Sunday, November 10, 2013

Gerakan Wahabi Salafi

Tags

Gerakan Wahabi Salafi
GERAKAN WAHABI SALAFI DI INDONESIA DAN LUAR NEGERI

Daftar nama ulama Wahabi Salafi, kitab buku dan situs/blog-nya. Secara umum, tokoh utama ulama Wahabi/Salafi adalah ulama yang berdomisili di Arab Saudi dan menduduki posisi jabatan resmi tertentu di Kerajaan atau di universitas-universitas Arab Saudi seperti Ummul Qura, Universitas Islam Madinah, Universitas Ibnu Saud, dll.

Santri dan ulama Indonesia perlu mengetahui ini agar tidak salah dalam mengutip pendapat mereka baik yang berbahasa Arab atau Indonesia. Karena, banyak buku-buku mereka yang diterbitkan dan diterjemahkan di Indonesia.

DAFTAR ISI
  1. Ciri Khas Gerakan dan Ulama Wahabi Salafi
  2. Asal Mula Nama Wahabi
  3. Wahabi Bukan Ahlussunnah Waljamaah
  4. Nama Ulama Wahabi Salafi
    1. Muhammad bin Abdul Wahhab (Pendiri Wahabi)
    2. Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
    3. Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
    4. Muhammad Nashiruddin Al-Albani
    5. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan
    6. Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin
  5. Nama Anggota Kibar-ul Ulama lil-Buhuts wal-Ifta'
  6. Nama Anggota Lajnah ad-Daimah wal Ifta'
  7. Nama Ulama Wahabi Luar Arab Saudi
    1. Nama Ulama Salafi India Pakistan
    2. Nama Ulama Salafi Irak
    3. Nama Ulama Wahabi Kuwait
    4. Nama Ulama Wahabi Mesir
    5. Nama Ulama Wahabi Maroko
    6. Nama Ulama Wahabi Mauritania
    7. Nama Ulama Wahabi Al Jazair
    8. Nama Ulama Wahabi Tunisia
    9. Nama Ulama Wahabi Qatar
    10. Nama Ulama Sudan
    11. Nama Ulama Wahabi Suriah
    12. Nama Ulama Wahabi Lebanon
    13. Nama Ulama Wahabi Yordania
    14. Nama Ulama Yaman
  8. Daftar Yayasan, Pesantren dan Ustadz Wahabi Indonesia
  9. Gerakan Wahabi di Indonesia
  10. Catatan Kaki


CIRI KHAS ULAMA DAN ULAMA WAHABI

1. Kata kunci dan tema sentral dari fatwa para ulama Wahabi Salafi berkisar pada (a) bid'ah; (b) syirik; (c) kufur; (d) syiah rafidlah kepada kelompok Islam atau muslim lain yang tidak searah dengan mereka. Kita akan sering menemukan salah satu dari 4 kata itu dalam setiap fatwa mereka.

2. Dalam memberi fatwa, tokoh utama ulama Wahabi Salafi akan langsung berijtihad sendiri dengan mengutip ayat dan hadits yang mendukung. Atau, kalau mengutip fatwa ulama, mereka akan cenderung mengutip fatwa dari Ibnu Taimiyah atau Ibnul Qayyim. Selanjutnya, mereka akan membuat fatwa sendiri yang kemudian akan menjadi dalil para pengikut Wahabi. Dengan kata lain, pengikut Wahabi hanya mau bertaklid buta pada ulama Wahabi.

3. Tokoh atau ulama Wahabi Salafi level kedua ke bawah akan cenderung menjadikan fatwa tokoh Salafi level pertama sebagai salah satu rujukan utama. Atau kalau tidak, akan memberi fatwa yang segaris dengan ulama Wahabi level pertama.

4. Kalangan ulama atau tokoh Wahabi Salafi tidak suka atau sangat jarang mengutip pendapat ulama salaf seperti ulama madzhab yang empat dan yang lain kecuali madzhab Hanbali yang merupakan tempat rujukan asal mereka dalam bidang fiqih walaupun tidak mereka akui secara jelas. Hanya pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim yang sering dikutip untuk pendapat ulama di atasnya Muhammad ibnu Abdil Wahhab terutama dalam bidang yang menyangkut aqidah.

5. Di mata ulama Wahabi, perayaan keislaman yang boleh dilakukan hanyalah hari raya idul fitri dan idul adha. Sedangkan perayaan yang lain seperti maulid Nabi Muhammad, peringatan Isra' Mi'raj dan perayaan tahun baru Islam dianggap haram dan bid'ah.

6. Gerakan-gerakan atau organisasi Islam yang di luar Wahabi Salafi atau yang tidak segaris dengan manhaj (aturan standar ideologi) Wahabi akan mendapat label syirik, kufur atau bid'ah.

7. Semua lulusan universitas Arab Saudi dan afiliasinya adalah kader Wahabi Salafi. Sampai terbukti sebaliknya.

8. Pengikut/aktivis Wahabi Salafi tidak mau taklid (mengikuti pendapat) ulama salaf (klasik) dan khalaf (kontemporer), tapi dengan senang hati taklid kepada pendapat dan fatwa ulama-ulama Wahabi Salafi atau fatwa-fatwa yang dikeluarkan oleh Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts wal Ifta' (اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد) dan lembaga serta ulama-ulama yang menjadi anggota Hai'ah Kibaril Ulama (هيئة كبار العلماء) yang nama lengkapnya adalah Ar-Riasah al-Ammah lil Buhuts wal Ifta' (الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء).

9. Pengikut/aktivis sangat menghormati ulama-ulama mereka dan selalu menyebut para ulama Wahabi dengan awalan Syekh dan kadang diakhiri dengan rahimahu-Llah atau hafidzahulLah. Seperti, Syeikh Utsaimn, Syeikh Bin Baz, dll. Tapi, menyebut ulama-ulama lain cukup dengan memanggil namanya saja.

10. Ulama Wahabi Salafi utama (kecuali Nashiruddin Albani yang asli Albania) mayoritas berasal dari Arab Saudi dan bertempat tinggal di Arab Saudi. Oleh karena itu, mereka umumnya memakai baju tradisional khas Arab Saudi yaitu (a) gamis/jubah warna putih (b) surban merah (c) surban putih (d) maslah yaitu jubah luar tanpa kancing warna hitam atau coklat yang biasa dipakai raja. Lihat baju luar yang dipakai Abdul Wahab dan Al-Utsaimin.

Oleh karena itu, saat kita membaca buku, kitab atau browsing di internet, tidak sulit menengarai pada fatwa ulama non-Wahabi, mana fatwa yang berasal dari Wahabi Salafi dan mana tulisan sebuah website atau blog yang penulisnya adalah pengikut Wahabi.

Sayangnya, tidak sedikit dari kalangan awam yang terkadang tidak sadar bahwa fatwa agama dalam buku atau situs internet yang mereka baca berasal dari fatwa Wahabi Salafi. Semoga dengan informasi ini, para pencari informasi keagamaan akan semakin tercerahkan.

Intinya, cara termudah mengetahui apakah seorang ulama, ustadz atau tokoh agama atau orang awam biasa itu berfaham Wahabi Salafi adalah dari (a) latar belakang pendidikannya; (b) buku atau kitab yang dikutip; dan (c) cara memanggil ulama Wahabi dan ulama non-Wahabi (lihat poin 9).


