pak ustad.. Istri saya selingkuh dan dia sudah berzina, tapi kenapa dia malah bersikeras untuk berpisah dengan saya padahal saya masih cinta dan sayang pada istri saya dan mau terima dia apa adanya... selain itu kenapa saya tidak mau berpisah karena ada anak.. sudah lebih dari satu bulan kami sudah tidak akur lagi, bahkan kami pisah rumah, sekarang istri saya sudah tidak mempedulikan saya lagi, menyapa pun tidak.....

1. Apa yang harus saya lakukan pak ustad

JAWABAN

1. Jadilah laki-laki yang punya martabat dan harga diri yang normal. Istri anda sudah jelas tidak mencintai anda, maka anda jangan memaksanya. Kalau dia ingin berpisah, maka permudah proses perceraiannya dengan cara ceraikan dia. Itulah tanda cinta anda padanya. Baca detail: Cerai dalam Islam

______________________


KESALAHAN MEMBONGKAR AIB PACAR

Assalammualaikum , saya ingin konsultasi dari masalah saya dengan orang tua (pacar saya) saya akuin emang saya salah pada saat pacar saya selingkuh dan ketahuan sama saya lalu saya bilang ke ibu pacar saya tentang kelakuannya anak nya saya berani bilang ke orang tua nya (pacar saya) karena saya sudah terlalu sabar kerena pacar saya selingkuh di hotel . Dan lalu saya bongkar semua tentang pacaran saya dengan anak nya lalu si ibu itu malah selalu menyalahkan saya .

Emang saya tidak bisa menjaga diri tapi ini sudah terlanjur tapi dia menjanjikan serius ke saya dan keluarga saya . Keluarga saya gak tau masalah saya agak ribut dengan org tua nya (pacar saya) lalu sekarang saya harus bagaimana lagi sedangkan dari keluarga saya tau nya baik baik saja dan tidak tahu kalau saya sudah berzina dengan pacar saya .
Tetapi orang tua ( pacar saya) tau kalau saya sudah berzina dan mereka tidak merestuin hubungan saya . Saya harus bagaimana . Saya pun menyesal sudah bongkar tentang cowok saya yang selingkuh di hotel sm cewek lain lalu saya pun ngebongkar bagaimana gaya pacaran saya . Saya menyesal sudah ribut dengan orang tua nya . Saya selalu minta maaf maaf dan maaf . Maksud saya ngebongkar supaya cowok saya gak selingkuh lagi tetapi saya yang kena cacian dan makian . Terimakasih semoga curhatan saya di mengerti dan dapat solusi yang baik .

JAWABAN

Kalau memang laki-laki yang menzinahi anda tidak mau menikahi anda, dan orang tuanya juga tidak setuju dan tidak merestui, maka tidak ada jalan lain kecuali move on dan hentikan harapan untuk menikah dengan dia. Teruskan hidup secara positif. Bertaubatlah dan jangan ulangi lagi berbuat dosa zina dengan lelaki lain. InsyaAllah anda akan mendapatkan pria yang lebih baik. Baca detail: Cara Taubat Nasuha



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..