ASAL MULA NAMA WAHABI

Sebagian pengikut Wahabi tidak mau gerakan mereka disebut dengan Wahabi. Mereka lebih senang dipanggil dengan julukan Salafi, Ahlul Hadits atau Ahlut Tauhid. Istilah Wahabi atau Wahabiyah diberikan oleh para ulama Ahlussunnah yang mengeritik ideologi Wahabi. Banyak buku-buku dalam bahasa Arab yang ditulis oleh para ulama terkemuka yang menyebut secara gamblang gerakan ini dengan sebutan "Al-Wahabiyah." Lihat daftar kitab di bawah ini yang khusus menulis tentang gerakan Wahabi:

- الوهابية: تشوه الإسلام وتؤخر المسلمين (Paham Wahabi Merusak Islam dan Membuat Muslim Terbelakang) ditulis oleh Muhammad Al-Ghazali, ulama berpengaruh Mesir.
- الرد علي الوهابية (Penolakan pada paham Wahabiyah) ditulis oleh Sulaiman bin Abdul Wahab yang merupakan saudara kandung Muhammad bin Abdul Wahab sendiri.
- هذه هي الوهّابيّة (Ini dia Gerakan Wahabi) oleh Muhammad Jawad Mugniyah
- الوهابيون و فريضة القرصنة (Para Wahabi dan Tugas Membajak)
- الصواعق الإلهية في الرد علي الوهابية (Petir Ilahi dalam Menolak Paham Wahabi)
- خطر الوهابية (على الأمة الإسلامية) للدكتور أحمد عبد الرحيم السايح (Bahasa Wahabi pada Umat Islam) oleh Muhammad Abdurrahim
- سامي الوهابية قاسم أمين المليجي. (Apa itu Wahabi)
- الخطر الوهابي ثلاث رسائل ضد الوهابية - عبد الله بن محمد بن راشد (Bahaya Wahabi: Tiga Makalah Melawan Wahabi)
- الوهابية - حامد ألكار
- الحسين والوهابية: دراسة تحليلية لاخلاقيات الامام الحسين وعقائد ومواقف الوهابية - جلال معاش
- الحركة الوهابية: قراءة نقديه تحليلية - مصطفى سدحان (Gerakan Wahabi: Analisa Kritis)
- الموسوعة الوهابية والشيعة الأمامية: قراءة نقدية - محمد شوقي (Ensiklopedi Wahabi dan Syiah Imamiyah)
- الشوكانية الوهابية: تيار مستجد في الفكر العربي الحديث - عبد العزيز قائد
- الفرقة الوهابية في خدمة من؟ - السيد ابو العلي (Gerakan Wahabi Melayani Kepentingan Siapa?)
- الرد على الوهابية في القرن التاسع عشر: نصوص الغرب الإسلامي نموذجا ً- الرديسي
- الأجوبة النجفية في الرد على الفتاوى الوهابية - أسعد كاشف الغطاء

Masih kurang? Lihat daftar lengkapnya kitab yang mengeritik Wahabi dan menyebut gerakan ini dengan kata Wahabi atau Harakah Wahabiyah di sini -> http://www.fatihsyuhud.org/2013/04/radd-ala-wahabiyah.html#2

Kesimpulan: Istilah Wahabi bagi gerakan yang dibuat oleh Muhammad bin Abdul Wahab adalah nama yang populer dan disematkan oleh para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah. Nama "Wahabi" jauh lebih populer daripada nama yang mereka buat seperti "Salafi" atau istilan lainnya.


WAHABI BUKAN AHLUSUNNAH WALJAMAAH

Terdapat perbedaan ulama apakah kaum Wahabi termasuk dari golongan Ahlussunnah Wal Jamaah atau bukan. Menurut Dr. Ali Syuaibi menyatakan bahwa Wahabi tidak termasuk golongan Ahlussunnah Waljamaah walaupun mereka mengklaim sebagai pengikut madzhab fiqih Hanbali (Hanabilah). Islamtimes.com melaporkan pernyataan Dr. Ali:
يوضح الدكتور علي الشعيبي أن أغلب المسليمن المعاصرين لا يعرفون أن الوهابية ليست من أهل السنة والجماعة ولو أنهم قالوا أنهم حنابلة كما أنهم لا يعلمون أن السلفية ليسوا من أهل السنة والجماعة
Artinya: Dr. Ali As-Syuaibi menjelaskan bahwa kebanyakan umat Islam dewasa ini tidak tahu bahwa kaum Wahabi bukanlan termasuk Ahlussunnah wal Jamaah walaupun mereka mengaku sebagai pengikut madzhab Hanbali sebagaimana umat Islam tidak tahu bahwa kaum Salafi bukanlah Ahlussunnah Waljamaah. Selengkapnya lihat: http://goo.gl/wtKTNd


TOKOH UTAMA ULAMA WAHABI

Daftar nama tokoh ulama Wahabi level pertama. Ulama atau tokoh Wahabi level kedua dan seterusnya akan mengutip pendapat tokoh level I ini sebagai rujukan pendapat mereka.

1. Muhammad bin Abdul Wahhab (1115 H - 1206 H/1701 - 1793 M)

Jabatan penting di Kerajaan Arab SAudi:
- Pendiri dan pelopor gerakan Wahabi/Salafi.
- Mufti Kerajaan Arab Saudi.

Kitab karya Muhammad bin Abdul Wahab

1. رسائل العقيدة
2. كتاب الكبائر
3. مختصر الإنصاف والشرح الكبير
4. أربع قواعد تدور الأحكام عليها ويليها نبذة في اتباع النصوص مع احترام العلماء
5. مبحث الإجتهاد والخلاف
6. كتاب الطهارة
7. شروط الصلاة وأركانها وواجباتها
8. كتاب آداب المشي إلى الصلاة
9. أحكام تمني الموت
10. مختصر سيرة الرسول صلى الله عليه وسلم
11. فتاوى ومسائل
12. تفسير آيات من القرآن الكريم
13. كتاب فضائل القرآن
14. مختصر زاد المعاد
15. الرسائل الشخصية
16. مختصر تفسير سورة الأنفال
17. بعض فوائد صلح الحديبية
18. رسالة في الرد على الرافضة
19. الخطب المنبرية
20. قسم الحديث
21. المسائل التي لخصها محمد بن عبد الوهاب من كلام شيخ الإسلام ابن تيمية

2. Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (1330 H - 1420 H / 1910 M - 1999 M)
Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Qadhi (Hakim) di daerah al-Kharaj semenjak tahun 1357-1371 H,
- Tahun 1390 H - 1395 H Rektor Universitas Islam Madinah.
- tahun 1414 H Mufti Umum Kerajaan.

Kitab atau buku karya tulis bin Baz

1. الأدلة ال؃اشفة لأخطاء بعض الكتاب
2. الأدلة النقلية والحسية على إمكان الصعود إلى الكواكب وعلى جريان الشمس وسكون الأرض
3. إقامة البراهين على حكم من استغاث بغير الله أو صدق الكهنة والعرافين
4. الإمام محمد بن عبد الوهاب: دعوته وسيرته
5. بيان معنى كلمة لا إله إلا الله
6. التحقيق والإيضاح لكثير من مسائل الحج والعمرة والزيارة على ضوء الكتاب والسنة
7. تنبيهات هامة على ما كتبه محمد علي الصابوني في صفات الله عز وجل
8. العقيدة الصحيحة وما يضادها
9. الدعوة إلى الله
10. تنبيه هام على كذب الوصية المنسوبة إلى الشيخ أحمد
11. وجوب العمل بالسنة وكفر من أنكرها
12. الدعوة إلى الله سبحانه وأخلاق الدعاة

3. Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin (1347 H - 1421 H)
Al Utsaimin adalah pakar fiqih-nya kalangan Wahabi Salafi. Banyak persoalan hukum baru yang difatwakan olehnya. Seperti haramnya mengucapkan selamat natal, dan lain-lain.

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Imam masjid jami’ al Kabir Unaizaih
- Mengajar di perpustakaan nasional Unaizah
- Dosen fakultas syariah dan fakultas ushuluddin cabang Universitas Islam Imam Muhammad bin saud di Qasim,

Kitab atau buku karya tulis Al-Utsaimin

1. أصول في التفسير
2. شرح مقدمة التفسير
3. تفسير القرآن الكريم
4. مجموع الفتاوى
5. الشرح الممتع
6. القول المفيد في شرح كتاب التوحيد
7. الإبداع في كمال الشرع وخطر الابتداع
8. رسالة الحجاب
9. زاد الداعية إلى الله
10. شرح الأصول الستة
11. شرح العقيدة الواسطية (شرح مطول)
12. الضياء اللامع من الخطب الجوامع
13. عقيدة أهل السنة والجماعة
14. فتح رب البرية بت؄خيص الحموية
15. من مشكلات الشباب
16. المنتقى من فرائد الفوائد17
17. منظومة في أصول الفقه وقواعده
18. المنهج لمريد العمرة والحج
19. سؤال وجواب من برنامج نور على الدرب
20. شرح أصول الإيمان
21. مجموعة أسئلة في بيع وشراء الذهب


4. Muhammad Nashiruddin Al-Albani (1333 H - 1420 H/1914 M - 1999 M)
Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Tahun 1381 - 1383 H: Dosen Hadits Universitas Islam Madinah

Kitab atau buku karya tulis Al-Albani

1. سلسلة الأحاديث الصحيحة
2. سلسلة الأحاديث الضعيفة
3. صحيح الترغيب والترهيب
4. ضعيف الترغيب والترهيب
5. صحيح وضعيف الأدب المفرد
6. ظلال الجنه في تخريج السنة
7. سنن أبي داود
8. جامع الترمذي
9. ضعيف سنن الترمذي
10. صحيح سنن ابن ماجة
11. ضعيف سنن ابن ماجة


5. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan (1345 H - )

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi:
- Dosen Institut Pendidikan Riyad
- Dosen Fakultas Syari'ah, Fakultas Ushulud Dien, Mahkamah Syariah
- Anggota Lajnah Daimah lil Buhuts wal Ifta' (Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa).
- Anggota Haiah Kibaril Ulama' dan Komite Fiqh Rabithah Alam Islamiy di Mekkah
- Anggota Komite Pengawas Du'at Haji
- Ketua Lajnah Daimah lil buhuts wal ifta'.
- Imam, Khatib dan Pengajar di Masjid Pangeran Mut'ib bin Abdil Aziz di Al Malzar.

Kitab atau buku karya tulis Al-Fauzan

1. المنتقى من فتاوى الفوزان
2. شرح لمعة الإعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد
موفق الدين عبد الله بن قدامة
3. الملخص في شرح كتاب التوحيد
4. التعليق المختصر على القصيدة النونية
الإمام ابن قيم الجوزية

6. Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin (عبد الله بن عبد الرحمن بن جبرين) 1933 -2009 M / 1353 - 1430 H.

Jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi

- Asisten Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
- Anggota tetap majlis riset dan fatwa Arab Saudi
- Dosen syariah dan ushuluddin di Arab Saudi

Kitab atau buku karya tulis Ibnu Jibrin

1. شرح أصول السنة لإمام أهل السنة أبي عبد الله أحمد بن محمد بن حنبل رحمه الله تعالى
2. فضل الصحابة وذم من عاداهم
3. الإرشاد شرح لمعة الاعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد
4. الكنز الثمين
5. أخبار الآحاد
6. الثمرات الجنية شرح المنظومة البيقونية
7. حوار رمضاني
8. سبعون مخالفة تقع فيها النساء
9. فوائد من شرح منار السبيل
10. إبهاج المؤمنين بشرح منهج السالكين وتوضيح الفقه في الدين


NAMA ANGGOTA KIBAR AL-ULAMA LIL-BUHUTS WAL-IFTA' ARAB SAUDI

Lembaga pemberi fatwa resmi Arab Saudi bernama Hai'ah Kibar-ul Ulama (lengkapnya, الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء) yang anggotanya terdiri dari ulama senior Arab Saudi yang dipilih oleh kerajaan. Mereka adalah termasuk dedengkot dan tokoh Wahabi Salafi. Nama-namanya antara lain sebagai berikut:

1. Abdul-`Aziz ibn `Abdullah ibn Muhammad Al Al-Shaykh (ketua mufti saat ini)
2. Abdul-Razzaq ibn `Afify ibn `Atiyyah
3. Abdullah ibn Qa`ud
4. Ibrahim ibn Muhammad Al Al-Shaykh
5. Abdullah ibn Ghudayyan
6. Salih ibn Fawzan Al-Fawzan
7. Bakr ibn `Abdullah Abu Zayd
8. Abdullah ibn Mani`
9. Ahmad ibn `Aly ibn Ahmad Sayr Al-Mubaraky
10. Abdullah ibn Muhammad Al-Mutallaq
11. Abdullah ibn Muhammad ibn Sa`d Al Khanin
12. Sa`d ibn Nasir ibn `Abdul-Aziz Abu Habib Al-Shatry
13. Muhammad ibn Hasan Al Al-Shaykh
14. Abdul-Karim Al-Khudir


NAMA ANGGOTA LAJNAH DAIMAH WAL IFTA' (اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء والدعوة والإرشاد) ARAB SAUDI

Ulama yang tergabung dalam Lajnah Daimah wal Ifta' adalah ulama berpengaruh di Arab Saudi. Semua dari mereka beraliran Wahabi Salafi tentu saja. Nama-namanya antara lain sebagai berikut:

1. Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad Al-Syaikh (Ketua)
2. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan
3. Ahmad bin Ali bin Sair Al-Mubaraki.
4. Abdul Karim bin Abdullah Al-Khidir.
5. Muhammad bin Hasan Al-Syaikh
6. Abdullah bin Muhammad bin Khunain.
7. Abdullah bin Muhammad Al-Mutlak


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI LUAR ARAB SAUDI

Berikut nama-nama ulama terkemuka beraliran Salafi Wahabi di negara lain selain Arab Saudi. Mayoritas dari ulama-ulama berikut terinspirasi atau pernah menjadi murid langsung dari tokoh-tokoh Wahabi Salafi Arab Saudi.


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI INDIA PAKISTAN

Sebagian di antara ulama di bawah tidak punya kaitan langsung dengan Muhammad bin Abdul Wahhab terutama ulama India Pakistan namun memiliki konsep yang sama atau serupa.

Ahmad bin Irfan Asy-Syahid (أحمد بن عرفان الشهيد)
Ismail bin Abdul Ghani Ad-Dahlawi (إسماعيل بن عبد الغني الدهلوي)
Muhammad Nadzir Husain Ad-Dahlawy (محمد نذير حسين الدهلوي)
Muhammad Siddiq Hasan KHan Al-Qanuji (محمد صديق حسن خان القنوجي)
Abu Turab Adz-Dzahiri (أبو تراب الظاهري)
Shafi Ar-Rahman Al-Mubarakpuri (صفي الرحمن المباركفوري)
Jamilur-Rohman Al-Afghani (جميل الرحمن الأفغاني)
Ihsan Ilahi Dhahir Pakistan (إحسان إلهي ظهير باكستان)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI IRAK

Ali 'Alauddin Al-Alusi (علي علاء الدين الألوسي)
Muhammad Bahjat Al-Atsari (محمد بهجت الأثري)
Mahmud Syukri Al-Alusi (محمود شكري الألوسي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI KUWAIT

Abdurrahman Abdul Kholik (عبد الرحمن عبد الخالق)
Utsman Al-Khamis (عثمان الخميس)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI MESIR

Muhammad Sa'id Ruslan (محمد سعيد رسلان)
Abu Ishaq Al-Huwaini (أبو إسحاق الحويني)
Ahmad Farid (أحمد فريد)
Ahmad Muhammad Syakir (أحمد محمد شاكر)
Sayyid Saaduddin Al-Ghabasyi (السيد سعد الدين الغباشي)
Jamal Al-Maraki (جمال المراكبي)
Said Abdul Adzim (سعيد عبد العظيم)
Syarif Al-Hawari (شريف الهوارى)
Shofwat Asy-Syawadifi (صفوت الشوادفي)
Abdurrozzaq Aqiqi (عبد الرزاق عفيفي)
Mazin Assarsawi (مازن السرساوي)
Muhammad Az-Zughbi (محمد الزغبي)
Muhammad Hamid Al-Fiqi (محمد حامد الفقي)
Muhammad Hassan (محمد حسان)
Muhammad Rasyid Ridha (محمد رشيد رضا)
Muhammad Sofwat Nuruddin (محمد صفوت نور الدين)
Mahmud Al-Mashri (محمود المصري)
Yasir Barmami (ياسر برهامي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI MAROKO

Abdullah bin Idris As-Sanusi (عبد الله بن إدريس السنوسي)
Alal Al-Qasi (علال الفاسي)
Taqiduddin Al-Hilali (تقي الدين الهلالي)
Abu Uwais Bukhabzah (أبو أويس بوخبزة)
Muhammad bin Abdurrahman Al-Amgharawi (محمد ين عبد الرحمن الأمغراوي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI MAURITANIA

Muhammad Al-Amin Asy-Syankiti (محمد الأمين الشنقيطي)
Muhammad Al-Hasan Asy-Syankiti (محمد الحسن الددو الشنقيطي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI ALJAZAIR

Ibnu Badis (ابن باديس)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI TUNISIA

Al-Khatib Al-Idris (الخطيب الإدريسي)
Muhammad Al-Makki bin Azuz (محمد المكي بن عزوز)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI QATAR

Ahmad bin Hajar Al Butami (أحمد بن حجر آل بوطامي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI SUDAN

Muhammad Hasyim Al-Hadiyah (محمد هاشم الهدية)
Muhammad Hamzah (محمد حمزة)
Khalid Abdurrahman Al-Latif Muhammad Nur (خالد عبد اللطيف محمد نور)
Hasan Al-Hawari (حسن الهواري)
Muhammad Sayyid Muhammad Hajj (محمد سيد محمد حاج)
Muhammad Musthafa Abdul Qadir (محمد مصطفى عبد القادر)
Muhammad Al-Amin Ismail (محمد الأمين إسماعيل)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI SURIAH

Jamaluddin Al-Qasimi (جمال الدين القاسمي)
Abdul Qadir Al-Artaut (عبد القادر الأرناؤوط)
Muhammad Bahjah Al-Bithar (محمد بهجة البيطار)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI LEBANON

Salim Asy-Syihal Lebanon (سالم الشهال في لبنان)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI YORDANIA

Umar Sulaiman Al-Ashkar (عمر سليمان الأشقر)
Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari (علي بن حسن الحلبي الأثري)
Masyhur Hasan Al-Salman (مشهور حسن آل سلمان)
Abu Muhammad Al-Maqdisi (أبو محمد المقدسي)


DAFTAR NAMA ULAMA WAHABI SALAFI YAMAN

Asy-Syaukani (الشوكاني)
Abdurrahman Al-Ma'lami (عبد الرحمن المعلمي)
Abdul Majid Az-Zandani (عبد المجيد الزنداني)
Muhammad bin Abdullah Al-Imam (محمد بن عبد الله الإمام)
Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wasabi (محمد بن عبد الوهاب الوصابي)
Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i (مقبل بن هادي الوادعي)
Yahya bin Ali Al-Hujuri (يحيى بن علي الحجوري)


DAFTAR YAYASAN, PESANTREN DAN USTADZ WAHABI SALAFI INDONESIA

Untuk daftar yayasan, pesantren dan ustadz Wahabi Salafi di Indonesia lihat di sini. atau di sini.


GERAKAN WAHABI DI INDONESIA

Gerakan Wahabi di Indoensia terbagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama, orang-orang yang menerima dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab, namun melakukan usaha modifikasi, baik sedikit, separuhnya, atau sebagian besarnya. Ciri utama mereka adalah modifikasi pesan dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab.

Kelompok Pertama ini disebut Neo-Wahabi. Organisasi masyarakat di Indonesia yang masuk dalam kategori kelompok neo-Wahabi pertama adalah Muhammadiyah dan Persatuan Islam (Persis). Pada tahun 1980-an dan 1990-an muncul gelombang baru neo-Wahabi yaitu kelompok tarbiyah yang kemudian berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Salafi jihadi yang berada dalam lingkaran Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Baasyir serta murid-murid mereka berdua. Neo-Wahabi kedua ini merupakan hasil usaha kampanye program-program yang dilakukan Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) yang dimulai pada dekade 1970-an.

Khusus tentang Salafi Jihadi (the Jihadist) dikenallah istilah alumni Afghanistan yakni mereka yang pernah ikut berperang di Afghanistan melawan Uni Soviet. Di bawah pengaruh Abu Bakar Baasyir dan Abdullah Sungkar sebagian alumni Afghanistan ini muncul gerakan neo-Khawarij yang mengafirkan orang-orang di luar mereka—termasuk pemerintah Indonesia—dan menyebarkan kebencian terhadap pihak penguasa di Indonesia. Dari kelompok ini sebagian teroris pengeboman berasal.

KELOMPOK KEDUA: WAHABI MURNI.

Yaitu orang-orang yang merespon positif dakwah tersebut dan menerima secara bulat tanpa usaha memodifikasinya. Mereka menerima dakwah dan berusaha menyebarkannya di lingkungan-lingkungan mereka.

Yayasan Al-Muntada didirikan oleh Muhammad bin Surur bin Nayef Zainal Abidin. di London dan Jam’iyyah Ihya At-Turats Al-Islamiyah didirikan oleh Abdurrahman Abdul Khaliq di Kuwait adalah kelompok baru neo-Wahabi. Di Indonesia Yayasan As-Shafwah yang dipimpin oleh Abu Bakar M. Altway dan Yayasan Al-Haramain adalah cabang dari kedua yayasan yang berpusat di London dan Kuwait tersebut.

Tokoh dai terkenal dari yayasan Al-Haramain adalah Abdul Hakim Abdat di Jakarta, Yazid bin Abdil Qadir Jawwas di Bogor, Ainul Harits di Jawa Timur dan Abu Haidar di Bandung.

Sedang Jam’iyyah Ihya At-Turats Al-Islamiyah juga memiliki cabang di Indonesia. Mereka mendirikan pesantren-pesantren yang tersebar di Jawa, seperti Ma’had Jamilurrahman dan Islamic Centre Bin Baaz di Yogyakarta, Ma’had Al-Furqan di Gresik dan Ma’had Imam Bukhari di Solo.

Mereka yang berasal dari kedua yayasan tersebut disebut Sururi.

WAHABI YAMAN

Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i

Yaitu kalangan yang pernah menjadi murid dari Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i pengasuh Ma’had Darul Hadits di daerah Dammaj, Sha’dah, Yaman. Forum Komunikasi Ahlus Sunnah wal Jamaah (FKAWJ) yang menaungi Laskar Jihad Ja’far Umar Thalib didirikan oleh kelompok Wahabi Salafi Yaman ini.

Daftar nama lengkap tokoh Wahabi Salafi Indonesia alumni Arab Saudi atau Yaman dapat dilihat di sini.

TERKAIT:

>> Wahabi Salafi Menurut Ulama Sunni Kontemporer
>> 4 (Empat) Tipe Pondok Pesantren

Dapatkan buku-buku Islam karya A. Fatih Syuhud di sini.. Konsultasi agama, kirim via email: alkhoirot@gmail.com

267 komentar

«Oldest   ‹Older   201 – 267 of 267   Newer›   Newest»

http://abangdani.wordpress.com/2013/06/20/tebak-tebakan-foto-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab-pilih-yang-mana/

http://abangdani.wordpress.com/2013/06/20/tebak-tebakan-foto-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab-pilih-yang-mana/

Emang mekah madinah milik saudi..untuk milik umat islam.....hadehh..kebetulan mereka ngelola aja

Soal tentara amerika yg membantu mengamankan saudi, seharusnya anda teliti dulu apa alasan pemerintah saudi... kira-kira masuk akal ga alasan mereka. Anda tahu kan kalo Makkah didatangi oleh kaum muslimin dari berbagai negara ? Nah karena begitu riskan nya keamanan disana, maka pemerintah saudi menerima bantuan (tidak me-minta bantuan lo ya... bedakan antara meminta dg menerima) dari pemerintah amerika utk ikut bersama mengamankan kota makkah yang menjadi pusat ibadah umat islam seluruh dunia, termasuk umat islam saudara kita yg berasal dari amerika. Selain itu pemerintah saudi menganggap amerika dg kredibilitas militer & teknologinya dewasa ini masih bisa diperhitungkan tuk jadi "anjing penjaga" jadi bukan utk jd patner... bedakan lagi lo ya..!. Pemerintah saudi juga tidak bodoh menerima bantuan bgt saja, mereka tentunya juga sudah menyiapkan dan mengantisipasi seluruh keadaan demi terciptanya kedamaian dan suasana kondusif bagi kaum muslimin yg ingin beribadah di makkah. Adapun daerah haram (tanah suci) tetap mereka jaga dari injakan kaki-kaki non muslim. semoga yg sedikit ini bs mencerahkan. Jadi jgn asal su'udzan sama pemerintah saudi... mikir bro... mikir... yg menjelek2kan pem saudi biasanya dari kalangan yg membenci dakwah Tauhid yg dari dulu zaman imam muhammad bin abdul wahhab perbaharui hingga sekarang diusung dan dipertahankan oleh ulama-ulama ahlussunnah penerusnya. Jadi bedakan antara memuliakan ka'bah sesuai sunnah dan memurnikan tauhid dengan memuliakan ka'bah tidak sesuai sunnah dan merancukan tauhid.... adapun yg dilakukan pemerintah saudi skr adalah bag memuliakan ka'bah dg sesuai sunnah dan memurnikan Tauhid dari syirik, bid'ah, takhayul, khurafat.... mudeng... ?! nah yg bgtuan jngn dikaitkan dg kondisi tentara amrik yg jadi "penjaga" diluar batas tanah haram.... sama lah kayak kita mau jaga rumah kita, kian kita bisa pake anjing dari mana aja dan kalo perlu pake anjing yg super galak.... yg penting nurut sama majikan... gitu bro mikirnya....

IMAM AS-SYAFII pernah berkta;saya tidak berdiskusi dengan seseorang kecuali saya berharap ada kebenaran dari lawan diskusi saya.betapa agung kata2 ini,contohlah beliau,bukan dengan jidal/debat kusir yang tdk ada ujungnya

Jangan kita mudah tertipu daya dengan sifat karakter wahaby yang menghujah dengan hadist hadist yang berafiliasi kepada imam, syaihk mereka saja. Bagaimana kita bisa percaya kepada syaihk mereka yang selalu menuai Kontroversi ?Albani, utsaimin, alfauzan, yang mengeluarkan fatwa-fatwa yng tidak sesuai dengan ASWAJA ? (cek di buku mereka sendiri ) Sungguh ironi pandangan mereka, Mengecap kafir kepada sesama muslim sendiri, tetapi bergandeng tangan dengan kaum yahudi dan nasrani, ini bukan fitnah tapi kenyataan. Demi Allah !!!!. bisa kita lihat sendiri di Arab saudi bagaimana gencar nya pembangunan gedung-gedung bertingkat dengan symbol-symbol Illuminte, sementara situs bersejarah peninggalan nabi mereka hancurkan, mulai dari makam sahabat, rumah kelahiran nabi, ( hampir 300 situs ) Ulama Aswaja (suni ) di sana dibungkam dan keturunan nabi mereka usir dari jazirah Arab. Boleh kalian ( wahaby ) menganggap ini fitnah, tapi fakta - faktanya dilapangan !!!!. Kalian membidahkan amalan amalan aswaja ( tahlilan, tawasul, ziarah kubur ) padahal amalan tersebut ada hadistnya ( kalian bilang palsu atau dhaif ). Jadi kalian jangan kebakaran jenggot bermunculannya situs-situs dan buku yang menbongkar kejahilan dan kemunafikan kalian. MEREKA MENGAMBIL AYAT AYAT ALQURAN MENGENAI ORANG KAFIR LALU MEREKA TUANGKAN UNTUK ORANG-ORANG BERIMAN (DARI iBN UMAR ), "HARI INI MANUSIA MENDAPAT UJIAN,DENGAN TAMPILNYA SESEORANG YANG MENISBATKAN DIRINYA KEPADA ALQURAN DAN SUNNAH, IA TIDAK PERDULI DENGAN ORANG YANG BERBEDA DENGANNYA, APABILA IA DIMINTA MEMBANDINGKAN DENGAN ULAMA ,DIA TIDAK MAU, BAHKAN IA MEWAJIBKAN ORANG - ORANG UNTUK PATUH KEPADANYA, ORANG YANG MENYELISIHINYA DIANGGAP KAFIR !,PADAHAL TIDAK SATUPUN SYARAT - SYARAT IJTIHAD DIPENUHI (syaihk Sulaiman, Al -syawaiq, Alillahiyah, hal 5 ) . Perlu kita renungkan bersama wahai wahaby , !!!!!

Fotografi ditemukan pertama kali tahun 1822, nah ditulisan ada foto Syeikh Muhammad bin Abdulwahab bertahun 1700 an , piye mas...

muslim.or.id itu web Wahabi. Pasti lah pro Wahabi. Dan justru itu adalah cara propaganda wahabi melalui internet. Tau sendiri info yang beredar di intenet cepatnya seperti apa kan?

ini web lain Wahabi:


1. http://www.alsofwah.or.id/
2. http://muslim.or.id/
3. http://www.abuayaz.co.cc/
4. http://abuzuhriy.com/
5. http://alqiyamah.wordpress.com/
6. http://pengusahamuslim.com/
7. http://almanhaj.or.id/
8. http://ahlulhadiits.wordpress.com/
9. http://assunnah-qatar.com/
10. http://salafiyunpad.wordpress.com/
11. http://www.salafy.or.id/
12. http://www.darussalaf.or.id/
13. http://darussunnah.or.id/
14. http://almakassari.com/
15. http://kaahil.wordpress.com/
16. http://www.mufiidah.net/
17. http://ekonomisyariat.com/
18. http://ainuamri.wordpress.com/
19. http://ahlussunnah.info/
20. http://www.raudhatulmuhibbin.org/
21. http://www.daarussunnah.co.nr/
22. http://salafyitb.wordpress.com/
23. http://assunnah.web.id/
24. http://annaufal.co.cc/
25. http://quranicaudio.com/
26. http://ulamasunnah.wordpress.com/
27. http://perpustakaan-islam.com/
28. http://samuderailmu.wordpress.com/
29. http://www.desasalaf.co.cc/
30. http://ngaji-online.com/
31. http://haditsarbain.wordpress.com/
32. http://badaronline.com/
33. http://arabindo.co.nr/
34. http://moslemsunnah.wordpress.com/


Belajar islam itu harus hati. Jangan main "telan bulat". Dampingi guru. Bukan Internet. Dikhawatirkan salah paham.

Siapa juga yg mau ke arab , ingat donk mana ada tanah suci kebanjiran sampe 2x
Klo anda merasa tanah arab lebih nyaman, silahkan pindah saja dari Tanah Nusantara, anda lupa siapa leluhur & lahir dimana ???

Semoga Alam Nusantara ini menghukum para pendurhaka & penghianat leluhurnya sendiri

Yahoo News
Open

Umat Islam mesti memboikot haji dan umrah

Merdeka.com – Jum, 21 Mar 2014
MERDEKA.COM. Penguasa Arab Saudi jumawa. Kritikan dan kecaman, termasuk pelbagai petisi di Internet, tidak mampu menggaet sokongan dari kaum muslim sejagat. Alhasil, proyek pembangunan di Makkah dan Madinah terus berlangsung.

Sayangnya, proyek-proyek itu telah menjadikan Makkah seperti Manhattan dan Las Vegas di Amerika Serikat. Banyak tempat-tempat @Hijrah
Sesuai nama anda seharusnya anda lebih cocok pindah dan tinggal ditanah arab yg tandus. Dan kering kerontang

Semua adat istiadat yang anda sebutkan diatas adalah budaya leluhur anda sendiri

Kalau tidak berkenan silahkan anda keluar dari tanah leluhur saya



Silahkan anda baca baik2 linl dibawah ini


alhamdulillah bagaimanapun di cela allah tetap pilih ahlussunnah salafy sebagai manusia yang menempati dan memakmurkan 2 masjid yang utama makkah dan madinah. dan allah tidak ridho 2 masjid ini di kotori dengan bidah dan syirik.

Begitu terlihat jelas antara seseorang yg berkata disertai ilmu dan seseorang yg berucap tanpa ilmu + penuh kedengkian + mengarang cerita yg jauh dari fakta. Semoga kaum muslimin sekalian dapat memperoleh manfaat dari sanggahan yg ilmiah dan gamblang ini atas artikel yg dimuat pada akun ini. Semoga banyak kaum muslimin banyak mendapatkan hidayah sunnah idan tak mudah terprovokasi dng artikel ertikel murahan seperti ini.

Harap sabar para salafi jangan terpancing dengan kata kata kasar dan kotor, tetap ilmiah dan santun, seperti Nabi walau di hujad di caci maki dilempari batu akan di bunuh tapi tetap sabar dan santun semoga Allah menunjuki kita semua amin,

Wahaby... Tanduk Setan dari Najed!!

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Yaa Allah,
Diantara dua saudaraku yang masing2 mengaku benar sendiri ini, siapakah yang menurutMu benar.
Dan berikanlah kekuatan dan kemampuan untuk mengikuti kebenaranMu itu.
Dan ampunilah segala dosa dan kesalahanku jika selama ini aku beramal shaleh dan beribadah dengan cara yang tidak Engkau ridhoi.
Ya Allah,
Limpahkanlah berkah, rahmat, karunia dan rizki kepada ku, keluargaku, dan saudara-saudaraku di forum ini yang benar-benar ingin mencari kebenaran dariMU.

ada Hadist yang berbunyi... apabila kalian menghina Sunnahku (Rasulullah.red) maka kalian dengan sendiri nya telah keluar dari agama ISLAM... apabila kita menghina ulama-ulama Sunnah berarti kita telah menentang Rasulullah,, seperti SYIAH LAKNATULLAH yang selalu menghina Para Sahabat Rasulullah yang telah terjamin masuk surga ... Wallahu A'allam

Tak perlu sedih dengan perkataan buruk orang lain kepada kita, tapi sedihlah dengan perilaku buruk kita sendiri,

apa itu bener foto syaikh Muqbil? coba sek kepada ustadz wAHABI dulu.

wah lengkap banget ya...

ijin nyimak dulu ya

Alhamdulillah.... saya mendapat banyak ilmu di sini....

maaf ustadz, boleh minta dalil tentang perayaan maulid nabi dari alquran maupun hadits yang shohih?

Mudahnya Antum memilah milah ulama-ulama sesuai itu wahabi atau bukan. Sekarang ana tanya apakah antum sekalian udah pernah baca kitab-kitabnya mereka? minimal terjemahannya? Apakah mereka menulis sesuai hawanafsunya? Apakah tidak ada dalil dari quran n hadis yang shahih? tolong share klu antm pernah baca kitab mereka terus banyak kebohongan... mhon share klu ada.

Bukankah antm sudah sering membaca hadist tentang "barang siapa berbicara dusta ats nama diriku, maka siap-siaplah untuk menempati tempat duduknya di nerka". Ana pikir terlalu terburu-buru antum cepat menilai mereka karena sudah terlanjur jelek di mata antm tentang wahabi. Jangan lihat wahabinya tp lihatlah apa yag duangkannya lewat tulisannya. Ambil yang shahih buang yang sesat.

Tolong berhati-hati dalam menulis. Karena banyak orang2 yang mengaku syafiiyah tapi tidak memahami dan mempelajari ajaran imam syafii. Dan jangan seenaknya memasukkan ke golongan wahabi

Betul juga. Saya dulu ga tau ikut aliran mana tapi setau saya ajaran agama di SD ga pernah disertakan hadist atau dalilnya. Sehingga saya ga tau dasar Dari Ibadan saya. Setelah debat dengan orang "WAHABI" (sebetulnya bukan wahabi harusnya tapi ahlussunah), saya jadi tau mana ibadah yang benar (ada dalil dan hadist) dan mana ibadah yang cuma taqlid ( kata ustad).

Salafy menuju surga, yang lain kafir, tempatnya neraka...

subhaanallah....terimakasih atas infonya

Kayaknya hanya Wahabi salafy saja masuk surga....,??, sia sia ibadah saya selama ini.

ini pesantren kok jadi tukang penyiar perpecahan. jahil!

MasyaAllah, saya setuju denganmu. Kok jd kelihatan ya muslim mana yang merendahkan diri dan mana yang menyombongkan dirinya tentang ilmu nya.

HAHAHA ANJING2 WAHHABI PADA MENGGONGGONG ABIS DIKASIH MAKAN TUANNYA ELIT2 ZIONIS. KASIAN, NGANGGEP DIRI MUSLIM TAPI JILAT2 PANTAT ZIONIS DAN AS. HEI ANJING2 WAHHABI, KALIAN INI PENGECUT SEMUA, ELU2 ITU KECEBONG2 TERORIS, ANJNG2 TAKFIRI, BABI2 YG BIKIN NAJIS UMAT ISLAM, KITA SEDANG USAHAKAN MENDAFTARKAN WAHHABISME YG DIBANGUN BANGSAT DAJJAL BAU TENGIK ASAL NEJD ABAD 18 SEBAGAI AGAMA BARU DI INDONESIA SPY ISLAM JADI MURNI DAN BERSIH DARI HARAM DAN NAJIS YG DIBAWA WAHHABISME. ANJING KALIAN SEMUA. MUAWIYYAH KALIAN SEBUT SAHABAT RASUL SAW, BENAR, TP PENGKHIANAT DAN MUNAFIK YG BUNUH UMAT ISLAM JUGA BENAR, BAHKAN JAUH LBH BENAR. KALO GAK SADAR DAN KEMBALI KE PANGKUAN ISLAM, JANGAN SALAHKAN KALO KALIAN MATI SEBAGAI PEGIKUT SI GAHHABI, BUKAN PENGIKUT NABI SAW. KALO MAKAM SUCI RASUL SAW SAMPAI KALIAN PNDAHKAN, SELURUH UMAT ISLAM AKAN MENGHABISI KALIAN SAMPAI TAI2 KALIAN YG MSH LBH BAIK DR PIKIRAN DAN KEJAHATA KALIAN. WAHHABI ITULAH DAJJAL DAN IBLIS YG SDH GENTAYANGAN SEJAK ALLAH SWT MEMERINTAHKANNYA SUJUD PADA ADAM AS. HEY BABI2 WAHHABI, KALIAN EMANG KAUM PERUSAK, GAK NYADAR KALAU KALIAN DIREMOTE BABI2 ARAB SAUDI YG HIDUP GLAMOUR DI ISTANA SAUD. SEKALI LAGI, WAHHABI ITU ANJING DAN BABI KUDISAN

HE BOCAH INGUSAN, PANTESAN WAHHABI LAKU BUAT ELU, MIKIR AJA MASIH GAGAP UDAH BERANI SESAT2IN ORANG, ELU YANG BABI MA MONYET, ANJING

IYA BANYAK ANJING KUDISAN ARAB SAUDI BUDAK ZIONIS YG NGAKU2 ASWAJA PADAHAL PEMUJA DAJJAL, SESAMA DAJJAL SALING PUJILAH KAU HAHAHAHA DASAR BABI2 NERAKA, ANJING2 DUNIA, IBLIS2 WAHHABI

HEH WAHHABI TOLOL, ORANG DONGO AJA TAU KALO DIA JIJIK SAMA BABI2 WAHHABI GAK IDENTIK DG NAMA ALLAH SWT. JUSTRU ANJING2 WAHHABI SENGAJA PAKE ITU SPY KALO MUSLIM JIJIK SAMA WAHHABI LGSG DICAP SAMA KE ALLAH, SAPA ELO BABI!

bilang saja contohnya polisi,hakim,(yang tidak amanah).

untuk para ustadz dan ustadzah bahkan para kiai serta ulama wahabi

kalau memang wahabi merasa benar dan apa yang wahabi sering katakan tentang bid'ah
kenapa pada saat bedah buku atau debat terbuka mereka ( ustadz-ustadzah-kiai dan ulama wahabi) tidak bisa hadir walaupun di undang secara khusus,,, kenapa???
atau jangan jangan beneran wahabi adalah antek yahudi, alias anjing berbulu domba

Blog sesat ini..astagfirullah..

tujuan akhir beragama adl selamat terutama akherat dan masuk surga....dlm ayat dan bbrp hadits ada redaksi/keterangan bhw yg dijamin masuk surga selain Nabi adl sahabat..maka bknkah seyogianya kita hanya beramal bagaimana beramalnya orang2/manusia yg telah dijamin surga..bkn yg lain...

dlm ayat dan bbrp hadits manusia selain Nabi yg dijamin masuk surga adl sahabat...maka seyogianya dlm beramal terutama ibadah hanya meniru pd orang2 yg telah dijamin tsb..bkn yg lain yg tdk dijamin...

udah ckp baca komen komen , udah tau mana yg getol belapati....ane skrg mau cari nafkah lg buat anak bini ....gak ngaruh aliran apa apa kek...lu pada bokek aja ngebacot mulu

semua yang datang dari اَللّهُ & RASULNYA ADALAH KEBENARAN jadi mau namanya faham apa saja asalkan berlandaskan 2 hal di atas adalah KEBENARAN. KEWAJIBAN kita cuma MENYAMPAIKAN KEBENARAN, Diterima / Ditolak, itu urusan anda, اَللّهُ yang memberi hidayah bukan ULAMA bahkan se alim apapun ULAMA bahkan panjang jenggotnya 100KM, bisa terbang, bisa jalan di air, tidak akan bisa memberi hidayah. mka dari itu kami SAMPAIKAN Kembalilah ke SUNNAH yang di contohkan Rasulullah dalam kehidupan sehari hari&ibadah kpd اَللّهُ , Tinggalkan yang tdk di kerjakan Rasulullah. Semoga اَللّهُ menyatukan kembali umat muslim di dunia ini, amiinn

Aku juga ga sepaham dengan adanya tahlilan. Apalagi sampe ada nenek" miskin sampe berhutang ke bank untuk biaya tahlilan cucunya.
Padahal islam tidak memberatkan umatnya

mas fatih syuhud informasi panjenengan lumayan lengkap tetapi menurut hemat saya kontraproduktif terhadap semangat persatuan umat. ketika anda mengklasifikasikan si fulan masuk dalaf daftar wahabi sejatinya anda telah menutup mata telinga dan hati pembaca anda dari mendapatkan informasi dari fulan yang anda sebut. padahal anda sama sekali tidak tahu ketika si fulan yang anda sebut itu tengah mendakwahkan kebenaran quran (yang tidak sama dengan "wahabiisme" sebagaimana stereotip anda)....

Alhamdulillah saya pengikut Shufi

Ishbir ya akhii..

Ana jg belajar manhaj salaf.
Setau ana kaum salaf bertutur kata dengan sopan jadi sudah sepantasnya kita mencontohnya..

Ana salut dengan semangat antum sbg mualaf. Namun bekali dengan akhlakulkarimah akhii karena menyampaikan kebenaran haruslah dengan cara yg baik krn pada hakekatnya kebenaran itu baik jd tdk mgkn sampai kebenaran it jika disampaikan dengan cara yg batil red kurang baik..

Semoga dakwah salaf bertambah maju. Aamiin

saudara2 ku yg bodoh kalian cuma berdebat dengan bekal copy paste dari google dan sbg'y bkn berdasarkan pemahaman keilmuan, jd kelihatan sekali hujjah'y saling mnghujat 1 sm lain, bkn saling memberi keyakinan. wassalam.....!

Assalamualaikum, semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan melindungi kita... ijin share ya Admin... pada akhirnya nanti akan ada yawmil hisab, Saya tidak pernah berani menganggap orang-orang alim pendahulu kita bid'ah seperti kata komentar orang banyak disini, yang motif ghazwul fikr nya dahsyat seperti ghazwul fikr nya kaum pembunuh para nabi... ilmiah ? banyak hal yang tidak bisa diilmiahkan oleh manusia. Al Qur'an pun tak bisa sembarangan ditafsirkan sendiri2... ada syarat dan kriteria untuk bisa menjadi Penafsir Al Qur'an...

Wahabi tujuannya baik untuk memurnikan tauhid dan mngmalkan sunnahnya nabi Muhammad saw saya stuju ... tp saya ga suka cara mreka yg sering mngatakan ni bid'ah....itu... bid'ah contohnya blm lama ni rumah klahiran nabi Muhammad dhancurkan dgn alasan takut djadikan tmpat bagi orng2 yg musyrik pdhal tempat itu slah satu sjarah yg hrs dilestarikan sbgai tanda bahwa nabi Muhammad pernah lahir dsitu jangan2 sbentar lagi Muhsaf Al-Quran nanti juga hrs dihilangkan krn jaman nabi Al-Quran dhapal tdk dtulis... Ya Allah benarlah klu bgitu suatu saat ada jaman dmna islam akan asing sperti pertama kali islam dtng krn smua yg brkaitan dgn islam akan dhapus atas nama pen tauhid an dan menjalankan sunnah... tolong tanggapi ni dari para wahabers...

Assalamualaikum..
saya tidak akan membenarkan pihak manapun, karna semua orang punya argumentasi dan dasar dalam melakukan sebuah istinbath,,, yang terpenting janganlah hanya karna perbedaan ini kita sesama umat muslim saling menuduh saling mengkafirkan saling menyesatkan dan saling menghalalkan darahnya.. karna yg dimaksud mukmin adalah mereka yg mengimani rukun iman dan yg disebut muslim adalah mereka yg menjalankan rukun islam.. adapun orang yg tdk mengerjakan solat krn kelalainya maka tdk bisa disebut non muslim selama dia mengimani rukun iman. dan adapun orang yg tidak menyempurnkana rukun iman nya maka dia tidak bs dikatakan orang tidak beriman..

hehe... Nggak masuk akal.
sang penulis yang menyatakan pendiri wahabi itu sesat Muhammad Alghazali Lahirnya saja pada tahun 450H dan wafat pada tahun 505H.

Juga lihat kitab Al-Mi’yar berjudul ( firqoh sesat wahabi ) yang ditulis oleh Al Imam Al-Wansyarisi juga Al-Imam Al-Lakhmi.
CATAT YA : Ahmad bin Muhammad Al-Wansyarisi. Wafat pada tahun 914 H di kota Fas, di Maroko.” dan Ali bin Muhammad Al-Lakhmi, seorang Mufti Andalusia dan Afrika Utara.
Beliau wafat pada tahun 478 H“

yang dikatakan pendiri wahabi Muhammad bin Abdul Wahhab lahir pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H.

Nah, ketika Al-Imam Al-Lakhmi dan Muhammad Alghazali berfatwa seperi itu, jauh RATUSAN TAHUN lamanya sebelum syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab lahir bukan ???..bahkan sampai 22 generasi ke atas dari beliau sama belum ada yang lahir..apalagi berdakwah.. wew...

Lalu Apakah mungkin ada ulama yang memfatwakan tentang kesesatan suatu kelompok yang belum datang (lahir) ???? kecuali kalau dapat wahyu????”

“Lalu sebenarnya siapa yang dimaksud Wahabi oleh Imam Al-Lakhmi dan Muhammad Alghazali tersebut ?? apa mungkin yang dimaksud para imam itu adalah Muhammad bin Abdul Wahhab yang dijuluki (PENDIRI WAHABI) ,yang mana Muhammad bin Abdul Wahhab saat itu belum LAHIR ???

Wahay sawdara ku smua,sesunguh nya smua itu ada perbdaan antara salafi soleh dgan salafi wahabi,ssunguh nya slafi wahabi mnyerupai slafi soleh yg perlu kalian ktahui,slafi wabih itu noktrin dari israil yg ingin mnghancur kan umat islam cara dalam,,,ingat itu wahai saudara,, nbi kita tidak pernah menyalah kn orang,dn igat dahwa nbi bukan perkara kaji kaji an ilmu masael hadirin,tapi dahwa yg nbi buat sesunguh nya perkara iman kpada sahabat nya,'berdakwa huruf fisabililah hadirin sebar kan aggama ini,kalau nbi hanya kerja nya megajar kan masael saja kmugkinan pada saat in kita tidak memeuk agama islam,berkoban mendawa kan ini aggama,harta ,diri,waktu,mereka korban ini aggama,bahkan isri dn anak mreka rela ditigalkn dmi aggama yg sudah mati pada saat itu..perlu kita sadar hadirin'kita mendapat kan agama islam ini dgan enak'enak nya saja'snang di atas pendritaan org dahulu,,apa yg kita korban kan untuk aggama ini ?....tidak susah kalau ente smua mncari kbnaran itu smua'''ikut lah cara nabi dahwa agama 'hurutfisabililah 'mgajak orang taat kpada allah'dgan basiroh jgan dgan kekerasn dn mnyalah kan org yg sudah solat''''salam

Bukankah arab saudi adalah negara syariat Islam ya? Dan sebagian tokoh2 yang katanya sesat yg disebutkan diatas menempati posisi2 tertinggi di arab saudi. Kalau begitu itu artinya apa?

Ini para tokoh2 kerajaan arab yang salah dalam mengangkat mereka menjadi petinggi2 saudi atau penulis artikel ini ya?

Kelak di hari pembalasan yang ditaklidi akan berlepas diri dari yang mentaklidi, dan yang mentaklidi akan menyumpahi yang ditaklidi.

Yuk kita bertaubat sebelum terlambat, lalu mengikuti Al-Qur'an dan Hadits dengan pemahaman para Shahabat, Tabiin, dan Tabiut Tabiin.

Persatuan Islam itu diatas SATU pemahaman YANG BENAR, bukan bersatu diatas BANYAK pemahaman. Rasulnya satu masa alirannya banyak? Gak mungkin. Coba deh renungin, gak mungkin. Jadi pemahaman yang benar itu kayak gimana? yaitu siapa saja yang mengikuti Al-Qur'an dan Hadits dengan pemahaman para Shahabat, Tabiin, dan Tabiut Tabiin.

Allah Ta'ala maha tahu apa yang kita tulis.


Gus Dur : “NU itu Syiah minus Imamah, Syiah itu NU plus Imamah”
Almarhum Gus Dur yang sebagai ulama besar sekaligus Ketua Umum NU semasa hidupnya pernah mengatakan bahwa NU adalah golongan Syi’ah yang minus imamah
Siapa yang syiah tulen?

Oh di Zaman Syech muhammad bin abdul wahab udah ada Photo ya ???

Dan Mekkah al mukaramah dan madinah tidak terjaga dong, karena di kuasai wahabi ????
#bingung#

Wahabi itu ahlussunnah,
NU, Persis, Muhammadiyyah juga ahlussunnah,
perbedaan antar semuanya adalah wajar.
smuanya berdalil dengan al-quran dan assunnah, krn itu saya yakin mrk semua benar d mata Alloh.

Yang penting kita tetap bersaudara.
berbeda silahkan, tpi saling menghormati.

kita semua saudara, kt tdk saling berdebat tpi insya Alloh saling mengingatkan sesama saudara.

saksikanlah bahwa ak mncintai kalian semua wahai wahabi, nu, persis, muhammadiyyah, dll
ak mncintai kalian wahai sadara muslimku

setelah membaca artikel diatas dan merenungkan jawaban2 dari saudara2 semua, Alhamdulillah ternyata membuat saya menjadi mantap mengikuti Salafy ( atau Wahaby seperti yang penulis sebutkan ). Kenapa? silahkan baca komentar2 dari jawaban semua itu dengan hati dan akal sehat, akan tersingkap mana yang komentar dengan ilmu dan kebenaran dan mana yang komentar dengan kebencian dan kedengkian tanpa ilmu,

Bagi saya mau dikatakan wahabi atau salafi atau apa saja yang penting ajarannya benar sesuai Qur"an dan Sunnah akan saya ikuti.

Kalau disimak dengan baik, maka argumen diatas kelihatan pola pikir syi'ah laknatulLah. Tolong dicermati baik-baik saudara..aku bukan Salafy, bukan NU. Muhammadiyah, aku Islam..tak perlu berkelompok atau berorganisasi untuk jadi umat terbaik ALLOH. Yang perlu adalah sejalan dengan tuntunan Qur'an dan Sunnah jalani perintah-Nya, Jauhi larangan-Nya.

Hayang buru2 kiamat euy jadi apal mana anu bener mana anu hente
Mana anu k surga mana anu k naraka hahahah

Ada statement begini :

SEMUA LELAKI ITU PENIPU, DAN SETIAP PENIPU HARUS DIGEBUKIN RAME²

Hayooo Yang merasa lelaki harus rela digebukin rame² Haha

Sama gak dengan ini KULLU BID'ATIN DHOLALAH, WA KULLU DHOLALAH FINNAAR :)

Ayoo saudaraku yg sdh melaksanakan FARDHU dan SUNNAH kembali kita rapatkan barisan dan bulatkan tekad untuk membenahi saudara kita yang belum atau lupa ke jalan Allah bi mauidhotul hasanah wa uswatun hasanah.

Janganlah saling berdebat apalagi saling menyalahkan dan ketahuilah jika posting ini dibaca kaum Ghoiru Islam maka mereka akan tertawa dan tepuk tangan.

STOOOPP!!!

GAK ADA JAMINAN KITA MASUK SORGA jd MARI MAWAS DIRI BERMUHASABAH NAFS..

(Catatan Al-Faqir wa dhoifunnas)

Yaa Wahabiyun.... semoga kalian mendapat petunjuk hidayah...
Belajarlah dari para 'ulama yg mewarisi sanad keilmuan sampai ke Rasulullaah sholallohu 'alaihi wa sallam..........
Jangan kepada ahli pemalsu kitab

«Oldest   ‹Older   201 – 267 of 267   Newer›   Newest»

1. Kirim konsultasi Agama ke alkhoirot@gmail.com atau info@alhoirot.com Cara Konsultasi lihat di sini!
2. Konsultasi hukum waris Islam, lihat caranya di sini
3. Konsultasi melalui kotak komentar tidak akan dilayani.

EmoticonEmoticon